Ferulic Acid dalam Skincare dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit Wajahmu!

ferulic acid dalam skincare (2)

Dalam memilih produk perawatan wajah, tentu ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar masalah kecantikan yang dialami bisa cepat teratasi dan tidak timbul berbagai dampak buruk pada kulit.

Salah satunya adalah dengan mencari tahu apa saja kandungan yang ada dalam produk tersebut, termasuk bagaimana manfaatnya dan sifatnya ketika diaplikasikan pada kulit.

Nah, ngomongin soal bahan-bahan skincare, nih. Apakah kamu tahu apa yang dimaksudkan dengan ferulic acid dan apa saja manfaatnya untuk kecantikan kulit?

Well, ferulic acid emang enggak sepopuler bahan skincare lain. Tapi perannya dalam formula skincare enggak bisa diremehin gitu aja, lho.

Bahan aktif ini dapat ditemukan pada berbagai produk perawatan kulit, misalnya pada serum wajah, krim malam, bahkan juga ada di formula sunscreen (tabir surya), lho!

Asam Ferulic Adalah …

ferulic acid dalam skincare (3)

Kalau kamu memperhatikan, asam ferulic atau ferulic acid sangat banyak ditemukan dalam produk perawatan kecantikan. Nah, tahukah kamu kenapa bahan ini bisa sangat popular dalam industry kosmetik?

Asam ferulat sebenarnya adalah zat antiokisdan alami, lho! Yap, bahan ini bisa didapat dari tumbuh-tumbuhan, seperti gandum, beras, jeruk, biji apel, hingga oats.

Bahan alami ini bisa membantu melawan berbagai masalah kecantikan, misalnya untuk mengatasi penuaan dan mencerahkan wajah.

Kemampuan ferulic acid dalam merawat kesehatan wajah pun kian diminati karena ia mampu meningkatkan efektivitas antioksidan lainnya, seperti senyawa vitamin A, E, dan C.

Umumnya, skincare yang dibuat dari asam ferulic akan dikemas dalam botol yang gelap. Dengan tujuan untuk melindungi bahan tersebut dari oksidasi sinar matahari.

Karenanya, penyimpanan skincare tersebut harus di tempat yang sejuk dan tidak terkena langsung sinar matahari, dengan demikian manfaat yang bisa didapatkan pun akan kian optimal.

Tanda asam ferulic telah teroksidasi dapat dilihat dari prubahan warna sediaan produk, misalnya dari oranye kemudian berubah menjadi cokelat keruh. Ini menandakan bahwa bahan alami ini telah teroksidasi dan tak bisa bekerja efektif untuk merawat kulit.

Manfaat Ferulic Acid dalam Skincare untuk Kecantikan Kulit

ferulic acid dalam skincare (1)

Pemanfaatan ferulic acid dalam skincare biasanya digunakan sebagai antiaging dan agen pencerah kulit. Namun, selain dua hal tersebut, bahan alami ini masih memiliki manfaat kecantikan lainnya, lho.

Mau tahu? Langsung baca ulasan mengenai manfaat kecantikan asam ferulic dalam skincare berikut ini, ya!

Membantu Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Seperti yang telah disinggung sebelunya, ferulic acid merupakan salah satu jenis antioksidan alami yang bisa membantu mengurangi tanda penuaan pada kulit, termasuk kerutan dan garis halus.

Manfaat ferulic acid dalam skincare ini telah teruji secara ilmiah, lho. Dilansir dari Skin Pharmacology and Physiology mengemukakan bahwa asam ferulat dapat melindungi kulit dari paparan polusi radiasi matahari yang menjadi penyebab munculnya kerutan di wajah.

Ferulic acid bisa bekerja kian optimal ketika dikombinasikan dengan antiokisdan alami lain. Sebab, bahan ini tidak akan menghambat kinerja kandungan tersebut, dan malah membuatnya kian efektif dalam menangkal radikal bebas.

Manfaat ferulic acid bersamaan dengan bahan-bahan antioksidan alami tersebut, diklaim berkali-kali lipat lebih ampuh melawan dampak buruk paparan sinar matahari, dibandingkan hanya menggunakan skincare atau sunscreen yang tidak mengandung kombinasi bahan tersebut.

Menjaga Elastisitas Kulit Wajah

Selain menghilangkan kerutan dan garis halus, penggunaan ferulic acid dalam skincare pun dapat menambah elastisitas kulit penggunanya.

Lagi-lagi, sebagai antioksidan alami bahan ini bisa mendorong produksi kolagen dan elastin. Kedua protein ini bisa menjaga kadar air dan elastisitas kulit kamu.

Hasilnya, penggunaan skincare berkandungan ferulic acid bisa membantu merawat elastisitas kulit. Membantu wajah tampak kencang, kenyal, dan sehat.

Berbagai tanda penuaan kulit lainnya, seperti kerutan, wajah yang kendur, dan garis halus dijamin enggak akan berani muncul di wajahmu, deh!

Mengurangi Kemunculan Bintik Hitam dan Menyamarkannya

Tak hanya dilihat dari teksturnya, penuaan pada kulit pun bisa terlihat dari banyaknya kemunculan bintik hitam yang ada di wajah.

Bintik hitam ini bisa muncul akibat paparan sinar matahari berlebihan, penggunaan skincare yang salah, hingga karena bekas jerawat atau luka tertentu.

Nah, kabar baiknya ferulic acid bisa melawan terbentuknya bintik hitam di wajah, sekaligus menyamarkannya dari kulit kamu.

Sebagai antioksidan, asam ferulat bisa membantu menghambat pembentukan melanin dan mendorong produksi kolagen. Sehingga bintik hitam hiperpigmentasi ini dapat dikurangi dan dicegah kemunculannya.

Buat kamu yang bermasalah dengan melasma, bintik hitam penuaan, atau bekas jerawat yang membandel, kandungan ini bisa jadi jawaban ideal untuk mengatasi masalah tersebut, bukan?

Membantu Meratakan Warna Kulit

Tak hanya meringankan tampilan bintik hitam penuaan, asam ferulat sama ampuhnya untuk membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit kamu.

Paparan radiasi sinar matahari yang tinggi, penumpukan sel kulit mati, skincare berkandungan keras pun bisa menyebabkan kulit tampak lebih kusam dan tak bercahaya.

Tak hanya itu, hal ini pun bisa membuat warna kulit tidak merata. Misalnya pada bagian pipi dan dahi akan tampak lebih gelap, sementara bagian wajah yang lain tampak lebih cerah.

Ferulic acid dalam skincare ini bisa melindungan kulit agar terhindar dari masalah hiperpigmentasi tersebut. Yakni bisa membantu mengatasi kerusakan sel akibat paparan sinar matahari, mengembalikan vitalitasnya, serta membantu mengurangi bagian yang tampak kusam.

Cara kerja ini pulalah yang akan membuat ferulic acid dalam skincare membantu meratakan warna kulit kamu. Dan menjadikan wajahmu tampak cerah secara menyeluruh.

Dapat Menenangkan Gejala Peradangan

Tahukah kamu, selain jadi antioksidan alami, ferulic acid dalam skincare pun bisa bekerja sebagai antiradang alami?

Yap! Karenanya, bahan alami ini kerap diburu dan digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit. Sebab tak hanya melindungi, asam ferulic bisa membantu meringankan gejala peradangan, seperti kemerahan, ataupun rasa tidak nyaman lain.

Seperti yang kamu tahu, kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas bisa menimbulkan gejala peradangan dan membuat kulit jadi sensitif. Hal ini pun akan membuat pori-pori wajah tersumbat, kemudian memicu kemunculan jerawat.

Ferulic acid diketahui dapat meminimalisir kerusakan kulit yang diakibatkan oleh jerawat, seperti meredakan noda hitam bekas jerawat dan menenangkan peradangan yang ada pada kulit.

Setelah mengetahui soal apa yang dimaksud dengan ferulic acid dalam skincare, dan apa saja manfaatnya untuk kecantikan kulit apakah kamu tertarik untuk menggunakannya sebagai bagian dari perawatan wajah harianmu?

Melihat manfaatnya yang cukup beragam ini, enggak heran kalau banyak ditemukan produk perawatan yang menggunakan ferulic acid ke dalam formulanya.

Bagi pemula bisnis kosmetik, kamu pun bisa menggunakan ferulic acid dalam skincare yang kamu buat, lho. Bingung bagaimana caranya?

Mash Moshem Indonesia bisa membantu merangkaikan formula skincare yang unik dan berkualitas untukmu, termasuk dengan menggunakan ferulic acid juga.

Kamu pun bisa request jenis sediaan, jenis produk, dan juga bahan lain yang ingin kamu buat bersama tim kami. Well, pokoknya kami akan bekerja keras untuk mewujudkan produk kosmetik impianmu.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment