Langsung dari Ahlinya, Ini Dia Tips Jadi Beautypreneur Sukses di Usia Muda!

tips jadi beautypreneur sukses

Apakah kamu pernah bermimpi untuk memiliki kehidupan yang mapan dan bisa mencicipi ‘rasa sukses’ di usia muda? Well, siapa yang enggak pernah. Buktinya semasa kanak-kanak, kita selalu ingin cepat dewasa, membayangkan dunia sekolah, perkuliahan, dan pekerjaan impian.

Meski sulit, impian ini masih bisa kamu wujudkan kok. Salah satunya dengan merintis karir sebagai beautypreneur. Kenapa harus beautypreneur?

Tentu tak ada jalan instan untuk mendapatkan kesuksesan yang kita impikan. Namun, kita dapat membuatnya sedikit lebih mudah dengan memilih bidang yang tepat dan menjanjikan.

Nah, dari sinilah industri kecantikan akhirnya menjadi pilihan yang cukup ideal untuk kamu lirik. Mengingat minat akan berbagai produk perawatan kecantikan tidak pernah surut, malah naik dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh, mari kita kembali mengingat event Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2020 lalu. Pada acara ini, pembelian produk kosmetik menempati posisi nomor dua sebagai produk yang paling banyak dibeli oleh masayarakat.

Epiknya lagi, pembelian produk kosmetik ini mengalahkan konsumsi di sektor kebutuhan pribadi, elektronik dan produk-produk lainnya.

Ini tentunya merupakan kabar yang sangat baik untuk kamu, bukan? Apalagi banyak sector di industry yang bisa kamu jajalan, misalnya menjadi reseller, dropshiper, membuka toko kosmetik, maupun berjualan atau berbisnis kosmetik dengan brand sendiri.

Nah, tahukah kamu, selain menyiapkan modal dan sarana yang dibutuhkan. Ketika ingin sukses menjadi beautypreneur muda, kamu pun harus memiliki langkah dan karakter yang tepat untuk segera memulai bisnis kosmetik kamu.

Untuk menjawab kebutuhanmu ini, kami secara eksklusif berbicara dengan CEO PT. Mash Moshem Indonesia (perusahaan maklon kosmetik), Scorpi Filia untuk meminta tips jadi beautypreneur sukses muda yang sukses.

Penasaran apa saja tips tersebut? Langsung simak ulasan berharga ini, ya, Guys!

Apa Sih Beautypreneur Itu?

cara menjadi distributor kosmetik (2)

Sebelum membahas lebih jauh soal tips-tips sukses jadi beautypreneur muda, apakah kamu sudah tahu arti dari kata beautypreneur? Juga jangkauannya dalam industry kosmetik/kecantikan?

Well, yang dimaksud beautypreneur adalah orang yang menekuni usaha di dunia kecantikan. Tak hanya bergerak di balik layar, beautypreneur bisa memberikan banyak influence terhadap para konsumen atau jangkauan pasarnya.

Sektor yang bisa ditekuni oleh seorang beautypreneur ini pun sangat beragam, Beauties. Entah sebagai penyedia jasa kecantikan, seperti salon dan MUA. Atau juga menjalankan jasa distribusi, seperti reseller, dropshiper, hingga supplier.

Ada juga yang jangkauannya sangat luas dan cukup besar, seperti membuat brand kosmetik sendiri. Meciptakan produk-produk kosmetik yang unik, berkualitas, dan cocok untuk digunakan oleh klien mereka.

4 Tips Jadi Beautypreneur Muda Sukses

reseller dandropship

Ketika baru akan memulai sesuatu tentu rasanya akan sangat berat dan tidak mudah. Namun, bukan berartik kamu enggak bisa menghadapinya atau melewatinya sama sekali.

Justru ketika menyadari seberapa besar rintangan yang akan kamu hadapi nantinya, penting untuk mempersiapkan langkah-langkah dan keputusan yang akan diambil. Sebagai langkah dasar, kamu bisa memperhatikan dan menerapkan beberapa tips jadi beautypreneur sukses berikut ini.

Menjadi Lebih Berani / Be Bold

Tips jadi beautypreneur sukses yang pertama adalah dengan bersikap berani. Well, kaau kamu enggak bisa mengontrol ketakutanmu sendiri ataupun melawannya, maka kamu belum bisa dibilang siap untuk menjadi seorang pebinisnis.

Karena apa yang kamu hadapi nantinya tak akan selamanya sesuai dengan yang kamu bayangkan dan rencanakan. Akan ada masalah yang tak diprediksi datang, menghambat, dan bisa saja membuat bisnis yang kamu dapatkan jungkir balik.

Sejalan dengan hal ini, Scorpi Filia mengungkapkan bahwa sebagai seorang pebisnis kamu harus berani untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba melakukan hal-hal baru. Dengan begitu, kamu bisa memiliki pengetahuan yang lebih luas dan dapat mengenali kelebihan/kekurangan yang kamu miliki.

Dengan melakukan hal-hal baru ini, kamu pun dapat meningkatkan kualitasmu sebagai individu. Mulai dari cara berpikir, pengambilan sikap/keputusan, karakter, bahkan bagaimana caramu mengatasi atau memecahkan masalah.

Visi yang Baik Mendatangkan Hasil yang Sama Baiknya

Tips jadi beautypreneur sukses yang kedua adalah dengan menentukan visi dan misi yang baik, sehingga akan bisa memberikan hasil yang sama baiknya dnegan bisnis yang akan kamu jalankan.

Visi dan misi merupakan hal yang sangat perlu dipertimbangkan. Mungkin banyak para pebisnis baru yang kurang mengerti visi dan misi, hingga akhirnya dengan asal memilih atau menerapkannya.

Padahal, visi dan misi dapat mempengaruhi laju bisnis kosmetik yang akan kamu jalankan kelak. Sebab, berhubungan dengan perencanaan strategis perusahaan / bisnis tersebut.

Karena kedua hal ini dapat bekerja sebagai panduan atau landasan untuk membuat tujuan maupun sasaran dalam usaha yang akan kamu rintis. Sehingga dapat tercipta sebuah peta atau alur kerja, yang kemudian harus diikuti oleh setiap elemen/devisi dari usaha kamu ini.

Karena sifatnya yang penting inilah, visi dan misi enggak bisa dibuat secara senbarangan. Lebih lanjut, CEO PT Mash Moshem Indonesia, Scorpi FIlia menjabarkan kalau visi dan misi yang bagus itu enggak harus selalu berorientasi dengan keuntungan materiil.

Lebih dari itu, visi yang baik adalah yang bisa menjangkau kebutuhan dan membangun ikatan yang baik dengan semua elemen perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa membentuk lingkungan kerja yang kondusif, yang suportif, dan saling menguntungkan untuk semua pihak.

Nah, karena jalannya keuntungan ini enggak hanya satu arah, maka akan semakin mudah pula untukmu menggiring atau mengarahkan masa depan usaha yang kamu rintis.

Memiliki Tekad dan Mental yang Kuat

Tips satu ini pasti udah sering banget kamu dengerin, kan? Well, tapi emang enggak ada salahnya juga. Mengingat kendala untuk membangun sebuah bisnis itu sangat besar. Apalagi kalau memulainya dari nol.

Dengan mental yang kuat ini kamu enggak akan mudah menyerah dan tetap memiliki semangat untuk mengembangkan bisnis kecantikan yang dirintis. Entah, seburuk atau sebesar apa masalah yang kamu hadapi.

Menurut Scorpi Filia, adanya semangat untuk selalu maju dan tidak mudah menyerah ini adalah modal yang sangat penting. Karena untuk memulai usaha dan menjalankan bisnis kosmetik pun enggak mudah, justru banyak juga rintangan yang akan menghadang nantinya.

Lebih lanjut, beliau mengatakan kalau semua masalah ini pasti datang dan enggak sedikit yang di luar prasangka kita. Namun, hal yang sangat penting adalah bagaimana kamu bisa bangkit dan menghadapinya. Inilah yang menjadikan adanya tekad dan mental yang kuat sangat diperlukan.

Memberikan Tindakan yang Nyata

Last but not least, tips jadi beautypreneur sukses lainnya adalah bisa memberikan tindakan nyata alias enggak hanya bermimpi. Karena, setelah ketiga langkah di atas telah kamu susun, tentu semua ini enggak aka nada artinya kalau kamu tak segera mengambil langkah nyata.

Jangan tunggu momen yang tepat, karena momen enggak datang sendiri tapi dibuat. Dalam industry kecantikan, momen ini bisa datang dan dibuat kapan saja, asal kamu tahu bagaimana mengolah informasi dan mengatur strategi.

Misalnya, belakangan ini pecinta kosmetik sedang getol dan asik mendiskusikan produk-produk yang ramah lingkungan dan binatang. Akhirnya, banyak produk dengan label vegan, organic, herbal, hingga bio-degradable diciptakan.

Ini bukanlah momen-momen yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Karena kosmetik selalu menjadi bagian dari kebutuhan hidup, tentu perkembangan dan trennya pun tidak akan jauh berbeda dengan apa yang menarik minat masyarakat.

Nah, dari tips-tips di atas apakah kamu memiliki gambaran untuk memulai kariermu jadi beautypreneur yang sukses? Well, kalau kamu bingung mau mulai dari mana, Mash Moshem Indonesia bisa membantumu, kok.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment