Tak Cuma Menghitamkan, Berbagai Khasiat Minyak Urang Aring untuk Rambut

urang aring untuk rambut (1)

Para milenials pasti enggak asing dengan bahan satu ini. Yap! Urang aring adalah bahan alami yang telah lama digunakan untuk merawat kecantikan rambut secara tradisional.

Bahan yang bisa menimbulkan nostalgia masa kecil ini sayangnya agak terlupakan, padahal manfaat urang aring untuk rambut sangatlah beragam.

Selain dimanfaatkan sebagai sampo, urang aring pun diekstraksi sebagai minyak alami untuk merawat rambut. Dan manfaatnya pun enggak kalah banyaknya.

Penasaran apa saja kandungan dan manfaat minyak urang aring untuk rambut? Cek ulasan lengkapnya di bawah ini, ya, Cantik!

Kandungan dalam Urang Aring yang Baik untuk Rambut

urang aring untuk rambut (2)

Enggak sedikit dari kita yang beranggapan bahwa manfaat urang aring untuk rambut hanyalah mitos belaka. Padahal, setelah melewati uji ilmiah, urang aring mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh rambut kita.

Penasaran apa saja nutrisi yang ada dalam urang aring dan baik untuk merawat kesehatan rambut? Baca ulasan di bawah ini sampai habis, ya, Ladies!

Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu bentuk antioksidan alami yang bisa kamu dapatkan dari minyak urang aring.

Kandungan ini mampu memperbaiki jaringan dan struktur rambut kamu secara alami. Tak hanya itu, vitamin E pun dikenal ampuh untuk meningkatkan hidrasi rambut dan mencegahnya agar tidak mudah kering serta kusut.

Vitamin D

Nutrisi lain yang ditemukan dalam urang aring untuk rambut adalah vitamin D. Kandungan ini sangat penting untuk menguatkan batang rambut dan mencegahnya rontok.

Tak hanya itu, beberapa penelitian pun dapat membantu membentuk folikel baru, atau yang diketahui sebagai pori-pori kecil di kulit kepala untuk tempat rambut baru tumbuh.

Magnesium

Selain vitamin, dalam urang aring pun terdapat kandungan mineral yang cukup tinggi, salah satunya magnesium.

Jenis mineral satu ini terbilang memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit kepala serta rambut kamu.

Magnesium pun bisa merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat, sehingga kerontokan dan penipisan rambut dapat dihindari.

Kalsium

Apakah kamu tahu kalau urang aring juga mengandung kalsium? Yap, karena kandungan kalsium inilah urang aring dapat membantu menebalkan rambut kamu secara alami.

Kalsium merupakan nutrisi yang dapat bekerja untuk menjaga kekuatan rambut dan mencegah adanya kerontokan. Hasilnya rambut kamu pun akan jadi lebih tebal dan sehat saat menggunakan urang aring secara rutin.

Zat Besi

Enggak cuma kalsium, dalam urang aring pun terdapat kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan ini berkerja dalam peredaran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala kamu.

Karenanya, jenis mineral ini sangat berpengaruh pada kesuburan dan kesehatan rambut.

Berbagai Manfaat Minyak Urang Aring untuk Rambut

hair oil (2)

Setelah mengetahui berbagai nutrisi yang ada dalam urang aring dan kegunaannya untuk rambut di atas, kamu pasti sudah punya gambaran mengapa bahan alami ini dulu menjadi begitu booming dan sangat dipercaya untuk merawat kecantikan rambut.

Nah, agar lebih jelas, simak berbagai manfaat urang aring untuk rambut berikut ini, ya!

Mengurangi dan Mengatasi Ketombe

sampo untuk rambut berketombe (1)

Manfaat minyak urang aring untuk rambut yang pertama dalah mampu mengurangi dan mengatasi ketombe di kulit kepala.

Ini dikarenakan urang aring memiliki sifat antimikroba dan anti jamur, sehingga pertumbuhan bakteri atau jamur penyebab ketombe bisa terganggu bahkan terhambat.

Dengan menggunakan urang aring ke dalam hair care routine kamu, rambut akan jadi jauh lebih sehat dan bebas dari ketombe yang membandel.

Mencegah Kemunculan Uban atau Rambut Putih

Pernah enggak kamu menemukan sehelai atau dua helai uban di rambutmu? Padahal usia kamu masih memasuki pertengahan dua puluha, alias masih bisa dibilang muda.

Kok bisa, ya, uban tumbuh? Sebenarnya, faktor usia bukan satu-satunya penyebab munculnya uban, melainkan faktor lain berupa stress, kurangnya asupan nutrisi tertentu, hingga faktor lingkungan bisa memicu kemunculan rambut berwarna putih tersebut.

Nah, untungnya urang aring untuk rambut bisa mencegah munculnya uban secara dini. Selai karena efek menghitamkan alami dari urang aring, bahan ini pun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas dan memperbaiki jaringan rambut.

Karenanya, rambutmu akan sehat terawat dan hitam berkilau. Untuk mendapatkan manfaat ini kamu bisa menggunakan urang aring sebagai hair oil alami.

Meredakan dan Menenangkan Peradangan pada Kulit Kepala

Penggunaan shampoo atau produk perawatan rambut lain yang tak cocok, terkadang menimbulkan iritasi atau peradangan pada kulit kepala.

Hal ini bisa kamua atasi dengan menggunakan minyak urang aring. Bahan alami ini dapat membantu meringankan gejala peradangan, termasuk kemerahan dan iritasi pada kulit kepala.

Merangsang Pertumbuhan Rambut yang Lebih Sehat

Kemampuan urang aring untuk rambut satu ini bukanlah rahasia lagi. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa minyak urang aring ternyata mamppu membantu merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Tak hanya itu saja, bahkan manfaat urang aring untuk menumbuhkan rambut ini digadang-gadang lebih efektif dibanding obat penumbuh rambut, seperti minoxidil.

Selain itu, kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada minyak urang aring diyakini dapat melawan radikal bebas yang cenderung menghambat pertumbuhan rambut.

Mencegah Kerontokan Rambut

khasiat susu untuk kecantikan rambut dan kulit

Selain merangsang pertumbuhan rambut baru, urang aring pun dapat menjaganya agar tetap kuat sehingga tidak mudah rontok.

Ini dikarenakan urang aring memiliki kandungan urang aring yang sangat tinggi. Seperti yang kamu ketahui, vitamin E juga dikenal sebagai molekul anti oksidan yang sangat efektf dan ampuh melindungi kulit dari stress oksidatif.

Dengan demikian, penggunaan minyak urang aring secara teratur sebagai hair care routine mampu mempertahankan kekuatan dan kesehatan rambut, yang membuat kerontokan dapat dicegah.

Membantu Mencegah Adanya Rambut Bercabang

Tahukah kamu kalau minyak urang aring pun disebut-sebut mampu mengatasi rambut bercabang?

Minyak urang aring diyakini mampu mengembalikan kelembapan yang hilang pada batang rambut, sehingga mencegah dehidrasi pada kulit kepala dan memperkecil adanya rambut bercabang.

Kamu bisa memperoleh manfaat minyak urang aring untuk rambut ini dengan mengoleskannya sebagai hair oil. Namun, karena sifatnya yang kental ada baiknya untuk melarutkan minyak urang aring dengan jenis minyak pembawa, seperti minyak kelapa dan zaitun.

Cara Menggunakan Minyak Urang Aring untuk Rambut

hair oil

Setelah mengetahui nutrisi dan manfaatnya untuk rambut, kamu pasti udah pengen banget segera menggunakan urang aring untuk merawat kecantikan rambutmu, bukan?

Well, khusus untuk kamu, berikut rangkuman beberapa cara menggunakan minyak urang aring untuk rambut dengan tepat yang bisa kamu coba di rumah.

Mengoleskannya Sebagai Hair Oil

Sebenarnya, minyak urang aring bisa langsung diaplikasikan sebagai hair oil setelah keramas. Namun, karena sifatnya yang sangat kental, sebaiknya encerkan minyak urang aring terlebih dahulu dan gunakan secukupnya saja.

Penggunaan minyak urang aring sebagai hair oil alami akan membantu memberikan perlindungan ekstra kepada batang rambut, khususny dari dampak buruk radikal bebas dan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Menggunakannya Sebagai Masker Rambut

Selain menggunakannya sebagai hair oil, kamu bisa menggunakan minyak urang aring sebagai masker rambut alami.

Kamu bisa mengombinasikan dengan bahan-bahan alami lain, seperti lidah buaya maupun minyak zaitun dan menggunakannya sebelum akan mencuci rambut.

Menggunakan Produk Hair Care Berkandungan Urang Aring

Selain menggunakannya secara alami, kamu bisa mendapatkan manfaat urang aring untuk rambut dengan memakai produk hair care dengan kandungan yang sama.

Cara ini terbilang lebih simple dan mudah untuk kamu lakukan. Sebab kamu enggak perlu meracik sendiri, dan langsung menggunakannya jika perlu.

Urang aring sendiri sering digunakan dalam sampo, conditioner, hingga produk masker rambut tertentu.

Nah itu adalah manfaat urang aring untuk rambut, juga nutrisi dan cara penggunaannya yang bisa kamu coba di rumah.

Apakah kamu mau kembali menggunakan perawatan rambut dari urang aring? Mengingat, rupanya manfaatnya bukanlah mitos kosong belaka, dan telah teruji secara ilmiah.

Well, kalau iya, kasih tahu pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment