Mau Jadi Supplier Kosmetik? Ketahui Cara Mulainya Berikut Ini

cara menjadi supplier kosmetik (2)

Setelah menjadi seorang distributor atau penjualan dengan keuntungan yang besar, apakah kamu memiliki rencana untuk mengembangkan bisnis yang telah kamu bangun tersebut? Misalnya dengan mempertimbangkan cara menjadi supplier kosmetik.

Prospek berbinis sebagai supplier kosmetik sebenarnya cukup menjanjikan. Karena ada banyak perusahaan kosmetik atau ritel-ritel besar yang membutuhkan pemasok produk kosmetik berkualitas.

Lantas bagaimana cara menjadi supplier kosmetik tangan pertama, serta seperti apa konsep kerjanya, manfaatnya, serta profit yang bisa kamu peroleh.

Well, daripada kamu berbingung ria, langsung simak ulasan lengkap soal cara menjadi supplier kosmetik berikut ini, yuk!

Apakah Supplier Kosmetik Itu?

Cara Menjadi Supplier Kosmetik

Sebelum membicarakan soal cara menjadi supplier kosmetik, ada baiknya untukmu mengenal konsep dan definisinya terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu enggak akan merasa asing dan bingung ketika benar-benar akan memulai bisnis ini.

Sebelumnya, supplier merupakan individu atau pihak yang bisa menyediakan jasa atau layanan kepada para produsen. Peran supplier ini bisa dengan memasok bahan baku yang berkualitas tinggi, atau produk-produk yang bisa dijual kembali oleh pihak yang lain.

Tak hanya itu, supplier ini bisa menjadi agen perantara antara produsen dengan distributor kosmetik. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan supplier kosmetik?

Supplier kosmetik adalah orang yang menyediakan produk kosmetik, baik yang telah jadi maupun belum, kepada para produsen dan distributor.

Dalam industri kosmetik, supplier memiliki peranan penting dalam tahapan pembuatan hingga pemasaran suatu produk kosmetik.

Supplier menjadi pihak yang dapat menyediakan bahan baku, di mana nantinya produsen bisa membantu meningkatkan produksi dan menentukan bahan utama jika pasar telah kekurangan bahan tertentu.

Karena itulah, sangat penting bagi perusahaan untuk menjalin hubungan yang baik dengan para supplier. Supaya mereka bisa mendapatkan bahan baku kosmetik yang terbaik, atau bahkan mendapatkan produk-produk kosmetik yang berkualitas tinggi.

Ketahui Juga: Cara Mencari Supplier Kosmetik Murah dan Terpercaya

Beda Antara Supplier dan Distributor Kosmetik

Sebagai orang awam, kadang kala banyak orang yang masih bingung membedakan supplier dan distributor kosmetik. Padahal dua jenis bisnis kosmetik ini jelas-jelas memiliki konsep dan regulasi yang berbeda, lho!

Sebelumnya telah disinggung bahwa supplier kosmetik merupakan pemasok layanan atau bahan baku kepada produsen kosmetik. Sementara, distributor merupakan agen yang akan menyalurkan produk kosmetik hasil olahan produsen ke pengecer atau pedagang.

Dari alur tersebut kamu bisa mengetahui alur kerja antara distributor dan supplier kosmetik sudah cukup berbeda.

Selain itu, ketika membicarakan tentang supplier kosmetik sendiri, ada kemungkinan bahwa supplier bisa bertindak sebagai produsen kosmetik.

Baca Juga: Masih Pemula? Ketahui Cara Menjadi Distributor Kosmetik Berikut Ini

Cara Menjadi Supplier Kosmetik Tangan Pertama

cara menjadi supplier kosmetik (3)

Setelah mengetahui beda antar distributor dan supplier, juga mengerti apa konsep dasar dari supplier kosmetik. Maka, kamu bisa langsung mencoba cara jadi supplier kosmetik tangan pertama berikut ini!

Menjalin Kerja Sama dengan Perusahaan Kosmetik Besar

Salah satu cara jadi suppier kosmetik tangan pertama adalah menjalin kerja sama dengan perusahaan / produsen kosmetik besar.

Dalam langkah pertama ini, identifikasilah daftar perusahaan mana saja yang mungkin membutuhkan layanan atau produk kosmetik yang kamu jual.

Kamu bisa menghubungi mereka secara langsung, lewat kontak yang telah tertera apda company profile mereka. Kemudian melakukan penawaran, serta menanyakan mengenai apa yang mereka butuhkan untuk perusahaan mereka.

Menerima Permintaan Kutipan Layanan

Cara menjadi supplier kosmetik selanjutnya adalah dengan menerima permintaan kutipan layanan produk. Yang dimaksud dengan kutipan ini adalah sebuah deskripsi atau proposal singkat mengenai tawaran yang kamu berikan.

Misalnya, adanya deskripsi prpduk-produk kosmetik yang ditawarkan, jenis bahan baku, harga mata uang, juga kualitas dan jaminan, serta jumlah layanan hingga tanggung jawab bea cukai.

Menanggapi Informasi atau Penawaran Harga Oleh Klien

Ketika akan membeli produk dalam jumlah besar, apalagi akan diolah dan dijual kembali, tentu membuat orang berhati-hati. Inilah yang kemudian membuat sebuah perusahaan biasnya menggunakan RFQ atau RFP ke supplier potensial dengan meminta penawaran harga.

Karenanya, cara menjadi supplier kosmetik selanjutnya adalah denagn menanggapi informasi atau penawaran harga yang diberikan oleh calon klien kamu.

Sebagai pemula, pembuatan RFQ dan RFP ini mungkin cukup membuatmu tegang. Namun, kamu bisa menggunakan beberapa pedoman berikut ini sebagai gambaran mengenai apa yang akan kamu susun dalam dokumen penting tersebut.

  1. Membaca RFQ dan RFP yang diminta calon klien dengan sesama. Pastikan penyampaian hasilnya jelas dan dapat dipahami dengan baik. Kamu juga harus menulis tiap item yang kurang jelas.
  2. Mempersipakan jadwal khusus untuk memenuhi waktu penanggapan penawaran harga oleh klien tersebut.
  3. Lakukan peninjauan persyaratan kritis untuk mempertimbangkan kemampuan perusahaan, apakah memenuhi spesifikasi ataukah tidak. Juga untuk mengetahui seberapa besar potensi perusahaan untuk mengolah proyek atau layanan tersebut.
  4. Membuat konsep garis besar terhadap informasi serta penawaran apa saja yang akan kamu berikan kepada klien.
  5. Mengirimkan pertanyaan kepada perusahaan lain yang juga meminta RFQ dan RFP penawaran harga serupa.

Menjadikan Perusahaan Sebagai Prospek Terbesarmu

Cara menjadi supplier kosmetik tangan pertama selanjutnya adalah dengan menjadikan perusahaan sebagai salah satu prospek bisnis tersbesarmu.

Untuk melakukan cara ini, ada dua langkah yang harus kamu pahami dan lewati berikut ini. Simak baik-baik, ya!

Menjalin Komunikasi dengan Calon Importir di Pameran Bisnis Internasional

Seperti yang kamu tahu, banyak event pameran dagang industri dan konferensi bisnis yang memberikan peluang besar pada pelaku UMK dan UMKM. Khususnya demi memperlihatkan penawaran layanan atau produk yang mereka buat ke perusahaan lebih besar.

Nah, kamu bisa memanfaatkan event ini sebagai cara menjadi supplier kosmetik yang sukses. Kamu perlu menjalin komunikasi yang efektif dan efisien dengan calon Importir di event-event ini, sehingga mereka bisa menjadi klien yang potensial untukmu.

Menghubungi Organisasi Perdagangan Berafiliasi dengan Pihak Pemerintah

Langkah selanjutnya adala dengan menghubungi organisasi perdagangan yang berhubungan dengan pemerintah. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk memahami peluang dan meminta informasi secara luas mengenai fasilitas perkenalan dan syarat ekspor-impor.

Memberikan Penawaran Realistis

Cara menjadi supplier kosmetik yang selanjutnya adalah dengan memberikan penawaran yang realistis. Meski harus bertindak dan berpikir secara visioner, bukan berarti kamu bisa memberikan harga yang tidak riil.

Justru, akan sangat penting buatmu untuk memberikan pengajuan tawaran kerja dengan memperhitungkan mengenai latar belakangn finanasial perusahaan yang diinginkan.

Dengan begitu, perusahaan yang akan jadi klien-mu akan merasa percaya diri. Sehingga kamu juga perlu membagikan sampel atau skill yang kamu miliki sebagai supplier kosmetik tangan pertama.

Mengetahui Kapasitas Usaha yang Kamu Rintis

Langkah ini sangat penting untuk menjalankan sebuah bisnis, apapun jenis dan bentuknya. Begitu pula saat kamu akan memulai cara menjadi supplier kosmetik tangan pertama.

Hampir mirip dengan poin sebelumnya, kamu juga harus bisa realistis dalam menilai dan mengetahui seberapa besar kapasitas usaha yang kamu rintis ini.

Misalnya, ketika kamu mengincar kerja sama dengan sebuah distributor kosmetik yang besar. Maka sebagai seorang supplier, kamu harus memperhitungkan seberapa besar modal yang dimiliki, pengalaman yang kamu punya, juga bagaimana caramu memberikan stok yang mereka inginkan.

Untuk menjadi seorang supplier kosmetik yang besar dan sukses, tentu kamu memerlukan sebuah perjalanan dan proses yang tidak sebentar. Karenanya, kamu enggak perlu tergesa-gesa.

Memproduksi Kosmetik dengan Brand Sendiri

Ketika menjadi supplier kosmetik maka bisnis ini sangat erat kaitannya dengan memiliki stok produk dengan brand sendiri. Karenanya, salah satu cara menjadi supplier kosmetik yang akan kita bahas selanjutnya adalah dengan memproduksi brand kosmetik sendiri.

Dengan membuat brand kosmetik milikmu sendiri, kamu bisa meraih keuntungan finasial yang lenih besar. Ketimbang hanya menyuplai barang mentah pada produsen kosmetik, untuk diolah dan diproduksi dengan brand mereka sendiri.

Terlebih membuat produk dengan brand sendiri sekarang bukanlah hal yang sulit untuk diwujudkan. Kamu bisa dengan mudah menciptakan produk kosmetik yang diinginkan lewat jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia.

Bersama kami, kamu enggak perlu repot membangun pabrik produksi sendiri, merekrut karyawan, ataupun tenaga ahli untuk membuat produk kosmetik.

Tak hanya itu, kami juga memiliki jaringan distributor dan reseller yang akan sangat berguna untuk memasarkan produk kosmetikmu dengan massif.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment