Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

fitur paket bundling tokopedia (2)

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi.

Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2021 lalu. Pada kuartal IV tahun tersebut misalnya, Tokopedia mendapatkan kunjungan 400 juta kali per bulannya secara rutin.

Bisa kamu bayangkan seberapa besar peluang dan kompetisi di pasar online Tokopedia, bukan?

Tenang, e-commerce hijau ini terbilang sangat peduli dengan seller di lapaknya. Selain menyediakan halaman yang menarik, Tokopedia pun memiliki berbagai fitur khusus seller agar mampu meningkatkan peforma toko online mereka. Fitur Paket Bundling di Tokopedia adalah salah satunya.

Fitur ini diklaim ampun meningkatkan jumlah penjualan produk hingga 20% dari rata-rata, lho! Menarik banget, kan?

Lantas bagaimana cara menggunakan fitur paket bundling produk di Tokopedia ini? Serta apa manfaatnya untuk para seller?

Baca terus biar kamu tahu jawabannya!

Apa Itu Paket Bundling Tokopedia?

Paket Bundling adalah fitur Tokopedia yang mampu membantu seller untuk menjual beberapa produk dalam satu transaksi sekaligus, yakni dengan menggabungkannya ke dalam satu bundle atau paket yang sama.

Tak hanya menggabungkan produk yang sama dalam satu bundling, kamu pun bisa mengombinasikan berbagai kategori lainnya. Misal, menyatukan produk dengan minat beli tinggi dengan produk lainnya yang tak begitu dilirik konsumen.

Hal ini tak hanya meningkatkan pembelian, namun bisa mencegah adanya penumpukan stok mati di gudang. Juga meminimalisir kerugian pada perusahaan atau bisnis online yang kamu jalankan.

Fitur diskon Paket Bundling di Tokopedia ini bisa kamu setting semenarik mungkin, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bisnis online-mu, Beautypreneurs.

Karenanya, fitur diskon Tokopedia ini sangat cocok untuk para seller yang ingin mendorong penjualan produk, khususnya produk baru dan kurang laku. Sehingga potensi produk dapat terlihat oleh pembeli pun akan semakin besar.

Tak hanya itu, pemeblei juga bisa mengombinasikan satu produk dengan produk lainnya yang mereka inginkan. Dari sini, pembeli bisa memperoleh penawaran dengan harga spesial yang terbilang murah.

Namun, penjual di satu sisi tetap untung karena bisa mengatur sendiri minimum pembelian atau akumulasi transaksi, sebelum diskon Paket Bundling ini bisa konsumen pakai.

Keuntungan Menggunakan Fitur Paket Bundling di Tokopedia

Nah, setelah mengetahui sepert apa Fitur Paket Bundling di Tokopedia dan cara kerjanya. Kamu pun harus mengetahui berbagai keuntungan menggunakan fitur ini pada toko online milikmu.

Meningkatkan Penjualan Produk

Melansir dari laman edukasi seller Tokopedia, penggunaan Fitur Paket Bundling pada toko online milik seller bisa membantu meningkatkan produk dengan cukup signifikan.

Terhitung peningkatan ini mencapai angka 20% dari ukuran rata-rata, ketika penjual tidak menggunakan promo ini pada tokonya.

Mengatasi Stok Produk yang Menumpuk

Manfaat menggunakan fitur Paket Bundling selanjutnya adalah mengatasi risiko stop produk yang menumpuk, akibat kurang diminati oleh konsumen.

Dalam hal ini kamu bisa memadukan produk popular di tokomu dengan produk yang memiliki peminatan rendah. Atau, kamu bisa menambahkan potongan harga khusus ke dalam kombinasi ini.

Sehingga konsumen akan merasa lebih diuntungkan dan tak segan membeli bundling produk yang kamu tawarkan.

Membangun Awareness Produk Baru

Selain stok produk yang tak begitu laku, kamu pun bisa membuat produk baru di tokomu kian popular lewat fitur Paket Bundling Tokopedia.

Ketika mengombinasikannya dengan produk yang memiliki visiblitas tinggi, banyak dibeli dan ratingnya bagus. Maka kepercayaan konsumen terhadap produk baru yang kamu miliki pun akan meningkat, meskipun tak lama setelah tanggal perilisan produk tersebut.

Membuat Penawaran Toko Lebih Beragam

Sebagai seorang pemula, kamu tentu tak banyak memiliki produk yang bisa dijual di dalam tokomu. Apalagi kalau memulainya dengan modal yang pas-pasan, tentu kamu tak bisa menjual banyak produk dalam satu waktu sekaligus.

Selain tidak memungkinkan, menjual produk terlalu banyak pun bisa membuat konsentrasimu terpecah. Kemudian proses pemasaran dan penjualan tak maksimal.

Nah, untuk menjawab problematika ini, kamu bisa menggunakan fitur Paket Bundling di Tokopedia. Di sini, kamu dapat memadukan berbagai jenis produk ke dalam penawaran dan diskon berbeda. Sehingga penawaran terlihat beragam, namun produknya tak bertambah banyak.

Baca Juga: Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula Serta Tips Agar Cepat Balik Modal!

Jenis Paket Bundling di Tokopedia

fitur paket bundling tokopedia

Sebelum membahas cara membuat Paket Bundling di Tokopedia, tahukah kamu jika promo ini memiliki dua jenis yang berbeda?

Dua jenis Paket Bundling ini memiliki karakteristik dan penerapan yang berbeda. Simak perbedannya pada ulasan berikut ini!

Paket Diskon

Jenis yang pertama adalah paket diskon, di mana kamu bisa menjual satu jenis produk dalam jumlah yang banyak sekaligus. Tentu, dalam penerapannya kamu bisa menentukan minimum pembelian produk pada promo tersebut.

Kamu juga bisa memberikan diskon sesuai dengan kebutuhan dan budget promosimu. Misalnya satu paket diskon yang berisi tiga serum wajah bertipe sama dengan potongan nominal tertentu.

Paket Bundling

Jenis yang kedua adalah paket bundling, bedanya dengan paket diskon, kamu bisa mencampurkan dua atau tiga jenis produk yang berbeda dalam satu penjualan.

Seller bahkan bisa menambahkan diskon produk hingga 99%, misalnya dengan memasukkan toner wajah, pelembap, dan pembersih wajah dalam satu kategori. Kemudian menambahkan diskon khusus ke dalam kategori tersebut.

Tak perlu semua produk di dalam kategori ini, kamu bisa memberikan diskon pada salah satu maupun beberapa produk yang ada dalam bundle tersebut.

Cara Membuat Paket Bundling di Tokopedia dengan Mudah

Setelah mengetahui manfaat dan jenisnya, sekarang waktunya kamu mempelajari cara membuat paket bundling di Tokopedia dengan mudah.

Bagaimana langkah-langkahnya? Cek cara membuat Paket Bundling di Tokopedia berikut ini!

  1. Masuk ke halaman Tokopedia Seller.
  2. Klik Iklan dan Promosi, kemudian pilh menu Bundling.
  3. Kamu akan diarahkan ke halaman pembuatan Bundling secara otomatis. Setelah itu, klik Buat Bundling.
  4. Secara langsung layar akan dialihkan pada halaman pembuatan Paket Bundling, selanjutnya klik Atur Periode Paket untuk mengatur lama promosi berjalan.
  5. Tentukan tanggal awal periode dijalankan, serta tanggal berakhirnya paket.
  6. Klik Terapkan dan Simpan Pengaturan untuk menyimpan periode tersebut.
  7. Lalu klik Pilih Produk dan Atur Diskon, kamu bisa pilih maksimal 3 produk dalam satu Paket Bundling.
  8. Di bagian Atur Diskon, kamu bisa memasukkan harga produk yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Kalau sudah, klik Simpan Pengaturan.
  9. Lengkapi info Paket Bundling yang kamu buat, seperti nama paket dan klik Aktifkan Kuota dan isi kuota paket yang tersedia.
  10. Klik Simpan dan Buat Paket, dan konfirmasi kembali.
  11. Cara membua Paket Bundling telah selesai!

Nah, itu adalah cara membuat Paket Bundling di Tokopedia dan manfaatnya untuk bisnismu. Apakah kamu tertarik untuk menerapkan fitur diskon ini pada produk yang kamu miliki?

About Author

Related posts

Leave a Comment