Rawat Kulit Berminyak, Ini Manfaat Buah Raspberry untuk Kecantikan Wajah

manfaat raspberry untuk kecantikan (2)

Tahukah kamu, kalau banyak bahan-bahak aktif yang digunakan dalam formula skincare diambil dari ekstrak buah-buahan?

Yap, belakangan ini tren organic skincare telah menarik perhatian public. Karena selain memiliki manfaat yang tak kalah banyaknya dengan bahan-bahan sintetis, bahan organic pun diklaim lebih aman digunakan pada kulit.

Salah satu jenis buah yang sering digunakan sebagai bahan dasar skincare adalah buah buah raspberry. Buah yang berasal dari eropa ini mengandung nutrisi yang baik untuk merawat kecantikan kulit dan rambut.

Mulai dari vitamin, asam lemak esensial, hingga berbagai jenis antioksidan aktif yang sangat efektif untuk merawat kecantikan kulit dan rambutmu.

Enggak heran, ya, kalau buah ini dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan skincare!

Meski umum digunakan dalam industry kosmetik, rupanya masih banyak juga orang yang kurang mengerti kandungan dan manfaat buah raspberry untuk kecantikan, lho.

Nah, biar kamu enggak sama ketinggalannya, langsung cek kandungan dan berbagai manfaat buah raspberry untuk kecantikan kulit berikut ini, ya!

Kandungan Gizi Buah Raspberry yang Baik untuk Kecantikan

manfaat raspberry untuk kecantikan (1)

Selain membahas manfaatnya, tentulah ulasan tentang buah raspberry ini enggak lengkap kalau tidak dibahas juga kandungan gizi yang dikandungnya.

Buah raspberry mengandung gizi yang cukup lengkap, mulai dari mineral, vitamin, serat, dan juga asam lemak esensial beragam jenis. Semua kandungan ini memiliki manfaat serta dapat bekerja untuk merawat kecantikan kulit dan rambutmu secara optimal.

Vitamin C

Kandungan pertama yang ada dalam buah raspberry dan baik untuk merawat kecantikan adalah vitamin C. Ya, seperti yang kamu tahu kandungan ini dapat bekerja sebagai antioksidan dan antiinflamasi alami.

Kamu bisa dengan mudah menemukan vitamin C dalam berbagai formula kecantikan. Kandungan ini telah terbukti dapat membantu menjaga kesehatan sel kulit, khususnya dalam menenetralisir dan melawan dampak buruk yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, vitamin C mampu mendorong produksi kolagen dan merangsang proses regenerasi sel kulit. Sehingga, akan membuat wajah jadi lebih cerah dan melawan berbagai gejala hiperpigmentasi pada kulit.

Kandungan satu ini pun kerap digunakan sebagia bahan antiaging, yang mampu mengembalikan vitalitas kulit dan mempertahankan keremajaannya.

Vitamin C dapat memudarkan bintik hitam, meratakan warna kulit, mengembalikan elastisitas kulit, dan membuat tampilan kulit menjadi lebih bercahaya.

Asam Lemak Esensial

Selain vitamin C, kamu dapat menemukan akndunagan asam lemak esensial yang cukup tinggi dalam buah raspberry, khususnya asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6.

Kedua kandungan ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit.

Misalnya, asam lemak omega-3 akan emmabntu memberikan perlindungan ekstra pada kulit dari kerusakan, sehingga bisa menunda gejala penuaan dini akibat paparan sinar UV.

Tak hanya itu, jenis asam lemak esensial satu ini pun mampu mengurangi gejala kulit sensitif, meredakan peradangan yang disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan kulit.

Sementara itu, asam lemak omega-6 akan membantu memaksimalkan kerja tubuh dalam memproduksi sel-sel kulit dan rambut.

Hal ini akan membuat keremajaan kulit jauh lebih terjaga, juga menghindarkan berbagai masalah kecantikan yang mungkin terjadi.

Antosianin

Salah satu alasan yang membuat raspberry dimanfaatkan sebagai bahan dasar skincare adalah karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Salah satu jenis antioksidan yang dimilikinya adalah antosianin.

Antosianin merupakan zat pewarna alami yang ditemukan dalam buah-buahan. Sifat antioksidannya mampu bekerja melawan radikal bebas dan menetralisir dampak buruknya pada sel kulit.

Asam Ellagic

Kandungan lain yang ditemukan dalam buah raspberry adalah asam ellagic. Kandungan ini dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker kulit.

Tak hanya itu, asam ellagic atau senyawa polifenol ini mampu mencegah kerusakan yang diakibatkan radiasi sinar UV berlebihan, mencegah pembentukan kerutan dan garis halus.

Manfaat asam ellagic untuk kecantikan lainnya adalah mampu membantu mencerahkan kulit wajah.

Vitamin A

Selain vitamin C kamu pun dapat menemukan kandungan vitamin A dalam buah raspberry. Kandungan ini pun cukup marak digunakan dalam berbagai formula skincare.

Lebih dikenal dengan nama retinoid, vitamin A mampu menjaga keremajaan kulit dengan mendorong proses regenerasi sel yang sehat.

Tak hanya itu, vitamin A pun bisa membantu meningkatkan kecerahan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Zinc

Tak hanya vitamin, kamu pun dapat memperoleh kandungan mineral dari buah raspberry. Salah satu jenis mineral yang ada dalam buah ini adalah zinc atau seng.

Jenis mineral untuk kecantikan kulit ini bisa membantu mengontrol produksi sebum, merangsang penyembuhan jerawat, dan mengatasi bekasnya.

Zinc pun diketahui memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan membran protein dan sel kulit, bekerja sebagai antiinflamasi, dan secara aktif melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.

Vitamin E

Tahukah kamu kalau buah raspberry pun mengandung vitamin E? Bagi seorang beauty enthusiast kamu pasti sudah enggak asing dengan jenis vitamin ini.

Vitamin E pun dikenal sebagai agen antioksidan, antiinflamasi, dan dapat memberikan kelembapan pada kulit.

Jenis vitamin ini pun dapat memberikan banyak nutrisi untuk rambut kamu, menjadikannya lebih kuat, dan tidak mudah rontok.

Vitamin K

Vitmain K adalah kandungan lain yang ditemukan dalam buah raspberry. Jenis vitamin satu ini dapat mengontrol pembekuan darah, sehingga memiliki peranan penting dalam penyembuhan luka dan lebam di kulit.

Tak cuma itu, kandungan ini pun bisa menyamarkan berbagai tanda penuaan. Termasuk mengurangi tampilan bintik hitam, mengempiskan kantung mata, menghilangkan bekas luka, hingga menyamarkan stretch mark.

Kalsium

Banyak yang mengira kalau kalsium hanya dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan gigi, padahal jenis mineral ini pun banyak ditemukan pada lapisan kulit.

Ya, kalsium berperan penting dalam menjaga kadar kelemabapan alami kulit. Sehingga tubuh kekurangan nutrisi ini, maka bisa dipastikan kulit akan mudah kering, tampak kusam, dan tak segar.

Vitamin B

Satu lagi kandungan vitamin yang dimiliki buah raspberry, yakni vitamin B.

Kandungan ini memeliki berbagai jenis yang juga dapat bekerja dengan cara yang berbeda untuk merawat kulit.

Namun, secara umum vitamin B dapat membantu menyehatkan kulit, memperbaiki struktunya, dan mempertahankan kelembapannya.

Beberapa jenis vitamin B pun membantu mencerhakan kulit, merangsang pertumbuhan kolagen, dan menjaga kemudaan kulit wajah.

Buah raspberry juga mengandung kandungan lain seperti folat, fosfor, zat besi, mangan, lutein, dan selenium. Raspberry juga kaya akan aneka antioksidan, seperti polifenol, antosianin, quercetin, dan asam fenolat, yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berbagai Manfaat Buah Raspberry untuk Kecantikan

manfaat raspberry untuk kecantikan

Setelah mengetahui berbagai kandungan yang ada dalam buah raspberry, kamu pasti sudah menebak dong apa saja manfaat buah raspberry untuk kecantikan?

Kalau melihat dari banyaknya kandungan di atas, enggak mengherankan juga kalau menemukan berbagai produk perawatan wajah yang menggunakan bahan alami ini sebagai bagian dari formulanya.

Nah, tanpa perlu basa-basi lagi, yuk simak berbagai manfaat buah raspberry untuk kecantikan kulit dan rambut berikut ini!

Cocok Digunakan untuk Merawat Kulit Berminyak

Minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kita memang memiliki peranan penting untuk mencegah berbagai dampak buruk akibat radikal bebas. Sayangnya, tak jarang kulit kita terlalu banyak memproduksi minyak alami ini dan membuat wajah terlalu berminyak.

Wajah yang sangat berminyak pun bisa dibilang kurang ideal, karena bisa menimbulkan penyumbatan pori-pori, peluang mucnul jerawat dan komedo pun lebih besar.

Nah, untungnya buah raspberry mengandung zat asam yang tinggi sehingga bisa mengurangi dan mengontrol produksi minyak alami di wajah kamu.

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang ada dalam buah raspberry pun membantu mengangkat minyak berlebih dari wajah, sehingga mencegah adanya penumpukan dan penyumbatan pori-pori.

Membantu Menjaga Kelembapan Alami Kulit

Salah satu kelebihan buah raspberry adalah tidak akan membuat kulit terlalu kering, bahkan ketika membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.

All thanks to essential fatty acids! Ya, kedua kandungan asam lemak esensial yang dimiliki buah raspberry bisa membantu menjaga kelembapan kulit, meningkatkan elastisitasnuya, dan menjaga kadar kolagen dalam jaringan kulit.

Tak cuma itu, kalsium bisa menjaga kadar kelembapan alami kulit, mendukung skin barrier sehingga mencegah kulit jadi kering dan terhindar berbagai dampak buruk stressor lingkungan.

Meningkatkan Kecerahan Kulit

Paparan radiasi sinar Ultraviolet yang berlebihan, atau menumpuknya sel kulit mati pada permukaan kulit akan membuat wajah kehilangan cahaya alaminya dan jadi tampak kusam.

Nah, buat kamu yang bermasalah dengan kulit yang tampak kusam, tak perlu terlalu khawatir. Sebab, manfaat buah raspberry untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu meningkatkan kecerahan kulit secara alami.

Kandungan vitamin A yang dimilikinya akan bekerja mendorong pengelupasan sel kulit mati, menstimulus produksi kolagen dan regenerasi sel kulit baru.

Tak hanya itu, vitamin C pada buah raspberry pun berguna untuk melawan hiperpigmentasi kulit, meningkatkan produksi elastin, dan memberikan rona alami pada wajah kamu.

Mencegah dan Meredakan Peradangan

Selain dapat mencerahkan dan merawat keremajaan kulit, buah raspberry pun memiliki agen antiperadangan yang baik untuk menenangkan kulit.

Manfaat buah raspberry untuk kecantikan ini diperoleh dari kandungan asam ellagic yang dimilikinya, yang bisa mencegah munculnya peradangan, baik kemerahan, maupun iritasi pada kulit.

Tak cuma itu, duo asam lemak esensial dalam raspberry pun akan membantu mengatasi gejala-gejala yang disebabkan oleh eksim dan psoriasis.

Memberikan Perlindungan Kulit dari Radiasi UV

Radiasi sinar UV bisa menyebabkan berbagai masalah kecantikan, termasuk membuat wajah jadi kusam, menimbulkan hiperpigmentasi kulit, dan memicu berbagai masalah penuaan dini.

Untuk itu, kamu perlu memberikan perawatan ekstra pada kulitmu dan melindunginya dari paparan sinar manatahari berlebihan.

Selain menggunakan sunscreen, kamu pun dapat memanfaatkan buah raspberry untuk meningkatkan perlinungan kulit dari sinar matahari.

Manfaat buah raspberry untuk kecanitkan ini didapat dari kandungan antosianin, asam ellagic, dan vitamin E.

Ketiga kandungan tersebut bisa memabntu mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebihan, dengan menghalangi pembentukan enzim penghancur elastin dan kolagen.

Vitamin E, secara khusus dapat memberikan kelembapan dan perlindungan ekstra pada kulit. Kandungan ini pun dapat memperbaiki sel kulit yang bermasalah, dan menenangkan kulit sehabis terpapar sinar matahari.

Menunda Berbagai Gejala Penuaan Dini

Raspberry memang terkenal karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan beragam. Beberapa jenis antioksidan yang dimiliki buah ini antara lain adalah vitamin C, antosianin, vitamin E, vitamin A, dan polifenol.

Kesemua kandungan itu bisa membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Khususnya dengan menyamarkan berbagai gejalanya, seperti mengurangi kerutan, garis halus, serta bintik-bintik penuaan dari wajah.

Meningkatkan Kesehatan dan Kekuatan Rambut

Selain memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, buah raspberry pun bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut kamu, lho.

Berkat kandungan biotin yang dimilikinya, buah raspberry bisa membantu menjaga kekuatan rambut, mencegah adanya kerontokan rambut, merangsang pertumbuhannya, dan memberikan kilau hitam alami.

Manfaat buah raspberry untuk kecantikan rambut ini pun didukung dengan kandungan folat yang dimilikinya. Yakni dengan bekerja untuk meredakan kerontokan rambut dan mempercepat proses regenerasi rambut yang sehat.

Nah, itu adalah beberapa manfaat buah raspberry untuk kecantikan kulit dan rambut yang perlu kamu tahu. Sangat beragam dan menarik, bukan?

Selain memanfaatkannya untuk merawat wajah sendiri, kamu bisa membuat produk skincare dengan kandungan raspberry dan memasarkannya di bawah brand kosmetik milikmu sendiri.

Lewat PT Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan berbagai jenis kosmeti, dari skincare, body care, hair care, sampai berbagai jenis perawatan kecantikan lainnya.

Kamu bisa memilih bahan yang kamu inginkan, sesuai seleramu dan kemauanmu. Tim kami akan membantu merancang formula idealnya, memproduksinya secara massal, merancang desain kemasan dan logo dari brandmu, hingga mengurus legalitas produk.

Di mana lagi kamu bisa menemukan tempat yang tepat untuk memulai bisnis kosmetik dengan brand sendiri? Terlebih dengan sistem yang lebih sederhana dan mudah untuk dilakukan?  

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

pentingnya membuka bisnis untuk kecantikan (1)

Ketahui Berbagai Alasan Pentingnya Membuka Bisnis Sendiri Bagi Perempuan

Kamu pasti belakangan sangat menyadari bagaimana struktur sosial bergerak dan berubah. Salah satunya, bagaimana kedudukan perempuan dalam dunia bisnis dan industry. Tak hanya berperan dalam ranah domestic, kini kamu bisa menemukan dengan mudah perempuan-perempuan yang juga aktif dalam berbagai...

Continue Reading

Leave a Comment