Cari Tahu Manfaat Jamur Shiitake untuk Kecantikan Kulit Wajah, Yuk!

manfaat jamur shiitake untuk kecantikan

Apa yang kamu pikirkan kala mendengar soal jamur shiitake? Mungkin yang paling banyak terlintas di kepala adalah berbagai makanan olahan dari jamur dan rasanya yang lezat ketika disantap.

Namun, tahukah kamu kalau belakangan ini jamur juga menjadi salah satu bahan alami yang banyak diperbincangkan dalam dunia kecantikan? Ya, khususnya manfaat jamur shiitake untuk kecantikan kulit yang sangat beragam.

Jamur shiitake pun sebenarnya telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok, sebagai pemulih vitalitas dan mengatasi keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Lebih dari itu, jamur ini telah banyak dibudidayakan di dunia. Bukan cuma karena rasanya yang enak ataupun khasiatnya untuk tubuh, namun jug karena digunakan atau dikembangkan dalam berbagai formula produk kecantikan.

 Setelah melewati proses ekstraksi yang ketat dengan mesin-mesin canggih, jamur yang banyak ditemukan dalam Kawasan Asia Timur ini akhirnya banyak dijumpai pada produk-produk kecantikan yang dijual bebas di pasaran.

Tapi, apa saja yang bisa dilakukan jamur shiitake untuk kulit kamu? Well, baca terus ulasan ini, ya!

Kandungan dalam Jamur Shiitake yang Baik untuk Kecantikan

manfaat jamur shiitake untuk kecantikan

Jamur shiitake telah lama digunakan untuk menutrisi tubuh dan kulit sejak ratusan tahun lalu. Karenanya, bisa dipastikan manfaat dan kandungan yang ada dalam bahan alami ini juga pastinya sangat beragam.

Lantas nutrisi apa saja yang dimiliki jamur shiitake, sampai bahan alami ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu? Langsung cek penjelasan lengkap soal kandungan jamur shiitake berikut ini.

Kalsium

Kandungan pertama yang ditemukan dalam jamur shiitake adalah kalsium. Yap, jenis mineral yang banyak ditemukan pada lapisan terluar kulit ini, bisa bekerja sangat baik untuk mendukung proses regenerasi kulit.

Pada beberapa kasus, defisiensi kalisum bisa bikin kulitmu jadi tampak menipis, kering, bahkan rapuh.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Tak hanya mineral, kamu pun bisa mendapatkan berbagai jenis vitamin dalam jamur shiitake. Salah satu jenis vitamin yang dimaksud tersebut adalah riboflavin atau vitamin B2.

Fungsi utama senyawa ini adalah membantu mendorong pembentukan kolagen pada jaringan kulit. Seperti yang kamu tahu, kolagen adalah jenis protein yang bekerja untuk melindungi strukutur kulit, menenangkan dan mengurangi gejala peradangan, hingga mempercepat sembuhnya luka.

Nah, selain itu, vitamin ini pun bisa membantu sekresi lendir pada kulit, sehingga akan cocok untuk mengatasi masalah kulit kering.

Niacin (Vitamin B3)

Kandungan lain yang bisa kamu temukan dalam jamur shiitake adalah niacin atau vitamin B3. Senyawa ini terbilang sangat populer dan banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Jenis vitamin B ini diklaim dapat memperbaiki lapisan epidermis kulit, sehingga dapat menjaga kelembapan kulit dengan optimal.

Tak cuma itu, penggunaan topikal secara teratur pun dikatakan dapat memberikan perubahan pada tekstur kulit. Yakni membuatnya jadi terasa lebih halus dan lembut.

Bahkan, ketika diformulasikan dengan kandungan lain yang cocok dan digunakan secara tepat, niacin dapat mengurangi kemunculan tanda penuaan pada kulit, seperti keriput, kasar, maupun bintik penuaan.

Pantothenic (Vitamin B5)

Kabar baik buat kamu yang suka bermasalah dengan kulit berjerawat, jamur shiitake memiliki kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat yang bisa membantu mengaatsinya.

Yap, dilansir dari Hellosehat, asam pantotenat ini diklaim mampu mengurangi pembentukan jerawat, menjaga kelembapan kulit, dan membuatnya jadi lebih sehat.

Sehingga bisa dibilang, senyawa ini merupakan pilihan ideal untuk merawat kulit berjerawat.

Kalium

Jenis mienral satu ini pun diketahui ada dalam kandungan jamur shiitake, lho. Kalium banyak digunakan sebagai formula skincare.

Ini dikarenakan kemampuannya dalam menjaga kelembapan kulit dan menyeimbangkan pH tubuh.

Vitamin B1 (Thiamin)

Jenis vitamin B satu ini bisa membantu merawat kesehatan kulit wajahmu, dengan bekerja sebagai antioksidan alami.

Lebih khususnya, thiamin akan membantu meningkatkan aliran darah, sehingga membuat distribusi nutrisi pada jaringan kulit akan lebih maksimal.

Manfaat Jamur Shiitake untuk Kecantikan Kulit Wajah

manfaat humektan untuk kecantikan

Setelah mengetahui berbagai kandungan yang ada dalam jamur shiitake di atas, kamu pasti udah sedikit memahami mengapa bahan alami ini kerap digunakan dalam produk perawatan kecantikan kulit.

Nah, kira-kira apa manfaat jamur shiitake untuk kecantikan kulit wajah yang ajaib? Yuk, segera cek ulasan lengkap mengenai hal tersebut di artikel berikut ini.

Membantu Mencerahkan Kulit

Apakah kamu merasa jika wajahmu jadi tampak lebih kusam dan tidak bercahaya? Namun, takut untuk menggunakan produk perawatan kecantikan yang bisa mengelupas kulit yang kadang bikin iritasi?

Well, kayaknya kamu harus pertimbangin penggunaan jamur shiitake untuk merawat kulti wajahmu, deh. Yap! Sebab, jamur ini mengandung beberapa agen pencerah alami yang tak akan membuat kulitmu terititasi.

Beberapa kandungan dalam jamur shiitake akan membantu menghambat produksi melanin, atau sel yang bekerja memberi warna pada kulit kamu.

Yang perlu dicatat, ini bukan berarti membuat melanin hilang dari wajahmu sama sekali. Melainkan menghambat produksinya, sehingga wajah akan tetap sehat dan tidak akan kehilangan pelindung alaminya.

Manfaat jamur shiitake untuk kecantikan kulit wajah ini enggak hanya bisa membantu meningkatkan kecerahan secara menyeluruh. Akantetapi juga bisa membantu menyamarkan dan menghilangkan bintik hitam, baik akibat bekas jerawat, sunspot, maupun penuaan.

Dapat Menenangkan Kulit

Selain kaya akan agen pencerah alami, tahukah kamu kalau jamur shiitake pun mengandung banyak jenis senyawa antiinflamasi?

Manfaat jamur shiitake untuk kecantikan kulit ini bisa didapat dari vitamin B kompleks yang dimilikinya, khususnya thiamine (vitamin B1) dan niacin (vitamin B3).

Keduanya dapat bekerja bersamaan dalam membantu menenangkan kulit, meredakan berbagai gejala peradangan, maupun iritasi apda kulit.

Jamur shiitake pun diketahui mengandung vitamin D dan selenium, keduanya pun bisa melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat stress oksidatif. Tak hanya itu, dua jenis kandungan ini akan membantu melembapkan dan mengunci kadar ari dalam jaringan kulit.

Karenanya, penggunaan jamur shiitake sebagai krim topical disinyalir dapat membantu menghilangkan dan meredakan gejala yang diakibatkan seperti rosacea, jerawat, serta eksim.

Bahkan pada kulit sensitif pun shiitake dapat membantu menenangkan peradangan, juga membuat kulitmu jadi lebih segar dan tidak berisiko besar menimbulkan masalah pada kulit.

Menangkal Dampak Buruk Akibat Radikal Bebas

Radikal bebas adalah salah satu masalah faktor yang memicu sebagian besar masalah kecantikan pada kulit wajah kamu.

Ini dikarenakan, racun dan atom yang berbahaya dari lingkungan tempat tinggal, polusi udara dari pabrik, bahan kimia industrial, bahkan radiasi sinar ultraviolet bisa merusak serta menghancurkan sel yang ada dalam tubuh kamu.

Karena sangat tidak memungkinkan bagi kamu untuk menghindari semua sumber radikal bebas itu setiap saat, maka sangat penting untuk menggunakan produk perawatan kecantikan yang mengandung senyawa antioksidan tinggi.

Nah, kabar baiknya, manfaat jamur shiitake untuk kecantikan kulit wajah selanjutnya adalah membantu menangkal dampak buruk radikal bebas, lho.

Yap, jamur satu ini telah digunakan dalam ramuan herbal tradisional Tiongkok, baik dalam sup maupun serum, karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, radikal bebas yang ada dalam tubuh akan diminimalisir dan menghentikan adanya kerusakan sel-sel yang ada dalam tubuh, termasuk kulit kamu.

Meningkatkan Hidrasi Kulit Wajah

Selain menjaga dari dampak buruk radikal bebas, manfaat jamur shiitake untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu meningkatkan hidrasi pada kulit wajah.

Manfaatnya ini didukung oleh kandungan niacinamide, riboflavin, thiamine, dan berbagai jenis mineral yang bisa membuat kulitmu jadi lebih lembap serta mengunci kadar air agar tidak mudah menghilang.

Selain itu, dalam jamur shiitake pun ditemukan senyawa asam amino esensial yang dapat membantu menjaga keseimbangan kadar air dalam lapisan kulit.

Khasiat melembapkan wajah oleh jamur shiitake pun kian lengkap, ketika semua kandungan ini dapat menyerap dengan sempurna hingga ke lapisan terdalam kulit wajah kamu.

Membantu Meningkatkan Keremajaan Kulit Wajah

Salah satu manfaat jamur shiitake untuk kulit yang paling jadi andalan adalah kemampuannya dalam meningkatkan keremajaan kulit wajah.

Ekstrak jamur shiitake menganudng ceramide, niacinamide, asam amino esensial, juga berbagai senyawa antioksidan alami yang baik untuk mencegah penuaan.

Ceramide akan bekerja untuk mempertahankan dan menyehatkan lapisan pelindung kulit. Sehingga mencegah infeksi radikal bebas pada kulit, pun bekerja sama efektifnya untuk menghalangi kelembapan kulit teroksidasi.

Sementara itu, kandungan asam aminonya akan membantu menjaga keseimbangan kulit, meningkatkan sirkulasi darah, sehingga distribusi oksigen hingga ke seluruh sel tubuh, termasuk kulit.

Hal ini akan membarikan banyak perubahan pada penampilan kulit wajahmu, yakni dengan membuatnya lebih kencang, sehat, cerah, bahkan tampak awet muda.

Nah, itu adalah berbagai manfaat jamur shiitake untuk kecantikan yang mungkin belum kamu ketahui. Bagaimana menurutmu, apakah kamu tertarik untuk menggunakan skincare dengan kandungan bahan alami tersebut.

Well, jangan lupa bagikan pendapatmu lewat kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment