Pimple Patch, Perawatan Jerawat yang Praktis dan Mudah Digunakan

pimple patch (3)

Sebutkan salah satu masalah kecantikan yang paling sering terjadi dan tampaknya dimiliki semua orang dari penjuru dunia. Yap! Yang sedang kita bicarakan ini adalah jerawat!

Kemunculan jerawat pada wajah kadang tidak bisa kita kontrol begitu saja, apalagi kalau ini berkaitan dengan hormone dan proses pertumbuhan.

Meski bagi beberapa orang jerawat bisa hilang dengan sendirinya, tanpa memiliki bekas yang susah dihilangkan atau peradangan yang menyakitkan. Namun, tak sedikit juga yang justru mengalami breakout dan sensasi tidak nyaman pada kulit mereka.

Tak hanya mengganggu penampilan, jerawat yang tidak diatasi dengan baik akan meninggalkan bekas yang susah hilang. Dan bahkan bisa menyebabkan jerawat terinfeksi dan menimbulkan breakout.

Dari krim penghilang jerawat hingga rutinitas membersihkan, wajar untuk mengatakan bahwa kita semua tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat untuk menemukan solusi sempurna untuk masalah jerawat.

Kini, ada cara baru dan menarik untuk melawan masalah jerawat, yaitu menggunakan pimple patch. Namun apakah cara ini manjur dan efektif? Ketahui semua hal tentang pimple petch di sini!

Apakah yang Dimaksud dengan Pimple Patch?

pimple patch (1)

Pimple patch juga disebut sebagai patch penyembuhan jerawat yang memiliki ukuran kecil, lingkaran kecil hidrokoloid, maupun patch salicylic acid.

Produk ini bekerja dengan menyerap kotoran, minyak dan kelebihan cairan dari jerawat dan selanjutnya mengeringkannya.

Petch pimple kecil ini memiliki satu aturan sederhana. Jangan pernah diutak-atik, kamu hanya perlu menempelkannya pada jerawat secara langsung.

Tapi, mereka juga memiliki manfaat sekunder yaitu mencegah kamu untuk menyentuh wajah terlalu banyak dan bisa menjadi penghemat kulit bagi mereka yang pemetik kronis.

Beragam Manfaat Pimple Patch yang Perlu Kamu Tahu

pimple patch (2)

Selain dapat bekerja aktif untuk menenangkan dan mendorong penyembuhan jerawat jadi lebih cepat, pimple patch memiliki banyak manfaat lain, lho.

Pimple patch seringnya diformulasikan dengan kandungan-kandungan yang sangat baik untuk kulit dan mampu menangani jerawat dengan cepat. Nah, kira-kira apa saja manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari produk satu ini?

Perawatan yang Lebih Efektif

Salah satu manfaat menggunakan pimple patch adalah sifatnya yang lebih spesifik dan efektif untuk menangani jerawat.

Karena produk ini dibentuk dengan lingkaran kecil yang sesuai dan pas dengan ukuran jerawat pada umumnya. Sehingga kamu tidak perlu merawat seluruh bagian wajah hanya untuk beberapa titik jerawat yang mengganggu.

Ini tentu membuat perawatan yang kamu lakukan lebih hemat dan tepat sasaran. Akhirnya enggak ada kandungan yang terbuang sia-sia!

Mudah dan Dapat Digunakan Di Mana Saja

Satu hal lagi yang membuat produk ini sangat digemari adalah sifatnya yang sangat praktis dan mudah digunakan kapanpun serta dimana pun.

Penggunaan pimple patch tidak akan memerlukan banyak usaha, karena kamu hanya perlu menempelkan patch di atas jerawat. Ya, tak aka nada krim yang belepotan kemana-mana, atau produk yang tumpah di tas.

Selain itu, karena biasanya lapisan luar pimple patch terbuat dari bahan sejenis plastic, maka kemungkinan kandungan dalam produk terkontaminasi juga akan semakin kecil.

Dapat Mengeluarkan Kotoran dan Nanah dari Jerawat

Penggunaan pimple patch untuk merawat jerawat bisa memberikan banyak manfaat, termasuk membuat jerawat ini cepat mengering dan mengempes. Ini tentunya mencegah ada bercak kehitaman yang tertinggal di kulit.

Manfaat pimple patch ini didapatkan dari kandungan microneedles yang dimilikinya. Kandungan ini akan membantu mengurangi benjolan, rasa sakit, dan kemerahan pada jerawat. Mereka menargetkan nanah dan kotoran yang ada di jerawat.

Dengan begitu, nanah, kotoran, serta penumpukan minyak dalam jerawat akan dikeluarkan. Setelah itu, jerawat akan jadi lebih mudah kering.

Menenangkan dan Meringankan Gejala Peradangan

Selain masalahnya pada penampilan, jerawat pun bisa menjadi begitu menyebalkan karena rasa sakit yang ditimbulkannya. Karena jerawat yang aktif biasanya disertai dengan rasa gatal, iritasi, kemerahan, dan pembengkakan.

Nah, untungnya pimple patch juga diformulasikan dengan berbagai bahan yang dapat bekerja sebagai agen antiinflamasi. Hasilnya gejala peradangan akibat jerawat, seperti kemerahan, iritasi, perih, dan gatal, pun dapat lebih diminimalisir.

Membantu Melindungi Jerawat dari Sentuhan Tangan

Ketika kamu memiliki masalah dengan jerawat, banyak ahli yang sering memberi tahu bahwa kamu tidak disarankan untuk mengutak-atiknya dengan tangan.

Nah, di sinilah manfaat pimple patch lainnya yang bisa kamu rasakan. Yap, menggunakan pimple patch memungkinkan kamu untuk tidak sembarangan menyentuh, memeletuskan, hingga menusuk-nusuk jerawat dengan tangan.

Karena dengan menyentuhnya secara sembarangan justru akan memperburuk kondisi jerawat ini. Yakni dapat menimbulkan lebih banyak peradangan, meningkatkan durasi penyembuhan jerawat, pun lebih mungkin meninggalkan bekas, perubahan warna, atau bekas luka.

 Tak hanya itu, kegiatan ini pun diketahui dapat mendorong nanah lebih dalam ke kulit, membuatnya lebih cenderung menempel.

Menghidrasi dan Menutrisi Kulit

Apakah kamu tahu dalam benda sekecil itu tedapat berbagai bahan yang bisa juga membantu menghidrasi dan menutrisi kulit, khususnya pada area berjerawat?

Produk ini seringnya diformulasikan dengan bahan-bahan alami, atau minyak alami yang bisa sangat baik untuk kulit. Khususnya dalam membantu menghidrasi, menenangkan, dan meningkatkan asupan nutrisi pada kulit.

Jenis Jerawat Manakah yang Efektif untuk Dirawat dengan Pimple Patch?

jenis bekas jerawat (2)

Penggunaan pimple patch ini dimaksudkan sebagai perawatan untuk spot saja. Bahkan idealnya digunakan untuk merawt jerawat whiteheads, yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori, juga jerawat kistik.

Namun, beberapa merek pun menambahkan inovasi ke dalam produk mereka, sehingga dapat digunakan pada jerawat merah dan menyakitkan yang nanahnya belum muncul ke permukaan.

Sebagai catatan, pimple patch ini enggak bisa kamu gunakan untuk menyingkirkan komedo, ya.

Jika kamu memiliki jerawat yang terlihat seperti banyak benjolan merah kecil yang telah menyebar di seluruh area wajah, ini disebut dengan beruntusan. Dan secara teori, penggunaan pimple patch tentu tidak akan efektif.

Untuk jerawat dalam jumlah besar, seperti beruntusan atau breakout, akan lebih mungkin untuk menggunakan krim jerawat. Karena dosis yang dibutuhkan akan jauh lebih besar dan daerah yang harus dirawat juga  akan lebih luas.

Ini tentu membuat penggunaan pimple patch tidak akan sesuai dan hasilnya justru tidak akan efektif. Terlebih jerawat beruntusan jarang memiliki sumbatan dan tidak bernanah sama sekali.

Cara Menggunakan Pimple Patch untuk Jerawat dengan Benar

perbedaan purging dan breakout (1)

Pada dasarnya semua produk pimple patch pasti memiliki paduan penggunaannya tersendiri. Namun, khusus kamu, kami memberikan tips dan cara penggunaan pimple patch yang benar agar hasilnya kian maksimal. Simak baik-baik, ya, Guys!

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum menempelkan pimple patch adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Menaruhnya pada wajah yang berminyak dan kotor hanya akan membuat jerawat jadi lebih parah.

Kandungan yang ada dalam patch pun akan jadi lebih mudah masuk ke dalam jerawat dan mengangkat korotran yang ada dengan lebih efektif.

Gunakan Ukuran Pimple Patch yang Tepat

Tak hanya diciptakan dengan satu ukuran yang sama, pimple patch ini juga hadir dalam berbagai diameter yang berbeda. Kamu bisa memilih ukuran yang paling sesuai dengan lingkar jerawat yang kamu alami.

Gunakan dan Diamkan Semalaman

Sebenarnya bukan hal baru kalau dalam dunia per-skincare-an, dikatakan bahwa waktu yang paling baik untuk merawat kulit adalah di malam hari. Karena fungsi metabolisme sel-sel kulit akan bekerja lebih optimal dalam menyelesaikan masalah.

Tempelkan pimple patch dengan hati-hati lalu diamkan selama sehari. Patch ini akan berubah menjadi warna yang lebih gelap pada akhirnya dan kemudian dapat menghapusnya.

Lepas Pimple Patch dan Cuci Wajah Kamu Kembali

Setelah menggunakan produk patch jerawat ini, ada baiknya untuk membersihkan wajah kembali. Tentu ini dilakukan setelah semalaman menempelkan patch ini di atas jerawat kamu, ya.

Setelah membersihkan wajah dan mencucinya, kamu bisa melanjutkan penggunaan skincare harian yang selalu kamu pakai.

Nah, itu adalah hal-hal yang harus kamu tahu soal pimple patch yang lagi hype banget di kalangan beauty enthusiast. Apakah kamu sudah pernah mencobanya?

Kalau sudah, jangan lupa membagikan pengalamanmu menggunakan pimple patch untuk melawan jerawat membandel di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment