Masih Pemula? Ketahui Cara Menjadi Distributor Kosmetik Berikut Ini

cara menjadi distributor kosmetik (2)

Tak pernah surut peminat, berbisnis di bidang kosmetik menjadi hal yang sangat menjanjikan. Salah satu jenis usaha di bidang kecantikan ini adalah sebagai distributor kosmetik.

Terlebih, dari tahun ke tahun perkembangan dunia bisnis terbilang sangat cepat dan makin memudahkan seseorang untuk mendirikan usaha tanpa harus menciptakan atau membuat produk kecantikan sendiri.

Meski menjadi tangan kedua, distributor kosmetik pun dapat memberikan banyak keuntungan buatmu.

Nah, buat kamu yang baru memiliki keinginan untuk berbinis sebagai distributor kosmetik, perhatikan ulasan mengenai serba-serbi cara menjadi distributor kosmetik, hal apa saja yang kamu butuhkan, hingga tips memulainya dengan mudah.

Sekilas tentang Arti Distributor Secara Umum

cara menjadi distributor kosmetik (1)

Distributor umumnya diartikan sebagai pihak yang membelikan produk kepada produsen secara langsung, dan menjualnya kembali kepada retailer maupun pada konsumen akhir.

Distributor berfungsi sebagai perantara dalam dunia perdagangan, yakni menyalurkan produk dari produsen kepada retailer atau pengecer, hingga ke konsumen tingkat akhir.

Hal inilah yang kemudian membuat keberadaan distributor menjadi penting dalam industri apapun, termasuk dalam bisnis kosmetik.

Sederhananya, nih, kegiatan bisnis distributor hanya mengambil dan menyalurkan produk jadi dan siap pakai kepada konsumen.

Dengan catatan, produk-produk yang disalurkan itu langsung disalurkan atau dijual tanpa ada modifikasi ataupun inovasi apapun sebelumnya.

Begitupun saat akan menjadi distributor kosmetik, kamu hanya perlu mengambil produk yang ingin kamu jual dari produsen (tangan pertama), setelah itu menjualnya atau menyalurkannya pada ritel-ritel kosmetik ataupun konsumen akhir secara langsung.

Selainitu, tugas distributo sebenarnya memiliki tugas yang tak bisa dibilang sederhana, bahkan terkadang cukup kompleks.

Misalnya melakukan pembelian produk, menyimpan dan menyortirnya, hingga melakukan transaksi serta pengiriman kepada pihak ketiga.

Skema Keuntungan Distributor Kosmetik

membuka bisnis salon kecantikan (5)

Melihat alur kerja distributor yang tidak sederhana, kamu pasti bertanya-tanya, di mana dan bagaimana skema keuntungan yang dapat diraih.

Karena merupakan tangan pertama yang menyalurkan produk dari produsen ke retailer, keuntungan yang diperoleh seorang distributor pun didapatkan dari potongan atau diskon harga yang diberikan oleh produsen.

Nah, jika produk yang dibeli dalam jumlah yang besar, maka semakin banyak pula potongan harga yang diberikan oleh produsen kepada pihak distributor.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Distributor Kosmetik

maklon body lotion

Meski memiliki skema keuntungan yang jelas dan terbilang cukup menjanjikan, sebenarnya enggak sedikit juga yang telah terjun dalam bisnis satu ini.

Oleh sebab itu, persaingannya pun terbilang cukup ketat. Untuk itu, sebelum kamu memulai bisnis distribusi komsetik, ada beberapa hal yang perlu kamu miliki sebagai distributor kosmetik yang sukses.

Berikut beberapa keterampilan yang harus distributor kosmetik miliki agar bisnisnya berjalan dengan sukses.

Negosiasi

Negosiasi merupakan salah satu kemampuan dasar dalam memulai bisnis apapun, baik dalam skala kecil maupun sebesar distributor kosmetik.

Kemampuan negosiasi ini diperlukan ketika melakukan tawar menawar dan kesepakatan dengan produsen kosmetik yang menjadi rekan kerja samamu.

 Hal ini berkaitan dengan besaran profit yang akan kamu dapatkan, sebisa mungkin kamu harus mendapatkan keseapakatan harga yang lebih rendah daripada nilai grosir rata-rata di pasaran.

Dengan demikian kamu dapat menjual kembali barang-barang tersebut dengan harga pasae, sehingga keuntungan yang kamu dapatkan juga bakalan tinggi.

Selain dengan produsen, kamu pun harus bernegosiasi dengan pelanggan demi meyakinkan mereka agar membeli dari usaha distribusi kosmetik yang kamu jalankan, bukan dari competitor kamu.

Manajemen Logistik

Sebagai seorang distributor kamu pun harus paham betul tentang manajemen logistic. Sebab, pekerjaan utama yang akan kamu lakukan adalah mengambil barang dari produsen, menyimpannya di gudang, dan mengirimkannya ke pada klien secara tepat waktu.

Nah, jika kamu tidak menerapkan manajemen logistic yang baik, maka pekerjaanmu akan jadi berantakan. Hasilnya jadwal penerimaan barang oleh klien pun tidak akan sesuai dengan yang kamu janjikan.

Hasilnya, para klien dan konsumenmu tidak akan merasa puas. Bahkan bisa saja mereka berpaling pada distributor kosmetik lainnya, yang dinilai lebih efisien dan dapat dipercaya.

Key Account Management

Apakah kamu merasa asing dengan istilah key account management?

Well, key account management ini merupakan salah satu usaha untuk membangun hubungan yang baik serta menguntungkan dengan klien dari bisnis distributor kosmetik kamu.

Keterampilan ini sangat perlu untuk kamu kembangkan dan asah, demi mempertahankan dan menaikkan reputasi bisnis serta dirimu terhadap klien.

Sehingga peluang bekerja sama selanjutnya akan jauh lebih mudah dan terjadi rantai distributor kosmetik yang menguntungkan.

Selain itu, menurut Pareto Principles, sekitar lebih dari 80% pendapatan perusahaan umumnya didapatkan oleh pelanggan setia mereka. Oleh karenanya kamu harus mengutamakan dan memberikan pelayanan menarik untuk mereka.

Pemasaran

Sama halnya dengan bisnis lain, teknik marketing atau pemasaran sangat dibutuhkan dalam bisnis distributor kosmetik.

Agar sampai pada target pasar yang diinginkan dan mendapat pelanggan yang tepat, maka kamu sangat perlu mempelajari cara memasarkan produk-produk yang kamu distribusikan kepada calon klien maupun konsumen.

Cara Menjadi Distributor Kosmetik untuk Pemula

distribusi

Nah, kamu telah mengetahui apa itu distributor kosmetik, skema mendapatkan keuntungannya, juga hal apa saja yang harus kamu miliki agar usahamu dapat sukses.

Setelah mengetahui semua itu, hal yang harus kamu lakukan adalah langsung mempraktekkannya! Penasaran, bagaimana?

Yuk, ikuti cara menjadi distributor kosmetik untuk pemula berikut ini!

Modal yang Diperlukan

Distributor membeli barang dalam jumlah yang tidak sedikit. Jadi, baiknya persiapkan modal dulu sebelum terjun dan menekuni bisnis satu ini.

Lakukan Riset Pasar dan Kenali Target Kamu

Kekeliruan terbesar yang biasanya dialami para distributor pemula adalah memilih barang yang mereka pikir bisa terjual dengan sangat baik.

Padahal kenyataannya justru sebaliknya, kamu perlu melakukan riset pasar dan menyesuaikan dulu jenis yang ingin kamu tuju. Jadi enggak hanya asal-asal ikut dan meniru keuntungan yang didapat dari kompetitor kamu.

Sebab, dengan memahami jenis pasar yang kamu ambil maka kamu pundapat menentukan strategi pemasaran yang tepat. Mulai dari memberikan atau menentukan harga jual kompetitif, dan mengukur kualitas barang yang kamu jual.

Pilih Produk Kosmetik yang Memiliki Resiko Rendah

Tak bisa dipungkiri, sangat banyak produk kosmetik yang dijual bebas dan termasuk ke dalam golongan ilegal.

Jangan sekali-kali kamu memilih produk yang dapat menimbulkan resiko negatif terhadap kesehatan. JIka kamu belum yakin akan kualitas dan efek sampingnya secara langsung pada kesehtan, sebaiknya hindari dan lakukan riset mendalam terlebih dahulu.

Pilih produk-produk yang aman dan telah berlabel BPOM atau Halal sekaligus.

Pilih Produk Kosmetik Asli

Selain memilih produk kosmetik dengan bahan yang aman, sangat penting juga untuk memperhatikan keaslian produk yang kamu jual.

Sebab, enggak sedikit juga produk kosmetik KW yang mirip banget dengan aslinya dijual di pasaran.

Selain menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, hal ini pun membuat reputasi dari usaha distribusi yang kamu jalankan menjadi buruk di mata klien maupun konsumen.

Terapkan Strategi Bisnis yang Efektif

Strategi binis yang tepat dan efektif akan sangat berdampak pada kecepatan perputaran modal yang ada dalam bisnis kosmetik kamu.

Apalagi modal yang kamu keluarkan untuk memulai bisnis sebagai distributor produk kosmetik juga enggak sdikit. Sehingga sebagai pelaku bisnis yang sukses, kamu harus memiliki strategi marketing yang efektif.

Berikut beberapa strategi pemasaran untuk berbisnis sebagai distributor produk kosmetik. Perhatikan baik-baik, ya, Guys!

Membangun Rantai Distributor

Hal pertama yang bisa kamu usahakan adalah dengan membangun rantai bisnis yang menguntungkan.

Selain bagus untuk bisnismu, peran distributor pun terbilang sangat penting dalam berlangsungnya bisnis itu secara umum. Karenanya, kamu perlu membentuk rantai distributor sebanyak yang bisa kamu lakukan, agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Ciptakan Repeat Order dengan Harga Kompetitif

Enggak bisa dipungkiri, harga menjadi salah satu faktor yang cukup menentukan untuk membuat konsumen melirik pada produk-produk kosmetik yang kamu jual.

Umumnya, orang akan memilih produk dengan harga yang lebih terjangkau, namun mampu memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh konsumen.

Nah, dengan memberikan harga yang kompetitif kamu dapat menciptakan repeat order. Sehingga, hal ini pun akan membawa pengaruh yang besar juga terhadap keberlangsungan bisnis distributor kosmetikmu.

Upayakan Produk Berputar dengan Cepat

Kecepatan perputaran produk menjadi faktor yang sangat berpengaruh pada bisnis distributor kosmetik.

Meski pada umumnya banyak pebisnis pemula yang merasa kesulitan untuk mengupayakan strategi ini, kamu dapat mengatasinya dengan membuka penawaran kerja sama dengan pihak lainnya.

Misalnya dengan membuka system dropship, bekerja sama dengan reseller-reseller kosmetik, hingga menggunakan upaya afiliasi agar produk yang ditawarkan kosmetik cepat sampai ke tangan konsumen terakhir.

Berbisnis dengan Brand dan Produk Sendiri Lewat Maklon Kosmetik

bisnis kosmetik

Setelah menjalankan bisnis sebagai distributor kosmetik, apakah kamu tidak ingin melebarkan sayap bisnismu lebih luas lagi?

Yap! Daripada hanya menjualkan produk orang lain, sudah saatnya kamu merambah ke jalur yang lebih luas dengan membuat produk kosmetik lewat maklon kosmetik.

Selain sistem kerjanya yang sangat mendukung dan memudahkan pelaku bisnis, dengan maklon kosmetik kamu juga bisa memastikan kualitas dan kuantitas dari produk kosmetik yang akan kamu distribusikan nantinya.

 PT Mash Moshem Indonesia merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa maklon terpercaya di Indonesia. Pengalaman kami yang panjang dan beragam, dapat membantumu dan mendukungmu untuk menciptakan produk-produk kosmetik berkualitas serta memiliki daya saing yang tinggi.

Tak hanya itu, Mash Moshem Indonesia pun sangat cocok untuk kamu yang baru ingin memulai membuat produk kosmetik sendiri. Yakni dengan memberikan jumlah MOQ yang kecil, sekitar 1000 pcs secara berkelanjutan.

Dengan demikian, kamu enggak perlu keluar modal terlalu besar untuk bisa memiliki brand kosmetik sendiri (private label).

Nah, tunggu apalagi? Daripada terus jual produk orang, mulai bisnis impianmu dengan brand sendiri bersama kami!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment