Endorsement untuk Branding Bisnis Kosmetik, Kelebihan dan Kekurangannya?

endorsement untuk bisnis kosmetik (1)

Dengan semakin berkembangnya berbagai fitur media sosial, tentu tak hanya memberikan kemudahan bagi kamu untuk melakukan komunikasi atau interaksi dengan orang lain. Melainkan juga memberikan kesempatan promosi yang sama besarnya pada pelaku bisnis kosmetik.

Nah, salah satu bentuk promosi lewat akun media sosial yang saat ini sangat sering dilakukan adalah endorsement. Yang merupakan cara mempromosikan produk-produk dari suatu brand atau perusahaan dengan bantuan influencer, artis, dan orang-orang yang memiliki pengikut besar di media sosial.

Dalam branding bisnis kosmetik, penggunaan endorsement ini juga sudah sangat umum dilakukan. Sebagai contoh, kamu bisa melihat banyak artis atau beauty influencer yang mereview suatu produk, menyebutkan keunggulannya, dan menganjurkan penggunaan produk tersebut.

Tujuannya, biasanya untuk menciptakan kesadaran dan ketertarikan masyarakat pada produk kosmetik atau brand tersebut.

Namun, endorsement ini enggak gratis, lho. Di beberapa influencer yang mungkin masih memiliki jumlah followers tak seberapa banyak, kamu mungking hanya perlu memberikan produk gratis atau treat lain yang sederhana sebagai imbalan.

Akantetapi, untuk artis dan beauty influencer yang besar tentu hal ini enggak berlaku. Mereka biasanya memiliki red card alias standar biaya tersendiri, yang kadang enggak murah sama sekali.

Lantas apakah worth it menggunakan jasa endorsement sebagai langkah branding bisnis kosmetik yang kamu jalankan? Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya? Dan, kalau ingin, bagaimanakah cara melakukan endorsement yang tepat?

Well, untuk menjawab semua pertanyaanmu itu, segera simak ulsan soal pentingnya endorsement bagi branding bisnis kosmetik berikut ini, ya!

Kelebihan Endorsement untuk Bisnis Kosmetik

Endorsement merupakan jenis strategi pemasaran dan branding online, yang diakui cukup efektif untuk meningkatkan brand knowledge dan penjualan, lho.

Tujuan utama dari penggunaan endorsement adalah untuk membuat brand kosmetik kamu lebih dikenal, hingga akhirnya bisa meningkatkan penjualan atau transaksi produk kosmetik.

Nah, sebagai bahan pertimbangan, berikut ada beberapa kelebihan endorsement untuk bisnis kosmetik yang kamu jalankan. Simak baik-baik point-nya, ya!

Merupakan Bagian dari Media Promosi

Pada dasarnya, endorsement merupakan bagian dari media promosi untuk brand kosmetik yang kamu miliki. Dan cara ini dinilai cukup efektif dan berdampak positif pada brand kosmetik kamu.

Sebab, salah satu membangun kepercayaan pada suatu produk perawatan wajah, tentu testimoni dan pengaplikasian langsung sangat dibutuhkan. Dengan begitu masyarakat jadi tahu, bagaimana kerja kosmetik itu di kulit, baik tekstur, bentuk, dan manfaatnya secara visual.

Tak hanya itu, endorsement ini untuk bisnis kosmetik ini pun terbilang efektif karena followers dari artis/influencer yang kamu sewa ini akan memperhatikan review produk kosmetikmu.

Nah, dari sinilah biasanya kamu akan bisa mendapatkan tambahan followers, like, dan transaksi di media online bisnis kosmetikmu.

Diklaim Lebih Hemat Biaya Dibandingkan Pemasaran Tradisional

Salah satu kelebihan melakukan endorsement untuk bisnis kosmetik adalah karena biayanya yang diklaim lebih hemat, terlebih dari pada membuat video pemasaran atau iklan sendiri.

Karena kamu enggak perlu menyiapkan dana untuk menyiapkan segala keperluan dan tenaga untuk membuat video iklan sendiri. Dengan endorsement, kamu hanya perlu mencari selebgram yang cocok dengan karakter brand kosmetikmu dan memiliki followers yang sesuai target bisnismu.

Nah, selanjutnya proses pembuatan video dan peng-upload-annya pun akan diurus secara langsung oleh pihak yang akan diendors.

Dapat Meningkatkan Brand Knowledge Produk dengan Lebih Efektif

Sebelum menggunakan jasa seorang influencer ataupun artis, kamu pastinya melakukan riset terlebih dahulu. Baik untuk mengetahui jumlah followers, keaktifan akun, pun melihat rata-rata pengikut dari orang tersebut.

Nah, dari sinilah akhirnya mengapa endorsement untuk bisnis kosmetik bisa membantu meningkatkan brand knowledge dengan lebih efektif.

Karena followers dari artis/influencer ini akan melihat dan barangkali meniru apa yang dilakukan oleh idola mereka, termasuk menggunakan produk kosmetik yang di-endorse.

Sebab, biasanya public figure ini menjadi trendsetter atau role model dari para pengikutnya. Maka, bukan hal yang tidak mungkin, kamu bisa meningkatkan brand knowledge dan transaksi secara efektif dari endorsement.

Rate Card yang Bervariasi dari Setiap Artis/Influencer

Tiap artis/selebgram memiliki harga yang sangat bervariasi, ini bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi bisnis kosmetik kamu. Dengan begitu, kamu bisa memilih mana yang paling cocok untuk kamu ajak kerja sama sesuai dengan budget.

Ingat, jangan hanya terpaku pada jumlah followers yang ada pada beauty influencer/artis ini. Melainkan pahami juga bagaimana impact mereka pada bisnismu, apakah semua followersnya aktif memberikan like dan komentar, dan lainnya.

Dan tak semua influencer besar ini bisa memberikan dampak yang sama besarnya degan harga yang mereka tetapkan. Intinya, selalu lakukan riset terlebih dahulu sebelum benar-benar menyewa artis/influencer sebagai endorsement.

Kekurangan Endorsement untuk Bisnis Kosmetik

Kalau ada kelebihan, maka ada juga kekurangan endorsement untuk bisnis kosmetik yang akan kamu jalankan. Misalnya yang telah dirangkum dalam ulasan berikut ini.

Pemasangan Konten Endorsement yang Tidak Bertahan Lama

Kekurangan dari penggunaan endorsement untuk bisnis kosmetik adalah masa pemasangan konten yang terkadang tidak lama. Ini tentunya berbeda dengan iklan kosmetik konvensional, yang biasanya dikontrak dalam durasi waktu tertentu dan cenderung lebih lama.

Kalau di media sosial atau Instagram seorang influencer dan artis, kamu bisanya mendapatkan durasi yang lebih minim. Karena, umumnya artis enggak hanya mempromosikan satu atau dua jenis produk saja.

Karena itu, kebanyakan endorsement ini pun hanya dipasang pada posringan yang bersifat sementara atau pada fitur story.

Namun, jika kamu menginginkan durasi yang lebih lama, tentu kamu perlu menyiapkan biaya tambahan. Karena harga yang ditawarkan justru bisa lebih mahal.

Isi Konten Endorse Tak Bisa Dikontrol

Kekurangan lainnya dari sistem endorse adalah isi konten yang cenderung susah untuk dikontrol. Terkadang, pihak management artis ini mungkin hanya kaan memberikan waktu tayang iklan produk atau brand kosmetikmu. Sayangnya, karena ‘kesibukan’ mereka, jadwal ini bisa saja bergeser.

Selain itu, setelah iklan-iklan tersebut di posting di Instagram atau media sosial sang artis, kamu pun tidak dapat langsung mengetahui engagement rate dan impactnya. Karena semua ini berada pada akun medsos milik influencer tersebut.

Kamu hanya dapat menunggu progress report dari pihak artis untuk mengetahui, bagaiaman reaksi public terhadap produk atau brand yang diklankan oleh selebgram tersebut.

Panduan untuk Memilih Endorsement Sesuai Budget Promosi

endorsement untuk bisnis kosmetik (2)

Untuk mengetahui bagaimana endorsement ini akan memberikan impact yang kamu inginkan, kamu harus menyusun strategi yang baik untuk memilih endorsement ini.

Strategi ini sangat penting dilakukan agar budget yang kamu lakukan untuk branding atau promosi bisnis kosmetik ini enggak membengkak. Apalagi tanpa hasil yang memuaskan.

Hitung Budget Promosi yang Kamu Siapkan Sebelumnya

Ketika membangun bisnis kosmetik online, sebaiknya kamu tak terburu-buru membakar uang untuk endorse.

Karena biaya endorse ini tidaklah murah, apalagi jika kamu memilih influencer atau artis yang telah terkenal, tentu biaya yang dikeluarkan akan sangat besar.

Sebagai langkah awal untuk mengembangkan bisnis kosmetik kamu, cobalah untuk meningkatkan jumlah followers media sosial dengan bantuan fitur Ads. Meski tetap mengeluarkan dana ketika akan melakukan split test, jumlah ini dapat ditekan semaksimal mungkin.

Menentukan Artis/Influencer Endorse Sesuai Target Market

Ketika akan melakukan pemasaran dengan endorsement, penting untukmu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui apakah artis atau influencer ini cocok dengan target pasar dari bisnis kosmetik milikmu.

Misalnya ketika kamu akan memasarkan produk kosmetik dengan konsep teenager, maka kamu harus memilih artis endorse dengan latar belakang yang sama juga.

Pemilihan artis endorse yang tidak tepat akan membuat proses promosi jadi salah sasaran. Ini tentunya bikin feed back untuk media sosialmu pun akan jadi rendah, lho.

Gunakan Endorsement Ini Secara Rutin

Endorsement merupakan bagian dari media promosi atau branding produk kosmetik yang kamu buat, karenanya efeknya akan lebih terasa kalau kamu melakukannya secara rutin. Baik dua minggu atau satu bulan sekali.

Dengan demikian, brand kosmetik yang kamu punyai pun akan dapat lebih dikenal oleh masyarakat secara umum dan khususnya target pasar kamu.

Karena dengan melakukan endorsement, kamu tidak perlu repot-repot meuakinkan konsumen tentang keamanan dan keefektifan produk kosmetik yang kamu buat.

Sediakan Dana Tersendiri untuk Endorse

Karena dana endorse ini tak sedikit, kamu harus melakukan pemisahan dana yang dialokasikan khusus untuk langkah promosi ini. Misalnya dengan membedakan dana untuk markering, laba, dan juga produksi iklan.

Tetapi, tips ini bisa kamu lakukan ketika kamu memiliki profit bisnis yang telah stabil sebelumnya. Sehingga pembagian dana akan lebih mudah.

Pastikan Stok Produk yang Akan Diendorse Cukup

Nah, perlu diingat, bahwa produk yang akan kamu endorse ini tentu diharapkan bisa menarik banyak transaksi. Jadi, enggak lucu juga kalau stock yang kamu miliki justru terbatas.

Untuk itu, enggak ada salahnya untuk mempersiapkan produk kosmetik yang akan diendorse memiliki stok yang banyak.

Buat Jurnal Penjualan untuk Melihat Untung dan Rugi

Last but not least, hal yang harus kamu lakukan setelah melakukan endorsement ini adalah mecatat seluruh transaksi penjualan yang dihasilkan seusai promosi.

Dengan melakkan pencatatan ini, maka kamu bisa melihat bagaimana efek penggunaan endorsement ini ke dalam bisnis kosmetik kamu. Apakah terjadi peningkatan yang signifikan, atau justru tidak ada perubahan sama sekali.

Nah, bagaimana para Beautypreneur? Apakah kamu sudah memiliki gambaran mengenai sistem endorsement untuk bisnis kosmetik, juga tertarik untuk menggunakan strategi ini untuk branding?

Well, sebagai seorang pebisnis, kamu harus berani membuat keputusan dan mengambil tindakan yang bisa berpengaruh baik bagi usaha kamu. Begitupun kalau kamu ingin mengembangkan brand kosmetik yang telah kamu buat.

Semoga artikel ini dapat membantu dan dapat memberikan jawaban yang kamu inginkan. Well, good luck and stay healthy!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment