Tak Banyak yang Tahu, Ini Dia Manfaat Babassu Oil untuk Kecantikan

manfaat babassu oil untuk kecantikan (2)

Sebenarnya, selain minyak zaitun dan coconut oil, ada banyak jenis minyak alami lain yang juga sama hebatnya dalam merawat kecantikan kulit dan rambut. Salah satunya adalah babassu oil, yang bisa dibilang jadi bahan baru dalam industry kecantikan.

Kamu mungkin masih sangat asing dengan minyak babassu, meski begitu banyak produk skincare dari merk ternama yang menggunakan  bahan alami ini ke dalam formula produk perawatan kecantikan mereka.

Babassu oil merupakan jenis minyak alami yang didapatkan dari pohon palem babassu, yang banyak ditemukan di hutan Amerika Selatan. Sama halnya dengan minyak kelapa, babassu oil pun diambil dari ekstrak biji kacang pohon palem tersebut.

Minyak alami ini juga dikenal dengan sebutan “pohon kehidupan” di Brasil, karena babassu oil dianggap memiliki banyak manfaat dalam bidang pengobatan. Sebab itu, bahan alami ini pun banyak digunakan untuk merawat kecantikan rambut dan kulit.

Sungguh minyak yang multifungsi, bukan? Tapi sebelum menggunakannya sebagai bagian perawatan kecantikan rambut dan kulitmu secara rutin, kamu pasti penasaran apa saja yang dikandung oleh babbasu oil dan manfaatnya untuk kecantikan, bukan?

Nah, baca saja ulasan berikut ini hingga habis, ya!

Kandungan dalam Babassu Oil yang Baik buat Kecantikan

manfaat babassu oil untuk kecantikan (1)

Sebelum terlalu jauh membahas manfaat babassu oil untuk kecantikan kulit dan rambut, ada baiknya untuk tahu kandungan apa saja yang ada dalam bahan alami ini.

Sebab, kandungan nutrisi inilah yang akan membantu menyehatkan dan mempercantik kulit maupun rambut kamu dengan maksimal. Langsung simak uraiannya, ya!

Vitamin E

Kandungan pertama yang terdapat dalam babassu oil adalah vitamin E. Senyawa ini sangatlah populer di kalangan pencita kecantikan.

Vitamin E memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Pada kulit, vitamin ini akan membantu mengurangi peradangan, menjaga elastisitas kulit, jua bisa membantu meningkatkan pembentukan kolagen dan menghidrasi kulit.

Selain itu, vitamin E pun bisa bekerja sama baiknya untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan rambut. Senyawa ini akan membantu memperbaiki jaringan pada rmabut, membuat strukturnya lebih sehatm dan efektif mencegah kerontokan rambut.

Asam Lemak Laurat

Selain vitamin E, dalam babassu oil pun terkandugn rantai asam lemak esensial yang sangat beragam. Salah satunya adalah asam lemak laurat, yang bisa bekerja sebagai antibakteri dan antimikroba.

Kandungan ini tak hanya akan membuat kulit dan rambutmu jadi lembut, pun mencegah adanya infeksi bakteri ataupun  jamur yang mengganggu.

Asam Lemak Oleat

Satu lagi yang bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut adalah asam lemak oleat. Kandungan ini akan meningkatkan perlindungan rambut, dengan meningkatkan protein yang hancur.

Hal ini akan berpengaruh sangat signifikan terhadap kesehatan dan kecantikan rambutmu. Baik membantunya agar tetap lembap, halus, dan lembut. Pun meningkatkan kilau sehat dan cantik dari rambutmu secara alami.

Selain beberapa kandungan di atas, babassu oil pun memiliki kandungan lain seperti asam lemak palmitat dan asam lemak stearate.

Kedua kandungan ini bisa membantu menutrisi kulit, mengembalikan dan mengunci kelemabapan alami, serta bekerja dengan baik untuk mendukung fungsi pelindung tubuh dari radikal bebas.

Beragam Manfaat Babbasu Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat babassu oil untuk kecantikan (3)

Babassu oil telah lama digunakan sebagai bagian perawatan kecantikan tradisional Amerika Utara, enggak heran deh kalau akhirnya bahan alami ini juga dimaksukkan ke dalam formula berbagai produk perawatan kecntikan modern.

Nah, kra-kira apa saja manfaat babassu oil untuk kecantikan kulit dan rambut? Segera cari tahu jawabannya lewat uraian berikut ini, Ladies!

Bantu Samarkan Bekas Luka dan Noda Hitam

Babassu oil telah terbukti mengandung senyawa antioksidan dan sejumlah besar rangkaian asam lemak esensial, yang juga diketahui telah memberikan banyak manfaat kecantikan bagi kulit dan rambut kamu.

Dari sekian banyak asam lemak esensial dalam babassu oil, hampir separuhnya terdiri dari asam laurat. Yakni yang dapat bekerja sebagai antibakteri dan antimikroba alami, sehingga dapat menjaga luka yang terbuka tetap bersih dan mendorong penyembuhannya.

Tak hanya itu, penggunaan minyak babassu pada wajah pun bisa membantu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab masalah kecantikan, pun membantu menyamarkan bekas luka dan noda hitam di wajah.

Meningkatkan Kelembapan Kulit

Seperti halnya minyak alami lainnya, babassu oil pun bisa mengembalikan dan meningkatkan kelembapan kulit wajah kamu secara alami.

Sebab, dilansir dari Healthline, setidaknya sebanyak 70 persen asam lemak ditemukan dalam kandungan babassu oil. Kesemua kandungan ini pun bisa meresap ke dalam kulit dengan lebih cepat, serta membuat kulit terasa lebih sejuk dan segar.

Meski begitu, berkat kandungan asam lauratnya yang tinggi. Babassu oil akan melembakan kulitmu, tanpa membuatnya tampak berminyak secara berlebihan. Karena tekstunya yang sangat ringan, hingga bisa terserap dengan mudah pada kulit dan tidak akan meninggalkan sensasi lengket di kulit.

Mencegah Adanya Infeksi Bakteri Maupun Jamur

Manfaat lain dari penggunaan minyak babassu untuk kecantikan adalah mencegah adanya infeksi bakteri maupun jamur pada kulit.

Ini dikarenakan kandungan asam dari minyak babassu tak hanya mampu menghidrasi kulit, namun juga bekerja sama baiknya sebagai antimikroba.

Asam laurat bisa melawan bakteri yang terkadang ditemukan dalam kulit. Pun mencegahnya berkembang dan menimbulkan infeksi pada wajah kamu.

Membantu Menyembuhkan Jerawat

Manfaat babassu oil untuk kecantikan lainnya adalah dapat memperbaiki kulit yang bermasalah, termasuk menyembuhkan jerawat dan meredakan kondisi eksim.

Ketika kamu mengalami jerawat atau eksim, pasti ada kemungkinan bahwa dua masalah ini dapat kembali dan merepotkanmu lagi pada akhirnya.

Nah, untungnya babassu oil dapat bekerja sebagai antiinflamator yang menredakan iritasi dan peradangan kulit. Tak Cuma itu, minyak alami ini pun bekerja secara efektif dalam meringankan kondisi kulit, seperti eksim dan jerawat.

Beberapa penelitian terdahulu bahkan menyebutkan bahwa babassu oil bisa bekerja dengan baik untuk membantu meringankan gejala peradangan, iritasi kulit, yang disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan kulit.

Belum lagi, karena minyak ringan dan mudah terserap dalam kulit. Maka ia tidak akan menyumbat pori-pori, cocok untuk menjadi pilihan minyak yang bagus untuk diaplikasikan secara rutin di wajah.

Melindungi Kelembapan dan Kelembutan Rambut

Tak hanya mampu merawat kesehatan dan kecantikan kulit, babassu oil juga bermanfaat untuk membuat rambutmu jadi lebih sehat.

Minyak Babassu menawarkan kapasitas penahan kelembapan yang tinggi, yang artinya kerusakan dan kekeringan rambut akan dapat dihindari.

Minyak ini bisa memberikan kelembapan tambahan pada kulit kepala dan rambut. Kemudian menguncinya, sehingga kelembapan tersebut akan bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Karenanya, minyak alami ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sering dan masih bermasalah dengan rambut kering ataupun rusak.

Nah, itu adalah berbagai manfaat babassu oil untuk kecantikan yang cukup jarang diketahui. Sangat disayangkan, bukan?

Padahal enggak sedikit produsen kosmetik ternama telah menggunakan bahan alami asal Afrika ini ke dalam formula produk perawatan kecantikan yang mereka buat.

Well, bagaimana menurutmu? Jangan lupa untuk meninggalkan pendapatmu atau berbagi pengalaman menggunakan minyak babassu lewat kolom komentar, ya!

Kami dan pembaca lain akan senang mendengar pendapat serta cerita pengalaman pribadimu tersebut. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

About Author

Related posts

Leave a Comment