Hashtag: Pengertian, Tips Menggunakan dan Manfaatnya dalam Bisnis

hashtag adalah (2)

Penggunaan hashtag (tagar) dalam pembuatan konten digital sebenarnya bukan hal baru lagi. Bahkan, ada banyak strategi pemasaran yang menggunakan fitur tagar dalam postingan mereka.

Hashtag sebenarnya sudah ada sejak 1970-an digunakan untuk pemrograman komputer, tapi penggunaan hashtag di media sosial pertama kali digunakan dalam twitter yang kemudian menjadi populer di berbagai media sosial.

Pada dasarnya, di media sosial penggunaan hashtag adalah sebagai penanda bagi suatu topik yang dibicarakan.

Tapi, apa kamu tahu kalau ternyata menggunakan tagar di media sosial juga punya banyak manfaat lain, lho termasuk untuk kamu yang sedang gencar melakukan promosi.

Apa saja, sih manfaat hashtag untuk promosi? Yuk, lihat ulasan berikut!

Apa itu Hashtag?

Singkatnya hashtag adalah satu kata atau lebih yang diawali dengan tanda ‘#’. Penulisan hashtag biasanya tanpa menggunakan spasi. Secara umum orang-orang di media sosial menggunakan hastag adalah untuk melabeli suatu topik pembicaraan sehingga lebih mudah ditemukan.

Contohnya #jualsepatu maka isi dari hashtag ini adalah berbagai pembicaraan mengenai penjualan sepatu. Hashtag ini akan memudahkan orang-orang yang sedang ingin membeli sepatu.

Baca Juga: Cara Membuat Hashtag di Twitter Agar Mudah Viral dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Manfaat Hashtag untuk Promosi

hashtag adalah (2)

Penggunaan hashtag di media sosial memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai alat promosi.

Hashtag adalah salah satu alat promosi yang paling ampuh jika digunakan dengan tepat di media sosial. Orang-orang bisa dengan mudah menemukan brand milikmu jika kamu menggunakan hashtag.

Memudahkan Pencarian Brand

Jika kamu ingin brand mu diketahui oleh banyak orang di media sosial, menggunakan hashtag adalah pillihan yang tepat. Karena hashtag akan sangat membantu orang lain untuk menemukan brand milikmu.

Kamu bisa menggunakan hashtag yang sedang marak digunakan di media sosial dan relevan dengan brand mu untuk mendapat perhatian lebih dari pengguna media sosial.

Meningkatkan Engagement dan Followers

Jika orang banyak menemukan brand mu maka bukan tidak mungkin jika engagement dan follower dari media sosial brand mu juga akan bertambah.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagimu. Karena promosimu akan lebih banyak dilihat oleh pengguna media sosial.

Meningkatkan Potensi Brand Menjadi Lebih Besar

Sebagai alat promosi, selanjutnya manfaat hashtag adalah dapat memungkinkan brand menjadi lebih besar. Tentu saja penggunaan hashtag bukan satu-satunya penentu suatu brand dapat berkembang.

Tapi, penggunaan fitur ini menjadi salah satu cara yang dapat membuat brand mendapat banyak perhatian dan berkembang pesat.

Menggunakan hashtag dapat membuat brand lebih banyak dikenali oleh masyarakat. Jika hal ini diiringi dengan kualitas brand yang baik, maka brand akan lebih mudah untuk menjadi lebih besar.

Jangkauan Target Pasar yang Lebih Luas

Menggunakan hashtag dalam strategi promosimu bisa memberikan jangkauan target pasar yang lebih luas. Ini karena sistem pencarian pada media sosial yang juga disesuaikan dengan penggunaan hashtag oleh pengguna.

Tips Memilih dan Menggunakan Hashtag yang Tepat

Sebagai alat promosi memang hashtag adalah pilihan yang tepat karena dapat sangat membantu dan memberikan banyak keuntungan.

Namun, tidak semua penggunaan hashtag sebagai alat promosi bisa berhasil. Terkadang hashtag yang digunakan bisa juga tidak berdampak besar terhadap brand.

Untuk itu, ada beberapa tips, nih untuk memilih dan menggunakan tagar yang tepat. Cek ulasannya sekarang, ya!

Analisis Kompetitor

Hal pertama dari tips memilih dan menggunakan fitur tagar adalah dengan melakukan analisis terhadap kompetitor.

Artinya, kamu harus mengetahui siapa kompetitor bisnismu di media sosial. Lalu, kamu harus memantau tagar apa saja yang sering mereka gunakan dan berhasil.

Setelah mengetahuinya kamu bisa menggunakan tagar yang sama atau mengombinasinya dengan tagar dari brand mu sendiri.

Jangan Berlebihan

Menggunakan tagar adalah cara yang cukup efektif untuk menggaet masa bagi brand. Tapi, jika penggunaan tagar terlalu berlebihan juga akan terlihat kurang menarik dan terkesan terlalu memaksa. Hal ini juga akan membuat orang lain tidak nyaman.

Maka dari itu, jangan menggunakan tagar yang terlalu banyak atau bahkan dengan kalimat yang terlalu panjang.

Karena, justru akan membuat postinganmu dipenuhi tagar dan orang tidak menangkap maksud dari apa yang sedang kamu bagikan di media sosial. Sehingga, orang akan malas mengetahui lebih lanjut tentang brandmu.

Selain itu, menggunakan kalimat yang panjang atau terlalu banyak kata dalam satu tagar adalah pilihan yang buruk karena ini akan menyulitkan orang lain untuk menemukan tagarmu.

Gunakan Hashtag yang Relevan

Berikutnya untuk cara yang tepat dalam memilih dan menggunakan tagar adalah dengan menggunakan yang relevan. Jika kamu menggunakan tagar yang relevan dengan brand mu akan memungkinkan seseorang menemukan brand berdasarkan kebutuhan mereka.

Misalnya brand mu adalah kosmetik, lalu kamu ingin memromosikan produk terbaru yang berupa lipstick, maka kamu bisa menggunakan #lipsticknude atau #lipsticktahanlama.

Sehingga orang-orang yang memang sedang mencari lipstick dengan warna nude atau lipstick yang tahan lamaakan dengan mudah menemukan postinganmu dan membeli produkmu.

Sebaliknya, jika kamu menggunakan tagar yang kurang relevan, maka orang lain akan kesulitan menemukan produkmu, padahal sebenarnya mereka membutuhkan produkmu.

Lakukan Analisis Keberhasilan Hashtag

Tips selanjutnya adalah melakukan analisis keberhasilan tagar yang kamu gunakan. Saat ini media sosial telah dilengkapi dengan fitur yang dapat digunakan untuk memantau engagement suatu postingan yang kita bagikan.

Kamu bisa menggunakan fitur tersebut untuk mengetahui postingan mana yang cenderung memiliki engagement tinggi dan tagar apa yang kamu gunakan pada postingan tersebut.

Setelah kamu mengetahui tagar mana yang mampu menaikkan engangement postinganmu, maka kamu bisa sering menggunakannya pada postingan media sosial brand mu berikutnya.

Gunakan Branded Hashtag

Jika kamu belum tahu apa itu branded hashtag, maka kamu perlu menyimak ulasan berikut ini.

Branded hashtag adalah tagar yang digunakan secara khusus untuk menggambarkan suatu brand.

Tagar satu ini merupakan pilihan terbaik untuk melakukan promosi. Karena dengan adanya jenis tagar ini, postinganmu bisa lebih mudah untuk ditemukan oleh orang-orang yang menjadi target pasarmu.

Gunakan Tagar di Profil atau Bio

Meletakkan tagar di profil atau bio media sosial sangat bermanfaat. Karena, hal ini memungkinkan orang akan mengklik tagar tersebut, sehingga mereka dapat menemukan postingan lain dari brand mu.

Selain itu, meletakkan tagar di bio atau profil media sosial juga dapat meningkatkan perhatian publik terhadap branding yang dibawakan oleh suatu brand.

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan untuk memilih dan menggunakan tagar dengan senantiasa mengikuti trending topic atau hal-hal yang sedang hangat dibicarakan banyak orang di media sosial.

Turut menggunakan tagar yang sedang trending tentu akan menyita banyak perhatian publik sehingga postinganmu akan banyak dilihat oleh pengguna media sosial lain dan memungkinkan produkmu diminati oleh mereka.

Namun, dalam menggunakan tagar yang sedang trending kamu juga tetap perlu memilih dan memilah mana yang kira-kira tepat dengan produk dan brandmu.

Jika tagar yang trending tersebut tidak relevan dengan brand/bisnismu, maka ada baiknya untuk tidak menggunakan tagar tersebut. Hal ini akan membuat kontenmu terbaca sebagai spam pada berbagai media promosi tersebut.

Hindari Banned Hashtag

Tips terakhir untuk menggunakan fitur tagar ini dengan maksimal adalah dengan menghindari penggunaan banned hashtag, yang merupakan jenis tagar terkait dengan hal-hal negatif atau tidak disenangi publik.

Oleh karena itu, hindari penggunaan banned hastag agar postinganmu tidak dianggap sebagai konten negatif.

Kamu harus sangat berhati-hati dalam memilih tagar karena satu banned hastag yang tidak sengaja kamu gunakan bisa merusak pasar yang telah kamu miliki selama ini.

Setelah menyimak ulasan di atas kamu sekarang jadi lebih tahu kan tentang apa itu tagar beserta manfaat dan tips dalam memilih dan menggunakannya dengan tepat untuk konten promosimu.

Penggunaan tagar ini bisa kamu aplikasikan di berbagai media promosi online, khususnya pada TikTok, Instagram, Facebook, dan Twitter.

Apapun jenis media online yang kamu pilih, penting untuk menyesuaikan konten dengan karakteristik audience serta mematuhi sistem/aturan pada media tersebut.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment