Siap Mendunia, Ini Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri

cara memasarkan produk ke luar negeri

Halo Beuatypreneutr! Sebagai seorang pengusaha,  kamu pasti memiliki banyak impian yang menarik untuk bisnismu yang ingin segera diraih,  bukan? Well,  misalnya dengan membuat brand kosmetikmu dipasarkan dan memiliki konsumen Luar Negeri.

Wah! Siapa yang enggak pengenusahanya go International sih?

Selain bisa meningkatkan brand value dari Industri kosmetik kamu,  dengan berhasil memasarkan produk ke Luar Negeri akan membantu memberikan jangkauan pasar yang lebih luas dan prospek keuntungan yang kian besar .

Meski begitu,  enggak sedikit anggapan bahwa menjula produk keluar negeri ini jauh lebih sulit. Penyebabnya juga sangat beragam,  mulai dari kebiasaan konsumen yang berbeda,  kendala bahasa,  hingga permasalahan pengiriman barang dan aturan pemasaran yang juga tak sama.

Pertanyaannya,  apakah benar begitu? Kendala-kendala di atas memang ada,  tapi bukan berarti mustahil juga buatmu untuk mempelajari cara memasarkan produk ke luar negeri .

Karena pada dasarnya menjula produk keluar negeri pun memiliki kesamaan dengan menjual produk dalam negeri. Hanya saja,  target pasar yang kamu jangkau ini berbeda,  begitu pula dengan kondisi social mereka.

Oleh sebab itu,  kamu perlu melakukan beberapa penyesuaian dengan berdasarkan pada konsep pemasaran yang akan kamu lakukan nantinya .

Lantas bagaimana cara memasarkan produk keluar negeri yang dimaksudkan di atas? Langsung cek step by step-nya berikut ini,  yuk!

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri yang Bisa Dicoba

Cara memasarkan produk keluar negeri memang enggak mudah,  namun bukan berarti eggak bisa dicoba sama sekali.

Kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mencoba memasarkan produk di pasar internasional. Yuk,  simak baik-baik Beautypreneur!

Menciptakan Ilusi Kedekatan pada Konsumen

Langkah yang pertama dalam cara memasarkan produk keluar negeri adalah dengan menciptakan ilusi kedekatakan pada audience. Dalam hal ini,  kamu terbantu dengan teknologi pemasaran yang sudah kian maju .

Sehingga sangat mudah untuk menargetkan audience global lewat iklan berbayar di media sosial,  atau iklan di mesin pencarian Google. Kamu hanya perlu menyesuaikan kriteria audience internasional yang ingin kamu capai.

Meski menjangkaunya mudah, tentu untuk membuat konsumen internasional ini tertarik dengan iklan yang kamu pasang adalah hal yang berbeda.

Kamu perlu memperhatikan dan menghindari beberapa hal,  seperti penerjemahan teks copy yang berantakan,  tidak menggunakan biaya iklan untuk audience potential,  atau justru bisa saja iklan ini  menimbulkan reputasi buruk untuk brand kosmetikmu.

Untuk itu, kamu harus memahami denganbaik, apa saja kebiasaan dan kondisi pasar global yang ingin kamu capai tersebut.

Ketahui lebih rinci soal strategi agar brand kosmetik menembus pasar internasional di sini.

Mempekerjakan Karyawan Fluent Speaker

Saat akan mempromosikan produk kosmetik kamu kel uar negeri, maka mempekerjakan karyawan fluent speaker merupaka hal yang tidak bisa dihindari.

Sesuaikan keahlian bahasa ini dengan target pasar kosmetik yang ingin kamu raih. Kalau kamu ingin memasarkannya di negara-negara Asia terlebih dahulu, kamu bisa mulai menggandeng orang yang bisa bahasa Inggris dan tahu bahasa negara spesifik yang kamu tuju.

Karena jika kamu tidak memiliki tim yang ahli bahasa asingtersebut, kamu perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa layanan terjemahan pihak ketiga.

Memahami Traffic Bisnismu Dari Sekarang

Sebelum menargetkan pasar internasional secara spesifik, dan mengatur strategi pemasaran yang tepat, kamu harus memahami dengan baik traffic bisnis kosmetikmu mulai dari sekarang.

Telitilah apakah konten bahasaInggris yang kamu buat diakses dari region Amerika, Singapura, atau negara lainnya? Apakah kamu memiliki interaksi-interaksi sosial yang konsisten dari negara pengakses tersebut? Ataukah kamu melihat adanya pertumbuhan langganan news letter yang cepat?

Setelah kamu melakukan validasi untuk memastikan bahwa perilaku dari audience ini telah memenuhi syarat,  artinya bukan dilakukan oleh bit atau automated repost. Maka data ini bisa dijadikan indicator untuk mengarahkan konten kepada audience yang tepat.

Bekerja Sama dengan Content Creator Lokal

Langkah selanjutnya dalam cara memasarkan produk ke luar negeri adalah dengan bekerja sama dengan content creator lokal.

Kamu pasti mudah menemukan produk atau brand kosmetik luar negeri menggandeng artis-artis papan atas Tanah Air,  bukan? Nah, dalam langkah ini konsepnya hamper serupa.

Karena pada dasarnya tiap negara memiliki budaya literasi online yang juga beragam. Untuk membuat konten pemasaran yang efisien, kamu perlu memperhatikan riset audience dan pemasaran pada lokasi pasar yang kamu tuju.

Dibanding hanya mengandalkan informasi yang kamu dapatkan secara online, akan lebih valid jika kamu bekerja sama dengan content creator local untuk membuat konten promosi yang sesuai dengan budaya target audience kamu.

Tak hanya itu, kegiatan ini akan memungkinkan peningkatan tim internal kamu dalam menerjemahkan dan mengembangkan strategi pembuatan konten tersebut lebih jauh lagi.

Membuat Konten Promosi yang Relevan

Tak hanya asal menerjemahkan konten ke bahasa pasar tujuan, kamu pun perlu membuat konten promosi yang tepat dan relevan agar bisa menjaring konsumen potensial untuk brand kosmetikmu.

Sederhananya, kamu harus benar-benar bisa menciptakan sebuah konten dengan gaya dan relevansi target audience dari Negara tersebut.

Membuat Buyer Persona untuk Pasar Internasional yang Dituju

Selanjutnya, ketika melakukan riset mendalam soal target audience yang ingin diraih, kamu juga harus membuat buyer persona yang berbeda dari sebelumnya.

Kenapa begitu? Karena kamu akan menghadapi konsumen yang benar-benar berbeda. Baik dari segi kebiasaan, permasalahan yang dialami, hingga bagaimana daya beli masyarakat yang akan dituju nantinya.

Buyer persona yang baru ini bisa dijadikan sebagai landasan untuk membuat konten promosi yang sesuai dengan target konsumen. Sehingga, promosi akan lebih relevan dan dapat berjalan kian efisien.

Melakukan Riset Keyword

Selain memiliki bahasa dan gaya hidup yang berbeda, tentu audience dari berbagai Negara ini memiliki cara berpikir dan kebutuhan yang juga tak sama akan produk kosmetik.

Karenanya, kamu bisa memastikan untuk selalu melakukan riset keyword local dari mesin pencari yang digunakan oleh target pasar kamu.

Melakukan Inbound Marketing

Cara memasarkan produk ke luar negeri selanjutnya adalah melakukan inbound marketing. Strategi ini bertujuan untuk menarik konsumen melalui konten, juga interaksi yang lebih relevan dan solutif.

Dengan inbound marketing, konsumen akan menemukan konten kamu melalui berbagai saluran yang audience gunakan sehari-hari. Seperti menggunakan Search Egine dan berbagai media social yang kamu miliki.

Media Promosi untuk Memasarkan Produk Ke Luar Negeri

Setelah mengetahui berbagai cara memasarkan produk ke luar negeri di atas. Kamu pasti menyadari bahwa peran media promosi sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian khusus.

Kamu harus bisa menyesuiakan konten promosi dengan media yang paling sering digunakan oleh target audience internasional yang ingin kamu jangkau.

Berikut ini ada beberapa jenis media pemasaran produk ke luar negeri yang bisa kamu coba. Yuk, kenali jenis-jenisnya lewat penjelasan di bawah!

Marketplace Internasional

Media promosi yang pertama adalah marketplace Internasional. Selain meningkatkan brand awareness produk kosmetik milikmu, juga bisa membuat kecepatan penjualan produk yang kamu tawarkan.

Kamu bisa mulai bergabung bersama marketplace internasional yang besar, seperti Ali Express, Amazon, Ebay, OLX, juga di Alibaba.

Langkah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Google Ads atau iklan Google. Kamu bisa mulai dari membuat halaman penawaran yang menarik di website milikmu, setelahnya bergabung dengan layanan periklanan Google.

Menggunakan Google Ads ini kamu bisa memilih kata kunci, merencanakan pembuatan konten, juga meneliti traffic konten kamu. Bahkan, kamu bisa memilih wilayah Negara dan bahasa sesuai Negara yang ingin kamu tuju.

Facebook Ads

Jenis media promosi ke luar negeri selanjutnya adalah Facebook Ads, yang juga bisa membantu meningkatkan kunjungan di Website dan membuat penjualan jadi lebih besar.

Facebook Ads sendiri memiliki berbagai fitur dan mendukung konten-konten kreatif, sehingga kamu bisa membuat konten promosi semenarik mungkin untuk menarik minat konsumen/

Kamu bahkan bisa menyesuaikan demografi target pasar yang ingin dicapai. Mulai dari kelamin, area domisili, perangkat yang digunakan, hobi, dan banyak lainnya.

Baca Juga: Mengenal Facebook Ads – Cara Beriklan di Facebook yang Mudah dan Menguntungkan

Email Marketing

Selain Facebook atau Google, kamu juga bisa menggunakan E-mail marketing sebagai cara memasarkan produk ke luar negeri.

Karena sifat email marketing ini personal, maka kamu bisa memberikan perhatian yang lebih besar dari pelanggan atau audience yang ditargetkan.

Saat konsumen merasa nyaman dengan email yang kamu kirimkan, maka proses penawaran produk pun akan jadi lebih mudah. Kamu bisa melampirkan katalog produk brand kosmetikmu, serta memberikan diskon agar mereka lebih tertarik.

Penasaran bagaimana cara bikin email marketing yang benar? Baca di sini!

Website Multibahasa

Website merupakan salah satu cara lama yang enggak ada matinya, bahkan dari waktu ke waktu selalu ada pembaharuan dan fitur modern di dalamnya. Sehingga, kamu bisa menciptakan dan memaksimalkan kegiatan promosi yang kamu lakukan.

Termasuk ketika kamu mempelajari cara memasarkan produk ke luar negeri. Kamu bisa mullai dengan membuat website multi bahasa.

Tak hanya menjajakan dan memajang produk ke Negara dengan bahas yang berbeda. Website mulit bahasa ini pun akan membantu meningkatkan brand image dari bisnis maupun merk kosmetik yang kamu miliki.

About Author

Related posts

Leave a Comment