Tips dan Cara Mengatur Schedule Instagram Saat Prime Time

cara mengatur schedule Instagram (1)

Penggunaan Instagram sebagai media promosi online bukanlah hal baru lagi dalam dunia pemasaran. Platform ini sangat membantu untuk meningkatkan brand awareness brand kosmetik, juga untuk meningkatkan penjualan.

Meski begitu, untuk menjaga keefektivan penggunaan Instagram sebagai media promosi ini. Kamu perlu mengunggah konten promosi secara teratur dan dalam waktu-waktu tertentu, yang dapat membuat banyak audience mereaksi konten tersebut secara aktif.

Sayangnya, masalah lainnya muncul: terkadang kita lupa dan tidak bisa tepat waktu dalam mengunggah konten promosi tersebut.

Well, Beautypreneurs, kamu enggak perlu merasa resah dan gundah. Karena ada cara mengatur schedule postingan di Instagram, dan langkah ini sangat mudah dilakukan. Bahkan meskipun kamu enggak expert sekalipun!

Trick yang enggak banyak diketahui orang ini bisa mempermudahmu untuk membuat konten berkualitas, tanpa harus takut ketika lupa mengunggahnya tepat waktu.

Selain itu, dengan mengetahui cara mengatur schedule Instagram ini, kamu juga bisa lebih focus pada proses pembuatan konten dan mengatur perencanaannya saja.

Kamu tak perlu repot-repot mantengin jam dinding, untuk menunggu waktu yang tepat demi mengunggah konten dan klik tombol Share di Instagram.

Tapi apakah perlu mengeluarkan biaya ketika ingin menggunakan fitur jadwal otomatis di Instagram ini?

Jawabannya, enggak harus. Karena meski kamu bisa dengan mudah menemukan aplikasi atau tools berbayar, sebenarnya ada juga kok cara mengatur schedule Instagram yang gratis dan cukup mudah dilakukan.

Penasaran kan, bagaimana cara mengatur schedule Instagram gratis yang dimaksudkan tersebut? langsung cek ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

Waktu Terbaik untuk Mengunggah Konten Pemasaran di Instagram

ide konten promosi di instagram (2)

Tentu sebelum masuk ke langkah-langkah cara mengatur schedule Instagram, kamu perlu tahu kapankah waktu yang tepat untukmu mengunggah postingan tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa menjadwal konten-konten yang akan kamu buat. Misalnya menyesuaikan dnegan banyaknya konsumen, siapa saja yang mengakses iklan tersebut, dan banyak lainnya.

Nah, dilansir dari Glints, waktu terbaik untuk mengunggah konten pemasaran di Instagram sangat berbeda tiap hari dan wilayahnya.

Misalnya, pada beberapa negara mungkin lebih optimal pada pukul dua dini hari, namun ada juga yang mengunggahnya pada jam sebelas malam, serta banyak lainnya.

Karenanya, persoalan waktu ini enggak memiliki aturan baku atau saklek. Alih-alih melihat jadwal tersebut, akan lebih baik kalau kamu menganalisisnya dari hasil trafik Instagram bisnis yang kamu miliki.

Caranya cukup sederhana, kalau kamu telah menggunakan akun Instagram for Business, kamu bisa langsung menganalisis lewat menu Insight yang ada di profil.

Selanjutnya, kamu bisa cek trafik di Content Interaction. Dari sini kamu akan melihat rangkuman interaksi followers atau audience secara keseluruhan terhadap kontemu selama ini.

Dari data tersebut, kamu dapat mengetahui di waktu mana saja pengguna akan banyak menuju halamanmu, menyukai, menonton, hingga memberikan komentar.

Selain itu, kamu juga bisa menilai sejauh mana jangkauan konten promosi yang kamu buat. Misalnya, dalam seminggu atau kurun waktu tertentu berapa orang yang mengikuti dan mengunjungi profilemu.

Baca Juga: Mengenal Instagram Ads: Cara Iklan di Instagram yang Patut Dicoba

Cara Mengatur Schedule di Instagram dengan Mudah dan Gratis

cara mengatur schedule Instagram (2)

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada cara mengatur schedule Instagram gratis yang bisa digunakan dengan mudah.

Dilansir dari Glints, kamu bisa menggunakan beberapa cara menjadwalkan postingan Instagram berikut ini secara gratis.

Simak baik-baik ya, Beautypreneurs!

Buka Akses di Creator Studio Facebook

Langkah pertama dalam cara mengatur schedule Instagram adalah dengan membuka akses di Creator Studio Facebook.

Setelah kamu membuka link tersebut, kamu bisa langsung memilik ikon Instagram yang ada pada sebelah kanan halaman utama.

Ini digunakan untuk menghubungkan creator studio dengan Instagram yang kamu miliki. Kalau sudah berhasil terhubung, kamu akan dapat melihat dashboard Instagram yang berisikan iklan sebelumnya.

Sementara kalau belum berhasil, kamu akan mendapati tampilan seperti yang ada di bawah ini.

Untuk mengatasinya, kamu bisa langsung klik Connect Your Account, kemudian piliha akun Instagram yang akan kamu gunakan dan buka akses ke Creator Studio tersebut.

Memilih Jenis Postingan yang Akan Diunggah

Setelah akun  Instagram milikmu terhubung dengan Creator Studio Facebook, maka cara mengature schedule di Instagram selanjutnya adalah dengan memilih jenis konten yang akan diunggah.

Kamu bisa melakukan car aini dengan meng-klik Create Post, seperti dalam gambar yang ada di bawah ini.

Jenis konten yang dimaksudkan ini antara lain Instagram Feeds, Story, IGTV, ataukah IG Live dan IG Reels. Sesuaikan jenis konten ini dengan strategi pemasaran yang kamu miliki.

Membuat Draft Konten Promosi yang Akan Diunggah

Kalau sudah memilih jenis postingan yang sesuai, kamu bisa melanjutkan cara mengatur schedule Instagram ke pembuatan draft konten promosi yang akan diunggah.

Untuk membuat draft konten ini, kamu akan menemui tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

Kamu bisa menuliskan copywriting Instagram yang telah kamu buat semenarik mungkin sebelumnya. Jangan lupa gunakan hashtag yang releban, menaruh mention atau menyebut akun lain yang diinginkan.

Pastikan saja semua meta data dan kebutuhan copy dalam postingan tersebut telah kamu penuhi. Kalau sudah, maka kamu bisa langsung beralih pada langkah selanjutnya.

Mengunggah File Konten yang Telah Disiapkan

Setelah mengisi draft konten promosi di atas, kamu bisa melanjutkan cara menjadwal konten Instagram ini dengan mengunggah file konten yang telah disiapkan.

Kamu hanya perlu menggulir layar ke bawah, dan telah tersedia satu bagian yang digunakan untuk meng-upload konten promosi yang telah kamu siapkan.

Dalam menu ini, kamu bisa mengunggah foto atau video promosi yang sesuai dengan pilihanmu. Pokoknya, pastikan gambar yang diunggah ini memiliki kualitas tinggi dan diambil dengan sebaik mungkin, ya!

Kamu juga bisa mencari tahu cara membuat video promosi produk di sini.

Jadwalkan Publikasi Konten Promosi

Finally! Kita sampain pada langkah pamungkas dalam cara mengatur schedule Instagram. Yap! Yakni dnegan mengatur jadwal publikasi konten promosi tersebut.

Pada bagian kanan bawah kamu akan menemukan ikon Publish. Eits! Sebelum benar-benar meng-klik-nya. Kamu justru harus memilih tombol Arrow Down yang ada di sebelahnya, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Kalau sudah, secara otomatis kamu akan dialihkan pada menu Schedule dan kamu bisa memilih waktu yang kamu inginkan dengan bebas. Seperti dalam gambar yang ada di bawah ini.

Secara otomatis, kamu bisa melihat semua konten yang akan kamun jadwalkan dengan pergi ke bagian dashboard. Setelah itu, kamu bisa langsung klik Calendar, dan semua konten yang sudah diunggah akan muncul dalam laman tersebut.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu soal cara mengatur schedule Instagram di saat prime time. Selain bisa membuat postinganmu dapat menjangkau semua orang. Ini juga akan berpengaruh besar pada kegiatan marketing yang kamu jalankan.

Untuk mengoptimalkan promosi di Instagram, juga enggak cukup hanya dengan mengupload postingan di jam yang tepat. Tapi juga membuat konten Instagram yang menarik.

Well, ketika kamu maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia kamu enggak hanya dibantu untuk membuat produk kosmetik dengan brand sendiri. Tapi juga mendapatkan fasilitas-fasilitas yang sangat menguntungkan untuk strategi pemasaran.

Yap! Fasilitas ini adalah foto produk, video promosi, desain katalog dan brosur yang dapat digunakan sebagai konten promosi di Instagram. Jangan khawatir soal kualitas, karena kami punya tim Multimedia yang sangat ahli di bidangnya dan terdiri dari anak-anak muda yang kreatif.

Jadi, desain kosmetik dan media promosimu jelas enggak akan ketinggalan jaman, trendi, juga unik!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment