Bisa Tingkatkan Brand Awareness, Ini Dia Manfaat SEO Untuk Bisnis Online

manfaat seo untuk bisnis online

Tak bisa dipungkiri bahwa seiring dengan perkembangan teknologi, dunia digital marketing semakin digandrungi bagi para pelaku bisnis. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi tampil di halaman utama mesin pencarian agar menjadi pilihan utama bagi calon konsumen.

Nah untuk mewujudkan hal tersebut, mereka berusaha memaksimalkan SEO untuk berada di halaman pertama Goolge.

Penerapan SEO itu sendiri adalah untuk mengoptimalisasi website perusahaan. Tentu saja hal ini sangat berguna bagi para pebisnis. Semakin menjadi pilihan utama di mesin pencarian, semakin mudah pula calon konsumen untuk menganalisa produk atau perusahaanmu.

Selain itu, dengan berada di halaman pertama mesin pencarian, kredibilitas perusahaan yang sedang kamu bangun juga akan semakin tinggi di masyarakat. Calon konsumen tidak akan meragukan lagi produk yang kamu buat.

Sebelum lebih jauh melangkah mengenai apa saja manfaat SEO untuk bisnis online, alangkah baiknya bagi kamu mengetahui definisi atau pengertian dari SEO terlebih dahulu.

Apa sih SEO itu? Mengapa keberadaannya bisa menjadi sangat penting bagi perkembangan perusahaan? Simak artikel ini hingga selesai. Happy Reading!

Apa itu SEO?

SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization adalah strategi marketing yang digunakan untuk memaksimalkan website agar berada di halaman utama dan menjadi yang teratas di mesin pencarian atau Google. SEO mempunyai peranan untuk menganalisa artikel dalam website apakah sudah sesuai dengan standart yang diberlakukan oleh Google atau tidak.

Jika artikel yang kamu buat sudah sesuai standart yang diterapkan, mesin Google akan mempertimbangkannya dan membuat websitemu berada di halaman pertama.

Apabila SEO yang kamu gunakan tidak melanggar peraturan, maka semakin mudah pula bagi Google untuk merekomendasikan websitemu.

Mengapa tampil di halaman utama mesin pencarian sangat penting? Yep, pertanyaan ini pasti terngiang di benakmu. Tampil di halaman utama Google sangatlah penting bagi kamu para pelaku bisnis.

Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, calon konsumen cenderung akan melakukan beberapa pencarian terlebih dahulu mengenai barang atau produk yang akan dibeli.

Biasanya tempat utama yang mereka tuju untuk mencari informasi tersebut adalah Google. Jika websitemu berada di halaman utama, mereka akan cenderung memilih websitemu sebagai tempat persinggahan.

Karena sangat kecil pula kemungkinan bagi mereka untuk memilih halaman ke dua atau ketiga dan seterusnya. Tentu itu akan sangat memakan waktu.

Oleh karena itu tampil di halaman pertama Google sangatlah penting. Perlu kamu ketahui bahwa SEO tidak bisa hanya diterapkan sekali saja di website.

Butuh berkali-kali dan juga melalui proses yang lumayan panjang. Intinya kamu harus tetap konsisten menerapkan SEO dalam website. Karena SEO sendiri membutuhkan waktu yang sangat tidak cepat dan membutuhkan optimasi supaya hasilnya bisa terlihat.

Manfaat SEO Untuk Bisnis Online

manfaat seo untuk bisnis online (2)

Selain melakukan promosi melalui berbagai platform social media, sangat efektif pula bagi pelaku bisnis online untuk melakukan promosi melalui website dan menggunakan SEO.

Hingga saat ini website masih menjadi sara promosi yang ampuh untuk poduk. Bahkan juga sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan.

Di sinilah peran SEO sangat dibutuhkan. Sistem dari Google ini akan membantu mengoptimalisasimu dari berbagai sisi. Mulai dari branding hingga meningkatkan awareness masyarakat. Berikut adalah manfaat dari SEO yang wajib kamu ketahui.

Tampil di Halaman Utama

Berada di rangking pertama mesin pencarian adalah impian bagi para pengguna website. Hal tersbut menjadi manfaat utama yang disuguhkan SEO untuk kamu. Berada di rangking pertama halaman Google mempunyai beragam manfaat.

Orang akan cenderung mengklik dan memilih websitemu untuk solusi dari pertanyaan mereka. Semakin banyak kunjungan yang dilakukan oleh para pengguna tersebut, Google juga akan mempertimbangkan kredibilitas dan kualitas dari website itu.

Sebagai contoh, kamu pasti pernah mencari tahu tentang sesuatu di Google. Untuk mencari jawaban tersebut, kamu harus menuliskan kata kunci.

Dengan kata kunci itu, Google akan memberi pilihan beberapa artikel yang terdapat kata kunci tersebut. Nah, jika kamu menerapkan SEO dalam artikel, website bisa menjadi rangking utama. Setelah menjadi rangking utama, kamu tentu bisa mendapat lebih banyak pengunjung.

Pengunjung Tertarget

Manfaat selanjutnya dari SEO adalah bisa menarget pengunjung. Karena mesin pencarian akan mengarahkan pengunjung untuk sesuai dengan target dari yang diinginkan.

Sebagai contoh pengguna internet ingin mencari sebuah informasi tertentu. Pasti mereka akan memasukkan kata kunci dari apa yang sedang dicari. Dengan SEO, Google bisa mendeteksi apakah websitemu yang juga memiliki kata kunci tersebut dan merekomendasikannya pada pengguna.

Jadi besar pula kemungkinan jika pengunjung tersebut sesuai dengan target market yang sedang kamu tuju. Dengan artian, pengunjung ini sangat berpotensi menjadi calon konsumen yang siap beli. Oleh karena itu, SEO sangat berperan untuk mengoptimalisasi hal tersebut.

Meningkatkan CTR atau Click-Through Rate

Semakin berada di rangking teratas, semakin berpotensi pula websitemu dikunjungi banyak pengguna. Bahkan menurut beberapa studi digital marketing di Amerika, riset menunjukkan jika rangking 1-5 teratas di mesin pencarian sangat berpotensi mendapat CTR lebih banyak 60 persen.

Sebagai contoh, suatu kata kunci dicari sebanyak 10 ribu per bulan. Lalu mengetahui kata kunci tersebut banyak dicari, kamu menggunakan kata kunci ini untuk mengoptimasi SEO.

Lalu jika situsmu muncul di pencarian rangking tiga besar di Google, kamu bisa mendapat beberapa persen dari pengunjung tersebut untuk juga mengunjungi websitemu.

Baca Juga: Omset Kian Turun, Pahami Strategi Penjualan Produk Kosmetik Saat Pandemi

Meningkatkan Penjualan

Manfaat SEO berikutnya adalah meningkatkan penjualan. Yep, semakin banyak pengunjung yang mengunjungi situs websitemu, akan semakin berpotensi pula bagi kamu untuk mendapat banyak konsumen dan bisa meningkatkan penjualan.

Selain itu, kamu juga harus perlu memperhatikan kualitas dari produk yang sedang dijual. Jangan sampai membuat konsumen kecewa dan memilih untuk tidak order kembali produk yang kamu jual.

Oleh karena itu setelah strategi marketing SEO terpenuhi, sangat penting juga bagi kamu untuk terus meningkatkan kualias produk.

Meningkatkan Bisnis Berskala Besar

Kemajuan internet dan teknologi membuat kehidupan manusia semakin mudah. Bahkan untuk pelaku bisnis tidak perlu capek buka toko dan menjual produknya ke luar negeri dengan mengunjungi Negara yang dituju. Cukup dengan modal internet, produkmu bisa tembus pasar internasional.

Inilah yang juga menjadi salah satu manfaat pentingnya SEO. Dengan mengoptimalisasi SEO, produkmu akan mendapat potensi untuk tembus pasar internasional.

Semakin banyak pengguna internet yang mengunjungi websitemu, semakin berpotensi pula website tersebut akan menjadi rekomendasi utama. Bahkan tidak hanya berskala local saja, namun juga hingga mancanegara.

Jadi potensi untuk meningkatkan bisnismu untuk berskala internasional menjadi lebih besar. Kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan SEO untuk hal yang satu ini.

Bekerja 24 Jam

Tidak ada kata tidur bagi SEO. Itulah yang menjadi suatu kelebihan internet. Meskipun kamu sedang terlelap dan beristirahat, mereka akan terus bekerja. Bahkan tak kenal jarak dan waktu. Tentu hal ini sangat berbeda dengan iklan konvensional yang tayangnya sangat terbatas.

Dengan menggunakan SEO kamu bisa melakukan promosi kapanpun yang kamu suka dan mau. Bahkan tidak hanya dalam hitungan hari atau minggu saja, SEO bisa menayangkan iklanmu selamanya.

Inilah yang membuat jejak SEO atau digital akan terus abadi. Karena data yang sudah terdeteksi oleh mesin Google akan terus terekam hingga tidak ada batas waktu yang ditentukan.

Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu manfaat penting bagi SEO yang lain adalah meningkatkan brand awareness. Semakin berada di peringkat atas mesin pencarian Google, kedibilitas perusahaan atau produk yang sedang kamu pasarkan akan semakin diakui.

Dengan begini, masyarakat tidak akan ragu untuk membeli produk yang sudah kamu pasarkan. Dengan adanya website ini, perusahaanmu juga akan semakin terlihat professional. Artinya tidak abal-abal dan dapat dipercaya.

Selain itu terlihat semakin professional, perusahaanmu juga akan semakin dikenal oleh masyarakat luas karena sering muncul di Google. Sehingga brand awareness dapat semakin meningkat dengan mengoptimasilasi SEO ini.

Pengembangan Bisnis

Optimalisasi SEO juga sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis. Tahukah kamu jika website bisa merekam jejak pengguna internet yang mengunjungi websitemu? Yep, tentu hal ini sangat berguna bagi kelangsungan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Semua data pengunjung yang masuk akan terekam oleh Google Analytic. Nah di tempat inilah kamu bisa mendapatkan data pengunjung tersebut. Mulai dari demografi, gender, usia hingga bahkan kebiasaan yang sering mereka lakukan.

Data-data ini sangat berguna untuk kamu menganalisa pasar. Sehingga produk yang kamu promosikan akan sesuai target atau sasaran.

Daya Saing Kompetitor

Setiap bisnis yang dijalankan, pasti selalu ada kompetitornya. Di sinilah peranan SEO itu sangat dibutuhkan. Dengan mengoptimalisasi SEO, kamu bisa melakukan persaingan secara ketat dengan kompetitor.

Semakin kamu mengoptimalisasi SEO pada website, kompetitor akan semakin mengetahui keberadaanmu. Mereka juga akan mengakui kredibilitas dari produk atau perusahaanmu. Dengan begitu kamu bisa menunjukkan kekuatan dari perusahaanmu tersebut. Sehingga tidak dianggap remeh.

Investasi Jangka Panjang

Tak hanya uang dan barang saja yang bisa menjadi investasi, manfaat SEO untuk bisnis online selanjutnya juga bisa menjadi investasi jangka panjang dan memberikan hasil yang cukup lumayan.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa pengoptimalan SEO tidak bisa dalam waktu sekejap. Butuh berminggu atau bahkan berbulan-bulan untuk melihat hasilnya.

Cara kerja SEO pun sangat berbeda dengan iklan berbayar. Jika iklan yang sudah melebihi batas waktu yang ditentukan akan hilang. Namun tidak dengan SEO. Hingga kapanpun selama kamu masih bisa mengoptimaslisasi dan mengelola website, produk dan nama perusahaanmu akan terus ada. Bahkan tak lekang oleh waktu.

Sehingga kamu bisa mendapat iklan yang tak terbatas. Hal inilah yang membuat SEO sangat cocok disebut sebagai investasi jangka panjang.

Hemat Biaya

Salah satu keunggulan dan manfaat SEO yang lain adalah hemat biaya. Tidak seperti strategi marketing lain yang membutuhkan banyak biaya, SEO justru sebaliknya. Bahkan bisa juga gratis. Yang kamu perlukan hanya membayar untuk memiliki website.

Namun untuk kamu yang belum terlalu paham tentang SEO dan memerlukan orang lain untuk mengoptimaliasainya, hal ini akan membuatmu keluar budget yang lebih. Namun jika kamu sudah memahaminya, kamu bisa memaksimalkan SEO di websitemu dan gratis.

Karena untuk mengoptimalisasi SEO sangat dibutuhkan dana yang rendah, tentu hal ini sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin beriklan dengan biaya murah. Selain murah, SEO juga menawarkan iklan tanpa batas waktu.

Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi para pebisnis. Sebab biaya yang seharusnya keluar banyak untuk beriklan bisa ditabung atau diinvestasikan untuk hal lain. Misalnya dengan meningkatkan kualitas produk atau bahkan menciptakan produk yang baru.

Nah itulah beragam manfaat SEO untuk bisnis online yang perlu kamu ketahui. Strategi search engine optimization sangat tidak boleh dilewatkan oleh para pelaku digital marketing. Sebab manfaatnya bisa mendongkrak dan mengoptimalisasi produk yang sedang kamu pasarkan di dunia digital. 

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment