Kian Populer, Cari Tahu Serba Serbi Ceramide dan Manfaatnya Buat Kulit Kamu

ceramide

Kamu pasti udah sering dengar soal ceramide, apalagi kalau mengingat bahan aktif satu ini kian marak ditemukan dalam berbagai formula produk skincare.

Enggak heran juga, sih, sebab manfaat kandungan satu ini untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit pun sebenarnya sangat beragam.

Ceramide adalah salah satu golongan asam lemak yang sebenarnya secara alami ada dalam sel-sel kulit kita.

Tak cuma baik untuk merangsang perkembangan sistem saraf dan otak kita. Kandungan ini pun memiliki peranan penting dalam menjaga dan melindungi fungsi kulit, yakni dengan membentuk lapisan terluar pada kulit.

Saking bermanfaatnya, bahan ini sebenarnya enggak hanya digunakan dalam formula skincare. Melainkan dalam deodorant, body care, hingga produk hair treatment.

Fungsi Ceramide untuk Kecantikan

ceramide

Sebenarnya, kulit manusia secara alami telah memproduksi dan memiliki ceramide sendiri. Namun, karena pengaruh usia dan dampak buruk lingkungan, kadarnya bisa menurun dan hal ini tentu bisa menimbulkan dampak buruk pada kecantikan.

Sebab, bersamaan kandungan asam lemak alami lainnya, bahan alami ini mampu bekerja untuk membantu mengikat kelembapan alami kulit. Serta melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan ataupun stress oksidatif.

Selain itu, manfaat ceramide sangat banyak. Coba baca ulasan di bawah ini untuk tahu lebih banyak!

Memperkuat Skin Barrier

pelembap kulit

Kulit merupakan bagian tubuh yang paling luar dan berfungsi menghalau berbagai pengaruh buruk lingkungan, yang berpotensi menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan tubuh secara umum.

Karenanya, kulit kita pun lebih rentan terkena infeksi bakter dan mengalami berbagai masalah kesehatan. Misalnya jadi mudah kering, iritasi, sensitive, hingga munculnya jerawat dan komdeo pada wajah.

Nah, untuk itu kamu harus menjaga skin barrier kulit agar tidak mudah terinfeksi bakteri ataupun terkena masalah kulit. Salah satunya dengan menggunakan krim wajah berkandungan ceramide.

Sebab, jenis asam lemak satu ini dapat membantu memperkuat skin barrier kita secara alami. Baik dengan memberikan kelembapan ekstra pada kulit, maupun memperbaiki jaringan kulit secara umum.

Mengikat Kelembapan Kulit

mengembalikan kelembapan kulit

Salah satu manfaat utama dari bahan ini untuk menjaga kecantikan wajah adalah kemampuannya yang sangat baik untuk menghidrasi kulit.

Termasuk menjaga dan menguncinya agar tidak mudah hilang, terutama dalam cuaca panas yang ekstrem.

Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik pun memberikan banyak manfaat lain, yakni meningkatnya fungsi perlindungan kulit, mempermudah penyerapan kandungan skincare, sehingga dapat mengoptimalkan kerjanya dalam mempercantik kulitmu.

Menghambat Munculnya Tanda Penuaan Kulit

penuaan dini

Tahukah kamu kalau ceramide juga sangat berperan penting dalam memelihara keremajaan kulit? Yups! Yakni dengan bekerja untuk menghambat munculnya tanda penuaan secara premature.

Manfaatnya untuk menjaga kecantikan kulit wajah ini dibuktikan dengan suatu penelitan pada permpuan muda berusia 20 tahunan. Yakni dengan mengoleskan produk skincare berkandungan ceramide secara rutin.

Bahan satu ini pun diketahui mampu melembapkan kulit, memperkuat fungsi perlindungan kulit, dan menutrisi kulit dari dalam.

Hal inilah yang akhirnya membuat penampilan tanda penuaan dini ini dari kulit kamu, bahkan menghilangkannya secara perlahan.

Menenangkan Gejala Peradangan Karena Masalah Kulit Tertentu

Beberapa masalah kulit tertentu umumnya menimbulkan gejala peradangan dan rasa tidak nyaman di kulit, seperti kulit kemerahan, bengkak, perih, hingga rasa gatal.

Nah, untungnya, ceramide mampu bekerja untuk menenangkan atau mengurangi gejala tersebut.

Terlebih, beberapa studi menyebutkan bahwa salah satu penyebab eksim dan psoriasis, umumnya memiliki kadar ceramide yang rendah pada kulit wajah merak.

Untuk itu, dengan mengaplikasikan skincare topical yang berkandungan ceramide, diyakini mampu menenangkan kondisi kulit yang teriritasi atau mengalami peradangan.

Tak hanya itu, ceramide pun dapat meningkatkan perlindungan dan kelembapan kulit, sehingga wajahmu pun jadi lebih sehat.

Cocok Digunakan untuk Merawat Kulit Sensitif

Punya kulit yang sensitive dan mudah teriritasi emang tricky banget, ya. Karena kamu enggak akan mudah menemukan atau mencoba produk skincare yang cocok untuk kamu gunakan.

Salah menggunakan skincare tertentu dan berkandungan cukup keras, malah akan membuat kulit wajah sensitive akan teritiasi dan kering.

Kemampuan bahan alami ini yang dapat memberikan kelemabapan alami pada kulit akan sangat cocok untuk meredakah gejala kulit sensitive, serta terbilang minim resiko muncul alergi.

Baik untuk Kulit Berjerawat

muncul jerawat dan beruntusan

Jerawat ataupun komedo yang muncul di wajah kamu bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari berubahnya hormone, penggunaan skincare yang salah, radikal bebas, hingga infeksi bakteri.

Nah, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu, kamu bisa menggunakan skincare untuk kulit berjerawat yang mengandung ceramide.

Selain membuat wajahmu jadi lebih sehat, bahan ini pun akan membantu menghaluskan pori-pori wajah sehingga kemungkinan bakteri dalam lapisan kulit pun akan semakin rendah.

Tak hanya itu, ceramide bisa membuat skin barrier kian kuat dan sehingga perlindungan kulit pun akan jadi lebih optimal.

Tips Memilih Skincare Berkandungan Ceramide yang Tepat

maklon glutathione (3)

Meski terbilang hypoallergic, bukan berarti kamu bisa sembarangan dalam memilih skincare berkandungan ceramide ini.

Nah, agar manfaatnya untuk kecantikan kulit jadi lebih maksimal dan optimal, ketahui berbagai tips memilih produk skincare berkandungan ceramide berikut ini.

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Jenis Kulit Wajahmu

Hal yang paling utama untuk kamu lakukan adalah mempertimbangkan kecocokan skincare tersebut dengan kebutuhan dan jenis kulit wajahmu.

Ini akan membuat kerja skincare jauh lebih efektif dan optimal dalam menjaga kesehatan kulit wajahmu.

Untuk kamu yang memiliki kulit yang cenderung berminyak, hindari kadar ceramide yang terlalu tinggi, ataupun banyak mengandung emollient dalam kadar besar.

Sebab, akan memperburuk kondisi wajahmu yang berminyak dan malah akan membuat kotoran serta polusi menempel pada epidermis.

Perhatikan Jenis Ceramide yang Ada Dalam Formula Skincare

Sebelum menggunakan produk skincare dengan ekstra kandungan ini, pastikan kamu mengetahui berbagai jenis ceramide yang digunakan dalam skincare.

Misalnya kalau kamu memiliki jenis kulit yang kering dan mudah teriritasi. Kamu bisa memilih ceramide yang tinggi, misalnya tipe ceramide 1 dan 3, hingga sphingosine.

Kombinasikan dengan Kandungan Lain

Untuk mendapatkan manfaat ceramide untuk kecantikan kulit dengan lebih maksimal, kamu bisa memilih skincare dengan kandungan tambahan yang juga bisa mendukung cara kerja bahan aktif ini dalam menjaga vitalitas kulit wajahmu.

Misalnya dengan menggunakan krim atau skincare berkandungan retinoid, vitamin, dan hyaluronic acid. Ketiga kandungan ini akan membantu menyeimbangkan ceramide, juga membantu menambah fungsi mencerahkan untuk kulit.

Lakukan Tes Untuk Cek Kecocokan Produk dengan Kulit

Kalau kamu memiliki kulit yang hypersensitive dan merasa kurang yakin mencoba skincare baru, kamu bisa melakukan tes terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu bisa membantu mengetahui kecocokan produk skincare berkandungan ceramide dengan kulit wajah kamu.

Caranya cukup sederhana, kamu bisa mengaplikasikan sedikit skincare tersebut pada bagian belakang siku. Kemudian tunggu beberapa lama, yakni 3-4 jam untuk menunggu reaksinya muncul.

Kalau tidak ada reaksi negative apapun yang terlihat, kamu bisa melanjutkan penggunaan krim atau skincare berkandungan bahan aktif tersebut sebagai perawatan harian.

Nah itu dia serba serbi ceramide yang harus kamu ketahui, termasuk bagaimana cara memilih skincare berkandungan bahan aktif ini dengan tepat.

Semoga artikel ini dapat membantumu, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment