11+ Tips Sukses Jualan di E-Commerce untuk Pemula, Simak Baik-Baik Yuk!

tips sukses jualan di e-commerce (2)

Membuka bisnis di e-commerce memang cukup menjanjikan, namun persaingannya juga ketat. Karenanya, kamu perlu mengetahui berbagai tips sukses jualan di E-commerce sebelum memutuskan mulai mengelola toko online-mu.

Saat ini, dunia bisnis di e-commerce sudah sangat pesat. Hadirnya bermacam-macam model e-commerce seperti media, jaringan teknologi lainnya dan marketplace membuat pasar bisnis online semakin kompetitif dan berkembang pesat.

Saat ini siapa sih yang ngga mengenal marketplace seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, OLX, Blibi, dan sejenisnya?

Yup! Pasti ngga sedikit dari kamu udah banyak yang menggunakannya bukan. Bukan tidak mungkin kamu yang akan merintis bisnis online di e-commerce bisa menggunakan salah satu dari marketplace tersebut, karena disediakan secara gratis lho!

Meskipun persaingan dagangnya akan sangat pesat dan ketat, namun bisnis dan jualan di salah satu model e-commerce gak ada ruginya kok!

Jadi jangan ragu untuk mencoba ya! Banyak banget sekarang peluang untuk kamu yang ingin berjualan di e-commerce, tidak sedikit dari model-model e-commerce akan memberikan edukasi bagi kamu yang akan baru memulai jualan di e-commerce.

11+ Tips Sukses Jualan di E-Commerce untuk Pemula

Agar kamu dapat dengan mudah berbisnis dan berjualan di e-commerce, biasanya tidak akan ada pungutan biaya. Dalam hal ini kamu yang akan berjualan cukup melakukan langkah pendaftaran dan input data yang diperlukan oleh pihak di e-commerce.

Perlu banget nih kamu ketahui, berbisnis dan berjualan di e-commerce sangat memerlukan perencanaan strategi yang jitu biar nantinya banyak pembeli yang tertarik dengan produk dagangan yang kamu tawarkan!

Di bawah ini aku akan membagikan kepada kamu 10 strategi jitu yang dapat dijadikan refrensi bagi kamu yang sudah atau ingin memulai jualan di e-commerce, yuk simak!

Memanfaatkan Platfrom Media Sosial

Tips sukses jualan di e-commerce pertama adalah menggunakan media sosial sebagai sarana promosi.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi kalau penggunaan media sosial sangat penting bagi kamu yang akan berjualan online. Perlu kamu ketahui, bahwa media sosial adalah satu-satunya platfrom yang sifatnya global dan tidak terbatas aspek geografis.

Bagi kamu yang berjualan di e-commerce media sosial sangat menguntungkan kamu untuk melakukan promosi dan edukasi terhadap produk yang kamu jual loh.

Media sosial juga menjadi alat paling mudah untuk kamu guna menjangkau ratusan juta pelanggan serta mencari partner untuk membangun keberlangsungan bisnis kamu, juga bisa memudahkan kamu untuk membangun basis pelanggan setia disaat bersamaan.

Salah satu letak kunci keberhasilan di media sosial ialah menjadikannya media yang dapat mendorong pelanggan ke toko online, dengan melakukan rangkaian strategi konten yang asik dan menarik perhatian.

Berikan Pelayanan Konsumen yang Memuaskan

Ketika kamu merambah dunia bisnis dan akan menjadi penjual, memberikan pelayanan yang ramah, baik dan nyaman adalah salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan hati pelanggan.

Sehingga akhirnya bisa memungkinkan menjadi pelanggan tetap dimana mereka selalu nyaman untuk berkunjung ditoko kamu. Hal ini juga berlaku ketika kamu akan jualan di e-commerce.

Kamu harus bisa memberikan pelayanan dengan respon yang cepat dan juga tanggap, agar para pelanggan senang dan nyaman dengan pelayanan kamu. Hal ini sangatlah efektif untuk strategi penjualan di e-commerce.

Pelayanan yang cepat dan tanggap ini bisa berupa tanggapan kamu ketika ada pelanggan yang bertanya.

Nantinya fitur tanya jawab ini akan disediakan disetiap model e-commerce dengan menggunakan sistem chating, agar penjual dan pelanggan dapat berkomunikasi dengan aktif dan baik.

Berikan Konten Edukatif Dengan Platfrom Live Streaming!

Karena calon pelanggan kamu di e-commers adalah masyarakat dunia maya, otomatis kamu harus bisa memberikan konten edukatif secara instan.

Yaps, melalui fitur live Streaming di marketplace pilihanmu loh! Dengan hadirnya fitur ini, secara otomatis akan memudahkan kamu menjangkau para pelanggan agar mereka dapat teredukasi dengan produk-produk yang kamu perdagangkan.

Semua e-commerce model marketplace, pasti memiliki fitur live streaming. Fitur ini dihadirkan tentunya dengan alasan, yaitu agar menarik perharian para calon pelanggan dalam hitungan waktu beberapa menit.

Selain itu, fitur ini nantinya bisa kamu olah untuk menghibur dan menarik perhatian penonton mengenai setiap brand yang kamu tawarkan, beserta produk-produknya.

Dari sini kedepannya para calon pelanggan akan teredukasi dan mendapatkan pengalaman tersendiri dalam dirinya, seperti ketika mereka sedang berada di toko secara fisik.

Tanggap Mengidentifikasi Peluang dan Perkembangan Bisnis

Kalau kamu merambah jualan di e-commers, kamu harus dapat melakukan semacam identifikasi terhadap setiap peluang yang ada.

Selain itu melakukan adaptasi guna memanfaatkan tren yang sedang digandrungi oleh para calon pelanggan. Hal ini nantinya akan dapat meningkatkan laba penjualan kamu, dan juga rating toko di e-commerce mu.

Memantau tren ritel saat ini dapat membantu terhindar dari kondisi krisis, karena disini kamu selalu melakukan adaptasi yang menyesuaikan konteks kekinian.

Gunakan Cara Jualan yang Unik dan Khas

Seorang pengusaha di e-commerce bernama Ashley Wright merupakan pengelola sebuah toko dan juga group di platfrom facebook yang cukup berkembang.

Dalam hal ini, Ashley menberikan pesan bahwa kamu harus dapat melakukan penjelajahan terhadap setiap sudur kemungkinan yang ada.

Hal itu agar setiap produk kamu terjual. Pada tahap ini kamu haru bisa menampilkan sesuatu yang berbeda, dan bisa menemukan khalayak yang cukup unik untuk setiap produk yang kamu jual.

Nilai unik dan khas ini bisa kamu dapatkan dengan rajin mengasah produk knowledge, public speaking, hingga mengasah kreatif milikmu.

Temukan Kecocokan Produk Untuk Pasar Secara Tepat

Di bagian ini kamu harus bisa mendapatkan ceruk yang tepat dan sesuai. Hal ini memiliki artian agar kamu sangat wajib menemukan sebuah produk yang nantinya dapat beradaptasi dengan kecocokan yang ada di pasar e-commerce.

Selain itu, untuk mempraktikan hal ini. Kamu harus dapat melakukan penekanan penjualan barang dengan menggunakan harga yang lebih tinggi dari harga pasar yang ada. Hal ini terjadi karena meghasilkan volume penjualan terhadap pelanggan sangatlah sulit.

Contohnya adalah, kamu tidak perlu repot-repot menjual semua produk jika kamu dapat menjualkan beberapa barang di e-commerce sebanyak mungkin selama satu bulan.

Tetap Up To Date!

Untuk tips sukses jualan di e-commerce ini kamu harus rajin, serajin mungkin memeriksa iklan produkmu sepanjang hari. Yap! Kamu harus benar-benar up to date, jadi iklan yang kamu pasang di platfrom harus dioptimalkan.

Tinjauan iklan secara rutin akan membuat kualitas jualanmu menjadi naik, dan tentunya menjadi lebih optimal lagi, karena setiap produk-produk yang kamu tawarkan aka tumbuh dengan cepat penginformasiannya.

Kamu harus terus aktif dan up to date, selalu memberikan tanggapan kepada pelanggan yang merespon. Setiap hari informasi dan tren para pelanggan berubah, jadi kamu harus mengikutinya ya!

Jangan sampai pihak penjual tidak up to date, karen hal ini akan menyebabkan eksistensi jualanmu di platfrom e-commerce jadi menurun.

Buatlah Iklan yang Dapat Mendorong Orang Untuk Membeli Produkmu!

Ini adalah tips sukses jualan di e-commerce paling penting untuk kamu terapkan. Yaitu melakukan pengujian iklan yang isinya seakan mendorong orang lain agar melakukan pembelian.

Dari sini kamu nantinya akan menciptakan sebuah urgensi melalui medium kemitraan atau iklan. Ketika menggunaka influencer (jika ada) guna dapat mendorong kualitas proukmu menjadi yang terbaik dan paling berkualitas serta sangat dibutuhkan.

Perlu kamu ketahui dan digaris bawahi, hubungan antara pelanggan dengan kamu si penjual dalam tips ini nantinya tidak akan pernah berakhir. Maka dari itu kamu harus dapat menjadi sosok yang paling bersemangat dan meyakinkan.

Gunakan Fasilitas Iklan Video di Facebook

Sosok penggiat di e-commerece, Lawrence Aponte, mengatakan bahwa penggunaan fasilitas iklan video di facebook bisa sangat membantu. Tips sukses jualan di e-commerce ini dapat memberikan perhatian tersendiri untuk para calon pelanggannya dengan sangat cepat.

Kuncinya dalam tips ini adalah kamu harus bisa membuat video yang kreatif dan seunik mungkin. Sehingga iklan video tersebut nantinya bisa menarik perhatian dan minat konsumen.

Facebook menjadi contoh media sosial yang cukup berhasil memberikan pelayanan untuk membantu para penjual di e-commerce yang kesulitan menggunakan marketplace.

Baca Juga: Potensial Banget, Ini Dia Cara Iklan di Facebook yang Harus Kamu Tahu

Berpikirlah Seperti Pelanggan!

Last but not least, tips sukses jualan di e-commerce yang terakhir adalah berpikir/memosikan diri seperti pelanggan. Hal ini harus benar-benar kamu kuasai demi memahami kebutuhan konsumenmu.

Sebab sebagai seorang penjual di e-commerce, kamu harus dapat berfikir, atau memposisikan diri seperti para pelanggan kamu.

Perlunya melatih diri sendiri agar dapat berfikir seperti calon pelanggan seperti suka atau tidaknya terhadap suatu produk sangatlah penting.

Hal ini tidak lain agar produk yang kamu pasarkan di platfrom e-commerce bisa sesuai dengan keinginan para calon pelanggan. Dari sini kamu harus dapat bisa memastikan juga mengetahui setiap keinginan hati para calon pelanggan kamu.

Nah, itu adalah berbagai tips sukses jualan di E-commerce yang harus kamu pelajari ketika akan memulai bisnis di lapak online ini.

Jangan lupa untuk selalu update tips-tips bisnis online lainnya di Berita Terkini.

Well, selamat mencoba dan semoga beruntung, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading
kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment