Facebook Pixel: Pengertian, Manfaat dan Cara Penggunaannya

facebook pixel

Meski saat ini beragam sosial media baru mulai bermunculan, namun Facebook masih belum ditinggalkan oleh penggunanya. Bahkan hingga kini masih jadi yang paling popular di Indonesia. Apalagi seiring dengan berkembangnya teknologi, Facebook menambahkan beberapa fitur yang cukup canggih.

Salah satunya adalah Facebook Pixel. Fitur yang satu ini seringkali menjadi senjata utama bagi para marketer untuk mencari pelanggan. Bahkan mereka juga mengklaim bahwa Facebook Pixel merupakan tools terbaik yang dimiliki Facebook.

Dengan menggunakan tools yang satu ini kamu dapat menarik banyak pengunjung baru. Sehingga promosi yang kamu lakukan pun bisa lebih maksimal. Jadi semakin tertarik ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Facebook Pixel? Ikuti artikel ini hingga selesai ya. Happy reading!

Apa Itu Facebook Pixel?

Facebook Pixel merupakan kode yang dipasang disitus websitemu. Kode ini berfungsi untuk mengoptimalisasi data audience yang mengunjungi websitemu. Facebook Pixel akan merekam semua data tersebut yang nantinya bisa kamu gunakan untuk strategi marketing.

Dengan adanya kode ini, iklan atau promosi yang kamu jalankan akan teroptimalisasi. Iklanmu bisa lebih tertarget dan tertuju pada audience yang tepat. Dengan begitu penjualan atau action yang kamu harapkan dari iklan tersebut berpotensi tinggi.

Kode yang digunakan dalam Facebook Pixel adalah cookie. Cookie inilah yang berguna untuk melacak pengunjung web sehingga saat kamu memasang iklan nanti akan mempunyai targetnya. Selain itu dengan fitur ini kamu juga bisa menargetkan ulang orang-orang yang pernah mengunjungi situsmu.

Facebook Pixel dapat melacak aktivitas pengunjung dengan berbagai bentuk. Seperti melacak pageview, pembelian atau penambahan barang ke keranjang hingga berapa lama pengguna tersebut melakukan scrolling dan stay di halaman tersebut.

Dengan data-data yang terekam tersebut, iklanmu di Facebook akan ditampilkan kepada audience yang lebih tepat. Sehingga promosi pun lebih relevan dan maksimal.

Setelah mengetahui penjelasan dari Facebook Pixel, ini saatnya kamu mengetahui manfaat dari tools yang satu ini. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Manfaat Facebook Pixel untuk Bisnis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa Facebook Pixel merupakan tools terbaik dalam digital marketing. Sebab tools yang satu ini diklaim mempunyai beragam manfaat.

Tak heran jika Facebook pixel menjadi andalan bagi perusahaan-perusahaan besar dan para digital marketer sebagai media promosi. Simak penjelasannya berikut ini, ya, Beautypreneurs.

Melacak Konversi

Manfaat pertama Facebook Pixel adalah untuk melacak konversi. Tak hanya bisa mengetahui dan mendapatkan data pengunjung saja, namun Facebook Pixel juga dapat melacak perangkat pengunjung tersebut.

Jika ada pengunung yang sama namun menggunakan perangkat yang berbeda, entah itu computer atau hp, Facebook akan segera mengetahuinya. Bahkan hingga kebiasaan mereka selama di situs tersebut pun akan terekam oleh cookie.

Sehingga dengan adanya hal ini kamu kan lebih mudah melakukan analisis pasar. Kamu juga bisa mengetahui apa yang mereka butuhkan. Sehingga dengan adanya fitur ini kamu bisa dengan mudah mengetahui karakteristik pelanggan.

Pengelompokan Audience

Salah satu fungsi dari Facebook Pixel adalah untuk mengelompokkan audience. Data yang sudah terekam di Facebook dapat digunakan untuk mengumpulkan pengunjung yang mempunyai minat yang sama. Mulai dari hobi, ketertarikan, usia, gender hingga demografi yang sama.

Dengan mengelompokkan audience tersebut, kamu akan dengan mudah menargetkan iklan atau promosi. Tak hanya itu, pengelompokan audience juga dapat berpotensi membangun audience yang lebih luas. Sehingga dengan hal ini kamu bisa menjangkau bisnis yang lebih luas lagi.

Retargeting

Selain diklaim menjadi tools terbaik, Facebook Pixel juga dinilai sebagai tools yang cukup canggih. Dengan menggunakan retargeting pixel data and dynamic ads, dapat memudahkanmu bisa menampilkan iklan yang ditujukan kepada orang-orang yang sudah mengunjungi situsmu.

Sebagai contoh ketika seseorang tersebut mengunjungi situsmu dan menunjukkan ketertarikan pada sebuah produk namun berujung tidak membelinya hingga memilih meninggalkan laman, Facebook Pixel akan dapat menayangkan iklan tersebut di situs lain yang mereka buka.

Sehingga mereka akan selalu dihantui dengan iklan itu lalu berpikir kembali untuk membelinya. Menarik sekali, bukan?

Optimasi Iklan

Manfaat selanjutnya adalah untuk optimasi iklan. Dengan optimasi iklan ini tujuan bisnis pun akan lebih tepat. Sebab iklan sebagai bentuk promosi akan langsung tertuju kepada orang yang tepat.

Tak hanya faktor demografis, usia dan gender, Namun Facebook Pixel juga dapat mengumpulkan data pembelian yang dilakukan pelanggan hingga jumlah uang yang mereka keluarkan. Data tersebut dapat menjadi acuan bagi para marketer untuk membuat strategi berikutnya.

Semakin tinggi nominal yang mereka keluarkan, akan semakin tinggi pula iklan muncul pada orang tersebut. Sebab Facebook Pixel mempunyai kecenderungan untuk menampilkan iklan pada orang atau pengunjung yang meelakukan pembelian dengan nominal yang tinggi.

Ingin tahu cara iklan di Facebook yang mudah dan menguntungkan? Simak di sini!

Akses Penuh Tools Iklan dan Metrik

Dengan menggunakan atau menginstal Facebook Pixel itu berarti kamu sudah bersiap mengeksplore tools iklan yang beragam. Sebab Facebook Pixel merupakan salah satu tools yang dapay mengakses beberapa fitur canggih marketing. Misalnya demi mengumpulkan dataterkait, cost per lead atau cost per conversion.

So, kamu nggak perlu takut lagi promosi yang kamu jalankan akan gagal jika menggunakan Facebook Pixel. Sebab fitur yang satu ini akan mempermudahkanmu untuk menargetkan pelanggan.

Selanjutnya, apa saja sih event yang dapat kamu ukur menggunakan fitur promosi satu ini? Well, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Jenis Event yang Dapat Terukur Menggunakan Facebook Pixel

facebook pixel

Yang dimaksud event di sini adalah kejadian atau aksi yang dilakukan oleh pengunjung selama berada di situs. Seperti klik di button tertentu, add to cart, pembelian, dan masih banyak yang lainnya.

Namun pada dasarnya ada dua event Facbook yang dapat diukur oleh Pixel, yakni standart event dan custom event. Apa itu? Berikut penjelasannya.

Standart Event

Standart event merupakan event yang sudah disediakan oleh Facebook. Event ini menyediakan 17 kode untuk standard events yang dapat kamu gunakan dengan mudah. Sehingga iklan atau promosimu bisa lebih maksimal. Apa saja kode itu? Berikut rinciannya.

  1. Purchase: ketika pengunjung telah melakukan pembelian di website.
  2. Lead: sign up untuk trial ataupun yang kamu kategorikan sebagai leads
  3. Complete Registration: ketika pengunjung mengiri registrasi atau form di website
  4. Adds Payment Info: ketika pengunjung mengisi informasi pembayaran saat akan melakukan transaksi di website.
  5. Add to Cart:ketika pengunjung menambahkan barang ke keranjang belanjaan.
  6. Add to Wishlist Initiate Checkout: saat pengunjung sudah mengklik tombol checkout dan bersiap untuk melakukan pembayaran. 
  7. Search: pengunjung melakukan pencarian di website.
  8. View Content: saat seseorang melihat page/halaman tertentu di website.
  9. Contact: ketika pengunjung mengklik tombol kontak yang telah disediakan di website
  10. Customize
  11. Product: saat pengunjung memilih produk yang mereka beli
  12. Donate: saat pengunjung melakukan donasi melalui website
  13. Find Location: ketika seseorang mencari toko offlinemu.
  14. Schedule: ketika pengunjung melakukan appointment..
  15. Start Trial: ketika pengunjung akan mencoba sesesuatu
  16. Submit Application: ketika pengunjung website melakukan submit data
  17. Subscribe: saat pengunjung website mengklik tombol langganan

Custom Event

Berbeda dari standart event, custom event merupakan event yang dapat kamu buat sendiri. Yakni event yang dapat diukur berdasarkan URL atau halaman yang spesifik. Sebagai contoh jika kamu ingin menampilkan iklan kepada pengunjung halaman y di websitemu.

Nah, itulah beberapa pengertian dari event yang dapat kamu ukur menggunakan fitur ini. Selanjutnya adalah bagaimana cara memasang dan menggunakan Facebook Pixel? Nggak perlu khawarir, karena kamu akan menjelaskan tutorialnya padamu. Ikuti artikel ini sampau selesai ya.

Cara Memasang dan Menggunakan Facebook Pixel

Beragam manfaat yang ditawarkan tersebut membuat para marketer berbondong-bondong ingin menggunakan fitur canggih yang satu ini.

Untuk kamu para pemula, berikut adalah penjelasan tentang bagaimana cara memasang dan menggunakan Facebook Pixel.

Buat Pixel

Langkah pertama adalah kamu harus membuat pixel terlebih dahulu. Yakni dengan masuk terlebih dahulu ke Facebook Event Manager. Berikut adalah tutorialnya:

  1. Setelah masuk, kamu klik tombol hamburger atau garis tiga yang berada di pojok kiri atas.
  2. Kemudian pilih Pixel.
  3. Setelah kamu selesai mengklik tombol tersebut, kemudian akan muncul sebuah pop up window yang menampilkan beberapa keuntungan jika kamu menggunakan Facebook Pixel. Kemudian klik tombol hijau yang bertuliskan Create a Pixel
  4. Kemudian masukkan data-data yang diperlukan
  5. Setelah itu Facebook akan memintamu untuk memasukkan nama pixel dan URL situsmu
  6. Lalu isi kolom sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Selanjutnya klik tombol create di pojok kanan bawah yang berwarna biru.
  7. Selesai.

Perlu kamu ketahui, bahwa nama Pexel yang kamu masukkan harus sesuai dan merepresentasikan bisnismu dengan baik.

Supaya audience lebih mengenalis bisnis yang sedang kamu promosikan. Jika kamu ingin membuat lebih dari satu iklan, semua dapat kamu atur melalui Facebook Busniness Manager. So, sangat mudah kan?

Tambahkan Kode Pixel ke Situs

Setelah pixel selesai kamu buat, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menambahkan kode pixel tersebut ke situs. Untuk menambahkan kode tersebut ke websitemu, Facebook menawarkan beberapa opsi.

Yakni dengan menggunakan menggunakan Integration atau Tag Manager, instalasi kode secara manual, atau meng-email instruksi instalasi ke developer. Jika kode sudah kamu tambahkan pada situs web, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan automatic advanced matching.

Yakni bagaimana cara fitur ini dapat melacak konversi dengan lebih akurat serta dapat mengumpulkan banyak audience. Lantas bagaimana cara mengetahui kode pixel sudah atktif atau belum? Well, coba kamu masukan alamat URL ke situsmu lalu klik Send Test Traffic. Jika Facebook sudah dapat melacak aktivitas, kamu dapay memilih tombol continue untuk melanjutkan.

Pastikan Facebook Pixel Aktif

Untuk memastikan fitur ini aktif, kamu perlu menginstal Facebook Pixel Helper di Google Chrome. Dengan menggunakan bantuan fitur ini kamu dapat mengetahui apakah Facebook Pixel dapat aktif melacak data para pelanggan atau tidak.

Buat Pemberitahuan di Situs

Supaya tidak mempunyai kesan mencuri, Facebook dan situsmu harus membuat pemberitahuan mengenai pengumpulan data tersebut. Jika para pengunjung setuju, maka itu tidak akan jadi masalah.

Nah, itulah penjelasan mengenai Facebook Pixel. Tertarik untuk menggunakannya sebagai stategi marketingmu?

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment