Cara Menggunakan TopAds Iklan Produk dan Tips Memaksimalkannya!

Hai, Beautypreneurs! Apakah kamu memasarkan produk kosmetik buatanmu di Tokopedia dan ingin segera mengembangkannya dengan cepat? Well, kayaknya kamu harus coba cara iklan produk di Tokopedia, deh.

Yap! Tokopedia menyediakan fitur promosi untuk seller mereka untuk membantu meningkatkan peforma toko. Seperti meningkatkan penjualan produk, meningkatkan brand awareness, dan banyak lainnya.

Jenis Top Ads ini pun ada banyak lho, salah satunya iklan produk di Tokopedia. Yang digunakan untuk mengiklankan produk yang kamu jual dan meningkatkan jumlah kunjungan serta pembelian ke produk tersebut.

Iklan produk di Tokopedia sendiri memiliki dua jenis, yakni iklan manual dan iklan otomatis. Keduanya tentu memiliki keunggulan dan sistematika yang berbeda. Kamu bisa menyesuaikan jenis iklan produk yang akan kamu gunakan nantinya dengan kebutuhan promosimu.

Nah, kira-kira apa saja manfaat iklan produk tersebut untuk bisnis atau toko online kamu? Serta bagaimana cara memasang iklan produk di Tokopedia?

Yuk, langsung simak ulasan lengkap beserta tipsnya berikut ini, ya!

Iklan Produk Otomatis di Tokopedia

Salah satu jenis iklan produk di Tokopedia adalah iklan otomatis. Yang dibuat untuk memudahkan penjual yang ingin mempromosikan produk mereka dengan sederhana, yakni lewat satu klik saja.

Pembeli hanya perlu mengatur jumlah anggaran harian yang akan dikeluarkan selama periode iklan produk di Tokopedia ini dijalankan.

Keunggulan Iklan Produk Otomatis di Tokopedia

Sebelum membahas langkah memasang iklan otomatis ini, kamu bisa menyimak berbagai keunggulan fitur ini untuk bisnis atau toko online-mu di Tokopedia dalam ulasan di bawah.

Sistem Pintar Anti-ribet

Telah dilengkapi sistem otomatis yang pintar, sehingga kamu tidak perlu menentukan produk yang akan diiklankan secara manual.

Sistem secara otomatis akan membaca potensi dan peluang dengan menganalisis produk mana yang paling banyak terjual, juga yang paling banyak dilihat oleh pembeli.

Karenanya, iklan produk otomatis terbilang sangat memudahkan penjual baru yang mungkin belum paham betul mengenai strategi periklanan.

Secara Otomatis Menentukan Biaya Iklan yang Optimal

Tak hanya membantu memilihkan produk potensial, secara otomatis sistem akan membantu memperbaharui produk dan biaya per klik yang dibutuhkan. Dengan begitu, proses promosi akan jauh lebih optimal dan efektif.

Sehingga, diharapkan penjualan produk dan kesempatan bersaing dengan toko lainnya akan lebih besar. Sementara itu, kamu hanya perlu menentukan anggaran harian sesuai budget yang kamu miliki.

Iklan Produk Akan Muncul di Halaman Strategis

Keunggulan lainnya dari Iklan Produk Otomatis Tokopedia adalah penempatannya pada halaman strategis. Misalnya pada halaman pencarian, keranjang, beranda, dan banyak lainnya.

Penempatan iklan ini akan membuat visibilitas produk dan toko yang kamu kelola akan semakin besar. Pembeli bisa menemukan produkmu dengan mudah, sehingga kesempatan untuk meningkatkan penjualan juga lebih besar.

Cara Memasang Iklan Produk Otomatis di Tokopedia

Setelah melihat keunggulannya di atas, kamu pasti udah enggak sabar ingin tahu bagaimana cara memasang iklan produk otomatis di Tokopedia, bukan?

Kamu enggak perlu khawatir meski baru memulai aplikasi ini, karena cara memasang iklan di Tokopedia sangat mudah. Cukup ikuti step by stepnya di bawah ini ya, Beautypreneurs!

  1. Masuk ke halaman Seller di akun Tokopedia kamu.
  2. Pilih menu Iklan dan Promosi
  3. Pilih Menu TopAds

Dalam  menu ini kamu secara otomatis akan diarahkan pada halaman TopAds. Untuk memastikan kamu tak salah langkah, cek kembali apakah kamu benar-benar berada pada tab Iklan Produk.

  • Klik Tambah Iklan Produk

Setelah kamu berada di halaman yang benar, langkah selanjutnya adalah dengan meng-klik ‘Tambah Iklan Produk’, seperti pada contoh berikut ini.

  • Pilih Iklan Otomatis

Setelah meng-klik ‘Tambah Iklan Produk’, akan muncul Pop Up seperti gambar di bawah ini. Pilih ‘IKlan Otomatis’ untuk memasang iklan produk otomatis yang kamu inginkan.

Nah, saat akan menggunakan iklan otomatis, kamu enggak perlu memilih produk yang diiklankan secara manual, ya. Karena pihak Tokopedia akan memilihkannya untukmu secara otomatis.

  • Menetapkan Anggaran Harian

Meski tidak memilih produk sendiri, kamu tetap harus menentukan besaran anggaran harian yang kamu keluarkan. Dengan ini juga kamu bisa melihat potensi maksimum klik harian berdasarkan besaran anggaran harian yang kamu tetapkan sebelumnya.

Misalnya, jika kamu menetapkan anggaran harian sebesar 50 rb per hari. Maka potensi maksimum klimu adalah 166 kali. Tapi bila kamu kurangi menjadi 25rb per hari maka potensi maksimum klikmu juga akan berkurang menjadi 83.

Sementara bila kamu tingkatkan menjadi 75 ribu per hari, besaran maksimum potensi juga akan meningkat jadi 250. Namun, pastikan juga anggaran yang kamu tetapkan ini sesuai dengan budget promosimu, ya.

  • Klik Iklankan

Setelah finish dengan penggaran dana kamu bisa langsung mengaktifkan iklan otomatis ini dengan klik tombol ‘iklankan’.

  • Pantau Peforma Iklan

Setelah iklan otomatis ini terpasang, kamu juga bisa memantau bagaimana keefektifan dan peforma iklan yang kamu pasang ini pada halaman TopAds.

Pastikan kredit topads yang kamu miliki cukup, agar iklan otomatis yang kamu buat juga dapat lebih aktif.

Setelah menggunakan iklan otomatis, kamu bisa menggunakan iklan headline dan iklan toko. Namun, kamu tidak bisa membuat iklan manual.

Tips Optimalisasi Iklan Otomatis

Agar hasil promosi yang kamu lakukan bisa jadi lebih efektif dan efisien, kamu bisa mengoptimalisasi Iklan Produk Otomatis yang kamu pasang dengan cara berikut ini!

Mengoptimalkan Anggaran Harian

Telah dikatakan sebelumnya, jumlah anggaran harian yang kamu tentukan akan berpengaruh pada besaran potensi maksimum klik yang kamu dapatkan.

Karenanya, semakin tinggi jumlah anggaran harian yang kamu tetapkan, maka semakin besar juga produk atau tokomu dijangkau oleh lebih banyak calon pembeli.

Pertimbangkan Rekomendasi Anggaran Harian

Dalam iklan produk otomatis, sistem juga bisa memberikan rekomendasi anggaran harian. Nah, kamu bisa mempertimbangkan rekomendasi ini untuk menghasilkan klik dan penjualan dengan optimal.

Pastikan Halaman Produk Sudah Optimal

Iklan apapun yang kamu pasang pada dasarnya bekerja membuat jangkauan produk menjadi lebih luas. Nah, untuk meningkatkan presentase klik tentu kamu perlu membuat iklan itu lebih standout, misalnya dengan membuat halaman produk lebih maksimal.

Misalnya memilih foto produk yang menarik dan berkualitas tinggi, nama produk yang jelas dan relevan, deskripsi yang rinci dan harga yang bersaing.

Iklan Produk Manual di Tokopedia

Jenis iklan produk di Tokopedia yang bisa kamu coba selanjutnya adalah Iklan Produk Manual. Sama seperti namanya, jenis iklan ini dibuat untuk membantumu mengatur dengan bebas produk yang akan kamu promosikan sesuai kebutuhanmu.

Didukung dnegan fitur biaya iklan dan kata kunci otomatis, penggunaan iklan manual ini bisa lebih mudah dan praktis. Kamu bsia mengatur biaya iklan dan kata kunci yang dapat membuat peforma toko online-mu lebih maksimal.

Namun, kalau kamu lebih nyaman mengaturnya sendiri, baik biaya maupun kata kunci ini juga bisa diatur secara manual, kok.

Ketika mengatur biaya iklan dan kata kunci secara manual, maka sangat diperlukan perhitungan yang tepat untuk bisa membuat iklan bersaing dan menghasilkan efek yang kamu inginkan.

Keuntungan Memasang Iklan Produk Manual di Tokopedia

Sebelum membahas cara iklan di Tokopedia dengan Iklan Manual, kamu bisa menyimak berbagai keuntungan memasang iklan produk manual berikut ini.

Fleksibilitas dalam Memilih Produk

Keunutngan yang pertama adalah fleksibilitas dalam menentukan produk mana yang akan dipromosikan.

Kalau Iklan Otomatis membuat sistem secara otomatis menentukan produk mana yang potensial, dengan menghitung jumlah klik dan pembelian produk. Tentu, produk yang kurang laku tidak akan mendapatkan kesempatan untuk dipromosikan.

Nah, kamu bisa menggunakan Iklan Manual untuk menaikkan awareness penjual terhadap produk yang kurang diminati tersebut.

Bebas Menentukan Biaya Promosi untuk Tiap Produk

Keuntungan lainnya adalah kamu bisa menentukan biaya promosi untuk tiap produk yang akan diiklankan. Tentu ini bisa membuatmu kian leluasa untuk menyusun strategi promosi, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tokomu.

Misalnya, untuk produk yang kurang dikenali, kamu bisa menentukan anggaran yang lebih kecil dibandingkan dengan produk dengan selling rate-nya tinggi.

Ada Pilihan Lebih Mudah Juga!

Meski kamu bisa menentukan produk-produk secara manual, tapi jenis iklan TopAds ini juga menyajikan fitur untuk memudahkan seller, lho. Yap! Kamu bisa juga mengatur biaya iklan dan kata kunci secara otomatis.

Cara Mengaktifkan Iklan Produk Manual di Tokopedia

Cara iklan di Tokopedia dengan Iklan Manual ini juga enggak kalah gampangnya dibandingkan dengan memasang Iklan Otomatis. Kamu bisa menyimak langkah-langkahnya di bawah ini lho, Beautypreneurs!

  1. Masuk ke halaman Seller Tokopedia lewat desktop maupun mobile. Setelah itu, kamu bisa pilih Iklan dan Promosi, kemudian Tingkatkan Kunjungan Pembeli, lalu meng-klik TopAds.
  2. Secara otomatis, kamu akan diarahkan ke halaman TopAds. Namun, jika belum kamu bisa meng-klik Mulai Beriklan serta memilih Iklan Manual.
  3. Memasukkan Nama Grup Iklan

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman Buat Iklan Manual. Dalam sesi ini kamu diminat untuk memasukkan nama grup iklan, seperti gambar berikut.

Tips memaksimalkan grup iklan:

FYI Guys, grup iklan ini merupakan kumpulan beberapa jenis produk yang ingin kamu iklankan. Nah, untuk membuatnya lebih optimal, kamu bisa memilih produk dengan ulasan produk yang bagus, minimal lima hingga sepuluh ulasan baik.

Juga pastikan grup iklan ini memiliki produk dengan jenis yang sama, baik kategori maupaun jenis kata kunci yang digunakan.

  • Pilih Produk yang Ingin Diiklankan

Setelah itu, pilih produk yang ingin diiklankan, berdasarkan kategori, merk, atau jenis produk dalam satu grup yang telah ditentukan sebelumnya.

Tipsnya, kamu bisa memilih produk dengan ulasan terbanyak, rating yang bagus, dan masuk ke dalam banyak wishlist.

  • Tentukan Biaya dan Kata Kunci yang Diinginkan

Cara iklan di Tokopedia selanjutnya adalah dengan menentukan biaya dan kata kunci yang relevan. Ada dua cara yang bisa kamu coba, baik secara otomatis atau secara manual.

  1. Secara Otomatis

Ketika mengatur secara otomatis, kamu hanya perlu menentukan jenis dan besaran anggaran harian yang akan dikeluarkan.

Cukup klik Atur Otomatis, kemudian pilih salah satu jenis anggaran harian, yakni Dibatasi atau Tidak Dibatasi. Setelah itu, klik Simpan.

  • Mengatur Secara Manual

Dengan cara ini kamu bisa memasukkan biaya per klik sebesar yang kamu inginkan, penghitungannya pun akan diakumulasi dari jumlah ‘klik’ yang dilakukan oleh pembeli di luar hasil pencarian kata kunci.

Caranya mudah, pilih Atur Manual dan masukkan biaya yang diinginkan. Kemudian tambahkan kata kunci yang relevan dan pilih Anggaran Harian. Setelah selesai, klik Simpan.

Tips untuk mendapatkan kata kunci yang efektif adalah sesuaikan dengan produk kamu, pilih yang spesifik untuk lebih efisien.

Namun, jika kamu ingin meningkatkan visibilitas produk, pilih kata kunci yang lebih umum. Pertimbangkan juga rekomendasi biaya per klik, agar produkmu bisa muncul di halaman depan.

Seputar Anggaran Harian untuk Iklan Manual

Banyak seller yang masih membingungkan perkara anggaran harian ini. Sebenarnya wajar banget, apalagi enggak semua iklan juga berjalan efektif dan efisien sesuai dengan keinginan kamu.

Untungnya, anggaran harian ini bisa kamu tentukan dan sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Tak hanya itu, dengan biaya per-klik, artinya kamu hanya membayar iklan yang efektif dan dijangkau oleh target pasar yang tepat.

Cara kerjanya, semakin tinggi anggaran harian ini, maka semakin besar pula potensi produk yang diiklankan untuk menjangkau lebih banyak audience. Untuk mengontrol besarnya anggaran, kamu bisa mengatur kapan anggaran ini dihentikan atau dilanjutkan.

Tips Mengoptimalkan Iklan Manual Agar Lebih Efektif

Tentu setiap kegiatan promosi memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu pun ketika kamu menggunkaan iklan produk di Tokopedia.

Nah, untuk meraih tujuan yang kamu inginkan ini dengan maksimal, kamu perlu menerapkan beberapa tips mengoptimalkan iklan manual berikut ini!

Memilih Produk dengan Ulasan Paling Tinggi

Ketika akan mengatur iklan produk di Tokopedia secara manual, ada baiknya untukmu menggunakan produk kosmetik yang paling banyak dibeli dan memiliki ulasan tinggi.

Sebab, sebagian besar pembeli akan sangat mempertimbangkan adanya ulasan tinggi dan testimoni yang ditinggalkan oleh konsumen sebelumnya.

Menentukan Kata Kunci yang Tepat dan Relevan

Tips mengoptimalkan iklan produk manual di Tokopedia selanjutnya adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat dan relevan. Artinya, kata kunci ini harus bisa menggambarkan produk yang kamu jual dengan baik.

Dengan begitu, iklan produk di Tokopedia ini dapat menarik dan menjaring pembeli potensial untuk meng-klik campaign yang kamu buat.

Pastikan Grup Iklan yang Dibuat Sudah Optimal

Langkah selanjutnya adalah dengan memastikan grup iklan yang dibuat telah maksimal, yakni kamu sudah menempatkan produk dengan kategori serupa dan memiliki kata kunci yang sama.

Ini akan membantu produk satu dan lainnya untuk muncul ketika konsumen menggunakan kata kunci pencarian produk terserbut.

Gunakan Foto dan Video Produk yang Menarik untuk Maksimalkan Campaign

cara mendapatkan modal usaha (4)

Selain menggunakan tip pengoptimalan iklan produk di Tokopedia yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu juga harus mempetimbangkan aspek visual dari iklan tersebut.

Karena sistem jualan ini dilakukan secara online, aspek visual memegang peranan yang sangat penting untuk membuat konsumen tertarik dan melakukan pembelian.

Nah, dengan begitu kamu harus bisa menyediakan foto dan video produk kosmetik brand-mu dengan menarik serta berkualitas tinggi.

Kamu tidak punya tim yang mumpuni untuk masalah ini? Well, dengan maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia kamu enggak perlu khawatir lagi soal media promosi ini.

Sebab, kami memiliki tim Multimedia yang ahli banget soal pembuatan desain produk, juga mencipatakan katalog dan brosur yang ciamik. Plus! Bisa bikin foto dan video produk yang badai abis!

Nah, tunggu apalagi? Segera buat produk kosmetikmu bersama tim Mash Moshem Indonesia dan dapatkan banyak pelayanan super menarik!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment