9+ Manfaat Ekstrak Sage untuk Kecantikan Kulit dan Rambut, Banyak Banget!

manfaat ekstrak sage untuk kecantikan

Mengembangkan produk dari brand kosmetik yang kamu miliki bisa dimulai dari berbagai aspek. Misalnya menggunakan manfaat ekstrak sage untuk kulit sebagai bahan dasar produk.

Sebenarnya penggunaan ekstrak sage dalam perawatan kecantikan telah terjadi selama ratusan tahu. Tanaman sage pun merupakan salah satu herbal yang digunakan sejak zaman Romawi kuno. Kebayang dong, betapa spesialnya kandungan skincare satu ini?

Sage sendiri merupakan bagian dari keluarga tanaman mint, bersamaan dengan beberapa herbal lainnya. Seperti Oregano, Rosemary, Lavender, daun Basil, dan Thyme.

Well, kamu mungkin asing dengan bahan-bahan ini, tapi percayalah mereka sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Karena kemampuannya yang baik untuk merawat kulit inilah, ekstrak sage akhirnya diolah menjadi bahan dasar produk perawatan kulit. Bahkan menurut Cosmily, sebuah komunitas kosmetik dunia, menyebutkan bahwa ekstrak sage digunakan pada … skincare sepanjang 2021 lalu.

Lantas seberapa banyak manfaat sage untuk kecantikan kulit dan rambut? Sampai-sampai bahan alami ini menjadi begitu popular dan istimewa di kalangan beauty enthusiast.

Langsung simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya, Beautypreneurs!

9+ Manfaat Ekstrak Sage untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Sage mengandung banyak senyawa kimia, vitamin, dan minyak esensial yang baik untuk kesehatan kulit.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat ekstrak sage untuk kecantikan kulit dan rambut. Happy reading, Ladies!

Manfaat Ekstrak Sage untuk Kecantikan Kulit

Berikut ini beberapa manfaat ekstrak sage untuk kecantikan kulit yang harus kamu tahu, simak baik-baik!

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat ekstrak sage untuk kecantikan kulit adalah mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti bitnik hitam, garis halus, keriput, dan kulit yang mengendur.

Salah satu penyebab penuaan dini adalah adanya paparan radikal bebas. Sehingga, sel-sel kulit tak mampu beregenerasi secara maksimal hingga mengalami kerusakan.

Nah, untungnya, antioksidan dalam ekstrak sage bekerja dengan memberikan perlindungan pada ekstra pada kulit. Selain itu, ia juga mampu meregenerasi dan memulihkan kembali kondisi sel kulit yang bermasalah.

Ekstrak sage pun dikenal kaya akan kandungan kalsium dan vitamin A. Keduanya dapat bekerja secara maksimal untuk membantu melindungi kulit, menjaga kelembapan alaminya, serta mengembalikan keremajaan wajah.

Mengatasi Masalah Kulit

Selain mempercantik dan meremajakan kulit, ekstrak sage pun bekerja sama baiknya dalam mengatasi berbagai masalah kecantikan. Sebab, bahan alami ini mengandung antibakteri dan antiinflamasi, keduanya bisa membantu mencegah infeksi bakteri dan menenangkan peradangan.

Menyegarkan Kulit

Manfaat sage untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu menyegarkan kulit. Kandungan mineral dan vitaminnya, bahkan bisa menjaga kadar air dan kelembapan alami kulitmu, lho.

Menenangkan Peradangan

Manfaat ekstrak sage untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu menenangkan peradangan kulit. Baik akibat jerawat membandel, kulit sensitive, hingga ketika terkena sunburning.

Membantu Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Berurusan dengan jerawat membandel memang kadang membuat kita sangat lelah. Bagaimana tidak? Selain menimbulkan rasa tak nyaman, jerawat ini nantinya akan meninggalkan bebas yang juga sama susahya untuk kita singkirkan.

Nah, untungnya sage memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang tinggi. Karena itu, bahan alami ini mampu mencegah perkembangan jerawat penyebab jerawat dan mengatasi jerawat yang meradang.

Sementara itu, kandungan vitamin A dalam sage bisa membantu meregenerasi sel kulit baru yang lebih sehat dan memudarkan bekas jerawat membandel.

Manfaat Ekstrak Sage untuk Kecantikan Rambut

Selain untuk kulit, manfaat ekstrak sage untuk kecantikan dan kesehatan rambut pun tak kalah beragamnya.

Tak percaya? Langsung simak daftar dan penjelasan manfaat ekstrak sage untuk kecantikan rambut berikut ini!

Mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa penggunaan daun sage sebagai ramuan tradisional sudah dilakukan selama ratusan tahun. Ramuan sage ini rupanya berguna untuk mengatasi rambut rontok dan masalah kebotakan.

Hal ini karena sage memiliki kandungan beta sitosterol dan 5-alpha reductase yang mampu bekerja mengobati masalah kebotakan pada laki-laki dengan efektif.

Manfaat ekstrak sage untuk kecantikan rambut ini bisa kamu dapatkan dengan mencampur minyak esensialnya dengan carrier oil, kemudian mengaplikasikannya ke kulit kepala 30 menit sebelum keramas.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk-produk haircare dengan kandungan sage dalam formulanya.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Tak hanya mengatasi kebotakan dan mencegahnya datang kembali, sage juga bsia membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Manfaat ekstrak sage untuk rambut ini akan lebih optimal ketika kamu memadukannya dengan minyak rosemary. Keduanya akan bekerja sama untuk membuat rambut baru jadi lebih tebal, kuat, dan tampak berkilau sehat.

Ekstrak sage bisa mendorong pertumbuhan rambut sebab kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah di kepala. Akhirnya, penyebaran nutrisi dari dalam tubuh pun akan lebih optimal dan folikel rambut bisa menerima gizi yang mereka butuhkan.

Mengembalikan Kilau Cantik Alami Rambut

Salah satu tanda rambut sehat bisa dilihat dari warnanya yang tampak segar dan berkilau. Ini karena rambut bisa menyerap kebutuhan nutrisi dengan maksimal, mendapatkan hidrasi yang cukup, sehingga tidak mudah kering dan kusam.

Meggunakan sage dalam perawatan rambutmu terbukti ampuh meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut. Akhirnya, bahan alami ini pun akan membuat kilau alami rambut kembali.

Selain itu, sage juga dikenal karena aromanya yang khas dan harum. Ini tentu bisa menambah kesegaran dan wangi tersendiri pada helaian rambutmu.

Membuat Rambut Jadi Halus dan Mudah Diatur

Last but not least, manfaat sage lainnya adalah membantu rambut jadi halus dan mudah diatur. Dengan begitu, kamu bisa tampil maksimal dan rapi setiap harinya.

Sage memiliki kandungan nutrisi dan mineral penting yang bisa membantu helaian rambut mendapatkan gizi yang cukup. Selain itu, kalsium dalam sage pun akan membantu menjaga rambut mendapatkan kelembapannya kembali.

Berbagai Kandungan Sage yang Baik untuk Kulit dan Rambut

manfaat kandungan ekstrak sage untuk kecantikan

Setelah melihat kesembilan manfaat sage untuk kecantikan kulit dan rambut di atas, tak mengherankan kalau kandungan ini banyak digunakan dalam kosmetik.

Berbagai manfaat ekstrak sage untuk kecantikan ini tak terlepas dari berbagai kandungan yang dimilikinya.

Sage memiliki berbagai jenis nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti dalam uraian berikut ini!

Folat

Kandungan pertama yang ada dalam ekstrak saeg adalah asam folat. Senyawa ini bisa membantu mendoktifikasi racun dalam tubuh. Sehingga dikonsumsi secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terjadinya jerawat, juga mengatasinya.

Selain itu, folat juga membantu mengurangi kumunculan tanda penuaan dini pada kulit. Termasuk kerutan, garis halus, bitnik penuaan, atau hilangnya kolagen.

Vitamin K

Kandungan selanjutnya yang ada dalam ekstrak sage adalah vitamin K. Tahukah kamu, kalau vitamin K ini memiliki peranan penting dalam proses pembekuan darah dan pemulihan luka di kulit?

Yap! Selain itu, vitamin K bahkan bisa membantu memperbaiki berbagai masalah kecantikan, lho. Mulai dari menyamarkan bitnik-bintik hitam, menghilangkan kantung mata, memudarkan bekas luka, serta membuat stretch mark lebih halus.

Kalium

Selanjutnya ada kalium, yang memiliki manfaat untuk merawat keremajaan kulit. Mineral ini bekerja dengan menyamarkan kerutan dan bitnik penuaan.

Tak hanya itu, kalium pun bisa menjaga kulitmu dari dampak buruk paparan sinar matahari berlebihan, serta secara alami melembapkan sel-sel kulit dari dalam.

Karenanya mineral ini bisa mendorong regenerasi sel kulit baru, bahkan bisa membantu menyembuhkan noda dan bekas luka dengan efisien.

Vitamin A

Kandungan lain yang terdapat dalam ekstrak sage adalah vitamin A. Jenis vitamin ini terbilang sangat popular di industry kosmetika, khususnya pada skincare pencerah wajah dan antipenuaan.

Vitamin A bisa mendorong produksi kolagen, eksfoliasi, hingga meregenerasi sel kulit. Hasilnya, wajah pun akan tampak lebih cerah, sehat, dan awet muda.

Selain itu, kandungan ini pun dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menghalau dampak buruk stressor lingkungan.

Nah, selain beberapa kandungan yang disebutkan di atas, ekstrak sage masih mengandung banyak senyawa antioksidan, antiinflamasi, dan mineral lain. Seperti fosfor, magnesium, beta karoten, dan masih banyak lainnya.

Mengetahui manfaat ekstrak sage untuk kecantikan yang sangat beragam ini, tentu membuat bahan alami begitu potensial jika dijadikan bahan dasar produk perawatan kecantikan. Tak hanya pada skincare ataupun bodycare, tapi juga produk-produk perawatan rambut.

Well, apapun produk kosmetik yang kamu buat dengan ekstrak sage ini, kamu bisa mempercayakannya pada Mash Moshem Indonesia, lho.

Kami menyediakan jasa maklon kosmetik terlengkap, sehingga mampu membantumu merumuskan konsep produk, pembuatan sample formula, pengurusan legalitas, pembuatan desain, hingga produksi massal.

Sebagai tambahan, kami juga memberikan layanan aftersales untuk menyediakan media promosi bagi brand kosmetikmu. Seperti pembuatan foto produk, company profile, FAQ, katalog dan brosur, hingga menyajikan pelatihan lewat Webinar Digital Marketing eksklusif.

Nah, kapan lagi kamu bisa maklon kosmetik lengkap dengan MOQ rendah, kalau bukan di Mash Moshem Indonesia.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment