Banyak Manfaat, Kenali Kandungan dan Khasiat Rosemary Essential Oil

manfaat rosemarry untuk kecantikan (1)

Minyak alami yang didapat dari ekstrak herba rosemary ini memiliki segudang manfaat dalam bidang kesehatan dan kecantikan.

Rosemary essential oil dikenal sebagai pereda rasa nyeri dan peradangan, membantu meringankan sakit kepala dan masalah sinus. Pun berperan sama baiknya dalam menjaga daya tahan tubuh kamu.

Seperti yang dikatakan tadi, bahwa minyak alami ini pun memiliki manfaat untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Rosemary juga telah umum digunakan dalam formula sejumlah produk perawatan, seperti skincare, body care, dan juga hair care.

Nah, kira-kira apa sajakah manfaat rosemary essential oil untuk kecantikan kulit dan rambut? Well, langsung baca ulasan ini sampai habis untuk tahu jawabannya, ya!

Berbagai Manfaat Rosemary Essential Oil untuk Kecantikan Kulit

manfaat rosemarry untuk kecantikan (2)

Selain digunakan sebagai aromaterapi dan perelaksasi tubuh, rosemary pun menyimpan segudang manfaat untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh kamu, lho.

Enggak heran, kalau minyak alami ini banyak digunakan ke dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit. Di bawah ini ada beberapa manfaat rosemary essential oil untuk kecantikan kulit yang perlu kamu tahu.

Membantu Meningkatkan Hidrasi Kulit

Tahukah kamu kalau kelembapan kulit juga sangat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan wajah?

Yap! Secara alami kulit kita akan menghasilkan sebum atau minyak alami yang bekerja untuk melembapkan kulit. Selain itu, sebum akan membuat lapisan pelindung kulit jadi aktif dan kuat.

Sayangnya, pada beberapa orang kulit wajah mereka jadi lebih mudah kering. Kondisi ini pun bisa diperburuk karena keadaan lingkungan, misalnya terlalu sering berada di ruangan ber-AC, atau malah terpapar sinar matahari secara berlebihan, pH kulit yang tidak seimbang, dan banyak lainnya.

Kalau kamu memiliki masalah kulit kering, tak perlu khawatir terlebih dahulu. Sebab, manfaat rosemary essential oil membantu meningkatkan hidrasi kulit.

Minyak alami ini bisa membantu melembapkan kulit wajahmu, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti moisturizer, lho!

Mengontrol Produksi Sebum Berlebihan

Selain membantu meningkatkan hidrasi pada kulit wajah, nilai lebih dari penggunaan rosemary essential oil untuk merawat kulit adalah sifatnya yang tidak akan membuat kulit jadi berminyak secara berlebihan.

Karena rosemary akan membantu mengontrol produksi sebum. Tak hanya itu, sifatnya yang ringan tidak akan meninggalkan kesan lengket maupun comedogenic pada wajah kamu.

Membantu Mengatasi Jerawat Membandel

Salah satu manfaat rosemary essential oil untuk kecantikan lainnya adalah membantu mencegah munculnya jerawat di wajah.

Seperti yang kamu tahu, merawat kulit berjerawat terbilang cukup tricky. Pasalnya kamu harus memperhatikan kandungan dalam skincare yang bisa mengurangi jerawat, dan yang tidak akan mengiritasi maupun menyebabkan kondisinya tambah buruk.

Untungnya, rosemary mengandung senyawa antibakteri dan antiinflamasi yang sangat baik digunakan untuk merawat kulit berjerawat.

Senyawa antibakterinya akan membantu mengurangi perkembangan bakteri penyebab jerawat. Sementara itu, senyawa antiinflamasinya akan membantu meredakan peradangan maupun gejala iritasi yang disebabkan oleh jerawat tersebut.

Mengurangi Kemunculan Noda Hitam dan Stretch Mark

Selain membantu mengatasi jerawat, penggunaan rosemary essential oil sebagai bagian dari perawatan wajah akan membantu meringankan noda hitam dan stretch mark, lho.

Ini dikarenakan kandungan antiinflamasi dan pelembap alami dalam rosemary oil akan membantu mengurangi peradangan. Akhirnya, kekatifian kulit dalam memproduksi melanin akan menurun dan bintik hitam akan semakin tersamarkan.

Hal yang sama pun berlaku untuk stretch mark, penggunaan rosemary essential oil akan membantu melembutkan kulit dan meringankan tekstur jaringan parut pada kulit.

Menenangkan Iritasi yang Disebabkan Dermatitis dan Eksim

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa minyak esensial rosemary telah lama digunakan untuk meringankan rasa nyeri akibat masalah kesehatan tertentu. Termasuk untuk meredakan iritasi yang disebabkan dermatitis dan eksim.

Sebab, rosemary pun memiliki sifat astringent yang dapat menenangkan dan memberikan kesegaran pada kulit kamu.

Merangsang Regenerasi Kulit dan Membuatnya Bercahaya

Salah satu manfaat rosemary untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu menyehatkan kulit dan merangsang proses regenerasi sel-sel baru.

Kondisi ini pun akan memberikan peningkatan signifikan pada tampilan kulit, yakni dengan membuatnya tampak lebih bersih dan bercahaya secara alami.

Membuat Kulit Terasa Lebih Kencang dan Awet Muda

Siapa yang enggak pengen punya wajah yang tampak kencang dan selalu awet muda? Salah satu cara untuk memperolehnya adalah memberikan perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit wajah kamu.

Misalnya dengan menggunakan rosemary essential oil untuk membuat kulit wajahmu jadi lebih elastis dan awet muda. Minyak alami ini pun akan memberikan kesegaran pada kulitmu, dan menjadikannya tampak lebih cerah secara alami.

Manfaat Rosemary untuk Kecantikan Rambut

manfaat rosemary untuk kecantikan rambut

Selain untuk kulit, rosemary pun bisa digunakan untuk merawat kesehatan kulit kepala dan rambut kamu, lho. Ya, semua kandungan yang ada dalam minyak alami ini akan sama baiknya jika digunakan  untuk merawat rambut.

Berikut beberapa manfaat rosemary untuk kecantikan rambut dan kulit kepala, ketika kamu menggunakannya secara teratur sebagai bagian dari perawatan harianmu.

Membantu Merangsang Pertumbuhan Rambut Baru

Tahukah kamu kalau rosemary essential oil bisa bekerja sama baiknya dengan penggunaan minoxidil untuk meningkatkan pertumbuhan rambut?

Salah satu penyebab kerontokan rambut yang paling umum terjadi adalah alopecia, atau yang kerap dialami laki-laki dan dikenal dengan kebotakan dini.

Meski umumnya dialami oleh laki-laki, tak sedikit juga para perempuan yang bisa mengalami kondisi kerontokan rambut satu ini.

Untungnya, minyak rosemary bisa menjadi obat yang baik untuk mengatasi alopecia dengan mencegah adanya perubahan hormone untuk menyerang folikel rambut.

Nilai lebihnya lagi, penggunaan rosemary essential oil dikatakan lebih ramah dan nyaman dibandingkan dengan mengaplikasikan minoxidil. Dalam artian, rosemary hanya sedikit menimbulkan sensasi gatal dan kering dibandingkan obat penumbuh rambut tersebut.

Menenangkan Kulit Kepala yang Kering dan Gatal

Kemampuan melembapkan dan menenangkan yang ada dalam minyak esensial rosemary tidak hanya baik untuk kulit wajah dan tubuhmu, mulainkan juga sama efektifnya dalam meredakan peradangan di kulit kepala.

Kandungan senyawa antiinflamasi dan sifat astringent dari minyak esensial ini akan membantu menenangkan kulit kepala, membuatnya lebih lembap, dan meringangkan rasa gatal yang turut muncul.

Melawan Ketombe Membandel

Selain membantu menenangkan kulit kepala, manfaat rosemary essential oil untuk kecantikan lainnya adalah membantu melawan keberadaan ketombe.

Manfaatnya ini didapat dari kandungan antibacterial dan antiinflamasi, keduanya akan melawan bakteri dan jamur yang menyebabkan munculnya ketombe pada kulit kepala.

Memperhalus dan Memberikan Kilau Alami pada Rambut

Penggunaan rosemary pada rambut akan membuatnya tampak lebih sehat. Selain itu manfaat melembapkan dari bahan alami ini akan membantu memperbaiki tekstur rambut dan membuatnya jadi lebih halus.

Tak hanya itu, rosemary essential oil pun akan membuat rambutmu jadi kian cantik dengan memberikannya kilau alami yang indah.

Enggak nyangka, bukan? Ternyata manfaat rosemary essential oil untuk kecantikan kulit dan rambut sangat beragam. Enggak heran deh, kalau minyak alami ini kerap digunakan sebagai bahan dasar maupun campuran dalam produk kecantikan.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment