Segala Hal yang Perlu Diketahui Dari Bisnis Skincare Homemade

bisnis skincare homemade (1)

Melihat pandemic yang tak kunjung terlihat ujungnya, seringnya bikin kita gelisah dan memikirkan bisnis apa yang cocok dan tidak akan terdampak akan kondisi ini?

Kondisi pandemic yang berkepanjangan ini sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Banyak juga pengurangan karyawan, dan tak sedikit perusahaan menengah ke bawah yang gulung tikar akhir-akhir ini.

Melihat hal ini, tentunya kamu pun berpikir bahwa memiliki usaha sendiri pasti jauh lebih baik. Karena kamu bisa mengontrol dan tahu betul laju perkembangan bisnis yang kamu geluti beberapa waktu ke depan.

Sayangnya, untuk memulai bisnis ini tidak mudah, bukan? Belum lagi, enggak semua orang bisa menjalankan bisnis dengan baik.

Namun, tahukah kamu kalau di tengah kondisi serba tidak pasti ini ada satu industry yang bisa kamu coba? Yap, industry tersebut adalah bisnis skincare homemade.

Lantas apakah yang disebut dengan bisnis skincare homemade saat pandemi, bagaimana cara memulainya, dan peluang keuntungannya?

Untuk tahu jawaban dari pertanyaan di atas, langsung baca artikel ini sampai habis, ya, Guys!

Peluang Bisnis Skincare Homemade saat Pandemi

Sebelum membahas peluang bisnis skincare homemade saat pandemic, perhatikan grafik produk dari Badan Pom Berikut ini, ya!

grafik bpom

Dalam grafik yang terdapat pada laman utama Cek BPOM, kamu bisa tahu kalau sepanjang tahun 2021 ini, produk yang paling banyak mendapat lisensi izin edar adalah kosmetik.

Ini menunjukkan bahwa jumlah produk kosmetik yang dibuat pun semakin banyak, bahkan melebihi produk pokok seperti makanan dan minuman, obat-obatan, serta produk lain.

Fenomena ini pun didorong oleh prilaku masyarakat yang juga pastinya turut berubah, khususnya saat pandemi melanda. Orang akan lebih fokus terhadap hal-hal yang menyenangkan dan menenangkan kala melakukan social distancing.

Nah, skincare atau kosmetik bisa menjadi salah satu metode healing yang cukup populer. Sebab, ada cukup banyak waktu untuk merawat diri di rumah secara mandiri.

Dari sinilah kamu bisa menemukan peluang bisnis skincare homemade saat pandemi. Kamu bisa menciptakan produk perawatan kulit dan rambut dari bahan alami, kemudian membandrolnya dengan harga yang lebih terjangkau.

Apalagi, belakangan ini tren skincare organik pun menjadi cukup viral. Karena selain dianggap aman untuk digunakan, bahan-bahan alami ini juga menawarkan kelebihan lain, yakni lebih ramah lingkungan, free animal cruelity, dan pastinya lebih terjangkau.

Jenis Produk untuk Bisnis Skincare Homemade saat Pandemi

bisnis skincare homemade (2)

Meski beberapa jenis produk skincare yang cukup rumit seperti moisturizer, serum, maupun essence enggak bisa dibuat secara homemade. Bukan berarti pilihan produk yang akan kamu pasarkan juga akan terbatar.

Lalu apa saja produk yang cocok dijadikan bisnis skincare homemade saat pandemi? Langsung cek jenis dan cara pembuatannya di ulasan berikut ini!

Masker Wajah Organik

Masker wajah organic sebenarnya sudah lama digemari, namun popularitasnya pun kian naik belakangan ini. Untuk itu, skincare homemade satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu jadikan sebagai binis yang akan kamu rintis.

Untuk membuat masker wajah organic, kamu bisa mengombinasikan berbagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Misalnya, kunyit, jeruk nipis, oatmeal, susu murni, madu, dan masih banyak lainnya.

Sebagai contoh, berikut masker wajah organic dari oatmeal, yogurt, dan madu yang cocok untuk semua jenis kulit. Perhatikan resep berikut ini, ya!

Bahan yang Diperlukan

  • Satu sendok makan oatmeal.
  • Satu sendok teh yogurt original.
  • Satu sendok teh madu manuka, atau yang plain.

Cara Pembuatan Masker Organik

  • Campurkan semua bahan yang telah disiapkan dalam satu wadah yang sama. Kamu bisa sesuaikan takaran dengan kebutuhan atau banyaknya masker yang ingin dibuat.
  • Simpan masker dalam wadah/jar kaca dan taruh dalam lemari es.
  • Ketika menggunakan, pastikan wajah kamu dalam kondisi bersih.
  • Baiknya masker didiamkan selama 15-20 menit di wajah, agar kandungan dalam tiap bahan alami yang ada dapat terserap dengan optimal.
  • Setelah selesai, kamu bisa membersihkan sisa masker dengan air bersuhu normal hingga bersih.

Selain bisa meraciknya sendiri, kamu pun bisa menjalankan bisnis skincare homemade saat pandemic satu ini lewat Maklon Masker Wajah Organik.

Sabun Homemade

Selain masker wajah, tahukah  kamu kalau sabun mandi pun bisa dibuat sendiri di rumah? Yap! Sabun homemade yang akan kita bahas ini lebih dikenal dengan nama castile soap.

Castile soap umumnya dibuat dari minyak alami yang memiliki sifat basa dan memiliki harum yang tak terlalu menyengat, salah satunya adalah minyak zaitun.

Namun, kamu bisa menambahkan aroma-aroma kesukaanmu dengan memasukkan pengharum alami yang aman digunakan.

Produk bisnis skincare homemade saat pandemic ini pun terbilang lagi dilirik oleh para beauty enthusiast. Sebagai contoh, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai toko yang menjual sabun homemade ini di internet.

Kamu bisa mempelajar cara pembuatan sabun castile di sini.

Scrub Wajah Alami

Selain menutrisi kulit, produk yang bisa membantu membuat kotoran dan sel kulit mati terangkat dari wajah juga jadi incaran para beauty lovers, lho.

Gimana enggak, banyak masalah-masalah kecantikan yang justru muncul ketika banyak kotoran dan minyak menumpuk pada permukaan kulit.

Misalnya, munculnya komedo, jerawat, hingga membuat kulit wajah jadi tampak lebih kusam dan tak bercahaya.

Sama halnya dengan masker wajah, scrub pun bisa dibuat dari bahan-bahan organic yang lebih mudah didapatkan dan tak kalah bermanfaatnya untuk kulitmu.

Cara Membuat Scrub dari Bahan Alami

Pembuatan scrub sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa bahan alami sekaligus. Namun, salah satu bahan yang cukup digemari dan dipercaya sangat efektif adalah kopi.

Untuk menambahkan tekstur dan aroma pada scrub, kamu bisa mengombinasikannya dengan air mawar.

Caranya:

  • Campurkan tiga hingga empat sendok makan kopi bubuk, dan satu sendok teh air mawar.
  • Kemudian aplikasikan pasta scrub kopi ke wajah yang telah dibersihkan dengan cleanser sebelumnya.
  • Pijat perlahan, hingga kotoran dan sel kulit mati terangkat.
  • Bilas wajah dengan lembut.

Sampo Homemade

Tak hanya sabun, kamu pun bisa dengan mudah membuat sampo dengan bahan-bahan alami di rumah. Caranya pun hampir serupa dengan membuat sabun castile.

Produk homemade dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kecantikan rambut dan kulit kepala. Selain itu, bahan-bahan alami yang digunakan pun diklaim tidak akan menimbulkan reaksi iritasi pada kulit kepala dan membuat rambutmu kering.

Sugar Wax

Rangkaian perawatan kecantikan ini rasanya enggak akan lengkap, kalau banyak bulu badan yang membuat kulit jadi tampak kasar dan kusam.

Yap! Untuk memenuhi kebutuhan kecantikan ini, kamu bisa menciptakan produk waxing dari bahan alami, misalnya dari gula.

Kamu bisa menambahkan beberapa minyak alami yang membantu menenangkan kulit dan mencegah adanya inflamasi.

Lip Balm

Pelembab bibir ini penting juga enggak kalah pentingnya dengan produk yang telah disebutkan di atas, loh. Apalagi buat kita yang tinggal di negara beriklim tropis dan cuacanya juga cukup panas, pasti kulit bibir akan semakin mudah dehidrasi dan kering.

Untuk mengatasinya, diperlukan penggunaan pelembap bibir atau lip balm. Meski harga produk ini di pasaran cukup bervariatif, baik murah hingga mahal. Tapi kamu bisa membuat lip balm bebas pengawet yang ramah untuk bibir.

Baca juga: Cara Membuat Lip Balm dari Bahan Alami.

Target Bisnis Skincare Homemade saat Pandemi

pentingnya membuka bisnis untuk kecantikan (1)

Merawat kecantikan kulit dan rambut kini menjadi hal yang sangat penting. Tak hanya bagi perempuan, bahkan banyak laki-laki dan anak remaja yang telah menyadari pentingnya untuk merawat kesehatan kulit dan rambut mereka.

Apalagi belakangan ini, menjadi konten creator adalah salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Profesi yang memungkinkan seseorang untuk tampil di depan kamera ini, pastinya juga membuat tuntutan untuk terlihat menarik semakin besar.

Salah satu untuk membuat diri tampil menarik ini adalah dengan telaten untuk merawat kulit dan tubuh. Karenanya, enggak heran kalau akhir-akhir ini banyak produk perawatan kecantikan yang diproduksi dan diciptakan dengan berbagai kreasi.

Hal ini pun berdampak besar pada target pasar dari bisnis kosmetik yang juga akan kian melebar. Tak hanya untuk perempuan dewasa, namun juga pada laki-laki, dan juga anak remaja.

Nah, di sinilah keuntungan dalam membuka bisnis skincare homemade saat pandemi. Kamu bisa menciptakan skincare dengan bahan alami yang aman untuk kulit wajah, terbebas dari pengawet dan bahan aktif yang terlalu keras, sehingga dapat digunakan oleh anak-anak.

Langkah Membuka Bisnis Skincare Homemade saat Pandemi

cara menjadi distributor kosmetik (2)

Meski terbilang cukup sederhana, bukan berarti kamu bisa menggampangkan langkah membuka bisnis skincare homemade saat pandemic ini.

Agar bisnis yang akan kamu mulai ini berjalan lancar, kamu harus tahu betul apa saja yang perlu kamu persiapkan dan langkah apa yang harus kamu pelajari.

Well, sebagai gambaran, berikut ini langkah membuka bisnis skincare homemade saat pandemic. Jangan sampai terlewat, ya!

Atur Strategi Pembuatan, Pengemasan, dan Penjualan Produk

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika akan memulai binsis skincare homemade adalah mengatur strategi pembuatan, pengemasan, dan penjualan produk.

Tentu, jika dilakukan di rumah, produksi tidak akan dapat dilakukan dalam skala yang terlalu besar. Selain membutuhkan teknologi yang lebih mumpuni, tentu kamu juga membutuhkan tenaga ekstra.

Karenanya, untuk menjalankan bisnis ini kamu harus tahu kemampuanmu dalam membuat produk skincare rumahan. Misalnya, berapa banyak produk yang dapat dibuat, apa saja jenisnya, dan bagaimana manfaat yang akan diperoleh.

Setelah produk, kamu pun harus memperhatikan detik kemasan produk. Karena, memang kemasan juga memegang peranan besar dalam penjualan.

Apalagi dalam industri kosmetik, bahan-bahan yang digunakan dalam skincare organic pun bisa berpotensi teroksidasi dan rusak. Karenanya, pemilihan kemasan menjadi hal yang sangat penting.

Kalau jumlah, jenis, dan kemasan produk telah beres ditentukan. Maka, kamu harus mengatur strategi penjualan, mau di pasarkan lewat apa, pembayarannya bagaimana, pun proses akomodasinya harus jelas.

Pasarkan Produk Lewat Media Sosial

Bagi pebisnis pemula, media sosial adalah wadah yang sangat ideal dan strategis dalam memasarkan produk yang mereka buat.

Begitupun bila kamu memulai berbisnis skincare homemade. Kamu bisa memulai memasarkannya di whatsapp, Instagram, Facebook, dan masih banyak lainnya.

Ketahui Cara Memasarkan Produk Kosmetik Lewat Media Sosial Berikut Ini.

Harga yang Bersaing Namun Kualitas Tetap Oke

Menentukan harga jual produk juga sangat krusial. Kamu harus mampu membuat harga yang cukup dapat dijangkau oleh target pasarmu, sehingga bisa bersaing dengan produk skincare homemade lainnya.

Meski memasang harga yang murah, kamu pun perlu memastikan kualitas dari produk yang akan kamu jual. Kalau, asal menjual produk dan tanpa menjamin keamanannya terlebih dahulu, bisa-bisa kepercayaan konsumen tidak akan terbentuk sama sekali.

Hasilnya, penjualan tidak akan meningkat dan malah kerugian yang akan kamu dapat. Sama halnya dengan obat-obatan, kosmetik sangat dinilai dari kemanjuran dan keefektivannya dalam mempercantik kulit.

Untuk mengakali masalah ini, kamu bisa menggunakan bahan-bahan tradisional yang mudah dijangkau, diolah, dan tidak akan menimbulkan masalah pada kulit.

Berikan Layanan dan Secara Aktif Membalas Respon Konsumen

Siapa yang tidak khawatir untuk mencoba menggunakan produk perawatan baru? Well, semua orang juga pasti berhati-hati menempelkan produk asing ke wajah mereka.

Karenanya, untuk membangkitkan kepercayaan konsumen, kamu bisa menyediakan layanan konsultasi atau secara aktif membalas respon/keluhan konsumen.

Kamu bisa menjelaskan aturan pakai dengan detail, manfaatnya, serta tindakan apa yang perlu dilakukan kalau ada efek buruk yang tidak diinginkan tiba-tiba terjadi.

Mempercayakan Formulasi dan Produksi Skincare Homemade pada Ahlinya

Keuntungan tidak semata-mata ada karena penjualan yang tinggi, melainkan karena kepuasan konsumen dan pembelian ulang produk skincare yang kamu buat.

Nah, untuk mendapatkan permintaan kembali dalam jumlah besar tentu kamu harus membuat produk yang berkualitas. Dan sejujurnya, bagi beberapa orang ini cukup sulit.

Sebab, tidak semua orang paham bagaimana cara meramu skincare yang benar. Bahkan dari bahan alami yang diklaim aman sekali pun.

Karenanya, Mash Moshem Indonesia menawarkan jasa maklon skincare homemade dan masker wajah organic untuk kamu.

Kami memiliki tim formulator yang sangat berpengalaman dan ahli pada bidangnya. Maka, tidak diragukan lagi, kalau skincare yang kamu buat bersama kami akan sangat berkualitas dan dapat bersaing di pasaran.

Selain itu, legalitas seperti HKI, Halal, dan Noreg BPOM, akan kami selesaikan buat brand kosmetik kamu. Jadi, kamu hanya perlu menunggu semua proses ini selesai dan memantau produksi skincare homemade yang kamu impikan dari rumah.

Menarik dan sangat sederhana, bukan? Langsung mulai bisnis skincare homemade milikmu sendiri bersama Mash Moshem Indonesia, yuk!

About Author

Related posts

Leave a Comment