Bikin Tirus, Ketahui Manfaat Gua Sha untuk Kecantikan dan Cara Pakainya!

gua sha (4)

Banyak cara yang bisa dipraktekkan untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang dan terawat. Mulai dari menggunakan rangkaian ramuan herbal, skincare, hingga memakai alat kecantikan tertentu.

Ngomongin soal alat kecantikan nih, belakangan beberapa pengguna TikTok bikin heboh karena testimoninya soal Gua Sha. Yap! Alat kecantikan khas Asia Timur ini diklaim membuat wajahnya tampak tirus dan jaw line jadi keliatan seksi.

Yang bikin heboh lagi, pengguna TikTok ini mengatakan bahwa hanya pelu dua minggu penggunaan rutin. Ia bisa mendapatkan hasil yang sangat menakjubkan pada penampilan kulit wajahnya.

Tentu ada banyak orang yang ragu mengenai kebenarannya. Yah, apakah benar penggunaan satu alat kecantikan ini saja dapat berpengaruh besar pada kesehatan kulit dan pada penampilan wajah?

Menyadari betapa pentingnya untuk mengetahui fakta mengenai suatu produk perawatan kecantikan, kami menghadirkan berbagai fakta soal Gua Sha. Mulai dari manfaat Gua Sha untuk kecantikan kulit dan kecantikan, efek samping yang mungkin terjadi, juga cara penggunaannya.

Nah, simak baik-baik artikel ini supaya kamu bisa lebih kenal sama Gua Sha! Happy reading, Beauties!

Apakah Gua Sha itu?

Gua sha merupakan sebuah alat kecantikan yang dibuat dari batu giok cantik, dengan bentuk agak menyerupai hati. Meski kini banyak varian gua sha yang enggak benar-benar dari batu giok, namun manfaatnya pun tidaklah berbeda.

Nama gua sha — diucapkan gwahshah — berasal dari kata Cina untuk menggores. Bisa juga disebut skin scraping, spooning, atau coining.

Teknik perawatan ini banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Tujuan utamanya untuk menghilangkan rasa sakit dan ketegangan pada syaraf wajah, dengan memijatnya atau menekannya sedikit pada wajah atau area yang diinginkan.

Tindakan ini menyebabkan memar ringan, yang sering muncul sebagai bintik-bintik ungu atau merah yang dikenal sebagai petechiae atau sha. Qi atau chi ini, menurut pengobatan tradisional Tiongkok merupakan energi kehidupan yang mengalir melalui tubuh.

Banyak orang percaya bahwa qi seseorang harus seimbang dan mengalir dengan bebas untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Gua sha bertujuan untuk menggerakkan energi, yang dikenal sebagai qi atau chi, ke seluruh tubuh. Perawatan ini melibatkan penggunaan alat untuk menggosok kulit dengan gerakan panjang, memberikan tekanan yang cukup untuk membuat memar kecil.

Tak hanya itu, alat ini pun dapat membantu memecah jaringan parut dan jaringan ikat, meningkatkan gerakan pada persendian. Perawatan ini tidak memiliki efek samping yang serius tetapi tidak cocok untuk mereka yang memiliki kondisi medis tertentu.

Manfaat Gua Sha untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

gua sha (2)

Meski paling sering digunakan untuk meredakan nyeri otot dan membuat syaraf jadi rileks, gua sha juga diklaim memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Karenanya, banyak orang yang tertarik dan mencoba menggunakan alat kecantikan satu ini untuk membuat kulit mereka lebih sehat.

Menenangkan Kulit Wajah dan Leher

Selama beraktivitas seharian, kita menahan begitu banyak tegangan pada area wajah dan leher. Tak hanya itu, tekanan ini pun bisa ditambah dengan buruknya kualitas lingkungan dan meningkatnya radikal bebas dalam tubuh.

Karenanya, memijat wajah menggunakan gua sha ketika sedang bersantai sangatlah menenangkan. Gua sha bisa membantu melepaskan ketegangan pada otot wajah dan leher, sehingga memungkinkan kulit untuk bekerja normal dan maksimal.

Ketika kamu menggunakan gua sha ke dalam perawatan wajah harianmu, tentu ini akan memberikan hasil yang sangat signifikan. Termasuk memabntu membuat wajah jadi lebih kenyal dan meringankan kemunculan tanda penuaan kulit.

Mendetoksifikasi Toxin dalam Kulit

Manfaat gua sha untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu membersihkan penyumbatan di saluran meridian, yang akan menghubungkan organ dengan sirkulasi darah, dan chi.

Tentu metabolisme dalam tubuh haruslah bekerja secara efektif, agar chi dapat mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. Jika semua organ ini enggak dapat bekerja dengan baik, maka salurannya juga bisa tersumbat, begitupun sebaliknya.

Lebih lanjut, penggunaan gua sha bisa merangsang sistem limfatik kita. Dengan begitu organ tubuh berfungsi secara optimal dengan memecah stagnasi, mengalirkan puing-puing dan racun di dalam tubuh agar lebih mudah dikeluarkan.

Sama halnya dengan organ tubuh yang lain, kulit pun sangat bergantung pada metabolisme dan sirkulasi darah dalam tubuh. Bila, kedua hal ini dapat berjalan lancar maka toxin yang didapat dari paparan radikal bebas akan dapat diminimalisir.

Hasilnya, kulit pun akan jauh lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kecantikan. Seperti penuaan dini, jerawat, kulit kering dan kusam, hingga bintik-bintik hitam.

Sebagai Facelift Alami

Ini dia  yang bikin heboh para beauty enthusiast, manfaat gua sha untuk mengencangkan dan membuat rahang jadi tampak lebih tirus. Apa benar begitu?

Well, tepian unik dari batu Gua Sha ini enggak hanya berguna untuk memperindah alat tersebut. Melainkan bisa bekerja dengan sempurna untuk mengangkat, memahat, dan membantu mengencangkan kulit.

Penggunaan secara teratur dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur, kusam dan keriput. Karena Gua Sha membantu merangsang sirkulasi, teknik itu sendiri mengoksidasi dan membawa nutrisi ke sel-sel kulit.

Peningkatan aliran darah yang dihasilkan dari Gua Sha berkontribusi pada penampilan yang lebih hidup, kenyal dan awet muda.

Membuat Kulit Tampak Lebih Bercahaya

Tak melulu menggunakan rangkaian bahan aktif dalam skincare, kamu pun bisa memberikan cahaya alami pada kulit wajah dengan merawat kesehatannya ketika memakai gua sha.

Yap! Batu giok ajaib ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mendukung organ limfatik agar bekerja normal. Kondisi ini akan membuaut kulit wajah kamu jadi lebih lembut, terhidrasi dengan baik, juga membuatnya tampak bercahaya.

Memaksimalkan Fungsi Kulit untuk Menyerap Kandungan Skincare

Selain membuat wajah jadi lebih bercahaya, manfaat gua sha untuk kecantikan lainnya adalah membantu memaksimalkan fungsi kulit untuk menyerap kandungan skincare.

Ketika kamu memijat wajah dengan gua sha, maka sirkulasi darah dapat meningkat dan membuat kulit pun bisa bekerja lebih optimal.

Penyerapan berbagai kandungan skincare ini, akan dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit wajah kamu. Misalnya membantu wajah jadi lebih lembap, cerah, dan tampak lebih sehat lagi.

Mengatasi Penyumbatan Pori dan Mencegah Adanya Jerawat

Pori-pori wajah yang tersumbat adalah salah satu hal yang paling sering menyebabkan jerawat dan komedo di kulit. Penyumbatan ini terjadi karena ada sisa kotoran dari makeup, debu, maupun minyak berlebih yang tidak bisa hilang sepenuhnya dari kulit.

Akhirnya, mereka akan berkumpul dan bersarang pada pori-pori wajah. Ini tentu akan memicu peradangan, sehingga akan timbul komedo dan jerawat.

Nah, untungnya Gua Sha bisa membantumu mengatasi masalah ini, lho. Sebab, alat ini dapat bekerja untuk membersihkan pori-pori kulit dan menetralisir toxin dalam kulit. Sehingga kemunculan jerawat dan komedo dapat diatasi.

Perawatan Rumahan dengan Harga Terjangkau

Satu alat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, gua Sha adalah jawabannya. Pada dasarnya alat ini dibilang sangat ‘membumi’, karena kadang kamu tidak perlu jadi seorang ahli untuk mencoba dan melakukannya.

Langkah lambat gerakan dan sentuhan lembut sangat santai, langsung mengaktifkan keadaan saraf parasimpatis (santai) kita.

Efek Samping Penggunaan Gua Sha

manfaat gua sha untuk kecantikan

Memperhatikan efek samping sebelum mencoba sebuah alat atau produk perawatan kecantikan, adalah langkah yang sangat tepat untuk dilakukan. Begitu pula, ketika kamu mempertimbangkan untuk menggunakan Gua Sha.

Pada dasarnya, ketika digunakan dengan lembut dan perlahan, Gua Sha enggak akan memberikan efek buruk yang mengerikan untuk wajahmu.

Efek samping yang bisa saja muncul ini, berkaitan dengan cedera kecil serupa memar atau terkadang dikenal sebagai mikrotrauma. Ini menciptakan respons dalam tubuh yang dapat membantu memecah jaringan parut.

Microtrauma juga dapat membantu dengan fibrosis, yang merupakan penumpukan terlalu banyak jaringan ikat saat tubuh sembuh.

Ini dikarenakan, Gua Sha bisa membuat pembuluh darah kecil pecah yang kamudian akan menimbulkan memar ungu kemerahan yang khas. Nah, memar inilah yang kemudian dikenal sebagai sha.

Memar biasanya membutuhkan waktu beberapa hari atau minggu untuk sembuh dan dapat menjadi lunak saat penyembuhan. Untuk meredakan nyeri atau rasa sakit ini, kamu dapat menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotik atau toko obat.

Seseorang harus melindungi area yang memar dan berhati-hati agar tidak menabraknya. Menerapkan kompres es dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit.

Praktisi Gua Sha enggak boleh merusak kulit kamu selama perawatan, merki begitu tetap ada risiko masalah yang mungkin terjadi.

Kulit yang rusak meningkatkan kemungkinan infeksi, jadi praktisi gua sha harus selalu mensterilkan alat mereka di antara perawatan.

Dilansir dari Healthline, ada kondisi di mana seseorang tidak dapat atau tidak dianjurkan menggunakan Gua Sha. Seperti:

  • Orang yang memiliki kondisi medis yang mempengaruhi kulit atau pembuluh darah
  • Orang mudah berdarah
  • Orang yang minum obat untuk mengencerkan darahnya
  • Orang yang memiliki trombosis vena dalam
  • Orang yang mengalami infeksi, tumor, atau luka yang belum sembuh sepenuhnya
  • Orang yang memiliki implan, seperti alat pacu jantung atau defibrilator internal

Cara Menggunakan Gua Sha yang Benar Agar Wajah Tirus

gua sha (5)

Sebagian besar cedera atau efek samping yang penggunaan gua sha ini disebabkan cara yang kurang tepat. Nah, dilansir dari Times, berikut beberapa cara penggunaan gua Sha yang tepat berdasarkan ahlinya.

Langkah Pertama

Mengaplikasikan minyak wajah ke seluruh bagian wajah hingga leher. Ini untuk membantu membuat kulit jadi lebih licin dan mengurangi kemungkinan adanya goresan ketika menggunakan Gua Sha.

Langkah Kedua

Mulai pijat wajah dan leher dengan lembut dan merata. Pertama, kamu bisa menggunakan sisi Gua Sha yang panjang dan melengkung ke dalam. Gunakan dengan menariknya dari leher bawah hingga ke tulang rahan, lakukan gerakan ini sebanyak lima kali.

Langkah Ketiga

Setelah itu, gunakan sisi dengan bentuk serupa dua punggungan di atas. Lakukan dengan menarik garis antara tulang rahang, yakni dari tengah ke luar hingga ke arah telinga. Lakukan ini sebanyak tiga hingga empat kali.

Langkah Keempat

Setelah itu, pijat seluruh bagian samping leher kamu, tepatnya pada bagian yang telah sejajar dengan telinga. Kemudian, lakukan dengan gerakan memutar tanpa memindahkan posisi Gua Sha dengan dua arah yang berebeda. Lakukan sebanyak lima kali, untuk tiap putaran.

Langkah Kelima

Dalam langkah ini, pakai sisi Gua Sha yang panjang dan melengkung ke dalam pada garis senyuman, atau pada area samping bibir hingga ke tulang pipi.

Untuk melakukannya, kamu bisa mengaplikasikan dari bawah ke atas. Kemudian, lanjutkan dengan gerakan untuk menghadap ke tulang pipi. Lakukan kedua gerakan ini sebanyak tiga kali untuk masing-masing.

Langkah Kelima

Gunakan bagian bawah Gua Sha yang memiliki satu punggung untuk langkah selanjutnya. Pijat wajah dari tulang rahang ke tulang pipi kamu, ulangi langkah ini sebanyak tiga hingga lima kali.

Langkah Keenam

Setelah itu pijat melingkari area bibir, masih dengan menggunakan sisi yang sama pada langkah sebelumnya. Ini untuk membantu membentuk area bibir dan membuatnya tampak lebih kenyal.

Langkah Ketujuh

Ganti, gunakan bagian Gua Sha dengan dua punggung. Dalam langkah ini pijatan difokuskan pada tulang pipi dan pelipis. Caranya, tarik pijatan dari tulang pipi dari bagian luar hidung, hingga ke area pelipis. Ulangi langkah ketujuh ini sebanyak tiga hingga lima kali, ya.

Langkah Kedelapan

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan bagian bawah Gua Sha untuk memijat area mata dengan gerakan melingkar yang lembut. Gerakan ini bisa diulangi sebanyak tiga hingga lima kali.

Langkah Kesembilan

Setelah pada area mata, kamu bisa melanjutkan terapi pada area antara alis. Pijatan ini masih menggunakan bagian Gua Sha yang sama dan diaplikasikan dengan lembut.

Langkah Kesepuluh

Langkah selanjutnya adalah dnegan menggunakan bagian dua punggung Gua Sha. Kamu bisa melakukan pijatan lembut dari area luar alis hingga kea rah kulit kepala, tepatnya di sepanjang pelipis. Langkah ini dapat diulangi sebanyak tiga hingga lima kali, ya!

Langkah Kesebelas

Pada bagian ini difokuskan pada area dahi atas hingga bawah, juga dari sisi demi sisi. Kamu bisa menggunakan bagian Gua Sha yang melengkung ke dalam di langkah ini, sebanyak tiga sampai lima kali.

Langkah Kesebelas

Langkah terakhir, kamu perlu menggunakan bagian bawah Gua Sha dengan satu punggung untuk memijit dari area kulit kepala hingga bagian pelipis. Kemudian membawanya lagi ke arah yang berlawanan.

Merawat kecantikan dengan Gua Sha ini memang bukan sesuatu yang wajib untuk kamu lakukan. Namun, melihat banyak manfaatnya untuk kulit dan kesehatan tubuh kamu, maka enggak ada salahnya untuk sekali-kali menggunakannya.

Well, semoga artikel tentang manfaat Gua Sha untuk kecantikan ini dapat membantumu. Selamat mencoba, Ladies!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment