Cara Meningkatkan Review Positif di E-Commerce, Bikin Tokomu Makin Untung!

cara meningkatkan review positif di e-commerce

Buat kamu para pecinta belanja online di e-commerce, pasti hal utama yang dilihat ketika sedang memilih produk adalah review. Yes, review atau ulasan ini memang menjadi salah satu faktor penting bagi calon konsumen sebelum memutuskan untuk membeli produk yang diinginkan.

Semakin negative review yang diberikan oleh konsumen, semakin negatif pula pandangan calon konsumen baru terhadap produkmu. Begitu juga sebaliknya. Semakin positif komentar atau ulasan mengenai produkmu, semakin meyakinkan pula bagi calon konsumen untuk membeli produk. Oleh karena itu review positif sangat penting ditingkatkan oleh para penjual.   

Review atau penilaian di e-commerce mempunyai beragam bentuk. Mulai dari tanda bintang, ulasan berupa tulisan, foto, hingga video.

Penilaian tertinggi di e-commercer adalah bintang lima. Jika penjual bisa konsisten mendapatkan bintang lima dari konsumen, maka tokonya di e-commerce pun akan mendapat peringkat dan menjadi prioritas.

Peringkat inilah yang akan menjadi pengaruh besar bagi tokomu untuk menjadi yang terfavorit dan mendapat kepercayaan dari konsumen. Tak heran jika para pengusaha berlomba-lomba meningkatkankan review positif pada produk mereka.

Selain itu review positif juga menjadi poin penting bagi perkembangan bisnis online. Apa saja poin penting itu? Simak penjelasannya berikut.

Pentingnya Review Positif di E-Commerce

cara meningkatkan review positif di e-commerce

Bagi pelaku belanja online, review menjadi hal terpenting untuk membuat keputusan. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi para penjual untuk menampilkan produk sebaik mungkin agar konsumen tidak kecewa dengan produk yang telah mereka beli.

Dengan begitu, para konsumen akan meninggalkan review positif untuk produk yang telah dibeli. Review positif ini akan sangat berguna menarik calon konsumen baru untuk membeli produk kita. Selain itu, juga masih banyak manfaat lain review positif di e-commerce. Berikut daftarnya.

Sarana Pemasaran yang Efektif

Sadar nggak sih jika review sebenarnya menjadi sarana pemasaran yang efektif di e-commerce? Kepuasan konsumen tersebut akan menjadi pemicu calon konsumen baru untuk tidak ragu membeli produk yang  kita jual. Bahkan berbagai macam  ulasan ini juga bisa menjadi iklan gratis untuk produk yang dijual.

Kok bisa? Biasanya konsumen yang sangat puas dengan produk yang dibeli tidak akan hanya menulis ulasan di market place atau toko tempat mereka membeli produk tersebut. Namun juga akan menulis review di social media mereka.

Dengan review ini biasanya mereka juga akan mencantumkan alamat toko tempat membeli produk itu. Bahkan mereka juga akan merekomendasikannya ke follower atau teman-teman. Inilah yang membuat review bisa menjadi sarana pemasaran yang sangat efektif.

Meningkatkan Kepercayaan Calon Konsumen

Manfaat review di e-commerce selanjutnya adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dalam dunia bisnis, meningkatkan kepercayaan konsumen sangatlah penting. Apalagi untuk bisnis online. Untuk meningkatkan kepercayaan itu, dibutuhkan review dari konsumen atau pihak yang sudah menggunakan produk tersebut.

Sebab karakteristik utama para pelaku belanja online adalah melihat review sebelum membeli. Biasanya mereka akan melakukan penelusuran di berbagai social media ataupun Google. Review yang diberikan konsumen ini akan meningkatkan kepecayaan konsumen.

Semakin buruk review yang diberikan konsumen, semakin menurun kepercayaan konsumen terhadap produkmu. Begitu juga sebaliknya. Semakin positif review yang ada, semakin meningkat pula kepercayaan konsumen terhadap produk dan tokomu.

Mengapresiasi Konsumen

Adanya review di e-commerce juga menjadi sarana untuk menjalin komunikasi bagi produsen dan konsumen. Jika komunikasi antara kedua belah pihak terjalin dengan lancer, kepercayaan konsumen pun akan semakin meningkat.

Selain itu adanya review di e-commerce juga sebagai sarana untuk mengapresiasi konsumen. Konsumen diberi kebebasan untuk berpendapat tentang produk yang telah mereka beli. Dengan cara seperti ini, konsumen akan merasa dihargai dan diapresiasi.

Jika menelisiknya dari sisi psikologis, review juga akan memberi dampak emosional bagi penulisnya. Mereka akan merasakan kedekatan dengan toko online tersbeut. Nah, di sinilah peran penjual untuk menunjukkan loyalitasnya.

Kamu bisa membalas review tersebut dengan ucapan terima kasih atau ucapan lain yang positif. Hal inilah yang akan membangun komunikasi antara kamu dengan konsumen agar tetap terjaga.

Meningkatkan Penjualan

Manfaat lain yang cukup menguntungkan dari review positif di e-commerce adalah meningkatkan penjualan. Dengan adanya review positif ini kepercayaan dari konsumen semakin meningkat dan akan mereka juga tidak akan ragu untuk membeli produkmu.

Begitupun dengan calon konsumen, jika banyak review positif di produkmu. Mereka juga tidak akan berpikir panjang untuk segera membeli produk tersebut. Dengan begini penjualan pun akan meningkat.

Itulah beberapa manfaat dari review positif di e-commerce. Lantas bagaimana cara untuk meningkatkan review positif itu? Tenang, karena kami punya tips atau cara untukmu agar mendapat ulasan positif dari konsumen. Apa saja? Berikut penjelasannya. Happy reading!

Cara Meningkatkan Review Positif di E-Commerce

Pentingnya review positif untuk penjualan, membuat para pemilik toko online berlomba-lomba untuk mendapatkan ulasan positif tersebut. Berbagai cara pun mereka lakukan untuk mendapatkan kepuasan konsumen. Mulai dari memberi pelayanan yang baik hingga meningkatkan kualitas produk.

Inilah beberapa cara meningkatkan review positif di e-commerce yang perlu kamu ketahui. Simak  baik-baik ya.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Hal utama yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan review positif di e-commerce adalah memberikan pelayanan terbaik. Pelayanan ini bisa beragam. Mulai dari merespon pertanyaan dari kosumen dengan cepat dan sopan, menanggapi keluhan dengan sabar hingga kecepatan dalam pengiriman produk.

Tak heran jika saking pentingnya, beberapa online market place selalu memberikan poin ‘respon penjual sangat baik’ di setiap kolom review. Bahkan bisa dikatakan jika konsumen juga sangat sensitive dengan respon penjual.

Baik buruknya toko tersebut akan dinilai dari respon penjual. Pelayanan yang baik juga akan memberikan pengalaman yang menyenangkan pula bagi konsumen untuk terus berbelanja di toko onlinemu.

So, untuk para pejuang review positif, kamu harus perhatikan hal yang satu ini. Jangan sampai konsumen mendapat pengalaman buruk dan kapok berbelanja di tokomu.

Menjaga Kualitas Produk

Cara meningkatkan review positif di e-commerce selanjutnya adalah dengan mempertahankan atau memperbaiki kualitas produk.

Produk yang kamu jual harus sesuai ekspektasi dengan foto yang sudah ditampilkan. Jika produk tidak sesuai dengan forto yang ada, hal itu akan membuat konsumen kecewa.

Jika mereka sudah kecewa, para konsumen tidak akan segan untuk menulis komentar negatif untuk produkmu. Tentu hal tersebut akan sangat berpengaruh pada penjualan.

Misalnya, ketika kamu akan memasarkan produk kosmetik, maka penting untuk menjaga kualitas dan keamanan produk tersebut. Sehingga, konsumen yang menggunakannya tidak akan terkena dampak buruk atau efek samping.

Mash Moshem Indonesia dalam hal ini bisa menjadi solusi andalanmu, lho. Kami bisa membantumu memproduksi kosmetik berkualitas, dengan bahan-bahan unggulan, proses produksi yang canggih dan terjamin higenis.

Memberikan Jaminan Keamanan Pengiriman Produk

Kualitas produk tidak hanya bergantung pada bahan-bahan atau produk itu sendiri. Tapi juga kemasannya. Jika kemasan asal-asalan, hal ini sangat berpotensi untuk menurunkan kepercayaan konsumen. Kemaslah produk dengan sebaik dan serapi mungkin.

Selain untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, pengemasan yang baik ini juga berpengaruh untuk menjaga bentuk dari produk tersebut agar tidak rusak selama berada di ekspedisi. Jika tidak hati-hati dalam pengemasannya, produk akan rusak dan konsumen pun akan kecewa.

Baca Juga: Intip Cara Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Onlinemu!

Tawarkan Intensif Pada Konsumen

Setelah melakukan pembelian, tidak semua konsumen berinisiatif untuk meninggalkan review terhadap produk. Beberapa dari mereka malas untuk bekomentar karena beberpa faktor. Mungkin ada yang lupa, malas, hingga tidak ada waktu untuk menulis review tersebut.

Oleh karena itu, memberi intensif kepada konsumen untuk menulis review juga sangat efektif untuk meningkatkan review. Kamu bisa menawarkan beberapa intensif seperti diskon, bonus, koin, atau bahkan gratis produk.

Dengan menawarkan intensif seperti ini, pasti konsumen akan meninggalkan review setelah mereka selesai membeli produk di tokomu. Sebab mereka juga akan merasa sangat diuntungkan dengan mendapat hadiah tersebut.

Beberapa marketplace sudah melakukan cara seperti ini, contohnya Shopee. Ia memberikan intensif kepada konsumen berupa koin. Koin ini nantinya akan didapat setelah mereka menulis review. Semakin lengkap review yang ditulis, akan semakin banyak pula koin yang didapat.

Tak heran jika para konsumen di Shopee akan selalu menulis review setelah membeli barang. Koin-koin yang sudah terkumpul tersebut bisa digunakan lagi untuk membeli produk lagi. Jadi tidak hanya pihak penjual saja yang akan diuntungkan, konsumen pun juga akan sangat diuntungkan karena hal ini.

Mempermudah Form Review

Cara meningkatkan review positif di e-commerce selanjutnya adalah dengan mempermudah form review. Jangan menyulitkan konsumen dalam menulis review. Sebab hal ini akan mem konsumen semakin malas meninggalkan review pada produk kita.

Kamu bisa membuat form review dengan singkat dan sefektif mungkin. Mulai dari menambahkan rekomendasi kalimat hingga menambahkan fitur foto, emoji dan bintang untuk mengekspresikan kepuasan mereka terhadap produk tersebut.

Karena konsumen akan cenderung malas menulis review ketika produk yang telah mereka pesan sampai. Apalagi jika form review yang kamu buat sangat menyulitkan, pasti mereka juga akan semakin ogah untuk menulis review. Buatlah form review se-simpel mungkin dan tidak banyak memakan waktu untuk menuliskan.

Berikan Review di Sosial Media

Untuk lebih bisa meningkatkan review positif, kamu juga bisa memulainya dari social media. Buatlah konten ‘pancingan’  yang membuat para konsumen ikut berkomentar terhadap produkmu. Hal ini bisa kamu mulai dengan memberikan keterangan tentang fungsi atau bahan-bahan dari produk yang kamu jual.

Dengan bahan-bahan dan bentuk yang meyakinkan, konsumen pun akan semakin tertarik dan produkmu akan mendapat atensi tersendiri. Selain itu, untuk mengundang review positif lain, kamu juga bisa menyewa jasa influencer untuk mereview produkmu.

Komentar positif dari influencer tersebut akan memberikan pengaruh besar terhadap calon konsumen. Para pengikut dari influencer itu juga akan tertarik membeli produk yang telah mereka review sebelumnya. Sehingga hal itu akan membuat penjual tidak akan ragu membeli produkmu.

Bentuk review di social media pun beragam. Ada yang berbentuk foto, ulasan, hingga video. Namun pada umumnya, review di social media akan telihat lebih meyakinkan dan menarik atensi dari konsumen jika itu berbentuk video.

Buatlah review senatural mungkin dan jangan terlihat ada rekayasa. Karena hal itu juga akan berpengaruh dengan kepercayaan konsumen terhadap produkmu. Semakin natural review yang dibuat, semakin meningkat pula kepercayaan konsumen.

Selain itu, buatlah review dengan durasi sesingkat mungkin. Video yang berdurasi terlalu lama akan membuat konsumen bosan dan cenderung akan melewatinya.

Manfaatkan Review Negatif

Siapa bilang hanya review positif saja yang bermanfaat. Kamu juga bisa menggunakan review negatif sebagai salah satu cara untuk meningkatkan review positif di e-commermu. Bagaimana caranya? Yang perlu kamu lakukan adalah membalas komentar tersebut dengan sopan.

Berikan penjelasan yang sopan dan detail mengenai apa yang dikeluhkan. Bahkan jika memungkinkan untuk return, kamu juga bisa bisa melakukannya.

Dengan memberikan feedback positif kepada review negatif ini, akan memancing calon konsumen baru untuk berpikir jika toko onlinemu bisa melayani dengan baik. Bahkan cara ini juga bisa memberikan citra positif terhadap toko onlinemu.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Komentar Negatif dari Konsumen

Nah itulah beberapa cara untuk meningkatkan review positif di e-commerce. Buat kamu para pemilik toko online, jangan menyerah untuk memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Semoga artikel ini bisa membantumu, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment