Sponsor Search: Cara Iklan di Lazada yang Praktis dan Menguntungkan Buat Seller

E-commerce merupakan salah satu media penjualan yang sangat patut dicoba untuk membantu mengembangkan bisnis atau usaha yang kamu rintis. Salah satu jenis e-commerce yang cukup populer di Indonesia adalah Lazada.

Karena banyak digunakan oleh pembeli, Lazada juga dipenuhi Seller yang mungkin menjual produk yang sama denganmu. Mulai dari kategori, jenis, merk, hingga mengusung harga produk yang sangat kompetitif.

Nah, agar dapat bersaing, kamu perlu mengatur strategi pemasaran yang tepat. Kamu bisa memulai strategi tersebut dengan cara memasang iklan produk di Lazada.

Yap! Tak perlu bingung mengenai cara iklan di Lazada. Karena e-commerce ini telah menyediakan fitur pemasangan iklan yang bisa memudahkan kegiatan promosi kamu.

Jenis iklan Lazada yang sangat terkenal dan bisa kamu coba untuk meningkatkan penjualan bisnis kosmetikmu adalah sponsored search lazada.

Mau tahu bagaimana cara iklan di Lazada menggunakan Sponsored Search? Langsung baca ulasan berikut ini sampai habis ya, Beautypreneurs!

Apa Itu Iklan Sponsored Search Lazada?

Sebelum menjelaskan cara iklan di Lazada ada baiknya buatmu untuk mengenal sponsored search terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan penggunaan iklan Lazada ini dengan lebih efektif dan efisien.

FYI, sponsored search Lazada ini merupakan fitur iklan yang bisa menarik perhatian konsumen dan menumbuhkan awareness produk / brand kosmetik milikmu pada konsumen baru.

Ini dikarenakan jenis iklan Lazada ini akan membantu pengguna untuk menemukan produk / toko kosmetik yang kamu miliki di hasil pencarian.

Tak hanya itu, karena sistem pembayarannya per klik, maka biaya yang akan kamu keluarkan akan lebih efisien dan hemat. Karena kamu hanya membayar iklan yang ‘berhasil’.

Secara umum, iklan ini bekerja ketika kamu memasang iklan produk dengan kata kunci pencarian tertentu, yang dianggap paling potensial dan sering dicari oleh konsumen.

Alasan Iklan Sponsored Search Lazada Ini Penting

Untuk memasang strategi promosi atau pemasaran tertentu, kamu harus tahu apa saja keuntungan atau manfaat yang akan kamu dapatkan nantinya.

Nah, berikut ini ada beberapa alasan mengapa cara iklan di Lazada menggunakan sponsored search penting untuk dilakukan. Yuk, simak baik-baik!

Membuat Produk Lebih Mudah Ditemukan

Alasan yang pertama adalah membuat produk lebih mudah ditemukan. Lewat kata kunci yang relevan dan potensial yang telah kamu pasang, pengguna akan lebih mudah menemukan produk / toko kosmetikmu di hasil pencarian.

Meningkatkan Penjualan Produk

Karena dapat menjaring konsumen dalam skala yang besar, penggunaan iklan sponsored search ini secara enggak langsung meningkatkan penjualan produk kosmetik dari toko online yang kamu miliki.

Meningkatkan Brand Awareness Toko

Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan brand awareness produk / toko kosmetik. Karena iklan biasanya dimunculkan dalam area-area potensial di website dan aplikasi resmi Lazada.

Ini tentu dapat membuat brand awareness produk / brand kosmetik yang kamu miliki kian meningkat.

Biaya Iklan Per Klik

Manfaat selanjutnya adalah sistem pembayarannya adalah pay per-click. Artinya, kamu hanya membayar jika iklan ini telah berhasil menarik konsumen untuk melihat produk yang diiklankan tersebut.

Syarat untuk Memasang Iklan Sponsored Search

Meski terbilang cukup menjanjikan, tapi enggak semua seller bisa menggunakan fitur iklan di sponsored search. Karena, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi dalam syarat untuk memasang iklan sponsored search di Lazada tersebut.

  1. Kamu harus memiliki saldo Lazada lebih dari cukup untuk campaign yang akan kamu pasang nantinya.
  2. Memiliki akun seller yang terverifikasi oleh Lazada.
  3. Bisa mengakses akun lewat Handphone (HP) ataupun computer.
  4. Menentukan produk yang akan diiklankan sebelumnya.

Biaya Pasang Iklan Sponsored Search

Sebelum membahas cara iklan di Lazada, kamu perlu mengetahui berapa biaya yang perlu kamu keluarkan untuk campaign ini.

Sama halnya dengan biaya iklan yang lain, harga beriklan di Lazada tidak bisa ditentukan secara mutlak. Namun, kamu bisa memperkirakan besarnya biaya yang kamu butuhkan.

Kamu perlu menyiapkan anggaran untuk iklan di Lazada ini minimal Rp. 15.000 hingga Rp 20.000 per harinya.

Agar iklan bisa berjalan lebih efektif, kamu bisa mengisi saldo iklan hingga ratusan ribu rupiah. Dengan begitu, sistem akan menampilkan iklan Lazada dengan metode bidding, sehingga produk kamu pun akan ditampilkan dalam rekomendasi paling atas.

Cara Iklan di Lazada yang Perlu Kamu Tahu

Cara iklan di Lazada sebenarnya sangat mudah dilakukan, apalagi kalau kamu telah memenuhi beberapa syarat yang telah diberlakukan tadi.

Nah, penasaran bagaimana cara iklan di Lazada dan bagaimana cara mengoptimalkannya? Langsung simak ulasannya berikut ini!

Log In Ke Akun Toko

Pertama, kamu harus membuka laman Seller Center Lazada dan log in ke akun toko yang kamu miliki. Seperti gambar berikut ini.

Pilih Solusi Bersponsor

Yang kedua adalah memilih menu Solusi Bersponsor yang ada pada sebelah kiri sidebar.

Top Up Saldo Iklan

Langkah selanjutnya dalah melakukan cara iklan di Lazada adalah dengan mengisis saldo iklan. Kamu bisa langsung klik Top Up, dan pilih jenis pengisian yang kamu inginkan, misalnya manual ataukan otomatis.

Dengan memilih top up manual, artinya kamu bisa menentukan besaran modal yang kamu inginkan sendiri. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan iklan dan budget yang kamu miliki.

Namun, kamu juga bisa memilih otomatis dengan begitu sistem akan memilihkan / merekomendasikan besaran anggaran terefektif untuk mendapatkan hasil optimal.

Kalau kamu sudah memutuskan akan menggunakan yang mana, segera konfirmasi top up dengan mencentang bagian Aturan Top Up. Setelah itu, kamu bisa langsung membayar biaya iklan tersebut menggunakan kartu kredit atau debit yang telah ditentukan oleh pihak Lazada.

Buat Campaign

Langkah selanjutnya dalam cara iklan di Lazada adalah dengan meng-klik +Campaign. Secara otomatis, kamu akan dialihkan untuk mengisi informasi pembuatan campaign / iklan Lazada ini.

Misalnya nama iklan, objektif dari campaign tersebut, budget harian yang kamu siapkan, juga limit harga tawar maksimal. Pun tanggal iklan di mulai hingga berakhir, juga menyisipkan beberapa informasi lainnya. Seperti pada gambar berikut ini!

Objektif campaign sendiri ada dua macam, yang pertama adalah traffic dan yang kedua adalah iklan penjualan produk. Apa beda keduanya?

Objectif campaign traffic membantumu menjangkau target konsumen yang lebih luas, juga memungkinkan peningkatan traffic atau kunjungan ke toko yang kamu miliki.

Sementara itu, objectif campaign iklan penjualan produk akan menonjolkan efek untuk meningkatkan penjaualan produk yang kamu tawarkan.

Pilih Produk untuk Diiklankan

Nah, langkah selanjutnya adalah memilih produk yang akan diiklankan. Untuk mendapatkan hasil yang paling baik, kamu perlu mempertimbangkan produk dengan jumlah pembelian dan rating yang tinggi.

Kalau sudah, kamu bisa langsung mengkonfirmasi produk pilihan kamu dengan klik Konfirmasi. Jika sudah selesai, akan ada pop up notification yang mengabarkan bahwa cara iklan di Lazada yang kamu lakukan telah berhasil.

Awasi Iklan yang Kamu Buat Secara Berkala

Langkah terakhir dalam cara iklan di Lazada adalah dengan mengawasi iklan yang dibuat secara berkala. Dengan begitu kamu bisa mengevaluasi bagaimana iklan ini berdampak pada brand atau toko online yang kamu miliki di Lazada.

Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkahnya berikut ini:

  1. Memilih rentang durasi kampanye yang akan dianalisis.
  2. Mengevaluasi dengan rinci tiap kinerja kampanye yang dilakukan.
  3. Mengubah anggaran kampanye, bila dirasa kurang efektif atau menghasilkan.
  4. Mengubah atau menambah durasi kampanye bila merasa diperlukan.
  5. Meng-klik nama kampanye yang kamu buat untuk merancang analisis.
  6. Mengevaluasi produk atau penawaran yang disponsori dengan lebih spesifik.
  7. Melihat kinerja kata kunci yang telah ditentukan, serta dapat mengubah harga tawaran agar berjalan dengan lebih optimal.
  8. Evaluasi kinerja kata kunci dan mengurangi / menambah kata kunci agar lebih optimal.

Nah, itu adalah berbagai cara iklan di Lazada yang bisa kamu coba untuk meningkatkan aktivitas toko onlinemu. Mulai dari syaratnya, berapa biaya yang perlu dikeluarkan, juga mengapa iklan ini begitu penting untuk kamu lakukan.

Well, selain menggunakan berbagai tips yang disebutkan di atas, kamu juga bisa mengoptimalkan cara iklan di Lazada ini dengan menyediakan media promosi berkualitas tinggi.

Yakni, foto dan video produk yang menarik, juga katalog online, deskripsi yang memikat konsumen, dan banyak lainnya.

Mash Moshem Indonesia, enggak hanya membantumu membuat produk kosmetik dengan brand sendiri. Kami bisa menyiapkan berbagai keperluan promosi yang kamu butuhkan, mulai dari foto produk, katalog, hingga FAQ.

Istilahnya nih, Mash Moshem Indonesia bisa memberi lebih dari apa yang kamu butuhkan!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment