Bisnis Online untuk Pelajar dengan Modal Kecil, Patut Dicoba!

Bisa enggak sih, pelajar punya usaha sendiri untuk menambah uang jajan tapi dengan modal yang tak banyak? Tentu bisa, kamu hanya perlu menyimak beberapa ide bisnis online untuk pelajar dengan modal kecil berikut ini.

Pada dasarnya akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh ketika mencoba memulai bisnis sejak duduk di bangku sekolah. Selain bisa memiliki uang jajan tambahan dan beli barang ini itu pakai uang sendiri, kamu pun bisa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga.

Yap! Pengalaman yang dimaksud antara lain menumbuhkan rasa kemandirian, mengelola modal, juga meningkatkan skill komunikasi yang kamu miliki.

Sekarang mungkin pengalaman ini tidak terlalu terasa manfaatnya, namun ketika memasuki dunia kerja kamu pasti bisa memanfaatkannya dengan baik.

Nah, tanpa banyak kata-kata lagi, langsung simak berbagai ide bisnis online untuk pelajar dengan modal kecil yang patut untuk kamu coba berikut ini!

Berbagai Ide Bisnis Online untuk Pelajar dengan Modal Kecil

Kata siapa ketika masih duduk di bangku sekolah kamu tidak bisa memiliki penghasilan sendiri? Justru di masa-masa ini kamu masih bisa menggali pengalaman dan bereksplorasi sebanyak mungkin.

Istilahnya nih, mumpung masih muda masih banyak lautan yang bisa diarungi.

Nah, buat kamu yang udah enggak tahan ingin bereksplorasi dan mendapat uang saku tambahan, bisa ikuti ide bisnis online untuk pelajar dengan modal kecil berikut ini!

Dropshipper Kosmetik

Ide bisnis online untuk pelajar dengan modal kecil selanjutnya adalah menjadi dropshipper kosmetik. Ya, sebab dengan menjadi dropshiper kamu tidak perlu mengeluarkan modal materiil terlebih dahulu.

Dropship merupakan sebuah sistem penjualan, di mana pihak yang disebut dropshipper ini akan memasrkan dan menjual produk kosmetik dari pihak pertama tanpa perlu membelinya terlebih dahulu. Dengan kata lain, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk stok barang sebelumnya.

Untuk menjalankan ide bisnis online untuk pelajar dengan modal kecil ini, kamu hanya perlu menampilkan foto produk kosmetik yang akan dijual sebagai media promosi. Kamu pun bisa memilih lapak yang kamu inginkan dan yang membuatmu nyaman.

Misalnya, membuat lapak kecil-kecilan di Shopee, atau memulainya dengan yang paling kecil di Instagram, Facebook, juga mempromosikannya di Whatsapp Group.

Tak cuma itu, ketika menjadi dropshipper kamu enggak perlu repot mengemas dan mengirim barang sendiri. Karena semua kegiatan itu akan dilakukan oleh pihak pertama tersebut.

Menjadi Reseller dengan Sistem PO

Salah satu ide bisnis online untuk pelajar dengan modal kecil selanjutnya adalah menjadi reseller kosmetik dengan sistem PO (pre-order).

Berbeda dengan menjadi dropshipper, ketika menjadi reseller kamu tentu harus mengeluarkan ‘sedikit modal’ untuk menyetok barang. Gampangnya, kamu membeli produk kosmetik ini terlebih dahulu kemudian menjualnya kembali pada konsumen. Sekilas seperti toko kosmetik online, ya.

Nah, untuk menghindari pengeluaran modal besar demi stok ini, kamu bisa mengakalinya dengan memberlakukan sistem pre-order. Artinya, pembeli akan memesan terlebih dahulu dan kamu menyiapkan produk kosmetik tersebut sesuai pesanan yang masuk.

Kamu juga bisa membatasi jumlah pembeli, misalnya mulai dengan 1-5 produk terlebih dahulu, kemudian menaikkan kuantitasnya perlahan-lahan.

Untuk membuat pelanggan betah pada bisnis yang kamu jalankan ini, kamu bisa mengemas produk dengan lucu. Misalnya menambah pepper bag, menyelipkan stiker-stiker lucu, dan masih banyak lainnya.

Bisnis Share in Jar Kosmetik

Share in jar kosmetik beberapa waktu sempat menjadi begitu populer di kalangan pecinta kosmetik. Karena dianggap cukup murah dan sangat membantu mereka yang ingin mencoba produk-produk kosmetik baru.

Nah, sebagai seorang pelajar kamu pasti punya limit uang saku. Artinya kamu tidak bisa membeli banyak produk kosmetik sebagai stok awal dari bisnis online yang kamu jalankan.

Dengan ide bisnis online untuk pelajar ini kamu bisa mekecilalisir keluarnya modal. Karena kamu hanya perlu membagi produk kosmetik utuh ke dalam kemasan-kemasan lebih kecil.

Namun, kamu harus memperhatikan kebersihan dan kerapihan saat memindahkan sediaan produk kosmetik tersebut, ya. Agar kandungan atau bahan aktif yang ada enggak akan mudah teroksidasi dan manfaat produk menghilang.

Baca juga Bisnis Share In Jar Kosmetik, Apakah Menguntungkan?

Bisnis Pembuatan Artikel Online

Selain jual beli kosmetik, kamu juga bisa mendapatkan uang saku tambahan dengan membuat artikel online, lho!

Yap! Ini tentu kabar baik buat kamu yang ahli dalam bidang kepenulisan. Karena cukup banyak website yang membutuhkan artikel untuk mengisi halaman domain mereka.

Kamu pun bisa menulis tema-tema yang segar sesuai dengan minat dan hobimu. Misalnya berbagai tips-tips kecantikan yang kamu miliki, mereview skincare untuk remaja yang sedang populer, dan masih banyak topik kekinian lain yang menarik.

Selain tidak membutuhkan modal sama sekali, ide bisnis online untuk pelajar ini juga terbilang sangat fleksibel dan dapat kamu lakukan kapanpun.

Menjadi Fotografer Freelance

Apakah kamu termasuk orang yang hobi jepret sana sini dan sangat tertarik dengan dunia fotografi. Kalau iya, kamu bisa mencoba untuk menjual jasa fotografi yang kamu miliki ini di sela-sela waktu luang kamu.

Apalagi, kini banyak juga orang suka difoto dan mengabadikan tiap momen penting yang terjadi di hidup mereka. Kalau kamu kurang percaya diri dengan skill yang kamu miliki, kamu bisa memulai dengan menyewakan jasa fotografi di event-event kecil.

Misalnya, event wisuda atau kelulusan sekolah, ulang tahun teman, ataupun acara family gathering. Kamu juga bisa memulai mematok harga yang cenderung lebih miring atau dibawah rata-rata.

Nah, kalau kamu sudah mendapatkan job pertama, kamu bisa memajang hasil jepretan terbaikmu di media sosial yang kamu miliki. Sebagai sarana promosi dan portofolio dari skill fotografi yang kamu miliki.

Membuka Jasa Persewaan

Ide bisnis online untuk pelajar dengan modal kecil selanjutnya adalah dengan membuka jasa persewaan. Kalau kamu memiliki barang-barang tertentu yang unik dan bermanfaat, kamu bisa mencoba menyewakannya dengan mematok tarif.

Misalnya, baju untuk wisuda atau jas untuk menghadiri acara formal, sepatu untuk mendaki, persewaan alat-alat pendakian dan masih banyak lainnya.

Meski begitu, kamu harus hati-hati ketika akan membuka jasa persewaan ini. Karena risiko adanya penipuan dan pencurian barang juga sangat besar.

Untuk menghindarinya, kamu bisa menerapkan sistem DP (down payment), pembayaran di muka, meminta foto kopi identitas dan surat pernyataan, juga berbagai langkah lainnya yang sekiranya kamu perlukan.

Manfaat Belajar Berbisnis Sejak Dini bagi Pelajar

Nah, setelah membaca berbagai ide bisnis online untuk pelajar dengan modal kecil di atas, kamu pasti sudah enggak sabar untuk mencobanya, bukan?

Well, ada banyak manfaat yang bakalan kamu peroleh ketika memulai belajar berbisnis sejak dini, seperti yang sudah dirangkumkan dalam ulasan berikut ini!

Menambah Uang Saku

Tentu keuntungan utama ketika menjalankan sebuah bisnis adalah uang. Nah, bagi pelajar uang yang masuk dari bisnis sampingan ini bisa menambah uang saku!

Yang menjadikan hal ini lebih menyenangkan adalah kamu tidak perlu membuat diri sendiri resah karena meminta tambahan uang saku pada orang tua, dan bisa lebih merasa puas serta bangga karena dapat memberi produk yang diinginkan dengan uang sendiri.

Menambah Banyak Pengalaman

Dengan mencoba ide bisnis online untuk pelajar dengan modal kecil di atas, kamu pun bisa menambah banyak pengalaman dan melatih skill pribadimu.

Misalnya, kamu lebih andal dalam mengatur pembagian uang modal, keuntungan, juga memiliki skill komunikasi dengan lebih baik.

Ilmu-ilmu ini sangat mahal dan berharga, karena bisa kamu terapkan dalam berbagai bidang. Termasuk membuat doi klepek-klepek!

Mempunyai Banyak Relasi / Teman

Selain pengalaman dan uang saku yang juga bertambah, kamu pun bisa memperluas jaringan pertemanan kamu. Karena, dengan berbisnis online ini kamu akan berinteraksi dengan banyak pelanggan juga.

Nah, bukan tidak mungkin, jika dari kenalan-kenalan ini kamu bisa menemukan relasi atau teman bisnis yang ternyata bisa memberikan keuntungan tersendiri buat usahamu.

Membantu Meringankan Beban Orangtua

Keuntungan lain dengan memulai bisnis sejak di bangku sekolah adalah dapat meringangkan beban orangtua. Kamu mungkin hanya mendapatkan beberapa ribu rupiah dari orang tua per hari, dan kamu merasa itu kurang.

Apalagi kalau ada keperluan praktikum atau ada kebutuhan lain yang harus dibeli. Tentu, akan sangat dilematis bagimu untuk meminta tambahan uang jajan ke orang tua.

Masalah ini bisa dipecahkan ketika kamu mencoba mendapatkan penghasilan sendiri. Meski tidak besar, setidaknya kamu bisa memunuhi kebutuhan dan keperluan pribadimu, tapi tidak memberikan beban tambahan pada orang tua.

Menjadi Ajang Belajar Bisnis Sejak Dini

Semaki lama kamu belajar mengenai sesuatu, maka akhirnya kamu pun akan jadi ahli dalam bidang tersebut. Untuk itu, enggak ada salahnya untuk mencoba berbisnis sejak di bangku sekolah, sehingga kamu nantinya akan menjadi berpengalaman di bidang itu.

Apalagi kalau bisnis yang kamu jalankan ini sangat berkaitan erat dengan cita-citamu, masa depan karir yang kamu impikan pun akan lebih terang!

Nah, itu adalah berbagai ide bisnis online untuk pelajar dengan modal kecil yang bisa kamu coba. Apakah ada dari salah satu ide itu membuatmu tertarik?

Tak ada salahnya untuk memuli bisnis sejak dini, selain memberikan banyak keuntungan berupa uang saku tambahan, kamu juga mendapatkan pengalaman yang berharga.

Syukur-syukur kamu bisa jadi brand cosmetic owner seperti Rihanna, Selena Gomes, Harry Styles, hingga Kyle Jenner. Udah muda, famous, sukses lagi!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment