Cara Membuat Video Promosi untuk Produk Kosmetik yang Menarik

Selain menggunakna foto produk untuk mengoptimalkan strategi branding, kamu juga bisa menggunakan media lain agar iklan yang kamu pasang lebih eye catching. Yap! Apalagi kalau tidak dengan membuat video marketing super menarik.

Seperti yang kamu tahu, perkembangan industri kosmetik di Indonesia sangat pesat. Tak hanya dipenuhi produk-produk lokal, pasar kosmetik juga dibanjiri berbagai produk dari merk luar negeri.

Karena itu, sebagai brand owner kamu harus memilki strategi pemasaran yang lebih kreatif, sehingga dapat memenangkan persaingan pasar ini.

Sebenarnya ada banyak cara promosi produk kosmetik yang bisa kamu coba, salah satunya dengan membuat video marketing.

Video marketing ini terbilang sangat membantu dan bisa memberikan keuntungan tersendiri. Karena kamu bisa menunjukkan fisik produk ketika digunakan atau diaplikasikan pada kulit melalui video tersebut.

Namun, sebenarnya apa sih yang dimaksudkan dengan video marketing? Serta bagaimana cara membuat video marketing untuk brand kosmetik?

Untuk mengetahui berbagai hal di atas, kamu bisa langsung membaca ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Video Promosi?

Video promosi merupakan salah satu media marketing yang berbentuk audio visual. Biasanya video promosi ini digunakan untuk membantu target audience untuk lebih mengenal brand / produk kosmetik yang kamu miliki.

Dalam video branding ini juga umumnya memuat pesan tentang bagaiman produk kosmetik bisa mengatasi kesulitan dan memenuhi kebutuhan kulit wajah konsumen. Kamu juga bisa menysisipkan penjelasan mengenai brand dan produk yang kamu jual.

Keunggulan Menggunakan Video Promosi Produk

Sebelum menggunakan strategi pemasaran tertentu, kamu pasti harus mengetahui keunggulan dan kekurangan metode tersebut bukan?

Dengan begitu, kamu bisa mempetimbangkan langkah dan mengembangkan strategi pemasaran yang kamu miliki agar lebih efisien.

Nah, berikut ini ada beberapa keunggulan menggunakan video promosi produk kosmetik jika digunakan sebagai bentuk promosi.

Memiliki Daya Tarik yang Tinggi

Salah satu keunggulan menggunakan video promosi untuk produk kosmetik adalah daya tariknya yang tinggi. Fenomena ini dilihat dari survey Google Traffic yang menunjukkan bahwa konten video memiliki potensi lebih besar untuk menarik perhatian audience.

Dengan begitu, peluang meningkatnya efisiensi dan keberhasilan promosi yang kamu lakukan pun akan sama besarnya juga.

Memiliki Kemampuan Brand Recall

Keunggulan lain dengan mengetahui cara membuat video promosi untuk produk kosmetik adalah kemampuan brand recall-nya yang baik.

Tahukah kamu, kalau manusia terbilang lebih mudah mengingat aspek visual seperti video dan gambar, dibandingkan mengingat kata-kata?

Yap! Inilah yang kemudian membuat video promosi sangat direkomendasikan untuk kamu gunakan sebagai strategi branding. Karena, video prmososi memiliki semua aspek tersebut sehingga mamiliki brand recall.

Dengan kata lain, audience akan lebih aware dengan produk yang kamu iklankan. Mereka juga akan mengingat detil dan konsep brand dengan lebih baik.

Mampu Memperkuat Identitas Brand

Keunggulan menggunakan video promosi selanjutnya adalah dapat memperkuat identitas dan konsep dari brand kosmetik. Sebab, tingkat apresiasi dan kepercayaan audience pun akan jauh lebih tinggi ketika brand dipromosikan lewat konten video.

Inilah yang membuat video promosi menjadi strategi pemasaran yang dapat memperkuat citra brand. Tidak mengherankan banyak merk-merk kosmetik ternama yang menggunakan metode ini sebagai bagian dari rancangan pemasaran mereka.

Cara Membuat Video Promosi untuk Produk Kosmetik yang Menarik

Setelah membaca berbagai keunggulan video promosi di atas, kamu pasti udah enggak sabar ingin membuat strategi pemasaran ini untuk brand kosmetikmu bukan?

Nah, selain memunculkan ide-ide kreatif dan out of the box, kamu juga perlu memperhatikan langkah-langlah dalam cara membuat video promosi untuk produk kosmetik berikut ini, ya!

Buat Rancangan Video

Langkah yang pertama dalam cara membuat video promosi untuk brand kosmetik adalah dengan membuat rancangan dan konsep.

Beautypreneurs, ada banyak metode yang bisa kamu coba ketika dalam merancang sebuah video promosi. Salah satunya dengan menggunakan pendekatan pemasaran dan penjualan, dengan focus menarik pelanggan dan menciptakan interaksi yang diinginkan.

Caranya, kamu bisa merancang sebuah konten yang mengedepankan urgensi yang berkaitan dengan masalah kecantikan konsumen. Namun setelah itu, kamu harus menyinkronkan kondisi tersebut dan menghadirkan brand / produk kosmetikmu sebagai solusinya.

Kamu juga bisa mengaitkan konten promosi ini dengan momen yang sedang viral, namun dengan skema yang masih relevan dan berkaitan dengan cara yang disebutkan sebelumnya.

Buatlah Storyboard Video Promosi Tersebut

Setelah memiliki ide dan merencanakan alur konten, kamu bisa melanjutkan cara membuat video promosi ke langkah selanjutnya, yakni dengan membuat storyboard video.

Kamu bisa memulai dengan menulis script video yang ingin kamu bangun, kemudian membuat daftar point-point kunci yang ingin ditampilkan, juga buat urutan pesannya secara logis.

Selain itu, kamu mungkin juga perlu memilih host video atau pembicara dengan jenis suara dan penampilan yang menarik untuk audience.

Siapkan Studio/ Tempat Rekaman Konten

Setelah selesai dengan story board video, kamu bisa langsung memulai pembuatan video promosi untuk brand kosmetikmu tersebut. Misalnya dengan menyiapkan studio atau tempat rekaman konten.

Kamu mungkin membutuhkan alat-alat broadcasting sederahana, sepeti ring light, lampu, mikrofon, kamera yang mumpuni, dan dekorasi.

Sementara itu, pilihlah tempat yang pas dengan video promosi yang akan kamu buat. Jika tidak, kamu bisa mendekorasi studio kosong dan membuatnya lebih menarik secara visual.

Dengan begitu, audience akan lebih tertarik dan betah menonton video promosi yang kamu lakukan tersebut.

Rekam dan Sunting Video Promosi

Jika urusan alat dan lokasi sudah selesai, maka cara membuat video promosi untuk brand kosmetik selanjutnya adalah dengan langsung melakukan pengambilan gambar.

Lakukan dengan sebaik mungkin, ambil sudut gambar yang menarik dan tampak fresh. Usahakan untuk membuat gambar lebih dinamis dengan mengambil gambar dari berbagai POV.

Sebagai langkah untuk editing, kamu bisa menggunakan template video gratis yang banyak disediakan secara online.

Lakukan SEO Video

Well, sebelum membagikannya ke berbagai media sosial yang kamu miliki, jangan lupakan untuk mengatur SEO video promosi tersebut.

Cara membuat video promosi untuk brand kosmetik ini sangat penting agar iklan yang kamu gunakan menjangkau banyak konsumen.

Kamu bisa menggunakan judul yang menarik dan sesuai konten, menyusun copywriting yang dapat membuat audience membuka video tersebut, serta banyak lainnya.

Nah, itu adalah cara membuat video promosi yang mungkin belum kamu ketahui dengan baik. Pembuatan video promosi ini bisa memberikan dampak yang besar pada keberhasilan kampanye yang kamu lakukan.

Untuk itu, jangan asal-asalan dalam membuat video promosi untuk brand kosmetik kamu. Tak ada salahnya mengeluarkan uang untuk menyewa tenaga professional demi mendapatkan hasil yang terbaik.

Mash Moshem Indonesia enggak hanya bisa membantumu membuat produk kosmetik terbaik. Kami pun memiliki tim multimedia yang ahli di bidangnya dan mampu memproduksi media promosi yang kamu butuhkan, termasuk video promosi produk kosmetik.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment