Dijamin Laris, Ini Cara Promosi Produk Kosmetik Lewat Facebook untuk Pemula

cara mempromosikan produk kosmetik lewat facebook (1)

Selain lewat TikTok dan Instagram, kamu bisa menerapkan cara promosi produk kosmetik lewat Facebook juga.

Platform yang didirikan sejak tahun 2004 silam ini, kini telah menjadi situs jejaring sosial yang berkembang dengan sangat pesat.

Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengguna Facebook yang kian meningkat dan menjaring hampir seluruh lapisan masyarakat, dari yang muda hingga tua, baik pelajar maupun kaum pekerja.

Karena memiliki pengguna yang besar dan hampir menyentuh tiap kalangan, Facebook menjadi sarana yang ideal untukmu melakukan promosi dan branding produk kosmetik milikmu.

Hal ini memungkinkan kamu untuk semakin mudah mempromosikan dan melakukan interaksi dengan pelanggan kosmetik dari bisnismu.

Lalu seperti apa, sih, cara mempromosikan produk kosmetik lewat Facebook dengan mudah? Apalagi kalau buat pemula yang baru menjajaki teknik marketing satu ini?

Well, sebelum terlalu jauh membahas tips dan triknya, simak dulu ulasan berikut ini sampai habis, Guys.

Alasan Kamu Harus Promosi Produk Kosmetik Lewat Facebook

maklon lip serum

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa perlu untuk mempromosikan barang atau produk kosmetik yang kamu jual lewat Facebook? Padahal, toko kosmetikmu atau bisnismu saat ini masih berjalan lancar saja?

Sebenarnya, selain memberikan kemudahan dan lahan untukmu berhubungan dengan pelanggan, dengan promosi lewat Facebook kamu bisa memberikan jangkauan luas pada binismu dan membuat prospeknya untuk maju kian besar.

Selain itu, ada beberapa alasan lagi mengapa kamu harus mencoba promosi produk kosmetik lewat Facebook yang bisa kamu simak berikut ini.

Memperkenalkan Produk dengan Lebih Menarik

Industri kosmetik dari waktu ke waktu memiliki perkembangan yang pesat, bahkan sangat beragam. Hal ini tentunya akan membuat persaingan di antara pelaku bisnis pun kian tinggi.

Nah, salah satu faktor yang paling mempengaruhi keberlangsungan bisnis kosmetik adalah lewat promosi yang menarik dan tepat sasaran.

Facebook marketing dapat memberikan jalan atas permasalahan satu ini. Sebab, kegiatan promosi lewat platform ini pun bisa digolongkan sebagai strategi pemasaran produk yang bisa memberikan fasilitas dan kesempatan seluas-luasnya untuk berbagi informasi produk semenarik mungkin.

Memiliki Jumlah Pengguna yang Tinggi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Facebook merupakan salah satu jenis media sosial yang sangat besar. Platform ini dapat memberikan jangkauan pemasaran yang tepat dan luas, sehingga memungkinkan bisnismu dikenal oleh banyak orang.

Terlebih, hingga kini Facebook telah memiliki lebih dari dua miliar pengguna aktif, yang terdiri dari berbagai usia dan kalangan masyarakat.

Hal ini tentunya membuat Facebook begitu potensial jika dijadikan sebagai media promosi dan branding dari produk-produk kosmetik yang kamu jual.

Fitur Pemasaran yang Efektif dan Kreatif

Kian tingginya angka pengguna Facebook, platform satu ini pun memberikan berbagai fitur menarik untuk membuat penggunanya betah dan menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di media sosial ini.

Tak hanya itu, Facebook pun menyediakan berbagai tools yang sangat membantu dalam mendukung dalam kerja promosi produk kosmetik kamu.

Fitur-fitur yang dimaksud antara lain:

  • Facebook scheduled post
  • Facebook marketplace
  • Facebook 360
  • Facebook Ads, dan
  • Facebook Debugger

Cara Promosi Produk Kosmetik Lewat Facebook dengan Mudah

cara mempromosikan produk kosmetik lewat facebook (2)

Setelah melihat keunggulan mempromosikan produk kosmetikmu lewat Facebook, kamu pasti ingin segera mencoba dan mempraktekkannya secara langsung, bukan?

Untukmu, berikut beberapa cara promosi produk kosmetik lewat Facebook dengan mudah yang bisa kamu terapkan sendiri.

Tentukan Tujuan yang Jelas

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menentukan tujuan promosi lewat facebook yang akan kamu upayakan.

Ini sangat penting untuk membantumu dalam mengatur strategi promosi yang tepat, sehingga upaya pemasaran yang kamu lakukan lewat Facebook marketing akan jauh lebih terarah dan efektif.

Secara umum ada beberapa tujuan dalam melakukan promosi produk kosmetik lewat Facebook, yakni sebagai berikut:

  • Brand awareness
  • Meningkatkan engagement
  • Meningkatkan traffic website, dan
  • Mendapatkan leads

Jika kamu belum menentukan tujuan dari kegiatan promosi yang akan kamu lakukan, kamu bisa mulai dengan membuat survey pelanggan demi mendapatkan langkah promosi yang ideal.

Kenali Target Pasar Bisnis Kosmetikmu

Setiap bisnis pasti menargetkan konsumen secara khusus, begitu pula dengan bisnis kosmetik yang kamu jalankan.

Nah, untuk menjadikan promosi kamu berjalan efektif dan menghasilkan hal yang kamu inginkan, maka sangat perlu bagimu untuk mengenali target pasar dari bisnis kosmetik milikmu.

Dengan demikian, kamu dapat mengatur strategi yang tepat, baik dalam menentukan budget pemasaran, hingga menentukan niche konten promosi.

Ciptakan Konten Promosi yang Menarik dan Segar

Setelah mengetahu target pasar kamu, saatnya untuk membuat konten pemasaran yang menarik.

Strategi ini sangat direkomendasikan, apalagi untuk kamu yang baru mau memulai mempromosikan produk kosmetik kamu di Facebook. Sebagai penarik perhatian calon konsumen kamu ke depannya.

Untuk membuatnya kian menarik dan mudah diingat, gunakan fitur untuk menambahkan gambar dan video ke dalam postingan Anda. Pun lengkapi dengan deskripsi atau caption yang sama menariknya.

Jadilah Aktif dengan Keberadaan Facebook

Dalam banyak hal, Facebook adalah media sosial yang sangat aktif dan selalu berubah, selalu bergerak. Kamu telah melihatnya di feed kamu sendiri.

Bisa dibilang, setiap jam seakan-akan ada konten baru yang dibagikan dan siap ditonton oleh para audiens kamu. Untuk itulah, keaktifan kamu di Facebook sangatlah penting.

Kamu harus berkomitmen pada startegi pemasaran Facebook kamu dengan secara konsisten memposting konten baru ke halaman Facebook perusahaan kamu seperti foto dan video, dengan backlink ke situs web perusahanmu.

Bagian yang terbaik adalah semua upaya untuk membina dan menumbuhkan audiens kamu dan menghasilkan arahan gratis. Namun yang penting untuk diperhatikan adalah kamu harus menyediakan banyak informasi yang berguna. Kamu tidak dapat memojokkan orang-orang dengan salinan penjualan diberita mereka. Itu mengubah mereka.

Bentuk Interaksi dengan Audiens Facebook Kamu

Facebook memberikan kesempatan bagimu untuk membentuk interaksi dengan audiens maupun target konsumen dari bisnismu.

Hal ini sangat dibutuhkan, agar target konsumen mengerti dan mengenal produk kosmetik yang kamu jual dengan lebih baik.

Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk membentuk interaksi dengan audiens kamu di Facebook. Misalnya dengan membuat halaman sambutan khusus untuk pelanggan, aktif memberikan sesi tanya jawab, pun membalas komentar-komentar mereka di tiap postingan.

Promosikan Halaman Facebook-mu

Sama halnya dengan akun website, kamu pun bisa mengoptimasi halaman Facebook bisnis kosmetik yang kamu Kelola.

Misalnya dengan menyertakan URL halaman Facebook di situs web, blog, tanda tangan email, kartu nama, hingga bio media sosial kamu yang lainnya.

Hal ini memungkinkan untuk orang-orang dapat dengan mudah menemukan akun atau halaman bisnis komatik milikmu.

Gunakan Iklan Facebook

Selain melakukan optimasi lewat menautkan URL, kamu pun dapat menggunakan fitur iklan Facebook atau Facebook Ads.

Jumlah like, comment, dan follow pada akun Facebook bisnismu barangkali menjadi hal yang sangat penting. Namun, hal ini bukanlah hal utama atau inti dari proses promosi yang kamu lakukan.

Yap! Sebuah promosi yang tepat sasaran akan menghasilkan transaksi yang menguntungkan untuk usaha kosmetik kamu.

Dengan menggunakan Facebook Ads, akan memudahkanmu menjangkau audiens yang tepat dengan lebih efisien. Sehingga, transaksi yang kamu inginkan dan tunggu-tunggu pun kemungkinan terjadi bisa lebih besar.

Dengan menjangkau pelanggan atau target pasar yang tepat. Pembelian atau transaksi akan jauih lebih mungkin terjadi dan tidak menutup kemungkinan akan ada repeat order.

Selalu Konsisten

Meski tidak harus login setiap saat dan sepanjang waktu, tetapi audiens Facebook Marketing kamu pun perlu mengetahui akun milikmu masih aktif. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan audiens terhadap brand atau tokos kosmetik milikmu.

Atur jadwal dan konsisten memposting konten yang kreatif, membalas komentar dan pertanyaan audiens, serta selalu memberikan reaksi terhadap postingan kamu.

Kamu enggak akan melihat hasil dari cara promosi produk kosmetik lewat Facebook ini dalam semalam saja. Setiap efeknya akan kamu dapatkan secara bertahap.

Nah itulah berbagai cara promosi produk kosmetik lewat Facebook yang bisa kamu praktekkan sendiri. Karena fungsinya yang sangat baik untuk bisnis yang kamu rintis, kamu pun enggak bisa asal-asalan dalam menjalankan promosi ini.

Untuk itu, kamu perlu memiliki tim yang kreatif dan inovatif sehingga dapat memberikan ide konten yang segar serta menarik.

Tahukah kamu kalau Mash Moshem Indonesia juga menyediakan layanan after sales yang bisa menunjang brand kosmetik kamu? Yap! tim digital marketing dan multimedia kami akan membantu menyediakan media promosi yang menarik untuk brand kosmetik yang kamu buat bersama kami.

Mulai dari pembuatan brosur, FAQ (Frequently Asked Question), hingga foto dan video promosi produk skincare atau kosmetik kamu.

Setelah melihat pelayanan promosinya yang menarik ini, apa kamu tidak tertarik untuk memulai bisnis kosmetikmu bersama kami?

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

manfaat emolien untuk kecantikan

Bantu Lembapkan dan Lindungi Kulit, Ini Manfaat Emolien untuk Kecantikan

Menjaga kelembapan kulit merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan kulit wajah, menghindarkannya dari kulit yang kering, mengelupas, maupun terasa kasar. Untuk menjaga kelembapan kulit ini sangatlah mudah, selain memenuhi asupan air yang cukup, kamu pun dapat menggunakan berbagai...

Continue Reading

Leave a Comment