Cari Tahu Keuntungan dan Cara Daftar Iklan Pencarian di Shopee Berikut Ini

Shopee menjadi salah satu e-commerce terbesar di dunia, dengan jumlah pengunduhan aplikasi di playstore paling tinggi dan mendapatkan jumlah kunjungan ratusan juta tiap tahunnya.

Dilansir Databoks, pada kuartal dua tahun 2021 ini dikatakan bahwa Shopee menjadi e-commerce yang paling banyak dikunjungi setelah Tokopedia. Untuk lebih jelasnya perhatikan grafik kunjungan konsumen dari Databoks berikut ini, ya.

Dari data di atas, meski hanya berada pada posisi kedua, jumlah kunjungan di Shopee tidak bisa dibilang kecil, yakni sebesar 134 juta kunjungan.

Iklan pencarian Shopee memiliki dua jenis, yakni iklan pencarian produk dan iklan pencarian toko. Namun, pada dasarnya kedua jenis iklan ini sama-sama diambil dari keyword atau kata kunci yang digunakan konsumen ketika melakukan pencarian produk atau toko di Shopee.

Namun, kali ini yang akan kita bahas adalah iklan pencarian produk. Termasuk apa sih yang dimaksud dengan iklan pencarian produk di Shopee, cara pemasangannya, dan bagaimana manfaatnya untuk bisnis online-mu?

Pasti kamu udah enggak sabar pingin tahu, kan? Langsung simak ulasannya berikut ini!

Apa itu Iklan Pencarian Produk?

Iklan pencarian produk di Shopee ini akan membantu membuat produk yang kamu jual dapat dilihat oleh pembeli dengan lebih mudah lewat halaman hasil pencarian. Tentunya dengan kata kunci yang relevan dan sesuai keyword yang kamu pasang sebelumnya.

Di Mana Saja Iklan Produk Dipajang?

Telah disebutkan sebelumnya bahwa ketika kamu memasang iklan pencarian produk di Shopee, akan semakin besar juga kemungkinan produkmu ditemukan dan dilihat oleh konsumen.

Selain itu, kemungkinan ini juga kian besar karena Iklan Pencarian Produk di Shopee ini memberikan dua akses visibilitas, yaitu:

Tampilan Pada Situs Shopee

Akses visibilitas yang pertama didapatkan dari tampilan pada situs Shopee. Sehingga Iklan Pencarian Produk di Shopee ini akan didisplay pada lima posisi paling pertama dalam halaman pencarian pengguna.

Sebagai gambaran kamu dapat memperhatikan ilustrasi berikut ini, ya!

Setelahnya, lima iklan tersebut akan kembali ditampilkan setiap 40 produk pada halaman hasil pencarian selanjutnya.

Tampilan pada Aplikasi Shopee

Yang kedua, visibilitas ini didapatkan dengan menempatkan iklan pada aplikasi Shopee. Artinya, Iklan Pencarian Produk tersebut bakal didisplay pada dua posisi terats di halaman hasil pencarian audience. Kemudian, satu iklan akan ditampilkan tiap setelah tiga produk sejenis.

Sebagai gambaran, kamu bisa perhatikan beberapa ilustrasi berikut ini, ya!

Jumlah maksimal Iklan Pencarian Produk di Shopee yang ditampilan pun enggak boleh lebih dari 60 lho. Baik yang ditampilkan pada aplikasi maupun situs (website) Shopee.

Keuntungan Daftar Iklan Pencarian Produk di Shopee

Cara iklan di Shopee ini bisa memberikan banyak keuntungan untuk toko ataupun brand yang kamu miliki. Termasuk membuat produk semakin mudah terlihat, hingga meningkatkan penjualan produk yang kamu pasarkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai keuntungan memasang iklan pencarian produk di Shopee yang perlu kamu tahu.

Membuat Produk Lebih Mudah Ditemukan

Tujuan utama pemasangan Iklan pencarian produk ini adalah untuk mempermudah visibilitas produk oleh konsumen.

Artinya, iklan ini akan memungkinkan pembeli untuk melihat dan menemukan produk yang kamu jual dengan lebih mudah, yakni di posisi teratas hasil pencarian.

Meningkatkan Potensi Penjualan Produk

Ketika produk yang kamu jual lebih mudah terlihat, maka secara otomatis pun akan dapat menarik perhatian konsumen. Dengan begitu, potensi konsumen untuk mencari tahu produk dan melakukan pembelian pun akan semakin meningkat.

Penganggaran Biaya Iklan Jauh Lebih Mudah

Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan ketika memasang iklan pencarian produk di Shopee adalah kemudahan dalam penganggaran iklan.

Ini dikarenakan biaya iklan pencarian hanya dihitung berdasarkan banyaknya ‘klik’ yang kamu dapatkan dari iklan tersebut. Dengan kata lain, kamu hanya perlu membayar iklan yang berhasil menarik pelanggan untuk mencari tahu produkmu.

Cara Iklan Pencarian Produk di Shopee Ads Bekerja

Untuk memastikan pemasangan iklan pencarian produk di Shopee ini bekerja dengan optimal, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini baik-baik.

Memilih Produk yang Akan Diiklankan

Hal yang harus kamu perhatikan adalah memastikan bahwa nama, foto, dan rincian produk yang dijual sudah lengkap dan benar. Misalnya sesuai dengan kata kunci yang telah kamu daftarkan ke dalam iklan pencarian produk tersebut.

Mengatur Kata Kunci Pencarian yang Relevan

Karena bekerja dengan kata kunci, maka aspek satu ini memang harus kamu perhatikan baik-baik, ya. Kamu bisa mengatur kata pencarian sendiri atau dengan megaktifkan ‘Pilih Otomatis’, dengan begitu Shopee dapat mengatur kata pencarian sesuai produk yang kamu jual.

Menentukan Biaya dan Periode Iklan

Hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah menentukan besaran biaya dan lama periode iklan pencarian yang kamu pasang.

Iklan pencarian ini biasanya akan terus terpasang dan tampil secara otomatis, hingga:

  1. Biaya sudah mencapai batas modal yang ditentukan
  2. Saldo Iklan habis
  3. Periode iklan berakhir

Cara Membuat Iklan Pencarian Produk

Cara iklan pencarian produk di Shopee ini sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa mengaksesnya lewat situs maupun aplikasi Shopee secara langsung.

Meski begitu, secara umum cara pemasangan iklan ini pada dasarnya sama. Seperti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini.

Login Ke Seller Center

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke seller center. Seperti pada gambar berikut ini.

Buat Iklan Baru

Setelah halamanmu secara otomatis dialihkan ke seller center, kamu bisa langsung meng-klik tombol Iklan Shopee dan memilih +Buat Iklan Baru.

Pilih Iklan Pencarian Produk pada Jenis Iklan

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih jenis iklan pencarian, dengan klik Tipe Promosi Produk untuk membuat Iklan Pencarian Produk.

Menentukan Modal dan Peridode yang Diinginkan

Yang dimaksudkan dengan modal ini adalah biaya yang maksimum yang perlu kamu bayar untuk pemasangan iklan yang diinginkan. Semua iklan ini akan otomatis berhenti ketika modal yang kamu tentukan tersebut habis.

Pengaturan modal di Shopee ini juga bisa kamu sesuaikan dengan budget dan kebutuhan kamu, misalnya lewat mengaturnya dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Kamu bisa mengatur modal harian untuk produk yang diinginkan dengan biaya harian.

Kamu bisa juga mengatur modal ini secara total, artinya mengakumulasi biaya harian sepanjang durasi iklan yang kamu inginkan. Untuk itu, kamu harus mengisi Tetapkan Tanggal Mulai/Selesai untuk mengatur durasi iklan.

  • Kamu bisa juga memilih pilihan Tanpa Batas, kalau kamu ingin menjalankan iklan sesuai saldo yang tersedia.

Pilih Produk yang Akan Diiklankan

Langkah selanjutnya dalam cara iklan produk di Shopee adalah dengan memilih produk yang ingin diiklankan.

Kamu bisa memilih produk yang paling laku dijual, paling banyak dicari, hingga produk unggulan dari tokomu untuk menarik perhatian konsumen.

Setelah memilih produk yang tepat, kamu bisa langsung klik Konfirmasi.

Atur Kata Kunci Pencarian yang Relevan

Dalam mengatur kata kunci pencarian, Shopee memberikan dua sistem yang bisa kamu pilih. Yakni pilihan otomatis atau manual.

Pilih Otomatis

Cara iklan di Shopee dengan keyword otomatis ini akan membantu mengatur kata kunci pencarian secara otomatis. Kamu hanya perlu mengaktifkan tombol pengaturan ini, dan sistem Shopee akan menyelesaikan masalah pemilihan keyword untukmu.

Kamu bisa menggunakan sistem pencarian ini kalau kamu merasa kurang yakin dan paham dengan kata kunci yang kamu gunakan.

Pilihan Manual

Sama seperti namanya, dalam menu Pilih Manual, kamu bisa mengatur kata kunci yang akan digunakan sesuai keinginanmu. Ikuti cara iklan pencarian di Shopee berikut ini untuk mengaktifkan pilihan manual:

  1. Klik + Tambah Rekomendasi Kata Pencarian.

Sistem secara otomatis akan memberikan rekomendasi kata pencarian yang relevan dengan produk kosmetik yang kamu jual, khususnya yang paling banyak digunakan pada 30 hari ke belakang.

Kamu bisa memilih kata kunci yang paling relevan dan menghapus beberapa rekomendasi yang dirasa tidak perlu.

  • Setelah itu pilih kata pencarian dan atur biaya per klik.

Kalau kamu merasa kurang puas dengan rekomendasi yang diberikan, kamu bisa menambahkan kata kunci yang kamu inginkan secara langsung lewat + Tambah Kata Pencarian.

Setelah itu, kamu bisa mengatur biaya yang harus kamu keluarkan untuk tiap satu klik pada iklan yang dipasang.

  • Cocokkan Kata Pencarian

Dalam langkah ini, kamu bisa menggunakan kolom pencarian untuk mengecek kata pencarian yang kamu inginkan. Setalah itu, kamu bisa menambah kata pencarian baru dan mengubah tipe pencocokan.

  • Kalau kamu ingin mengubah pengaturan iklan secara menyeluruh, kamu bisa mencentang kata pencarian dan memilih pengaturan Ubah Biaya Iklan Massal, Ubah Tipe Pencocokan Massal, atau Hapus Massal. Setelah itu, kamu bisa langsung klik Aktifkan Iklan.

Mengoptimalkan Performa Iklan Pencarian Produk Sesuai Tujuan

Agar iklan yang kamu pasang dapat berjalan lebih optimal, kamu harus bisa menentukan tujuan utama dari pemasangan iklan tersebut.

Misalnya untuk menambah visibilitas produk, meningkatkan pembelian, atau hanya meningkatkan kunjungan dan brand awareness produk.

Setelah menentukan tujuan tersebut, kamu bisa mengoptimalkan peforma iklan pencarian produk di Shopee sesuai target yang kamu inginkan. Seperti dalam langkah-langkah berikut ini.

Meningkatkan Visibilitas Produk

Kalau tujuan iklan yang kamu inginkan adalah untuk membuat visibilitas produk meningkat, maka kamu bisa melakukan peninjauan pada metrik Iklan Pencarian Produk yang kamu pasang.

Misalnya dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini!

Tinjau Progres Iklan

  1. Melihat jumlah impression dan clicks, untuk mengukur seberapa banyak iklan yang kamu buat sudah dilihat dan diklik oleh audiens.
  2. Analisis seberapa besar audience tertarik hingga melakukan klik lewat sistem CTR (Click-Through-Rate/CTR).
  3. Perhatikan Kata Kunci yang relevan terhadap produk yang akan kamu iklankan, apakah memiliki jumlah presentase klik tinggi atau tidak.
  4. Keyword dengan presentase klik (CTR) tinggi, akan cenderung memiliki urutan iklan yang lebih baik pada visibilitas produk.

Langkah Optimalisasi

Setelah memantau keempat hal yang telah disebutkan di atas, kamu bisa menerapkan langkah optimalisasi Iklan Pencarian Produk di Shopee berikut ini.

  1. Mengganti kata kunci yang terlalu luas atau kurang spesifik.
  2. Menambahkan kata kunci baru yang relevan, tapi memiliki pencocokan yang lebih luas.
  3. Tambah modal yang kamu sediakan untuk kata kunci dengan CTR yang besar, serta impression yang tinggi untuk membuat iklan berada pada peringkat paling tinggi.

Meningkatkan Jumlah Penjualan Produk

Sementara jika tujuan pemasangan iklan ini untuk meningkatkan penjualan produk, maka kamu perlu memantau metrik iklan berikut ini.

Tinjau Metrik Iklan

  1. Pantau Omzet Penjualan untuk melihat jumlah Omzet penualan dari semua produk yang telah diiklankan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya dalam 7 hari lamanya.
  2. Meninjau Efektivitas Iklan (ROI) demi mengetahui seberapa efektif iklan yang kamu buat, dengan membandingkan biaya yang kamu keluarkan.

Cara Optimalisasi

Setelah meninkau metrik Iklan Pencarian Produk di Shopee yang telah kamu pasang, maka kamu bisa langsung menerapkan langkah pengoptimalannya beriktu ini.

  1. Menambahkan biaya per-klik untuk tiap kata kunci dengan Omzet Penjualan yang baik. Ini akan memabntu meningkatkan peringkat iklan yang kamu buat.
  2. Mengganti kata kunci pencarian yang kurang relevan dengan yang lebih spesifik.

Meningkatkan Keuntungan Toko Online

Namun, jika tujuan pemasangan Iklan Pencarian Produk di Shopee ini digunakan untuk meningkatkan keutungan toko, maka lakukan tinjauan metrik berikut ini.

Tinjau Metrik Iklan

  1. Presentase pengeluaran biaya iklan pada CIR, demi memahami presentase biaya yang berasal dari tiap kata kunci yang digunakan.
  2. Usahakan setiap CIR memiliki jumlah lebih rendah dibanding dengan margin keuntungan. Sehingga kamu bisa mendapatkan untung dari iklan yang kamu pasang tersebut.

Langkah Pengoptimalan

Setelah meninjau iklan yang kamu buat tersebut, maka kamu bisa langsung menerapkan langkah pengoptimalan Ilan Pencarian Produk di Shopee berikut ini.

  1. Pertimbangkan untuk meningkatkan biaya iklan pada kata kunci yang ada pada iklan, demi meningkatkan peringkat iklan produk yang kamu buat.
  2. Namun, jika CIR lebih tinggi, maka kamu bisa menurunkan biaya perklik ini untuk memantau seberapa besar impression dan click untuk memastikan kata kunci tersebut tetap stabil.
  3. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengubah kata kunci yang kurang spesifik, sambil tetap menurunkan biaya per klik sedikit demi sedikit.
  4. Coba juga perbarui foto produk, rincian, dan deskripsi yang lebih menarik dan menjuala. Namun, pastikan juga harga produk yang kamu atwarkan tersebut tetap kompetitif, atau tidak memiliki range terlalu besar dengan competitor.

Nah, itu adalah berbagai informasi yang perlu kamu ketahui tentang Iklan Pencarian Produk di Shopee. Apakah kamu berminat untuk menggunakan iklan ini pada toko online yang kamu miliki?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment