Ekstak Kayu Pinus dalam Skincare, Apa Saja Manfaatnya?

manfaat ekstrak kayu pinus dalam skincare

Apakah kamu pernah mendengar adanya produk perawatan kecantikan yang menggunakan minyak kayu pinus dalam formulanya? Sebenarnya apa sih, manfaat ekstrak kayu pinus dalam skincare untuk kecantikan kulit?

Minyak alami dari pohon pinus, atau pine oil, diekstraksi dari biji, daun, kulit pohon, maupun akar pohon pinus. Tak hanya dikenal menjadi minyak alami yang baik untuk membersihkan prabot rumah, pine oil pun memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit kamu, lho!

Pada dasarnya, minyak pinus telah dimanfaatkan lebih dari ratusan tahun lalu. Yakni pada masyrakat tradisional Yunani dan juga Skandinavia, yang kerap menggunakan bahan alami ini untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Minyak pinus memiliki karakteristik yang unik, aromanya segar, agak balsamic, namun tidak terlalu menyengat. Selain itu, teksturnya juga cukup bening dengan warnya kuning kecokelatan.

Berbagai manfaat dalam minyak pinus ini didapat dari kandungannya yang beragam. Mulai dari  monoterpene, sesquiterpene, diterpene, terpineol, monoterpen carene (a-pinene, β-pinene dan limonene), serta dipentene (a-terpinene, borneol, borny acetate dan camphene), yang bekerja sama baiknya untuk merawat kulit.

Ekstrak kulit kayu pinus telah digunakan sebagai suplemen kesehatan dan sekarang sedang diteliti dan dikembangkan sebagai bahan aktif untuk kosmetik.

Akantetapi, apa saja sebenarnya manfaat minyak pohon pinus untuk kecantikan kulit wajah kamu? Sampai-sampai enggak sedikit produk perawatan kecantikan yang menggunakannya sebagai bahan dasar? Well, simak ulasan berikut ini sampai habis untuk tahu!

Ragam Manfaat Ekstrak Kayu Pinus dalam Skincare

manfaat buah peach untuk kecantikan

Telah disebutkan sebelumya, bahwa minyak kayu pinus telah banyak diteliti sebagai bahan dasar produk kecantikan. Bahkan, enggak sedikit produk yang telah menggunakan bahan alami ini dalam formulanya, lho!

Dilansir dari Formula Botanica, berikut adalah ragam manfaat ekstrak kayu pinus dalam skincare untuk kecantikan kulit. Simak baik-baik, yuk!

Membantu Menyeimbangkan pH Kulit

Salah satu manfaat dari ekstrak kayu pinus dalam skincare adalah kemampuannya dalam menjaga keseimbangan pH kulit. Inilah yang kemudian membuat ekstrak kayu pinus kerap digunakan dalam formula toner wajah.

Minyak pinus biasanya digunakan dalam jumlah kecil untuk menjaga kualitas pemurniannya, sebagai toner dan untuk menyeimbangkan kembali kulit yang lebih berminyak melalui pengurangan sebum berlebih.

Bekerja Sebagai Anti-Ageing

Dalam sebuah studi 2012 disimpulkan bahwa kulit pinus secara signifikan meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit.

Sementara manfaat ekstrak telah dipelajari selama bertahun-tahun, ini adalah pertama kalinya pada tingkat molekuler ditunjukkan secara ilmiah, bahwa kulit pohon pinus bermanfaat bagi elastisitas kulit.

Cara kerjanya adalah ekstrak membantu mengikat asam amino yang merupakan kunci dalam produksi kolagen dan elastin.

Ini membantu melindungi kulit kita dari penguraian kedua protein ini. Ini juga memiliki antioksidan kuat, yang membantu melawan efek radikal bebas pada kulit. Kedua hal ini membantu menjaga kulit tampak muda dan terasa lebih kencang dan kenyal.

Sementara kulit kayu pinus membantu menjaga dan mempertahankan apa yang sudah dimiliki kulit kita, itu juga meningkatkan fungsi kulit kita untuk membantu regenerasi kolagen.

Efek restoratif dari bahan tersebut benar-benar membantu meningkatkan penghalang kulit alami secara keseluruhan yang kita miliki, membantunya tetap sehat dan terlihat segar.

Melawan Hiperpigmentasi pada Kulit

Selanjutnya, manfaat ekstrak kayu pinus dalam skincare adalah memabntu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radiasi sinar Ultraviolet. Khususnya untuk melawan dan mengurangi hiperpigmentasi pada kulit wajah kamu.

Beberapa penelitian bahkan telah menyebutkan, bahwa tak hanya mengurangi efek buruk radikal bebas. Ekstrak pohon pinus bisa kembali memaksimalkan fungsi kulit tubuh kamu, lho.

Dalam dekade terakhir ada semakin banyak minat untuk mempelajari juga manfaat kulit yang terlihat dari ekstrak kulit kayu pinus. Studi klinis telah menunjukkan bahwa kulit kayu pinus dapat membantu dalam pengurangan kulit berpigmen untuk mempromosikan kulit yang lebih merata.

 Dalam satu penelitian pada tahun 2002, eksperimen yang sangat langsung dilakukan di mana 30 wanita benar-benar menggunakan bagan warna untuk mengevaluasi efek kulit dari penggunaan ekstrak kulit pohon pinus selama 30 hari. Tak perlu dikatakan, efeknya positif, dengan hiperpigmentasi pada kulit tampak berkurang.

Selain itu, kulit kayu pinus memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga kondisi kulit lain yang mungkin menyebabkan perubahan warna, kemerahan atau kulit tidak merata, berkurang.

Mempertahankan Kelembapan Kulit Wajah

Kami telah menghilangkan semua kata kunci kulit yang dapat Anda pikirkan mulai dari anti penuaan dan antioksidan hingga kolagen dan elastin, kami dapat mengabaikan manfaat utama yang dimiliki kulit kayu pinus dalam meningkatkan kelembapan pada kulit kita: asam hialuronat.

Sebuah studi pada tahun 2012 menunjukkan bahwa menggunakan ekstrak kulit pohon pinus selama 12 minggu membantu meningkatkan produksi asam hialuronat sebesar 44%.

Studi menunjukkan bahwa menggunakan ekstrak kulit pohon pinus untuk membantu mempertahankan kelembapan paling efektif pada wanita dengan kulit kering. Namun, kelembapan adalah bahan utama dalam semua jenis kulit karena kulit yang dilembabkan mampu menyerap bahan aktif lainnya dengan lebih baik.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Selain manfaat minyak pinus di atas, ternyata minyak esensial ini juga mampu mencegah radikal bebas dalam merusak sel-sel yang ada di dalam tubuh.  Karenanya, tak heran minyak pinus pun diklaim dapat memabntu memperlambat proses penuaan pada kulit dan rambut kamu.

Kandungan antioksidan dalam minyak kayu pinus pun diketahui dapat membantu meningkatkan perlindungan kulit dari berbagai masalah kecantikan. Seperti melawan hoperpigmentasi, kerontokan atau perubahan warna pada rambut, bahkan mencegah kerusakan sel-sel kulit.

Meski begitu, untuk memaksimalkan manfaat kayu pinus untuk kecantikan ini, kamu pun perlu menata kebiasaan hidup sehat yang kamu jalani. Seperti makan makanan yang sehat dan bergizi tinggi, pun meninggalkan kebiasan hidup yang tidak sehat.

Mencegah Kemunculan Masalah Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat ekstrak kayu pinus untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mencegah kemunculan masalah kesehatan dan kecantikan kulit.

Bahkan, minyak ini telah lama digunakan dalam pengobatan beberapa penyakit kulit. Mulai dari psoriasis, bisul, jerawat breakout, jamur kulit, eksim, hingga gatal-gatal pada kulit.

Selain itu, manfaat minyak pinus untuk kecantikan juga bisa bekerja sama baiknya jika digunakan untuk merawat kesehatan kulit kepala. Terlebih bagi kamu yang memiliki masalah dengan kulit kepala yang kering dan rentan mengalami ketombe.

Penggunaannya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan minyak pinus secukupnya pada tangan dan menggosokkannya secara perlahan pada kulit kepala.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Seperti yang kamu tahu, paparan sinar ultraviolet dari matahari bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah. Termasuk memunculkan tanda-tanda penuaan lebih cepat, menyebabkan kulit kering, kendur, bahkan terbakar.

Untungnya, kamu bisa melawan dampak buruk dari sinar matahari ini dengan menggunakan pine bark extract dalam skincare, lho. Sifatnya sebagai antioksidan dan antiinflmasi akan melindungi sel kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV.

Klaim ini didukung oleh sebuah penelitian di Jerman, yang menyebutkan bahwa kandungan kayu pinus dapat membantu meningkatkan kadar hidrasi pada kulit. Sehingga dapat membantu merawat kekenyalan dan kekencangan pada kulit kamu.

Tak hanya itu, ketika diformulasikan sebagai suplemen makan, kayu pinus bisa bekerja meningkatkan produksi enzim dalam tubuh. Yang berperan dalam pembentukan hyaluronic acid yang dapat menarik dan mengikat kadar air ke dalam kulit.

Selain itu, bintik hitam karena paparan sinar matahari, masalah kulit kering dan sensitif pun bisa diselesaikan dengan penggunaan ekstrak kayu pinus, lho.

Sebagai Agen Anti-Inflamasi Alami

Manfaat ekstrak kayu pinus dalam skincare untuk kecantikan lainnya adalah dapat bekerja sebagai agen antiinflamasi alami. Kandungan ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, yakni dengan meminimalisir pembentukan zat peradangan seperti histamin, sitokin, dan yang lainnya.

Karenanya, penggunaan ekstrak kayu pinus dalam skincare diklaim dapat membantu mengurangi gejala peradangan pada kulit. Baik yang ditimbulkan oleh jerawat, infeksi, atau paparan sinar matahari yang berlebihan.

Nah, itu adalah manfaat ekstrak kayu pinus dalam skincare untuk kecantikan kulit wajah kamu. Mengetahui nilai kesehatannya yang tinggi ini, tentu kamu tidak rugi kalau ingin mencobanya bukan?

Terlebih lagi, karena kaya akan kandungan antiradang, pine bark extract tergolong aman digunakan untuk semua jenis kulit dan enggak akan bikin kulitmu jadi iritasi.

Jadi apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa tulis pendapat atau pengalamanmu soal pine bark extract atau bahan skincare alami lainnya di kolom komentar!

About Author

Related posts

Leave a Comment