10 Ide Konten Promosi di Instagram yang Menarik dan Efektif

ide konten promosi di instagram (1)

Instagram menjadi salah satu jenis media sosial yang sangat populer dan memiliki ratusan juta pengguna aktif. Nah, inilah yang akhirnya membuat Instagram sangat cocok digunakan untuk branding produk kosmetik.

Dalam dunia bisnsi modern, pembuatan konten marketing ayng menarik menajdi suatau yang mutral diperlukan jika kamu ingin mengembangkan brand reputasi dari merk kosmetik kamu.

Nah, instagram adalah salah satu media sosial yang sangat menjanjikan untuk branding. Selain penggunanya yang besar, Instagram menawarkan fitur yang lengkap dan kemudahan akses bagi para penggunanya.

Namun, agar menarik hati konsumen, kamu bisa mengikuti beberapa ide konten promosi Instagram yang menarik berikut ini.

Membuat Kuis yang Menarik

skincare alami untuk souvenir (2)

Instagrma memiliki fitur-fitur yang sangat beragam, kamu bisa menggunakannya untuk berinteraksi dengan followers. Serta membuat konten kuis yang menarik dan seru!

Kamu enggak perlu mengeluarkan pertanyaan yang terlalu serius atau rumit, cukup gunakan pertanyaan nyeleneh dan terkesan iseng.

Untuk meramaikan suasana, kamu bisa memberikan hadiah pada orang dengan jawaban paling nyeleneh atau out of the box. Kamu juga bisa saling menjawab dan menanggapi jawaban yang diberikan audience kemudian membagikannya di Instagram Story.

Selain itu, karena interaksi tersebut juga, auidens akan merasa lebih dekat dan cocok dengan brand kosmetik kamu. Cara ini akan membantu meningkatakan engagement Instagram-mu dengan cepat.

Mengikuti Perkembangan Tren

natural beauty tren di instagram (3)

Ide membuat konten promosi yang menarik di Instagram selanjutnya adalah dengan memperhatikan perkembangan tren yang sedang naik daun.

Jika ada suatu challenge atau tren yang diikuti oleh banyak orang di Instagram, kamu bisa juga deh ikut jon dalam tren terserbut. Saat kamu melakukan challenge atau tren yang sama dengan followers kamu, ini bisa membuat rasa relate antara kamu dan audience terbentuk.

Namun hal yang perlu diingat adalah kamu nggak perlu mengikuti semua challenge ini. Pastikan bahwa tren atau challenge yang kamu olah nantinya memiliki nilai yang sama dengan konsep dari bradn kosmetik kamu,

Mengadakan Konten Give Away

Ide konten promosi di Instagram selanjutnya adalah dengan mengadakan Give Away. Well, ide satu ini terbilang sangat populer dan digemari, karenanya jumlah impact yang kamu terima pun bisa jadi sangat besar.

Ya, siapa juga sih yang enggak suka dapatin hadiah atau produk gratis? Dengan banyaknya orang yang ingin ikut dalam Giveaway yang kamu buat, maka akan semakin meningkatk juga engagement rate akun Instagram kamu.

Giveaway ini juga akan memabntu kamu meningkatkan followers dengan lebih cepat. Apalagi kalau kamu menggunakan persyaratan untuk follow terlebih dahulu akun Instagram dair brand kosmetik kamu, baru mereka berkesempatan untuk menang.

Kamu enggak perlu khawatir, persyaratan seperti ini suadang sangat lumrah diajukan. Biasanya persyaratan lain adalah menyukai sebanyak mungkin konten dari Instagram kamu, meninggalkan komentar lucu dan menandai tiga hingga lima orang teman mereka.

Menggunakan Jasa Influencer

endorsement untuk bisnis kosmetik (2)

Ide konten promosi di Instagram selanjutnya adalah menggunakan jasa influencer atau beauty reviewer. Maksudnya, kamu bisa mengajak mereka untuk berkolaborasi, melakukan live bersama, atau mereview produk yang kamu miliki, hingga melakukan challenge bersama.

Kamu bisa memilih influencer yang memiliki target pasar sama dengan brand kosmetik milikmu. Teliti juga seberapa besar pengaruh influencer ini nantinya terhadap akun Instagram yang kamu miliki.

Untuk tahu manfaat dan cara memilih endorsement yang tepat kamu bisa baca di sini.

Membuat Konten Tentang Beauty Tips & Info

cara menjadi beauty vlogger 2

Selain menggunakan konten-konten hard selling, kamu bisa mempertahankan keberadaan pengikut Instagram bisnismu dengan menyajikan konten tips dan info seputar dunia kecantikan.

Ide konten pemasaran di Instagram ini mungkin kurang bisa meningkatkan transaksi atau penjualan produk. Namun, kamu bisa menyegarkan isi dari konten-konten Instagram bisnismu dan membuat audience masih betah untuk follow kamu.

Sebagai nilai ‘soft selling’-nya, kamu harus memilih tips kecantikan yang akan kamu bagikan sebagai konten. Artinya, kamu bisa menyesuaikan topiknya dengan produk kosmetik yang kamu jual.

Bila brand kosmetikmu ini memproduksi skincare series, maka kamu bisa menggunakan tips yang juga berkaitan dengan skincare tersebut.

Misalnya membuat konten microblog tentang bahan-bahan yang baik untuk merawat jenis kulit kering, berminyak, dan lain sebagainya.

Menanggapi Pertanyaan yang Diajukan Oleh Audience

Untuk memperkuat hubunganmu dengan audience, kamu bisa membuat konten dengan meng-highlight komentar yang ditinggalkan oleh konsumen kamu.

Baik itu pertanyaan terkait produk yang kamu jual, maupun tips-tips kecantikan yang masih relate dengan produk yang kamu jual.

Setelah itu, kamu bisa mengemas jawaban tersebut dalam konten microblog yang super lengkap dan atraktif, atau menjawabnya sebagai konten dalam Instagram story.

Quotes

Quotes bisa menjadi salah satu pilihan ide konten promosi di Instagram yang simple tapi kadang sangat berpengaruh pada engagement akun kamu.

Karena biasanya quotes ini akan disesuaikan dengan psikologi audience kamu, misalnya dengan mengetahui seberapa besar rata-rata pengikutmu, jenis kelamin, dan informasi lainnya. Kamu bisa menyesuaikan konten quotes yang relate dengan kebutuhan audiens.

Konten ini juga bisa menjadi pembeda dan membuat Instagram bisnis kamu tidak terlalu monoton dan hanya berisi produk kosmetik yang kamu jual. Karena itu, kamu bisa memosting konten selling dan yang ringan secra bergilir.

Menggunakan Konten BTS (Behind The Scene)

Untuk menciptakan koneksi antara kamu dan audience di Instagram Bisnis, kamu juga bisa mengunggah kotnen-konten behind the scene dari permbuatan produk dari brand kosmetik kamu.

Dengan begitu, konsumen akan memperhatikan bahwa kamu membuat produk kosmetik tersebut secara teliti. Alat yang digunakan, orang-orang yang terlibat di dalamnya, juga bagaimana produk tersebut akan dikirimkan nantinya.

Konten Informatif Tentang Produk Kosmetik yang Kamu Jual

Ide konten promosi di Instagram satu ini pasti udah sering banget kamu lakukan, bukan? Well, ini merupakan produk badic yang memang harusnya kamu lakukan dan buat untuk mengisi Instagram bisnis kamu.

Untuk membuat konten informatif mengenai produk kosmetik yang kamu jual, kemaslah ide konten ini dengan semenarik mungking. Misalnya dengan menggunakan desain yang atraktif, kata-kata copywriting yang menyenangkan, dan masih banyak lainnya.

Testimoni Atau Repost Dari Customer

Kamu pasti sudah tahu bagaimana peranan testimoni untuk bisnis kosmetik, bukan? Well, ketika membicarakan sebuah produk perawatan kecantikan atau obat-obatan, konsumen akan selalu percaya dengan review dari pembeli lainnya.

Nah, kamu bisa memanfaatkan testimoni dari customer sebagai ide konten promosi di Instagram selanjutnya. Bisa berbentuk foto customer yang sedang menggunakan sskincare kamu, atau merepost komentar mereka tentang produk tersebut, dan lain sebagainya.

Konten-konten ini akan sangat efektif untuk membentuk kepercayaan pelanggan terhadap manfaat dan keamanan produk kosmetik yang kamu buat.

Tentu saja dari 10 ide konten promosi di Instagram yang menarik di atas, semua kualitas gambar dan foto produk memegang pernanan yang besar. Karena itu, kamu memerlukan adanya jasa fotografer handal untuk membantumu memenuhi kebutuhan konten.

Well, tentu biaya yang dikeluarkan akan sangat bervariasi tergantung skill yang dimiliki oleh si fotografer dan foto seperti apa yang kamu inginkan.

Nah, dengan maklon di Mash Moshem Indonesia kamu sudah enggak perlu lagi repot memikirkan hal ini. Karena kami memiliki pelayanan after sales service untuk menyediakan media promosi untuk produk kosmetik yang kamu buat bersama kami.

Kami dapat membantumu menyediakan video company profile, video dan foto produk, juga brosur dan katalog. Kamu bisa request media promosi yang kamu inginkan juga, lho!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Leave a Comment