10 Manfaat Steaming Face untuk Kecantikan dan Cara Melakukannya di Rumah

manfaat steaming face untuk kecantikan (3)

Merawat kecantikan kulit tak selalu harus dilakukan di salon maupun klinik-klinik kecantikan. Sebab, kamu bisa juga melakukan perawatan sederhana dengan teratur dan tetap memiliki banyak manfaat buat kulit, salah satunya dengan menggunakan cara facial steam.

Apakah kamu pernah soal facial steam dan manfaatnya buat kulit?

Pada dasarnya metode ini sudah lama dilakukan untuk merawat kesehatan kulit para perempuan Asia. Facial steaming atau uap wajah adalah salah satu bentuk perwaatan kulit yang memakai uap panas, baik yang dihasilkan oleh air panas maupun facial steamer (beauty tools).

Perawatan kecantikan ini terbolang sangat mudah dilakukan di rumah. Meski enggak akan menguras kantong, kamu justru dapat merasakan sensasi mewah dan menyegarkan seusai menggunakan perawatan ini

Dilansir dari Healthline, manfaat steaming face untuk kecantikan sangatlah beragam. Penasaran? Kepo-in kesepuluh manfaat steaming face untuk kecantikan berikut ini!

Manfaat Steaming Face untuk Kecantikan Kulit Wajah

manfaat kentang untuk kecantikan (1)

Asia memiliki banyak rahasia perawatan kecantikan yang bisa dicoba, dan manfaatnya tentu engak bisa disepelekan begitu saja!

Begitupula dengan facial steam, yang ternyata juga banyak dilakukan oleh perempuan Korea dan Jepang untuk merawat kecantikan kulit mereka.

Nah, kira-kira apa saja manfaat facial steam untuk kecantikan kulit wajah? Langsung simak penjelasannya lengkapnya lewat uraian berikut ini, ya!

Membuat Kulit Tampak Bersinar

Manfaat steaming face untuk kecantikan yang pertama adalah membuat kulit wajah tampak lebih bersinar. Teknik ini secara sistematik akan membuat wajah kamu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dengan lebih baik, menyingkirkan kotoran dan sel kulit mati.

Hasilnya, wajah akan jadi tampak lebih sehat dan bersinar. Ssst! Penggunaan secara rutin pun bisa membuat wajah kamu lebih kencang dan kenyal.

Membersihkan Pori-pori Wajah

Pori-pori yang kotor dan tersumbat bisa menyebabkan banyak masalah pada kulit wajah kamu. Misalnya memicu kemunculan komedo, jerawat, dan membaut wajah jadi tampak lebih kusam.

Nah, untungnya denan steaming face kamu bisa membersihkan pori-pori wajah dengan lebih efektif. Uap akan membuka pori-pori kulit wajah kamu, kemudian melonggoarkan dan meluruhkan kotoran yang menumpuk.

Ini akan memberikan efek pembersihan yang mendalam. Bahkan, ketika kamu memiliki masalah dengan komedo, metode ini pun akan membantu melembutkannya dan memudahkannya untuk dihilangkan.

Meningkatkan Sirkulasi Darah di Bawah Kulit

Manfaat steaming face selanjutnya adalah membantu meningkatkan kesehatan kulit wajahmu, dengfan membuat sirkulasi darah jadi lebih lancar.

Kombinasi uap hangat dan peningkatan keringat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Peningkatan aliran darah ini memberi nutrisi pada kulit wajah kamu dan memberikan oksigen. Hasilnya kulit wajah akan tampak kian segar, sehat, dan bercahaya.

Menghilangkan Bakteri Penyebab Masalah Kecantikan

Jerawat merupakan salah satu masalah kecantikan kulit yang paling banyak terjadi. Tanpa memandang, usia, gender, atau bahkan profesi seseorang.

Penyebabnya pun sangat beragam, mulai dari perubahan hormone tubuh, paparan radikal bebas, mengonsumsi makanan yang kurang sehat, juga ketidakcocokan dengan jenis/ kandungan bahan kosmetik tertentu.

Kalau kamu memiliki masalah dengan jerawat membandel, menggunakan steaming face bisa menjadi alternatif yang ideal untuk mengatasinya.

Sebab, ketika pori-pori kulit terbuka karena upa panas, maka secara tidak langsung bakteri yang ada pada permukaan dan di dalam kulit pun akan turut menghilang.

Tak hanya itu, penyebab jerawat lainnya, seperti sel kulit mati, bakteri, minyak wajah yang berlebihan, juga residu make up bisa turut diluruhkan.

Membantu Mengangkat Minyak yang Berlebihan

Selain sel kulit mati dan kotoran, pada dasarnya produksi sebum yang berlebihan pun akan menyebabkan masalah pada kulit wajah kamu.

Misalnya dengan membuat wajah jadi lebih berminyak dan rentan mengalami masalah jerawat. Untungnya, manfaat steaming face untuk kecantikan lainnya adalah membantu melepaskan sebum berlebihan yang terperangkap di permukaan dan pori kulit.

Minyak alami ini diproduksi oleh kelenjar sebaceous untuk melumasi kulit dan rambut kamu. Sayangnya jika diproduksi secara berelebihan dan tidak dibersihkan dengan efektif, maka berpotensi terperangkap di dalam pori-pori dan akan menimbulkan jerawat atau komedo.

.Dapat Menghidrasi Kulit Wajah Kamu

Meski bisa mengangkat minyak berlebih dan yang terperangkap dalam pori kulit, tapi steaming face enggak akan membuat kulitmu jadi kering lho, Ladies!

Sebab, metode ini justru akan membantu meningkatkan produksi minyak pada kulit, sehingga dapat menjaga kelembapan kulit wajah.

Meningkatkan Kemampuan Kulit Menyerap Kandungan Skin Care

Manfaat steaming face untuk kecantikan lainya adalah membantu kulit wajah kamu untuk bekerja kian optimal dalam menyerap produk perwatan kulit.

Uap dalam proses steaming face, akan meningkatkan Permeabilitas kulit, memungkinkannya menyerap topikal dengan lebih baik. Ini berarti kamu mendapatkan lebih banyak uang dari produk perawatan kulit yang diterapkan setelah uap.

Mendorong Produksi Kolagen dan Elastin

Tahukah kamu kalau melakukan steaming face bisa membuat keremajaan kulit terjaga? Yap! Ini dikarenakan manfaat steaming face untuk kecantikan lainnya adalah mendorong produksi kolagen dan elastin.

Peningkatan sirkulasi darah yang dialami selama uap wajah akan membantu meningkatan produksi kolagen dan elastin. Kedua jenis protein yang banyak ditemukan di kulit ini, akan membantu meningkatkan kekecangan kulit. Akhirnya membuat wajah jadi terlihat lebih awet muda.

Menenangkan Kulit dan Syaraf Wajah

Waktu yang paling baik untuk melakukan steaming face adalah ketika kamu akan pergi tidur, atau bersitirahat di malam hari. Karena penggunaan metode perawatan wajah ini bisa membantu menenangkan kulit dan syaraf wajah kamu, lho.

Gimana enggak? Sensasi uap hangat di wajah kamu membuat rileks. Tambahkan beberapa aroma menenangkan menggunakan herbal atau minyak esensial untuk aromaterapi untuk menambah pengalaman menenangkan yang akan kamu dapatkan.

Membuat Gejala Sinus Berkurang

Tahukah kamu dengan rutin melakukan steaming face akan meringankan gejala sinus? Yap, uap dari air panas akan meredakan hidung tersumbat dan sakit kepala yang sering menyertainya. Menambahkan minyak esensial tertentu ke uap kamu dapat meningkatkan efeknya.

Ramah Dikantong dan Mudah Dipraktekkan

Salah satu keunggulan menggunakan metode perawatan wajah ini adalah sifatnya yang ramah dikantong dan mudah sekali dipraktekkan di rumah.

Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk facial uap di spa untuk menikmati manfaatnya bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan barang yang sudah ada.

Beberapa Cara Steaming Face yang Bisa Kamu Coba di Rumah

manfaat steaming face untuk kecantikan (1)

Untuk mendapatkan manfaat steaming face ini, kamu enggak perlu datang ke salon kecantikan. Sebab, perawatan ini bisa sederhana dan gratis atau semewah dan semahal yang kamu, dan dompet kamu, inginkan.

Berikut ini adalah beberapa cara steaming face yang bisa kamu coba di rumah, simak baik-baik langkahnya!

Menggunakan Uap dari Sebaskom Penuh Air Panas

Cara steaming face yang pertama adalah menggunakan uap dari air panas yang sebelumnya telah disiapkan di dalam baskom atau wastafel.

Caranya sangat mudah, pertama kamu hanya perlu memilih tempat yang nyaman dan menyediakan handuk besar dengan bulu lembut. Amankan rambut sehingga tidak akan masuk ke dalam air panas atau menghalangi uap terpapar di wajah.

Setelah itu didihkan 4 hingga 6 gelas air dalam ketel atau panci, tergantung pada ukuran bak cuci atau mangkuk.

Kurangi panas, tutup, dan didihkan selama 2 atau 3 menit. Tuang ke dalam wastafel atau mangkuk dengan hati-hati. Jika kamu ingin  menggunakan minyak esensial, inilah saatnya untuk menambahkan beberapa tetes ke dalam air.

Duduklah, gantungkan handuk yang tadi disiapkan di atas kepala dan panci, dan pertahankan wajah  6 inci di atas air.

Angkat atau turunkan kepala kamu untuk lebih atau kurang panas dan angkat sudut handuk untuk mendinginkan jika diperlukan. Lakukan car aini selama 4-5 menit saja, hasilnya akan terlihat setelah proses selesai.

Steaming Face dengan Handuk Hangat

Berbeda dengan cara pertama yang menggunakan paparan uap panas secara langsung, pada cara steaming face kedua ini kamu menggunakannya dengan menempelkan handuk hangat di wajah.

Caranya sama mudahnya kok. Kamu hanya perlu menyiapkan handuk tangan dan nyalakan keran air panas. Saat panas, isi wastafel atau mangkuk kamu dengan air panas yang cukup untuk merendam handuk tersebut. Kemudian tambahkan ramuan herbal yang kamu inginkan.

Jangan lupa untuk mengikat atau menutup rambut, sehingga tidak akan turut terkena air panas. Kemudian bersihkan wajah dan leher terlebih dahulu.

Rendam handuk yang telah disiapkan dalam air panas dan peras hingga handuk menjadi lembap.

Sambil bersandar di kursi yang nyaman atau berbaring. Letakkan handuk di wajah kamu, pegang setiap sudutnya sehingga bertemu di tengah dahi kamu.

Sesuaikan handuk sehingga menutupi seluruh wajah, termasuk mata, hanya menyisakan hidung untuk bernapas, tentu saja. Bersantailah selama 5 menit.

Menggunakan Alat Face Streamer

Belakangan ini ada banyak inovasi alat perawatan kecantikan, salah satunya face streamer. Untuk menggunakan alat ini cukup baca instruksi pakainya.

Letakkan di atas meja dekat stop kontak sehingga kamu dapat mencolokkannya. Diperlukan beberapa menit untuk mulai mengeluarkan uap.

Amankan rambut dengan mengikatnya agar tidak menutupi wajah. Sebelum menggunakan streamer ini jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu, ya!

Setelah itu carilah posisi dan duduklah dengan nyaman, dan letakkan wajah kamu di dalam alat tambahan kerucut, tetap sejauh 5 hingga 10 inci seperti yang dikatakan dalam buku petunjuk kapal uap kamu.

Uap selama 2 atau 3 menit setiap kali dengan jeda 1 menit di antaranya untuk melihat bagaimana reaksi wajah terhadap metode ini. Steamer wajah menawarkan uap yang lebih kuat daripada metode lainnya. Jadi tak ada salahnya untuk lebih berhati-hati, Ladies.

Steaming Face sebenarnya bukan metode baru, kamu bisa melihat banyak perempuan Asia yang telah melakukan perawatan ini secara tradisional. Hanya saja, kadang kala kita terlalu terfokus dengan penggunaan produk topikal tanpa merawat kesehatan kulit dari dalam.

Well, semoga artikel ini bisa membantumu dan selamat mencoba serta menikmati manfaat steaming face untuk kecantikan kulit!

About Author

Related posts

Leave a Comment