Tips Penjualan Produk Agar Cepat Laku, Beautypreneur Wajib Tahu!

Ketika memulai bisnis dengan membuka toko kosmetik, kamu tentu harus membeli banyak produk dan menyimpannya sebagai stok. Namun, terkadang ada beberapa pelaku toko kosmetik yang kurang bisa menjual produk dengan cepat sehingga stok yang ada menumpuk.

Kamu tentu tahu, bahwa produk-produk kosmetik ini memiliki masa kedaluarsanya sendiri. Karena itu, kamu perlu memaksimalkan cara penjualan yang kamu lakukan agar produk dapat terjual dengan cepat dan kamu bisa mengganti stok dengan produk yang baru.

Namun, tentu hal ini enggak bisa dilakukan semudah yang dipikirkan. Selain memaksimalkan promosi lewat media sosial, ada beberapa hal lain yang perlu kamu pelajari tentang cara menjual produk kosmetik agar cepat laku.

Berikut ini ada beberapa tips pejualan produk agar cepat laku yang bisa kamu coba, tanpa harus memangkas memberikan potongan harga terlalu besar. Simak baik-baik ya, Beautypreneur!

Ketahui Spesifikasi dan Keunikan Produk Kosmetik Milikmu

Tips penjualan produk agar cepat laku yang pertama adalah dengan mengetahui spesifikasi dan keunikan produk kosmetik yang kamu miliki.

Mengetahui kekuatan dan nilai unik dari produk kosmetik yang kamu miliki adalah hal yang sangat wajib dilakukan. Karena ketika kamu mengenali produk-produk yang kamu jual dengan baik, maka akan semakin mudah juga kamu menawarkan jualanmu kepada pembeli yang datang.

Kamu bisa menjelaskan kepada konsumen apa saja manfaat produk kosmetik tersebut untuk kulit, bagaimana cara penggunaannya, nilai keamanan dan legalitasnya, dan berbagai spesifikasi lainnya.

Ketika mendengar penjelasanmu yang luwes dan rinci, bukan tidak mungkin para pembeli akan tertarik dan melakukan transaksi pembelian di toko kosmetik kamu.

Ambil Hati Konsumen dengan Kalimat yang Meyakinkan

Selain dapat menjelaskan keunggulan dan spesifikasi produk dengan baik, tips penjualan produk agar cepat laku selanjutnya adalah berkomunikasi dengan gaya Bahasa yang meyakinkan.

Tenang, kamu enggak perlu memakai Bahasa yang terlalu formal atau memakai kata-kata asing agar konsumenmu tertarik.

Yang dimaksudkan sebagai gaya Bahasa yang meyakinkan adalah menjelaskan semua informasi produk dengan yakin, serta mampu menjawab pertanyaan yang diberikan konsumen seputar produk tersebut.

Agar lebih meyakinkan, kamu bisa menghindari penggunaan kata ‘mungkin’, ‘menurut saya’, dan berbagai kata-kata lain yang menggambarkan kamu tidak percaya diri ketika memberikan jawaban pada konsumen.

Dapat Memberikan Pelayanan yang Reponsif dan Efisien

Well, apapun jenis toko kosmetik yang kamu miliki, baik online maupun offline, pelayanan kepada pelanggan adalah hal yang harus tetap kamu jaga.

Tips penjualan produk agar cepat laku selanjutnya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Nah, seperti apa pelayanan terbaik ini?

Seorang pelanggan tentu tidak mau dibuat menunggu terlalu lama, juga akan sangat menyenangkan kalau kamu dapat dengan cepat memberikan produk kosmetik yang mereka inginkan.

Jadi nilai efisien dan responsive lah yang harus kamu utamakan. Biasakan untuk menyambut pelanggan yang datang dengan bilang ‘hai’ atau ‘selamat datang’, kemudian tanya keperluan mereka atau kamu bisa menawarkan bantuan untuk mencari suatu produk tertentu.

Tentu, kamu juga perlu memberikan waktu pada mereka untuk bisa memikirkan produk mana yang ingin dibeli. Untuk membantu, kamu bisa menawarkan atau merekomendasikan produk kosmetik yang mereka cari.

Dengan pelayanan yang ramah dan responsive, pelanggan akan merasa nyaman berbelanja di toko kosmetikmu. Akhirnya, ketika membutuhkan produk baru lagi nantinya, mereka tidak akan segan-segan datang kembali.

Mendengarkan Keluhan Konsumen dan Berikan Solusi yang Tepat

Kamu pasti sering menemui seorang konsumen yang datang dengan banyak pertanyaan sebelumnya. Misalnya, bertanya soal rekomendasi produk yang tepat untuk merawat jerawat, mencerahkan wajah, atau bahkan produk makeup yang bisa tahan lama.

Nah, berangkat dari pertanyaan-pertanyaan ini, kamu bisa memberikan solusi kepada konsumen sekaligus menawarkan berbagai produk yang kamu miliki dengan lebih efisien.

Eits! Dengan catatan, karakteristik produk yang kamu punya haruslah sama dengan yang diharapkan oleh pembeli kamu. Jangan yang terlalu melenceng jauh atau bahkan tidak ada kaitannya sama sekali dengan apa yang dikeluhkan oleh konsumen.

Dapat Menjamin Keaslian Produk Kosmetik yang Dijual

Tips penjualan produk agar cepat laku selanjutnya adalah dengan memberikan jaminan keamanan dan keaslian produk pada konsumen.

Seperti yang kamu tahu, bahwa produk kosmetik illegal, berbahaya, dan palsu sampai sekarang masih banyak beredar di pasaran. Dan tak semua orang bisa mengetahui dengan mudah, terkait mana yang asli atau yang palsu.

Tak hanya memiliki efektivitas yang berbeda jauh, produk kosmetik palsu seringnya mengandung bahan-bahan berbahaya dan dapat memicu masalah kecantikan serta kesehatan tubuh.

Untuk itu, sebagai seorang penjual kamu harus bisa memberikan jaminan bahwa produk kosmetik yang kamu miliki tersebut asli dan aman digunakan. Misalnya, dengan memastikan semua produk telah memiliki nomor registrasi Badan POM, sertifikat Halal, dan masih banyak lainnya.

Dengan bersikap teliti dan memberikan bentuk jaminan sederhana ini, kamu bisa membuat konsumen menaruh kepercayaan pada toko kosmetikmu. Dan bukan tidak mungkin, kalau mereka bisa menjadi pelanggan tetap di tokomu.

Jalin Hubungan Baik Dengan Konsumen

Ketika kalu sudah melakukan lima tips penjualan produk agar cepat laku di atas, maka langkah selanjutnya adalah menjalin hubungan baik dengan konsumen toko kosmetikmu.

Kamu tentu sering melihat bagaimana pedagang sayur bisa menjadi begitu akrab dengan pembeli mereka. Saling bertukar kabar, cerita, hingga melontarkan candaan-candaan tertentu.

Ini merupakan strategi penjualan produk yang juga bisa kamu tiru. Karena dengan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, kamu akan lebih mudah mengenal apa yang mereka butuhkan dan produk apa yang selalu diinginkan.

Tak hanya itu, biasanya karena merasa telah memiliki hubungan yang baik, para pembeli pun akan cenderung melakukan pembelian ulang di masa mendatang. Karena mereka sudah percaya dan mengenal kamu sebagai pemilik toko yang baik.

Buat Kegiatan Promosi yang Menarik untuk Konsumen

Tips penjualan agar produk cepat laku selanjutnya adalah dengan membuat kegiatan promosi yang menarik untuk konsumen. Hadiah yang kamu berikan tidak perlu terlalu besar, kamu dapat memberikan potongan harga, promo undian dengan batas waktu, hingga memberi satu produk gratis.

Hal ini merupakan salah satu langkah yang cukup efektif untuk membuat produk lebih cepat terjual. Karena, semua orang pasti suka dengan diskon dan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan harga lebih murah.

Agar tidak membuat dana promosi terlalu membengkak, kamu bisa melakukan kegiatan promosi ini selama setahun sekali hingga dua kali. Atau, kamu bisa menjalin kerja sama dengan brand-brand kosmetik yang menjadi supplier dari toko kamu.

Buat Konsumen Mau Ikut Mempromosikan Toko Kosmetikmu

Yang terakhir, tips penjualan agar produk kosmetik yang kamu miliki cepat laku adalah dengan membuat konsumen mempromosikan toko kosmetik milikmu.

Seperti yang kamu tahu, konsumen merupakan salah satu komponen yang paling berperan dalam kemajuan toko kosmetik kamu. Sebab, jika tidak ada pelanggan yang datang membeli produk, maka artinya tidak akan ada pemasukan.

Selain itu, konsumen juga tidak hanya bisa menjadi pembeli atau pengguna produk saja. Mereka juga bisa menjadi media promosi yang cukup menjanjikan dan efektif.

Karena konsumen-konsumen ini juga pastinya memiliki lingkar sosial yang dapat menjadi konsumen potensial dari toko kosmetikmu.

Nah, untuk membuat pelanggan mau ikut mempromosikan toko kosmetik milikmu, kamu bisa memberikan mereka sedikit souvenir dan pelayanan ekstra. Dengan begitu, konsumen akan senang dan dengan sendirinya membagikan pengalaman belanja mereka kepada rekan dan kerabat dekat.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading