Cara Jadi MUA Profesional, Dari Modal Sampai Tips Yang Wajib Kamu Tahu!

cara menjadi mua professional (4)

Selain membuka salon kecantikan, ada banyak ide bisnis dalam industri kecantikan yang bisa kamu coba. Misalnya dengan mempelajari cara jadi MUA professional!

Seperti yang kamu tahu, minat masyarakat terhadap hal-hal yang berbau kecantikan seperti tidak ada habisnya. Well, tren-tren mungkin datang silih berganti, tapi kecintaan untuk selalu tampil memukau dan mempesona enggak bakalan hilang.

Karena itulah, bisnis di Industri kecantikan jadi begitu menjanjikan dan menarik untuk dicoba. Tak hanya membuka toko kosmetik atau bahkan membuat produk sendiri, kamu juga bisa menyediakan jasa Make Up Artist (MUA) professional.

Make Up Artist (MUA) merupakan orang yang bekerja sebagai perias wajah. Kamu mungkin mengira kalau MUA ini hanya mau mengambil job-job besar untuk mendandani para aktor atau aktris saja.

Padahal, kata artist dalam MUA ini merujuk sebuah profesi sebagai seniman. Sehingga dapat dikatakan MUA ini adalah seniman yang menggunakan make up (riasan wajah) sebagai alat atau media berkarya.

Lantas bagaimana cara jadi MUA professional dan bagaimana prospek berkarirnya? Serta berapa modal yang perlu dikeluarkan? Langsung baca ulasan berikut ini ya, Guys!

Prospek Berkarier Sebagai Make Up Artist (MUA) Profesional

cara menjadi mua professional (5)

Meski sering diremehkan, menjadi Make Up Artis (MUA) professional sebenarnya memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Karena pangsa pasarnya yang luas, tidak mengenal usia dan gender. Bahkan, kamu bisa mengembangkan karier ini menjadi lebih besar lagi kalau berhasil.

Sebagai contoh, dalam skala kecil, banyak masyarakat yang membutuhkan jasa MUA professional untuk acara-acara penting yang mereka hadiri. Katakanlah seperti pertunangan, wisuda, pergi ke acara pesta, dan banyak lainnya.

Sementara dalam skala besar, kamu bisa mengembangkan karir untuk menjadi EO atau WO. Dengan menerima job untuk merias pengantin, host atau artist pada acara tertentu dan banyak lainnya.

Selain itu, siapapun bisa menjadi MUA. Mau itu laki-laki atau perempuan, kamu punya kesempatan yang sama untuk mengembangkan karir dalam bidang ini.

Sebagai contoh, ada MUA terkenal Bubah Alfian yang telah sukses dan memiliki jam terbang tinggi. Bubah bahkan telah menjadi MUA hits di kalangan para artis dan modal, kamu bisa melihatnya dalam siaran mode-mode yang ada di layar kaca.

Nilai plusnya lagi, belajar makeup sebenarnya bisa dilakukan secara otodidak. Meski akan lebih baik juga kalau kamu memiliki tentor yang lebih ahli, supaya bisa memberikan banyak masukan dan tips / trick yang bisa dipelajari.

Gimana, apakah kamu tertarik untuk memuali karirmu sebagai MUA professional?

Modal jadi Make Up Artist

cara menjadi mua professional (1)

Modal merupakan salah satu hal yang sangat krusial dalam memulai bisnis, termasuk ketika kamu akan melebarkan sayap sebagai seorang makeup artis professional.

Nah, lantas berapa besaran modal yang kamu perlukan untuk cara jadi MUA professional ini?

Modal Investasi Awal untuk Jadi MUA Profesional

  1. Makeup lengkap (base): 2.500.000
  2. Makeup brush lengkap (base): 1.000.000
  3. Aksesoris: 1.000.000
  4. Lain-lain: 500.000

Total: 4.500.000 rupiah

Modal Biaya Operasional Jadi MUA

  1. Biaya perlengkapan, seperti ring light (bisa dicicil): Rp. 1.500.000,-
  2. Biaya transportasi: Rp. 300.000
  3.  Biaya lain-lain: Rp100.000,-

Total: 1.900.000 rupiah

Semua keperluan atau modal awal ini bisa kamu sesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Tentu ada beberapa alat yang juga mungkin bisa dikurangi, atau beban operasional yang juga bisa diminimalisir.

Kalau kamu bingun bagaimana cara mendapatkan modal, baca di sini.

Cara Jadi MUA Professional yang Harus Kamu Tahu

cara jadi mua professional (2)

Kamu telah mengetahui apa saja keuntungan untuk berkarier sebagai MUA professional, juga bagaimana prospeknya di masa mendatang.

Nah, kalau kamu udah sreg nih, langsung baca uraian tentang cara jadi MUA professional berikut ini. Jangan kelewatan satu point pun ya, Guys!

Tingkatkan Skill Makeup yang Kamu Miliki

Langkah pertama dalam cara jadi MUA professional adalah dengan meningkatkan skill makeup yang kamu miliki.

Seperti yang kamu tahu, setiap riasan wajah biasanya disesuaikan dengan kondisi dan acara yang akan dihadiri. Misalnya, ketika akan pergi ke pesta pasti terlihat lebih mewah, dibanding dengan menghadiri acara wisuda.

Selain itu, perkembangan tren kosmetik juga sangat berbeda-beda. Namun, ketika kamu menjadi seorang MUA professional, sudah pasti kamu akan dituntut ahli dalam mengaplikasikan jenis-jenis makeup ini.

Karenanya, jika kamu sangat tertarik untuk mendalami profesi ini, kamu bisa meningkatkan kemampuan dalam merias wajah dengan mengikuti berbagai pelatihan. Atau bisa juga dengan mengikuti kursus dan pendidikan formal.

Saat ini bahkan sudah banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk belajar merias wajah, seperti youtube, instagram, tiktok, dll.

Siapkan Peralatan Makeup yang Lengkap

Ketika akan menekuni suatu profesi, kamu tentu harus melakukannya secara maksimal. Baik dengan menggali ilmu terkait sebanyak mungkin, maupun menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan selengkap-lengkapnya.

Nah, hal yang sama juga berlaku ketika kamu ingin menjadi seorang make up artist professional. Kamu harus menyiapkan berbagai jenis peralatan dan riasan wajah secara lengkap.

Mulai dari produk-produk makeup, seperti foundation, bedak wajah, bb cream, lip stik, blush on, mascara, dan banyak lainnya.

Kamu juga bisa menyiapkan berbagai jenis alat-alat atau aplikator makeup tersebut, seperti brush, penjepit bulu mata, serta alat hair styling.

Tidak perlu melengakapinya secara langsung, kamu bisa mengumpulkannya sedikit demi sedikit. Juga, tidak harus semuanya produk dari merk-merk ternama.

Karena ada banyak kosmetik lokal yang enggak kalah baiknya dan berkualitasnya jika digunakan untuk merias wajah.

Kamu bisa mencari tahu lebih banyak soal berbagai jenis makeup di sini.

Mengetahui Trend Make Up Terkini

Telah dikatakan sebelumnya bahwa tren kecantikan dan kosmetik dapat berkembang dengan sangat pesat. Karenanya, sebagai lagkah dalam cara jadi MUA professional kamu harus dapat mengetahui trend makeup terkini.

Ini sangat penting dilakukan karena orang-orang yang menyewa jasamu pasti akan selalu meminta riasan wajah terbaru dan paling tren.

Kamu bisa mencari tahu tentang tren kecantikan terbaru di sini.

Temukan Ciri Khas Make Up Milikmu

Cara jadi MUA professional selanjutnya adalah dengan membentuk ciri khas makeup yang kamu miliki. Ini akan memberikan nilai pembeda atas jasa yang kamu berikan dengan make up artist lainnya.

Dengan begitu, konsumen kamu bisa menyesuaikan keinginan mereka dengan keahlian yang kamu miliki. Ini bisa memudahkan klien untuk tertarik dan menemukan jasa MUA yang kamu tawarkan.

Pahami Keinginan Klien

Sayangnya, memiliki ciri khas saja tidaklah cukup untuk digunakan sebagai cara jadi MUA profesional. Namun kamu juga harus bisa memahami keinginan dan permintaan klien.

Karenanya, kamu harus bisa menguasai berbagai macam teknik make up agar bisa selalu memenuhi keinginan dari klien kamu. Tak hanya itu, seperti yang kamu tahu, bentuk wajah dan kondisi kulit tiap orang sangatlah berbeda.

Kamu harus bisa menyesuaikan teknik make up dan menghasilkan riasan yang paling ideal serta sesuai dengan kebutuhan klien.

Dengan begitu, mereka akan merasa puas dan bukan tidak mungkin, mereka akan menggunakan jasa MUA yang kamu tawarkan dikemudian hari.

Gunakan Social Media untuk Promosi

Langkah cara jadi MUA professional selanjutnya adalah melakukan promosi yang massif dan berkala lewat media sosial.

Ada banyak jenis media promosi online yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan awareness jasa MUA-mu pada target konsumen. Terlebih, enggak sedikit dari media promosi ini yang menonjolkan aspek visual yang jelas menjadi karakteristik utama karya MUA.

Karenanya, ketika kamu selesai melakukan job rias wajah, jangan lupa untuk mengabadikan moment kamu merias klien dan mengabadikan hasilnya ke dalam foto.

Kamu bisa mengunggahnya di media sosial pribadimu, dan menjadikannya sebagai bentuk portofolio demi meyakinkan calon konsumen untuk menggunakan jasa makeup artis yang kamu tawarkan.

Tapi, kamu harus bisa memastikan bahwa hasil makeup yang kamu buat ini adalah yang terbaik dan bisa menarik minat konsumen. Tata juga feeds Instagram-mu dengan menarik, gunakan caption yang menggugah, serta kalimat promosi yang memikat.

Oh ya! Kamu bisa cari tahu soal jenis media promosi online di sini.

Bekerja Sama dengan Wedding Organizer

Selain bekerja sendirian atau secara pribadi, kamu juga bisa bergerak dengan media partner seperi Wedding Organizer (WO).

Tak hanya bisa mendapatkan banyak pengalaman yang menarik, di sini kamu juga akan memiliki relasi yang lebih luas dan kemungkinan mendapatkan konsumen juga lebih besar.

Dengan kata lain, kamu tak perlu terlalu bersusah payah untuk mencari konsumen sendiri. Karena pihak WO juga akan menjadi perantara untukmu menemukan klien atau konsumen yang menginginkan jasamu.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui untuk menjadi seorang MUA profesional. Lakukan sedikit demi sedikit, juga tekun agar bisnis kosmetik yang kamu jalankan ini lancar. Selamat mencoba Beautypreneur!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Cari Tahu Keuntungan dan Cara Daftar Iklan Pencarian di Shopee Berikut Ini

Shopee menjadi salah satu e-commerce terbesar di dunia, dengan jumlah pengunduhan aplikasi di playstore paling tinggi dan mendapatkan jumlah kunjungan ratusan juta tiap tahunnya. Dilansir Databoks, pada kuartal dua tahun 2021 ini dikatakan bahwa Shopee menjadi e-commerce yang paling...

Continue Reading

Leave a Comment