Cara Menghitung Engagement Rate Instagram dan Trik Meningkatkannya!

cara menghitung engagement instagram

Penggunaan Instagram sebagai media promosi online kini sangat marak dilakuakn oleh pebisnis. Namun, tak banyak pengusaha yang paham cara menghitung engagement rate Instagram. Padahal komponen ini sangat penting dalam pemasaran di Instagram.

Maraknya penggunaan media sosial yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari menjadikannya sebagai media marketing yang menggiurkan.

Apalagi dengan pengguna yang terus bertambah seiring waktu dan fitur yang semakin mendukung kegiatan promosi. Berdasarkan data statistik umum, per tahun 2022 ini pengguna Instagram sudah mencapai lebih dari dua miliar.

Di Indonesia sendiri, pengguna Instagram telah meningkat hingga 4,37% pada akhir 2021. Maka tak heran jika banyak digital marketer menjadikan media sosial satu ini sebagai media marketing. Namun, untuk hasil yang memuaskan tentu perlu strategi yang tepat.

Oleh karena itu, penggiat digital marketing perlu memahami engagement rate (ER) Instagram.

Engagement rate digunakan untuk mengukur setiap konten yang diunggah di Instagram. Jika hasil penghitungan ER berada di angka 3,5% hingga 6% atau lebih, maka artinya nilai ER konten yang kamu unggah tinggi.

Jika kurang dari itu, kamu perlu melakukan evaluasi mengenai apa yang harus kamu perbaiki dari kontenmu.

Lalu, bagaimana cara menghitung engagement rate dari konten yang kamu unggah di Instagram? Ikuti penjelasan beberapa cara yang bisa kamu lakukan di bawah ini!

Apa itu Engagement Rate Instagram?

Sebenarnya engagement rate itu apa sih? Sebelum lebih jauh membahas mengenai bagaimana cara menghitung engagement rate, tentunya akan lebih baik kalau kamu pahami dulu apa itu engagement rate.

Engagement rate adalah metrik standar yang dimanfaatkan dalam digital marketing untuk mengukur hasil dari suatu konten. Cara ini banyak digunakan pagi digital marketer yang memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran.

Poin penting ketika mengukur menggunakan ER adalah interaksi, intimasi, tingkat keterlibatan hingga pengaruh audiens terhadap suatu brand di media sosial.

Dengan memanfaatkan metrik engagement rate juga bisa membantumu untuk lebih mudah mengetahui bagaimana performa akun Instagram yang kamu jadikan media promosi.

Hal ini karena, jumlah pengikut dari akun tersebut tidak menentukan tingginya engagement rate atau ER.

Kamu harus lebih memperhatikan berapa banyak dan seberapa sering pengguna Instagram terhubung denganmu.

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram

Terdapat beberapa cara untuk menghitung ER konten yang diunggah di media sosial Instagram yaitu dengan cara menghitungnya secara manual menggunakan rumus dan memanfaatkan tools.

Pada cara manual sendiri, penghitungan ER dibagi menjadi lima fokus. Berikut adalah cara-cara menghitung ER baik secara manual maupun dengan memanfaatkan tools:

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram Secara Manual

Ada lima cara sederhana yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghitung engagement rate Instagram secara manual. Simak step by step-nya berikut ini, Beautypreneurs!

Penghitungan Engagement Rate Berdasarkan Reach

Suatu postingan di Instagram tidak selalu hanya dilihat oleh pengikut saja, melainkan juga bisa dilihat oleh mereka yang bukan pengikutmu. Tentunya dengan syarat akun Instagrammu sudah di setting  untuk publik. Inilah yang dimaksud dengan , yaitu audiens dan user unik yang melihat konten yang kamu unggah.

Untuk itu, penghitungan ER berdasarkan reach menghitung bukan hanya jumlah view dari followers melainkan juga view dari non-followers juga. Sedangkan rumus untuk menghitung dengan cara ini adalah ER = jumlah engagements per post / reach per post X 100

Hasil penghitungan ER berdasarkan reach ini tidak tetap atau selalu berubah karena dipengaruhi angka reach pada postingan. Dengan memanfaatkan rumus ini, nantinya kamu bisa menghitung dan mengetahui berapa jumlah non-followers yang melihat konten unggahanmu.

Penghitungan Engagement Rate Berdasarkan Post

Untuk menerapkan cara ini kamu harus terlebih dahulu cek angka reach post di insight Instagram. Hal itu dikarenakan, cara ini bisa dilakukan hanya jika akun Instagrammu memiliki angka reach post yang tidak stabil atau sering mengalami naik dan turun. Setelah kamu cek angka reach post di insight Instagram dan mendapatkan angka yang fluktiatif, maka ikuti rumus berikut:

ER = jumlah engagements on post / jumlah followers X 100

Cara menghitung engagement rate Instagram berdasarkan post ini menghasilkan angka yang lebih stabil. Sedangkan penerapannya tidak bisa digunakan untuk postingan yang viral atau memiliki angka reach yang tinggi. Karena pada postingan yang viral, penghitungan yang dilakukan tidak akan memberi pengaruh pada angka ER.

Penghitungan Engagement Rate Berdasarkan Impressions

ER juga bisa dihitung berdasarkan impresi. Impresi sendiri adalah jumlah konten yang kamu unggah muncul di layar pengguna Instagram. Kamu bisa mencari data impresi melalui insight Instagram. Sedangkan rumus yang digunakan untuk menghitung ER berdasarkan impresi adalah sebagai berikut:

ER = jumlah engagement on post / jumlah impression X 100

Hasil penghitungan ER berdasarkan impresi ini dapat berubah-ubah karena dipengatuhi nilai impresi pada data insight Instagram yang akan terus berubah.

Penghitungan Engagement Rate Berdasarkan Views

Penghitungan ER Instagram berdasarkan view ini berguna khusus untuk konten video promosi. Sebelum mengetahui rumusnya, perlu kamu pahami bahwa view dan unique view adalah dua istilah yang berbeda.

Sebagai contoh, jika terdapat konten video promosi yang memiliki jumlah views mencapai 1000, maka belum tentu hal itu dikarenakan video tersebut ditonton oleh 1000 pengguna.

Bisa jadi konten video tersebut hanya ditonton oleh 600 pengguna, sedangkan jumlah sisanya termasuk kategori unique view dari pengguna yang menonton lebih dari sekali.

Berikut adalah rumus untuk menghitung Engagement Rate berdasarkan jumlah views:

ER = jumlah engagements on video post / jumlah video views X 100.

Menghitung Daily Engagement Rate

Terakhir adalah cara penghitungan jumlah ER harian. Dapat dikatakan bahwa cara ini kurang akurat karena melalui hasil menghitung dengan cara ini kamu tidak bisa membedakan mana followers yang melihat postingan berulang kali dan mana yang merupakan user baru. Tapi, kamu masih bisa memanfaatkan rumus ini untuk mengetahui data secara kasar.

ER = jumlah engagements in a day / jumlah followers X 100

Menghitung Engagement Rate Instagram Melalui Tools

Jika mendapatkan kesulitan untuk menghitung ER secara manual, kamu juga bisa memanfaatkan Tools untuk membantu kerjamu agar lebih cepat.

Cara menghitung dengan memanfaatkan Instagram Engagement Tools juga sangat sederhana, kamu hanya perlu memasukkan nama akun Instagram saja dan Tools di bawah ini akan menunjukkan hasilnya.

Berikut ini beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan untuk menghitung ER.

Berikut ini adalah beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan untuk meringankan pekerjaanmu dalam menghitung ER:

Manfaat Menghitung Engagement Rate

Fungsi utama penghitungan Engagement Rate memang sebagai tolok ukur untuk menilai berhasil atau tidaknya suatu konten. Namun, selain tujuan ini kamu juga bisa memanfaatkan hasil penghitungan ER untuk hal lain yang tentunya bermanfaat untuk tim digital marketing di perusahaanmu. Simak beberapa ulasan manfaat pengitungan ER berikut:

Menilai Pengalaman Audiens

Jika hasil penghitungan ER konten atau postingan di Instagrammu tinggi, artinya konten yang kamu unggah telah menarik perhatian pengguna. Postingan yang menarik akan mudah untuk memicu interaksi.

Sebaliknya, jika nilai ER kecil maka kamu dan timmu perlu melakukan evaluasi untuk perbaikan. Misalnya, memperbaiki konten secara keseluruhan atau mengubah detail kecil seperti menambahkan Call to Action.

Ini akan membantu pengguna memahami yang maksud dan tujuan untuk menanggapi postinganmu. Seperti mengajak untuk membagikan, menyimpan, meninggalkan komentar atau menandai teman dekat.

Untuk Memantau Campaign Yang Sedang Aktif

Dengan menghitung Engagement Rate juga dapat kamu jadikan sebagai cara untuk menilai efektivitas sebuah campaign. Kamu bisa melihat jumlah pengguna yang melakukan interaksi dan pengguna yang berakhir dengan melakukan pembelian.

Melalui hasil tersebut juga kamu bisa menilai, campaign seperti apa yang bisa membuat pengguna tertarik hingga melakukan pembelian.

Memantau Pergerakan Kompetitor

Bukan hanya untuk memantau performa Instagram pribadi, kamu juga bisa memanfaatkan ER untuk memantau kompetitor. Dengan memanfaatkan tools khusus kamu bisa data postingan, jumlah like, followers, komentar hingga ER milik kompetitor.

Dengan memantau akun kompetitor kamu bisa melakukan strategi ATM (amati, tiru, modifikasi) pada strategi milik kompetitor yang memiliki engagement tinggi. Tentu saja kamu harus membuatnya lebih menarik dan sesuai dengan audiensmu.

Baca Juga: Jangan Gengsi, Ini Pentingnya Riset Kompetitor untuk Brand Kosmetik Milikmu

Cara Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Berikut ini adalah trik-trik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan Engagement Rate Instagram pada akunmu:

Membuat Konten Yang Menarik

Konten menarik sendiri tidak harus rumit dan mengangkat topik yang berat. Pilihlah topik seperti info yang ringan, sesuai konteks akun namun dapat membuat audiens berhenti scroll untuk melihat, membaca hingga meninggalkan jejak.

Baik dengan menyukai, meninggalkan komentar, hingga membagikan konten.

Penasaran bagaimana konten promosi di Instagram yang menarik? Simak contohnya di sini!

Buat Caption Menarik

Selain topik, caption juga penting loh! Caption-lah yang berfungsi untuk menggiring audiens agar bertindak sesuai tujuanmu. Oleh karena itu, buat caption yang menarik agar audiens lebih mudah memahaminya.

Sudah tahu cara buat caption Instagram yang menarik dan memikat? Simak langkah pembutannya di sini!

Memaksimalkan Penggunaan Fitur

Instagram menyediakan berbagai fitur yang kebanyakan sangat sesuai untuk diterapkan untuk pemasaran.

Maksimalkan fitur-fitur tersebut karena biasanya setiap pengguna memiliki fitur kesukaan masing-masing. Dengan ini kamu bisa membangun interaksi dengan audiens dan meningkatkan ER.

Gunakan Hastag Atau Tagar yang Relevan

Pemakaian tagar akan membuat konten yang kamu unggah agar sampai pada audiens yang tepat. Selain itu, penggunaan tagar juga membantumu menjangkau non-followers. Gunakan hashtag yang sesuai variatif dan yang sesuai dengan konteks, baik tagar populer maupun yang tidak.

Posting di Waktu yang Tepat

Caritahu kapan pengguna paling aktif menggunakan Instagram dengan memanfaatkan fitur insight yang ada di Instagram bisnis.

Setelah mengetahui kapan pengguna paling aktif menggunakan Instagram, tentukan waktu terbaik untuk mengunggah konten berdasarkan data followers aktif tersebut.

Baca Juga: Tips dan Cara Mengatur Schedule Instagram Saat Prime Time

Bangun Interaksi Dengan Audiens

Terakhir yang tak kalah penting adalah, membangun interaksi dengan audiens. Ketika audiens meninggalkan komentar maka jangan lupa untuk memberikan balasan. Balasan ini akan membuat audiens merasa diperhatikan dan dihargai.

Itulah beberapa cara menghitung engagement rate Instagram serta cara-cara untuk meningkatkannya.

Dengan memahami dan memanfaatkannya semaksimal mungkin, menghitung ER bisa sangat membantu dalam menentukan strategi pemasaran yang lebih baik.

Nah, apakah kamu sudah mendapatkan ide apa saja yang akan kamu terapkan untuk mendukung pemasaran bisnismu?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment