Biar Kian Sukses, Cari Tahu Cara Meningkatkan Repeat Order Berikut Ini

cara menaikkan repeat order (3)

Menjalani sebuah bisnis kosmetik memang kadang enggak menentu. Ada beberapa faktor yang kadang sulit untuk kita kendalikan, akhirnya malah mempengaruhi performa bisnis yang dijalankan secara signifikan.

Terlebih di masa pandemic seperti ini, banyak masyarakat yang kembali menyusun prioritas kebutuhan mereka. Tentunya, ini akan mempengaruhi pola konsumsi masyarakat terhadap produk-produk kosmetik itu sendiri.

Nah, salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat bisnismu berjalan adalah mempertahankan pelanggan setia dan menemukan cara meningkatkan repeat order dengan tepat.

Mendapatkan pelanggan baru merupakan hal yang penting, tapi menjaga agar konsumenmu tetap setia dan terus melakukan transaksi adalah hal yang juga harus kamu perhitungkan dengan baik.

Sayangnya, untuk mendapatkan pelanggan setia yang kerap melakukan repeat order (pemesanan ulang) tentu bukanlah hal yang mudah. Melainkan ada banyak hal yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan repeat order ini, seperti kualitas produk kosmetik, pelayanan, dan masih banyak lainnya.

Lantas apa saja cara meningkatkan repeat order untuk binis kosmetikmu? Well, langsung mulai pahami beberapa langkahnya berikut ini, yuk!

Apakah yang Dimaksud Repeat Order (RO)?

Sebelum membahas apa saja cara meningkatkan repeat order dengan mudah untuk bisnis kosmetik yang kamu jalankan. Enggak ada salahnya untuk mencari tahu definisi repeat order terlebih dahulu, sehingga kamu bisa menyesuaikan strategi dan cara meningkatkanya dengan lebih efektif.

Repeat order, sederhananya, dapat diartikan sebagai bentuk perilaku konsumen untuk melakukan transaksi/pembelian ulang suatu produk tertentu yang sama dan pada toko kosmetik yang sama pula.

Perilaku konsumen ini bisa dipengaruhi karena rasa suka, nyaman, dan pelayanan yang ditawarkan oleh produk maupun toko kosmetik tersebut.

Kegiatan repeat order ini pada umumnya sangat disukai oleh banyak penjual kosmetik. Karena sebagai seorang penjual, kamu pun nantinya akan lebih menghemat biaya dan tenaga untuk melakukan promosi.

Selain itu, tipe konsumen yang sudah loyal pun biasanya akan membantu ‘memasarkan’ produk kita secara tak langsung. Misalnya dengan merekomendasikan, mereview, atau membicarakan produk kosmetik tersebut kepada lingkungan terdekatnya.

Meski sebenarnya, promosi untuk meningkatkan konsumen kosmetik baru tetap dilakukan. Namun, tak ada salahnya untuk mempertahankan konsumen lama yang setia kepada brand kosmetik kamu.

Nah, bagaimana cara meningkatkan repeat order untuk bisnis kosmetik dengan tepat dan mudah? Yuk, baca artikel ini sampai habis, ya, Guys!

10+ Cara Meningkatkan Repeat Order dengan Mudah

cara meningkatkan repeat order (1)

Ada banyak faktor yang harus diperhatikan ketika akan meningkatkan repeat order produk kosmetik yang kamu jual. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk meningkatkan repeat order dengan lebih efektif.

Berikan Diskon untuk Pembelian Selanjutnya

Siapa sih, yang enggak suka dengan potongan harga alias diskon? Bagi para pecinta kosmetik, tentu hal ini enggak mungkin dilewatkan dan malahan bisa jadi dinanti-nanti.

Hal yang sama pun berlaku untuk pelanggan setia produk-produk kosmetikmu. Karenanya memberikan diskon khusus pelanggan lama, bisa menjadi cara meningkatkan repeat order yang patut dicoba.

Kamu bisa menambahkan fitur di toko kosmetik online yang kamu jalankan, yakni dengan menyematkan kode voucher diskon yang dapat digunakan pada pembelian selanjutnya.

Untuk memastikan bahwa repeat order produk kosmetik tersebut akan terjadi dan meminimalisir adanya kerugian, kamu bisa memberikan batas waktu pemakaian pada voucher diskon tersebut.

Dengan demikian, pelanggan akan merasa lebih terdorong untuk menggunakan voucher tersebut untuk membeli produk kosmetik dari toko online-mu sesegera mungkin.

Berikan Pelayanan Khusus dan Spesial Kepada Pelanggan

Salah satu cara untuk memikat konsumen untuk melakukan transaksi lainnya adalah dengan memberikan pelayanan khusus dan special kepada pelanggan. Dengan demikian, konsumemu bakal merasa diistimewakan dan dihargai, lho!

Bentuk-bentuk pelayanan ini adalah dengan memberikan kartu ucapan, mengemas produk denga aman dan cantik, pun menyisipkan hadiah kecil atau souvenir saat pengiriman produk/pesanan konsumen.

Kamu pun bisa memberikan perhatian khusus kepada pelanggan setiamu mengenai pesan follow up setelah transaksi terjadi.

Misalnya dengan menanyakan apakah produk kosmetik yang mereka pesan sudah aman, mengingatkan untuk menggunakan handsanitazer pada kemasan paket, dan lain sebagainya.

Mungkin cara meningkatkan repeat order ini terdengar mudah, namun dalam prakteknya kamu perlu tekun dan komitmen untuk menjalankannya.

Tingkatkan Pelayanan Pelanggan atau Customer Service

Cara meningkatkan repeat order produk kosmetik selanjutnya adalah dengan meningkatkan pelayanan pelanggan atau customer service. Dengan demikian, pelanggan akan merasa betah dan nyaman untuk mengonsultasikan masalah atau keraguan mereka terhadap proses transaksi.

Costumer service ini bisa dibilang adalah penghubung antara konsumen dengan bisnis yang kamu jalankan. Dengan tim yang tepat dan pelayanan yang baik, kepercayaan konsumen akan meningkat seiring berjalannya rasa nyaman yang mereka dapatkan.

Pastikan Akomodasi dan Pengiriman Produk Sesuai Jadwal

Selain meningkatkan pelayanan customer service, kamu pun bisa membuat konsumen melakukan repeat order dengan memastikan pengiriman produk sesuai jadwal dan aman.

Seperti yang kamu ketahui, kebanyakan bisnis kini dijalankan secara online. Selain karena hemat waktu dan tenaga, kondisi sosial yang juga berubah seiring pandemic covid-19, membuat orang lebih suka berbelanja secara online.

Hal yang sama pun terjadi saat akan membeli produk-produk perawatan kecantikan. Nah, tentu sebagai penjulan yang baik dan bertanggung jawab kamu perlu memberikan pelayanan pengiriman yang terjamin aman.

Selain menjaga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kamu, ini juga akan membuat kualitas produk tetap terjaga. Karena, beberapa kandungan dalam formula skincare bisa saja mengalami oksidasi atau berubah diakibatkan kesalahan pengemasan maupun pengiriman yang tak aman.

Tawarkan Harga Produk Kosmetik yang Kompetitif

Ketika akan membeli suatu produk kosmetik, tentu harga menjadi pertimbangan yang sangat diperhitungkan oleh konsumen. Mereka tentu akan selalu tertarik dengan toko yang menjual produk lebih murah, tak peduli selisihnya kecil.

Melihat hal ini, kamu pun perlu membuat produk dengan harga yang bersahabat dan kompetitif. Dengan menjual produk kosmetik dengan harga terjangkau dan manfaat yang sama dengan produk lain, maka bukan tidak mungkin orang akan penasaran dengan produk kamu.

Untuk itu, ada baiknya bagimu memastikan bahwa harga yang kamu pasang itu cukup kompetitif di pasaran. Kamu bisa melakukan riset sederhana dengan mencari tahu harga yang ditetapkan oleh competitor, dan cobalah untuk memasang harga di sekitar range tersebut.

Namun kalau kamu terpaksa harus menggunakan harga yang lebih mahal, maka ada baiknya untuk menjual selling point atau nilai unik dari produk kosmetik yang kamu jual.

Tentukan poin unik dan beda dari produk kosmetik kamu tersebut, lalu komunikasikan kepada pelanggan toko online kamu agar mereka tetap mau melakukan repeat order.

Gunakan Teknik Retargeting

Apakah kamu pernah dengar tentang teknik retargeting? Well, teknik ini memiliki tujuan untuk mendorong pelanggan melakukan transaksi ulang. Yakni dengan menyusun target pemasaran yang membuat pelanggan membeli produk yang sebelumnya telah mereka pesan.

Teknik retargeting ini bisa dilakukan dengan mengirimkan pesan ke email, DM lewat akun e-commerce, iklan sosial media, juga iklan pencarian. Isi pesannya untuk mengingatkan konsumen untuk kembali membeli produk yang sering mereka beli.

Untuk memastikan repeat order terjadi, kamu bisa menambah nilai urgensi dengan menawarkan voucher diskon, mengatakan produk lebih sedikit, dan lain sebagainya.

Menggunakan Testimoni Pelanggan Lama sebagai Promosi

Teknik promosi satu ini sebenarnya bukanlah strategi baru lagi di antara pebisnis kosmetik. Apalagi salah satu tolok ukur keefektifan sebuah produk kosmetik memang kerap dikaitkan dengan pengalaman penggunanya.

Nah, untuk menciptakan repeat order dan meningkatkan kepercayaan pelanggan lama maupun baru. Kamu bisa menggunakan testimonis dari pelanggan lama sebagai alat untuk promosi.

Tak hanya menarik perhatian konsumen. Pembeli setia kamu pun akan merasa dihargai, ketika ditanya pendapat dan komentarnya soal produk yang kamu jual.

Pakai Cara Personalized Marketing

Cara untuk meningkatkan repeat order selanjutnya yakni melalui personalized marketing. Teknik ini adalah meningkatkan repeat order dengan memberikan email penawaran atau promosi ke kontak pribadi konsumen.

Tentu penawaran ini tidak dilakukan secara sembarangan, kamu pun harus menyesuaikan penawaran dengan produk terakhir yang dibeli oleh konsumen.

Karenanya, isi email penawaran dari teknik personalized marketing ini yaitu dengan mengingatkan mereka tentang items tambahan yang mungkin diperlukan oleh konsumen kamu.

Misalnya kamu ingin menawarkan produk serum wajah dengan kandungan melembapkan dan memperkuat skin barrier. Setelah beberapa waktu sebelumnya, konsumen kamu membeli produk dengan kandungan yang bisa merawat kesehatan kulit dan memulihkan wajahnya yang meradang.

Berikan Produk Baru/Tester Kepada Pelanggan secara Gratis

Siapa yang enggak suka mendapatkan produk perawatan kecantikan secara cuma-Cuma? Well, kamu bisa menggunakan trik ini untuk menyenangkan hati konsumenmu dan membuat mereka enggak bisa berpaling dari produk yang kamu jual.

Tak hanya bisa meningkatkan repeat order, kamu pun dapat mempromosikan produk baru atau tester kepada pelanggan. Dengan ini, kamu bisa memperoleh feedback dan komentar dari pelanggan tersebut.

Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Produk

Cara lain untuk meningkatkan repeat oder adalah dengan menjaga kualitas produk dan selalu membuat inovasi produk kosmetik yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Karena setiap hari, konsumen kamu akan menghadapi masalah kecantikan yang berbeda-beda. Karenanya penting untuk menciptakan produk yang bisa menjawab permasalahan itu seberagam mungkin.

Nah, di sinilah peran Mash Moshem Indonesia dalam mendukung bisnis kosmetik dengan brand pribadi kamu.

Tim formulator kami terdiri dari ahli dan telah lama berpengalaman dalam bidang formulasi kosmetik. Tak hanya itu, kami pun selalu melakukan penelitian dan riset untuk menciptakan produk andalan dengan inovasi terbaru.

Dengan demikian, kami bisa menghadirkan produk kosmetik yang baik dan ideal bagi perempuan Indonesia dan Luar Negeri. Menarik, bukan?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment