Cara Membuat Hashtag di Twitter Agar Mudah Viral dan Manfaatnya Untuk Bisnis

cara membuat hashtag di twitter (1)

Penggunaan hashtag di Twitter memberikan dampak besar pada jangkauan konten. Terlebih lagi, kini Twitter marketing dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif. Maka, kamu sebagai pelaku bisnis tentunya wajib untuk mempelajari cara membuat hashtag di Twitter.

Bahkan, cuitan yang diunggah dengan menyematkan hashtag mendapatkan kenaikan engagement sebanyak 100% bagi cuitan individu, dan 50% untuk cuitan dari brand. Bukankah ini kesempatan yang baik untuk dimanfaatkan dalam mencapai tujuan bisnismu.

Sayangnya, hashtag tidak bisa kamu gunakan asal-asalan. Kamu harus menggunakannya sesuai aturan dan pedoman yang diberlakukan oleh pihak Twitter. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat penggunaan hashtag secara maksimal untuk kegiatan promosi bisnismu.

Selain meningkatkan jangkauan, apa lagi yang sudah kamu tahu tentang manfaat penggunaan hashtag? Nah, selain mempelajari cara membuat hashtag kamu juga akan mengetahui manfaat penggunaan hashtag bagi tujuan bisnismu.

Alasan Hashtag Penting dalam Promosi

Hashtag diciptakan untuk membantu mengelompokkan berbagai jenis tweet atau postingan agar terkumpul dalam topik percakapan yang serupa.

Dengan hashtag, pengguna Twitter dapat dengan mudah menemukan topik yang mereka sukai, dan dapat bertemu dengan orang yang memiliki minat sama.

Jika salah satu pengguna Twitter mengklik atau mencari suatu hashtag, maka pengguna diarahkan pada akun-akun atau postingan yang menggunakan hashtag tersebut.

Di sinilah kamu bisa melihat potensi adanya manfaat penggunaan hashtag untuk promosi bisnis yang kamu lakukan. Melalui hashtag, kamu bisa menggaet audiens melalui percakapan yang ada.

Orang-orang yang mencari suatu hashtag, otomatis terjaring dalam niche yang sama. Jika kamu berhasil menggunakan hashtag yang tepat dan relevan dengan bisnismu, kamu berkesempatan untuk menarik mereka agar menemukan produkmu.

Baca Juga: 10 Cara Mempromosikan Bisnis di Twitter Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum kamu melihat manfaat lain dari penggunaan hashtag, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu cara hashtag digunakan dalam post Twitter dengan benar:

Cara Menggunakan Hashtag untuk Promosi

Hashtag memang digunakan untuk meningkatkan jangkauan, namun jika digunakan dengan cara yang salah hashtag tersebut tidak akan memberikan pengaruh apapun pada postingan. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara menggunakan yang benar yang bisa kamu lakukan:

  1. Sematkan dalam tweet berisi konten baru tentang perusahaan.
  2. Hubungkan ketika sedang ada acara besar yang berkaitan dengan brand perusahaan.
  3. Gunakan ketika perusahaan sedang melakukan peluncuran produk baru.
  4. Selain hashtag, gunakan elemen pendukung seperti gambar, atau gif untuk memperjelas  makna dan tujuan.
  5. Hubungkan dengan tren relevan yang sedang naik.
  6. Hubungkan dengan hashtag lain yang relevan dengan brand milimu.

Beragam Manfaat Hashtag untuk Pemasaran Bisnis

Menggunakan hashtag dalam upaya promosimu di Twitter, bisa memberikan beragam manfaat. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Meningkatkan Engagement dengan Followers

Dengan menyematkan hashtag, artinya akan membuatmu terlibat dalam obrolan yang sedang dibicarakan. Ketika kamu membuat tanggapan atau membuat postingan dengan menyematkan hashtag, postinganmu akan terlihat di linimasa pengguna Twitter lain.

Dengan terlibat, kamu membuka kesempatan bagi pengguna lain untuk mengenalimu. Pengguna lain tersebut bisa jadi akan menyukai, berkomentar atau bahkan mengikutimu jika postingan yang kamu buat relevan menurut mereka.

Membangun Brand

Kamu bisa mempromosikan bisnis dengan membuat hashtag khusus brand milikmu. Cara ini cukup efektif dalam membangun brand di mata pengguna Twitter lainnya dan patut untuk dicoba.

Menunjukkan Dukungan terhadap Masalah Sosial

Salah satu hashtag di luar brand yang direkomendasikan untuk digunakan adalah hashtag yang sedang menjadi topik perbincangan para pengikutmu.

Dengan menggunakan hashtag tersebut, kamu dapat menunjukkan dukunganmu terhadap masalah sosial yang sedang terjadi dan membuatmu lebih dilihat oleh para pengikutmu.

Menambahkan Konteks

Ruang untuk menulis teks di Twitter cukup terbatas. Kamu hanya bisa menulis hingga 280 karakter saja dalam satu postingan. Di sinilah hashtag menunjukkan perannya.

Penggunaan hashtag bermanfaat untuk memperjelas konteks dari postinganmu. Selain itu, kamu bisa mengelompokkan beberapa postingan konten yang memiliki konteks sama hanya dengan menggunakan satu hashtag.

Membantu Audiens Menemukan Brand

Dengan hashtag kamu berkesempatan untuk menggiring audiens yang menjadi targetmu agar menemukan brandmu. Misalnya ketika da hashtag yang relevan dengan branmu sedang naik. Kamu bisa membuat tanggapan terhadap topik yang sedang menjadi obrolan.

Saat itulah pengguna Twitter lain akan menyadari keberadaanmu. Ketika mereka membuka profilmu, kamu bisa memperkenalkan diri secara singkat pada kolom bio.

Kamu juga bisa menyematkan hashtag yang menjadi ciri khasmu. Agar ketika pengunjung mengklik pada hashtag tersebut, mereka akan menemukan banyak postingan yang berkaitan dengan hashtag dan tentunya juga berkaitan dengan brand milikmu.

Cara Membuat Hashtag di Twitter agar Mudah Viral

cara membuat hashtag di twitter (1)

Berikut ini cara membuat hashtag di Twitter agar konten promosimu mudah viral. Simak baik-baik langkahnya, Beautypreneurs!

Pahami Aturan Twitter

Twitter memiliki aturan atau pedoman tersendiri mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat sedang tren. Salah satunya adalah larangan untuk menambahkan topik yang tidak berkaitan dengan tag yang sedang tranding. Penambahan tersebut akan membuat kontenmu terbaca sebagai spam.

Selain itu, kamu dilarang untuk membuat cuitan dengan topik atau hastag yang sama berkali-kali tanpa pembaruan informasi. Hal lain yang tak boleh dilakukan adalah menumpang hashtag yang sedang naik, apalagi tujuannya untuk pemasaran.

Jangan Membuat Hashtag Terlalu Spesifik

Ternyata hashtag bermerek jarang berhasil jika daripada dengan hashtag umum. Biasanya pembuatan hashtag bermerek oleh brand ini bertujuan untuk kepentingan komersial.

Meski salah satu tujuanmu memang untuk mendukung bisnis, namun kamu perlu mengikuti arus dalam hal ini agar berhasil menaikkan hashtag milikmu. Untuk itu, pilihlah hashtag umum yang relevan dan catchy atau menarik agar lebih mudah untuk naik.

Pilih Waktu yang Tepat

Untuk memulai tren kamu harus bisa membaca situasi. Pelajari waktu-waktu yang tepat untuk memulai tren yang ingin kamu naikkan.

Hindari membuat post ketika linimasa sedang sepi, misalnya pukul 03:00-04:00. Cari tahu di pukul berapa orang suka membuka Twitter dan memeriksa timeline Twitter mereka.

Interaksi dengan Pengguna Twitter lain

Kamu tidak bisa berusaha seorang diri untuk menaikkan hashtag agar menjadi tren. Kamu perlu bantuan orang lain atau pengguna Twitter lainnya.

Salah satu cara agar kamu bisa lebih mudah mendapatkan bantuan orang lain adalah dengan sering melakukan interaksi dengan para pengguna Twitter.

Kamu bisa memulainya dengan saling membalas atau berdiskusi dengan tetap menggunakan hashtag di akhir kalimat.

Dalam hal ini, mungkin kamu bisa mengajak tim agar mengkampanyekan hal yang sama untuk meningkatkan volume pengguna unik dari hashtag tersebut.

Banyak Pengikut akan Lebih Baik

Memiliki banyak pengikut ternyata berdampak besar untuk menjadikan sebuah hashtag trending. Orang-orang yang telah berhasil membuat hashtag menjadi trending, rata-rata memiliki lebih dari 50.000 pengikut di akun Twitter-nya.

Syarat lainnya, pengikut tersebut haruslah akun asli, bukan akun bot atau akun yang sudah tidak aktif.

Kenali Minat Audiens

Pastikan kamu mengenali minat audiensmu sebelum mulai mencuitkan sebuah hashtag. Agar dapat lebih mudah untuk memulai tren kamu bisa melakukannya dengan membahas topik populer di kalangan masyarakat.

Jika kamu memilih topik yang sesuai, tanpa kamu berusaha keras audiens akan melibatkan diri untuk meramaikan tweet dan hashtag yang kamu gunakan.

Mengadakan Giveaway

Kamu sebagai brand yang membuat hashtag dengan target agar menjadi trending dapat memanfaatkan cara ini. Buatlah giveaway dengan hadiah yang menarik namun tak terlalu mahal dan relevan dengan bisnismu.

Buat syarat yang mudah dengan mewajibkan untuk me-retweet atau membalas tweet dengan menyertakan hashtag yang ingin dinaikkan. Kamu bisa mengadakan giveaway melalui akun resmi perusahaan atau dengan jasa selebtwit.

Tips Menggunakan Hashtag di Twitter dengan Tepat

Pantau influencer dan Kompetitor

Kamu bisa memulainya dengan memantau dan melakukan analisis pada para influencer dan kompetitor di media sosial. Kumpulkan informasi mengenai influencer dan kompetitor yang relevan dengan niche marketmu.

Selanjutnya, amati hashtag apa saja yang sering mereka gunakan dan berapa banyak yang digunakan di setiap postingan. Selain itu, amati kata kunci yang sering mereka gunakan.

Jangan Gunakan Hashtag Berlebihan

Tips selanjutnya adalah agar tidak menggunakan hashtag secara berlebihan. Penggunaan hashtag yang terlalu banyak justru akan membuat postingan sulit audience temukan. Kamu cukup menggunakan 2 atau 3 hashtag di setiap postingan.

Cari Hashtag yang Relevan dengan Brand

Kamu sudah pernah mengumpulkan beragam hashtag yang efektif dan kamu bsia mencari hashtag yang relevan di antara kumpulan hashtag tersebut. Penggunaan hashtag yang relevan ini lebih spesifik daripada hashtag populer sehingga membantumu untuk terhubung dengan audiens yang lebih tertarget.

Analisis Hashtag yang Pernah Berhasil

Pantaulah tagar-tagar yang pernah kamu gunakan sebelumnya. Cari tahu mana yang paling populer sehingga kamu bisa menggunakannya kembali jika sedang ada tren yang berkaitan dengan hastag tersebut.

Manfaatkan Branded Hashtag

Branded hashtag adalah tagar yang sudah dirancang untuk menggambarkan bisnis suatu perusahaan. Kamu bisa memanfaatkan branded hashtag sehingga audience lebih mudah menemukan dan mengenali konten promosimu di Twitter..

Sematkan Hashtag dalam Profil atau Bio

Jangan lupa untuk menyematkan hashtag di bagian profil atau bio akun. Cara ini juga bermanfaat sehingga ketika audiens sedang melihat profil dan mengklik hashtag yang kamu sematkan akan menggiringnya pada postingan dengan ragam topik serupa.

Secara tidak langsung, kamu mengarahkan pelanggan untuk mengetahui kampantye perusahaan. Selain itu, penyematan hashtag di bio akan menekankan niche atau topik milik perusahaan.

Salah satu cara membuat hashtag di Twitter adalah dengan mengikuti tren dalam topik yang sedang trending. Hastag yang digunakan dalam topik yang sedang naik akan mendapat lebih banyak perhatian dari audiens. Namun, tetap pastikan bahwa hashtag yang kamu gunakan juga relevan.

Gunakan Hashtag Singkat

Gunakanlah hashtag dengan rangkaian kata yang singkat dan padat. Hashtag yang terlalu panjang akan menyulitkan audiens maupun kompetitor. Hashtag yang singkat akan lebih berkesan bagi audiens.

Jangan Gunakan Hashtag Terlarang

Pastikan kamu tahu hashtag seperti apa saja yang di-banned oleh pihak Twitter. Biasanya hashtag terlarang ini adalah hashtag yang berkaitan dengan konten negatif. Hindari pemakaian hashtag sejenis ini agar postinganmu tidak terkena dampaknya.

Cari Waktu yang Tepat

Tips terakhir adalah dengan membuat tweet di waktu yang tepat. Dengan membuat twit di waktu yang tepat, hashtag dan post yang kamu buat akan dilihat lebih cepat dan oleh lebih banyak audiens.

Itulah cara membuat hashtag di Twitter yang bisa kamu terapkan untuk keperluan promosi bisnismu. Manfaatkan tips-tips yang ada agar postingan kamu lebih mudah viral. Selain itu hindari kesalahan agar tidak berpengaruh pada citra perusahaan yang kamu kelola.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment