Kenalan Sama Polyglutamic Acid, Kandungan Pelembap yang Wajib Dicoba

manfaat polyglutamic acid'

Teriknya sinar matahari, polusi udara, maupun suhu AC yang dingin bisa membuat kulit wajah dan tubuh kita jadi lebih mudah kering. Bahkan enggak jarang juga memicu dehidrasi pada kulit, lho!

Seperti yang kamu tahu, kulit yang kering bisa memicu banyak masalah lain. Misalnya menyebabkan tekstur kulit jadi kasar, mengelupas, kian sensitif, pun bisa membuatnya tampak kusam dan tak bercahaya.

Karenanya, kamu perlu memastikan agar kulit wajah dan tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik. Misalnya dengan menggunakan berbagai produk pelembap kulit yang memiliki kandungan polyglutamic acid.

Apakah kamu pernah mendengar tentang kandungan polyglutamic acid dan manfaatnya buat kulit?

Well,  enggak heran juga kalau banyak yang belum tahu soal polyglutamic acid. Karena bahan aktif satu ini memang terbilang kurang mendapatkan sorotan. Padahal, polyglutamic acid digadang-gadang bisa lebih ampuh dari hyaluronic acid, lho!

Yap! Sebenarnya para dermatology dan ahli kecantikan sudah banyak mempromosikan manfaat polyglutamic acid buat kulit. Sebab, kemampuannya yang mampu melembapkan kulit lebih efektif dan tahan lama dibandingkan kandungan lainnya.

Benarkah begitu? Lantas apa saja manfaat polyglutamic acid dalam skincare ini, serta bagaimana caranya bekerja untuk melembapkan kulit?

Cukup baca ulasan berikut ini sampai habis, supaya kamu bisa tahu lebih banyak soal polyglutamic acid. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Apakah yang Dimaksud dengan Polyglutamic Acid?

bisnis share in jar kosmetik (2)

Dilansir dari Klikdokter, yang dimaksud polyglutamic Acid atau PGA adalah salah satu jenis protein yang terbentuk secara alami dan umumnya diperoleh melalui proses fermentasi bakteri.

Tak hanya itu, belakangan Polyglutamic Acid pun bisa didapatkan dari proses ekstraksi lendir kacang kedelai yang telah difermentasi sebelumnya.

Karena diperoleh dari proses alami, kandungan Polyglutamic Acid menjadi bahan skincare yang tak hanya menyehatkan bagi kulit, namun bersifat ramah lingkungan atau biodegradable.

Sementara itu, cara kerja polyglutamic acid ini hampir serupa dengan cara kerja humektan lainnya. Inilah alasan yang akhirnya membuat PGA kerap dibandingkan dengan hyaluronic acid.

Ketika digunakan secara topical, Polyglutamic acid akan bekerja menarik kelembapan yang ada di udara ke dalam kulit. Setelah itu, bahan ini akan membantu mengunci kelembapan yang ada dalam kulit, sehingga tidak mudah menguap.

Dikatakan pula, bahwa polyglutamic acid mampu menyerap kelembapan hingga 5000 kali dari beratnya sendiri. Meski begitu, efek ini pun dapat berbeda-beda, bergantung pada tingkat keasaman atau pH garam dari dalam suatu produk.

Nah, yang membuat bahan aktif ini kian digemari adalah manfaatnya yang ternyata cukup beragam. Yap! Enggak hanya melembapkan, polyglutamic acid pun menyimpan segudang manfaat yang sangat baik untuk kulit wajah dan tubuhmu, lho!

Beragam Manfaat Polyglutamic Acid untuk Kecantikan Kulit

mencerahkan wajah

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa banyak sekali para dermatology atau ahli kecantikan yang membicarakan manfaat polyglutamic acid utnuk kecantikan kulit?

Padahal telah dikatakan sebelumnya, bahwa Polyglutamic acid memiliki peran yang hampir serupa dengan hyaluronic acid. Lantas apa yang membuat bahan aktif satu ini istimewa?

Dilansir dari Healthline, Polyglutamic acid tak hanya mampu melembapkan kulit wajah. Namun, dengan penggunaan yang teratur, bahan ini diketahui dapat menstimulasi sel-sel kulit untuk menghasilkan hidrasi alaminya sendiri dengan optimal.

Berkat cara kerjanya inilah, manfaat polyglutamic acid untuk kulit bisa sangat beragam, seperti dalam ulasan berikut ini.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka pada Kulit

Tak hanya mempercantik, manfaat polyglutamic acid untuk kulit yang pertama justru bisa membantu mempercepat proses penyembuuhan luka.

Dilansir dari penelitian yang telah dipublikasikan oleh Journal of Microbiology and  Biotechnology, bahan aktif ini telah diteliti dan terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka di kulit hewan.

Dari penelitian itu, banyak yang meyakini bahwa polyglutamic acid pun bisa bekerja sama baiknya untuk menyehatkan dan membantu proses penyembuuhan luka pada kulit manusia.

Namun, manfaat ini tentunya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Jadi kalau kamu memiliki luka terbuka pada kulit, jangan sembarangan memberinya produk atau perawatan sendiri, ya. Sebaiknya konsultasikan pada ahli atau dokter kulit terdekat.

Membantu Meningkatkan Elastisitas Kulit

Salah satu hal yang membuat tanda penuaan bisa muncul lebih cepat adalah karena kesehatan kulit yang kurang terjaga. Termasuk kondisinya yang mudah sekali kering, sehingga keriput dan garis halus akan kian terlihat.

Nah, untungnya polyglutamic acid bekerja untuk membantu melembapkan kulit wajah kamu. Dengan demikian, kulit bisa jadi lebih sehat dan tampak kencang.

Menyamarkan Garis Halus dan Kerutan di Kulit

Dilansir dari Healthline, tak hanya mampu meningkatkan elastisitas kulit. Polyglutamic acid bisa bekerja secara aktif sebagai antiaging, yakni dnegan menyamarkan kerutan dan garis halus yang ada di kulit.

Ini dikarenakan wajah yang terhidrasi dengan baik akan memiliki lapisan pelindung lebih kuat, metabolisme yang lebih baik, juga mampu menjaga kadar kolagen yang ada dengan optimal.

Tak hanya menyamarkan, penggunaan secara teratur produk perawatan kecantikan berkandungan polyglutamic acid akan membantu menghalau kemunculan tanda-tanda penuaan dini tersebbut.

Membantu Mencerahkan Kulit Wajah secara Alami

Manfaat polyglutamic acid untuk kulit lainnya adalah membantu mengatasi masalah pigmentasi. Meski tak bisa bekerja seefektif retinoid, bakuchiol, maupun salicylic acid, bahan ini bisa membantumu mencerahkan kulit wajah.

Lagi-lagi, kulit yang sehat akan dapat bergenerasi dengan optimal dibandingkan dalam kondisi yang kering. Sel-sel kulit mati di permukaan akan lebih mudah terangkat, kemudian sel-sel baru akan bergenerasi dan memberikan dampak signifikan pada wajahmu.

Menjaga Kelembapan Alami pada Kulit

Last but not least, fungsi utama dari polyglutamic acid adalah melembapkan dan menjaga hidrasi kulit. Bahan aktif ini akan bekerja menarik kadar air dari luar kemudian memasukkannya ke dalam jaringan kulit.

Tak hanya sampai di sana, polyglutamic acid pun akan membantu mengunci kelembapan tersebut. Sehingga kulit wajah dan tubuhmu tidak mudah kering, meski beraktivitas aktif seharian.

Polyglutamic Acid Vs Hyaluronic Acid, Mana yang Lebih Baik?

manfaat vitamin B untuk Kecantikan (2)

Ketika membahas tentang produk-produk perawatan kulit yang melembapkan kulit, kamu mungkin langsung terbayang nama-nama bahan yang sangat populer. Termasuk, hyaluronic acid, ceramide, glycerin, dan masih banyak lainnya.

Namun, belakangan ini polyglutamic acid seolah menyedot perhatian dari para ahli kecantikan. Hingga para pakar kecantikan dunia menyebut bahwa bahan aktif ini bisa bekerja lebih baik dalam menghidrasi kulit wajah kamu.

Apakah benar demikian? Langsung cek fakta polyglutamic acid versus Hyaluronic Acid berikut ini, agar kamu bisa tahu mana yang lebih oke.

Bekerja 5X Lebih Efektif

Dikatakan bahwa polyglutamic acid dapat membantu melembapkan dan mengunci hidrasi tersebut pada kulit 5 kali lebih efektif dibanding hyaluronic acid.

Tak sampai di sana, kandungan ini pun diklaim dapat membantu pembentukan lapisan pelindung pada kulit. Sehingga mencegah kelembapan alami pada wajah kamu menghilang dan tahan sampai seharian.

Ini tentunya merupakan kabar yang sangat baik untuk orang dengan masalah kulit yang kering, mengelupas, kasar, maupun dehidrasi.

Bisa Bekerja dengan Baik dengan Kandungan Sejenis

Mencoba menggunakan kandungan skincare baru tentu merupakan tantangan tersendiri, apalagi kalau sebelumnya kita udah jatuh cinta dengan kandungan lama.

Namun, kondisi yang berbeda bisa kamu temukan ketika akan mencoba polyglutamic acid, lho, Ladies. Yap! Sebab bahan ini bisa dengan mudah dikombinasikan dengan bahan sejenisnya, seperti hyaluronic acid.

Kamu pun tak perlu mencemaskan efek samping atau kemunculan gejala-gejala alergi di wajah. Justru kedua kandungan inji dapat bersinergi dengan baik, sehingga kamu bisa mendapatkan double benefit dari penggunaan keduanya.

Tips penggunaannya pun harus diperhatikan baik-baik, ya. Kamu bisa mengaplikasikan serum atau pelembap dengan kandungan hyaluronic acid terlebih dahulu, baru meneruskannya dengan penggunaan produk berkandungan polyglutamic acid.

Kedua kandungan ini enggak hanya bakalan bikin wajahmu lembap, melainkan membuatnya tampak lebih sehat, kencang, bahkan awet muda!

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui soal manfaat polyglutamic acid dalam skincare, efek samping yang mungkin terjadi, dan bagaimana cara kerjanya pada kulit wajah kamu.

Tahukah kamu kalau bersama PT Mash Moshem Indonesia kamu dapat membuat produk skincare dan body care dengan kandungan polyglutamic acid?

Tim Research and Development (RnD) kami akan membantumu merangkai formula skincare terbaik dengan kandungan polyglutamic acid. Sehingga dapat membuahkan sebuah produk yang ramah dikulit, berkualitas, dan pastinya aman.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment