Cara Mengaktifkan Kupon Produk di Tokopedia dan Manfaatnya untuk Seller

cara mengaktifkan kupon produk tokopedia

Berkomitmen mendukung produk local, Tokopedia menyediakan berbagai fitur menarik untuk para seller. Misalnya dengan cara mengaktifkan Kupon Produk di Tokopedia. Fitur diskon ini bisa membantu menaikkan jumlah kunjungan dan pembelian produk.

Minat masyarakat untuk berbelanja online dari hari ke hari mengalami peningkatkan yang signifikan. Apalagi sistem transaksi dan pengiriman yang kian mudah, selain itu harga yang ditawarkan pun cenderung lebih bervariasi dan kompetitif daripada di pasar nyata.

Nah, salah satu lapak yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia adalah Tokopedia. Saking seringnya, e-commerce ini pun mendapatkan jumlah kunjungan rata-rata 149jt kali dalam sebulan.

Tingginya antusiasme masyarakat pada Tokopedia ini menunjukkan peluang pasar yang juga besar. Namun, seiring dengan peluang itu, kompetisi pasarnya juga cukup ketat.

Untungnya, kamu bisa menggunakan berbagai fitur khusus seller untuk menaikkan penjualan dan peforma tokomu. Misalnya dengan memasang Kupon Produk.

Nah, penasaran mengenai sistem dan cara mengaktifkan Kupon Produk di Tokopedia? Simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Fitur Kupon Produk Tokopedia?

Fitur Kupon Produk adalah fitur terbaru Tokopedia untuk membantu seller meningkatkan peforma toko mereka melalui pemberian kupon diskon.

Dalam pengaplikasiannya, penjual bebas menentukan produk mana saja yang akan mereka diskon. Termasuk menyesuaikannya dengan kebutuhan promosi, budget, dan mengatur durasi pemberian Kupon Produk tersebut.

Hingga kini Kupon Produk diberikan sebagai tambahan diskon produk dan diskon ongkos kirim. Dengan memasang Kupon Produk ini, tujuannya seller bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan menghasilkan konversi penjualan yang tinggi.

Selain itu, Kupon Produk ini memiliki dua sifat yang berbeda, yakni Umum dan Khusus. Kamu bisa membuat Kupon Produk untuk konsumen umum yang mengunjungi tokomu. Ataupun hanya memproduksi kupon eksklusif yang akan kamu sebarkan pada pelanggan setia saja.

Baca Juga: Cara Menggunakan TopAds Iklan Produk dan Tips Memaksimalkannya!

Perbedaan Kupon Produk dan Voucher Toko

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai cara memasang Voucher Toko di Tokopedia. Kalau melihat penawarannya secara sekilas, kamu mungkin penasaran apa yang membedakan Kupon Produk dan Voucher Toko.

Yang membuat dua fitur ini tampak serupa adalah kamu bisa mengatur dua jenis potongan/promosi serupa, yakni cashback dan diskon ongkos kirim.

Namun, perbedaan keduanya terletak pada bagaimana produk tersebut akan digunakan nantinya. Ketika mengaktifkan Voucher Toko, maka pembeli bisa menggunakan voucher tersebut untuk semua jenis produk di tokomu.

Sementara pada Kupon Produk, diskon/promosi hanya dapat digunakan pada produk yang telah dipasangi kupon sebelumnya. Jadi pembeli tak bisa menggunakan Kupon Produk ini pada semua jenis produk di tokomu.

Keuntungan Membuat Kupon Produk untuk Seller

Menggunakan Kupon Produk pada Tokomu, bisa memberikan banyak keuntungan. Apa saja? Simak berbagai keuntungan menggunakan kupon produk berikut ini.

Bebas Menentukan Produk yang Akan Dipromosikan

Keuntungan pertama, kamu bisa membatasi jumlah produk yang akan mendapatkan Kupon tersebut. Sehingga, kamu bisa memaksimalkan promosi pada produk yang memang ingin kamu highlight.

Misalnya, ketika kamu memiliki produk yang kurang laku atau baru launching, Kupon Produk ini bisa menjadi sarana yang ideal untuk memperkenalkannya.

Konsumen yang sebelumnya kurang tertarik atau tidak tahu mengenai produkmu, akan memiliki keinginan untuk mencoba dan melakukan transaksi.

Menghasilkan Penjualan Berkali-kali Lipat

Menggunakan Kupon Produk pada penawaran favorit konsumen tentu bisa membuat pelanggan kalang kabut. Mereka pasti terdorong untuk melakukan pembelian produk, sebelum kupon yang kamu pasang habis atau lewat masa periodenya.

Selain itu, ketika kamu membagikannya lewat media sosial, peluang terjadinya transaksi pun akan semakin tinggi.

Stok Produk Lebih Cepat Laku

Telah sedikit kita singgung sebelumnya, bahwa menggunakan Kupon Produk bisa mendorong minat beli konsumen. Termasuk pada produk baru dan yang kurang dilirik sekalipun.

Adanya Kategori Khusus Kupon Produk

Kupon Produk dan penawaran yang kamu promosikan akan tertera pada halaman produk berkupon khusus di tokomu. Dengan kata lain, ada area khusus yang akan memuat produk dengan kupon diskon tersebut.

Ini tententu bisa membuat konsumen lebih mudah menemukan Kupon Produk yang kamu pasang. Dan jika kamu bisa mengemas promosi tersebut dengan baik, menawarkan produk berkualitas unggul, bukan tak mungkin konsumen akan tertarik untuk melakukan pembelian.

Proses Budgeting yang Lebih Mudah

Keuntungan menggunakan Kupon Produk bagi seller selanjutnya adalah mempermudah proses budgeting. Karena kamu bsia membatasi jumlah produk, durasi, hingga kuota Kupon Produk, maka proses penyesuaian anggaran pun akan lebih mudah.

Proses Promosi yang Lebih Fokus

Terakhir, karena Kupon Produk hanya bisa digunakan pada penawaran terdaftar. Maka promosi yang kamu lakukan akan lebih focus.

Artinya, ketika kamu memiliki target spesifik untuk meningkatkan pembelian produk A. Maka memasang Kupon Produk pada penawaran A bisa menjadi solusi yang efektif dan efisien untukmu.

Cara Mengaktifkan Kupon Produk di Tokopedia

cara mengaktifkan kupon produk tokopedia

Setelah mengetahui berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan di atas. Kamu pasti sudah tak sabar ingi mengetahui bagaimana cara mengaktifkan Kupon Produk di Tokopedia.

Well, cara mengaktifkan Kupon Produk di Tokopedia ini cukup mudah dipraktekkan. Kamu bisa mengaksesnya lewat desktop maupun aplikasi mobile Tokopedia.

Penasaran? Langsung simak cara mengaktifkan Kupon Produk di Tokopedia berikut ini.

Masuk ke Akun Jualanmu

Langkah pertama, kamu harus masuk ke akun jualanmu atau Tokopedia Seller.

Klik Iklan dan Promosi

Jika sudah, kamu bisa langsung memilih menu Iklan dan Promosi. Lanjutkan dengan klik Kupon Produk dan pilih Buat Kupon.

Mulai Buat Kupon Produk

Kamu akan teralihkan secara otomatis pada halaman Buat Kupon Produk. Di sini kamu bisa mengatur informasi seputar Kupon yang aan kamu pasang.

Termasuk mengisi Target Kupon, Nama Kupon, Kode Kupon, Periode Kupon Aktif, Tipe Kupon, Tipe Potongan, Presentase Cashback, Maksimal Potongan Harga, Minimum Pembelian dan Kuota.

Setelah mengatur semua informasi di atas, kamu bisa melanjutkan cara mengaktifkan Kupon Produk di Tokopedia dengan kilik Lanjut.

Tambahkan Produk

Lewat laman Pengaturan Produk, kamu bisa menambahkan produk yang kamu inginkan pada kupon. Cukup mulai dengan klik Tambah Produk, kemudian centang produk-produk yang kamu ingin promosikan.

Setelah selesai memasukkan produk-prduk pilihanmu klik Buat Kupon, untuk menyelesaikan cara mengaktifkan Kupon Produk di Tokopedia.

Bagikan Kupon Lewat Broadcast Chat

Meski dapat mengaturnya sebagai Kupon Produk Umum, membagikan kupon yang kamu buat secara langsung lewat pesan broadcast juga taka da salahnya.

Karena dengan begitu, kamu bisa menjangkau lebih banyak pembeli potensial. Serta mampu menciptakan lebih banyak kunjungan pada toko dan halaman produkmu.

Nah, sampai sini dulu pembahasan kita mengenai cara mengaktifkan Kupon Produk di Tokopedia. Serta berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan sebagai seller.

Apakah kamu berminat menggunakan fitur ini untuk membuat tokomu kian untung? Kasih tahu pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

inspired perfume bisnis

Mau Bisnis Inspired Perfume? Cek Dulu Peluang Usaha dan Perlindungan Hukumnya, Yuk!

Hai, Beautypreneurs! Sebagai cosmetic brand owner, kamu pasti sadar betul bagaimana antusiasme konsumen terhadap produk wewangian, bukan? Karenanya banyak hingga kini banyak sekali tren dan inovasi produk wewangian yang berkembang di pasaran, seperti inspired perfume atau dupe perfume. Pasti...

Continue Reading

Leave a Comment