Potensial Banget, Ini Dia Cara Iklan di Facebook yang Harus Kamu Tahu

Sebelum belajar mengenai cara iklan di Facebook, tahukah kamu kalau Indonesia menjadi negara dengan pengguna Facebook terbesar nomor tiga di dunia?

Dilansir dari Databoks, Indonesia berada satu nomor di bawah Amerika, sebagai negara dengan pengguna Facebook paling besar di dunia. Untuk lebih jelasnya simak grafiknya di bawah ini.

Dalam grafik di atas, kamu bisa menyimak bahwa Indonesia menyumbang 140 juta pengguna aktif Facebook per Juli 2021. Sementara itu, India menempati posisi pertama dengan jumlah 340 juta pengguna aktif. Amerika tepat menyusul di belakang dengan jumlah penngguna aktif sebanyak 200 juta.

Melihat tingginya pengguna Facebook dari tahun ke tahun, kamu pasti menyadari bahwa media sosial ini sangat potensial jika digunakan sebagai sarana promosi dan branding.

Media sosial ini memungkinkan jangkauan yang lebih luas dan strategis pada target pasar yang kamu inginkan. Tak hanya itu, proses promosi dan branding pun akan jauh lebih mudah dan efisien untuk diterapkan.

Nah, menyadari betapa pentingnya untukmu mengetahui strategi pemasaran di Facebook sebagai brand cosmetic owner.

Kami merangkumkan semua informasi mengenai cara iklan di Facebook dan apa saja hal yang perlu kamu siapkan dalam prosesnya.

Pasti kamu udah enggak sabar kan? Langsung cek penjelasan rincinya di bawah ini ya, Beautypreneur!

Apa sih Facebook Ads Itu?

Facebooks Ads merupakan salah satu fitur yang ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai media iklan atau promosi.

Iklan Facebook ini biasnaya ditempatkan pada beranda atau sidebar. Jenis Facebook Ads pun cukup beragam, misalnya dari bentuknya ada iklan video dan gambar. Semua jenis iklan ini bisa disesuaikan dengan kategori dan tujuannya, misalnya untuk menaikkan traffic, lead, dan lain sebagainya.

Kelebihan Beriklan dengan Facebook Ads

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa cara iklan di Facebook sangat penting untuk dipelajari? Well, selain karena jumlah pengguna aktif media sosial ini yang sangat banyak dan bakalan terus meningkat, ada banyak keuntungan lain yang sebenarnya bisa kamu dapatkan.

Apa aja? Langsung cek kelebihan beriklan dengan Facebook Ads berikut ini, ya!

Audience yang Aktif

Apa sih tujuan utama dari pembuatan iklan? Well, tentu untuk menjangkau dan di-notice oleh target pasarnya.

Nah, Facebook dapat memberikan sarana untuk menjangkau target pasar yang kamu inginkan tersebut. Karena tak cuma berlimpah, pengguna Facebook juga aktif.

Bahkan, Facebook menjadi media sosial dengan pengguna aktif paling tinggi nomor dua di Indonesia, setelah YouTube. Dilansir dari Niagahoster, disebutkan juga bahwa pengguna Facebook menghabiskan waktu mereka rata-rata tiga jam per hari.

Demografi Audiens yang Beragam

Selain audience yang aktif, demografi audience Facebook juga sangat beragam. Dilansir dari We Are Social, diketahui bahwa jumlah pengguna Facebook sangat bervariasi jika dilihat dari usia penggunanya. Untuk lebih jelasnya simak grafik yang ada di bawah ini.

Dalam grafik tersebut terlihat bahwa dari seluruh jumlah pengguna Facebook saat itu, 44 persen penggunanya berada di rentang usia 20 hingga 29 tahun. Kemudian, disusul kategori terbesar nomor dua yakni 33 persen merupakan kelompok usian 13 hingga 19 tahun.

Sementara itu, 15 persennya diisi pengguna dengan rentang usia 30 hingga 39 tahun. Dan 8 persennya diisi oleh masyarakat lebih dari 40 tahun.

Selain itu, data dari We Are Social tahun 2018, dikatakan bahwa 55 persen pengguna Facebook adalah perempuan, dan sisanya 44 persen adalah laki-laki.

Dengan beragamnya demografi audience ini, maka semakin besar juga jangkauan iklan yang akan kamu buat nantinya.

Target Iklan Lebih Spesifik

Meski memiliki jumlah audience yang besar dan demografi yang beragam, Facebook Ads memungkinkanmu untuk mengatur iklan yang akan dibuat dengan memilih target sespesifik mungkin.

Kamu bisa mengatur target iklan di Facebook ini berdasarkan lokasi audience yang akan diraih, usia, hobi, hingga minat mereka.

Jadi kamu bisa menjangkau target audience dengan lebih luas, namun tetap terarah dan lebih spesifik.

Lebih Optimal daripada Jangkauan Facebook Organik

Kamu mungkin telah lebih dulu melakukan pemasaran lewat postingan organic di Facebook selama ini. Dan, barangkali kamu telah memiliki fanpage bisnis dengan jumlah followers yang cukup tinggi.

Sayangnya, Jangakauan Facebook organic ini tidaklah cukup. Karena kini Facebook telah menerapkan sistem timeline non-linear, yang cenderung membuat pengikut kamu terlambat atau bahkan melewatkan promosi yang kamu lakukan.

Inilah sebabnya Facebook Ads diperlukan, kamu bisa menjangkau dan menjaring audience baru dengan lebih optimal. Dibanding dengan hanya mengandalkan konten organic saja.

Remarketing

Keuntungan lain ketika menggunakan Facebook sebagai media iklan adalah fitur remarketing yang ditawarkannya. Yap! Sama halnya dengan Google Ads, fitur ini bisa membantu kamu untuk menyematkan iklan di berbagai platform yang bekerja sama dengan Facebook.

Dengan kata lain, hanya menggunakan satu fitur ini kamu bisa menaruh ikaln ini di beberapa platform sekaligus.

Sehingga, kamu bisa mempertahankan dan meningkatkan intensitas ketertarikan dari target pasar kamu lewat iklan yang tersebar di Facebook dan platform tautan lainnya tersebut.

Bisa Digunakan untuk Berbagai Tujuan Marketing

Menariknya lagi, Facebook Ads memberikan kemungkinan jangkauan yang luas dan bisa digunakan untuk berbagai tujuan marketing. Mulai dari meningkatkan awareness terhadap brand atau produk, mendapatkan traffic yang diinginkan, leads, dan banyak lainnya.

Kamu bisa memfokuskan kegiatan iklan dan membuat kampanye menjadi lebih efektif dengan memilih tujuan marketing yang paling kamu butuhkan.

Biaya Facebook Ads yang Lebih Mudah Dikontrol

Salah satu kelebihan beriklan di Facebook lainnya adalah biaya Facebook Ads yang lebih mudah dikontrol dan terbilang lebih murah.

Facebook Ads menyediakan fitur untuk mengatur seberapa besar anggaran iklan yang akan kamu keluarkan per hari dan per tahun. Kamu bisa menyesuaikan anggaran tersebut sesuai dengan kebutuhan, jangkauan, dan efek yang kamu inginkan.

Selain itu, media promosi online ini pun menyediakan fitur pengoptimalan anggaran iklan untuk memaksimalkan jangakauan iklan lewat biaya yang relative terjangkau.

Bahkan, ketika kamu telah mahir menentukan target potensial dari iklan tersebut, Facebook akan memberikan harga iklan yang sangat rendah.

Jenis Facebook Ads

Facebook Ads menawarkan banyak fitur dan keutungan pada penggunanya, termasuk menyediakan berbagai jenis iklan yang bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin.

Well, berikut beberapa jenis Facebook Ads yang bisa kamu sesuaikan dengan strategi dan konsep bisnis yang kamu jalankan. Simak baik-baik, ya!

Facebook Photo Ad

Jenis iklan facebook yang pertama adalah Facebook Photo Ad. Terbilang mudah, kamu hanya perlu menambahkan foto, tombol CTA, dan menyertakan link yang jadi tujuan.

Photo Ad sangat cocok digunakan untuk mempromosikan produk kosmetik yang kamu inginkan. Karena audience akan langsung mengamati gambar produk kosmetik yang ditawarkan.

Karenanya, kamu perlu menggunakan foto dengan kualitas yang sangat bagus, baik dari resolusi, pengambilan gambar, juga ilustrasi yang tepat. Pastikan juga ukuran dari konten Facebook Photo Ad ini juga sesuai, ya.

Facebook Video Ad

Jenis iklan yang kedua adalah video Ad, sesuai namanya bentuk dari iklan ini berupa video. Facebook Ad terbilang lebih atraktif dan memberikan kesan yang lebih dinamis dibanding Photo Ad.

Tak hanya itu, ketika membuat iklan dengan format video kamu pun bisa mengaplikasikan beberapa tujuan seklaigus. Misalnya untuk meningkatkan karakter brand, menarik perhatian audience dengan lebih efektif, serta dapat mengarahkan konsumen untuk melakukan tindakan tertentu.

Yang perlu diperhatikan, Facebook Video Ad memiliki aturan tersendiri dalam durasi video. Seperti dalam gambar di bawah ini.

Kamu bisa menyesuaikan durasi video sesuai dengan kebutuhanmu. Namun, untuk sebuah kampanye, ada baiknya untuk tidak membuat video terlalu panjang dan monoton.

Akan lebih baik membuat iklan yang terkesan ringkas, ringan, dan lebih mudah dipahami. Penonton pun enggak akan mudah bosan denga napa yang kamu tampilkan.

Slideshow

Jenis konten iklan Facebook lainnya adalah slideshow, yang bisa membantu mengiklankan berbagai produk yang kamu jual dalam satu postingan.

Karena dalam konten slideshow kamu bisa mengombinasikan gambar, teks (bentuk microblog), video, hinga suara. Dengan begitu informasi mengenai produk yang akan kamu jual pun akan jadi lebih maksimal.

Untuk mendukung kegiatan promosi di Facebook yang kamu lakukan, platform ini menyediakan jumlah slideshow dari 3 sampai 10 gambar, lho!

Selain itu, untuk membuat tiap konten menarik, kamu bisa memberikan efek tersendiri pada tiap gambar. Namun, tetap perhatikan konektivitasnya agar konten slideshow kamu jauh lebih tertata.

Carousel

Hampir mirip dengan konten slideshow, jenis iklan Facebook yang akan kita bahas selanjutnya adalah Carousel. Well, lantas apa bedanya iklan slideshow dengan carousel? Langsung amati ilustrasinya di bawah ini, ya!

Dari ilustrasi di atas, kamu dapat melihat kalau konten slideshow memungkinkan tiap gambar untuk muncul secara bergantian pada satu tampilan. Beda halnya dengan carousel yang langsung membuat beberapa gambar dalam satu tampilan yang sama.

Bagian yang menarik lainnya adalah kamu bisa menyematkan Call to Action (CTA) pada tiap gambar. Dengan begitu, kamu dapat memiliki lebih banyak konversi dari tiap promosi produk yang kamu buat.

Instant Experience

Lain halnya dengan jenis Facebook Ads yang telah dibahas sebelumnya, instant experience dibuat untuk membantu promosi pada seluler berjalan lebih optimal. Dengan jenis iklan ini, audience pun bisa mendapatkan konten yang jauh lebih interaktif.

Cara iklan di Facebook ini bekerja mirip dengan iklan pada stories Instagram. Audiens dapat menggeser gambar, menonton video dan mendengarkan audio, swipe konten, dan masih banyak lainnya. Selain itu, iklan akan jadi lebih menarik karena tayangannya dibuat full-screen.

Koleksi

Koleksi merupakan jenis iklan di Facebook yang sangat berkaitan dengan pengalaman instan pengguna. Sebagai gambaran, kamu bisa simak ilustrasinya di bawah ini.

Cara Membuat Halaman di Facebook

Untuk memulai cara iklan di Facebook kamu bisa memulainya dengan membuat halaman untuk bisnis atau brand kosmetikmu terlebih dahulu.

Cara membuat halaman Facebook ini enggak rumit, kok. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkahnya di bawah ini.

Buka Facebook Pages

Langkah pertama adalah dengan membuka Facebook Pages, kemudian pilih jenis halaman yang bisa menggambarkan brand atau bisnis kamu.

Pilih Kategori

Setelah itu, pilih kategori bisnis dan masukkan nama perusahaan / brand / toko online yang kamu miliki. Kemudian lanjutkan proses pembuatan halaman ini dengan meng-klik tombol Mulai.

Lengkapi Informasi Perusahaan

Langkah selanjutnya adalah melengkapi informasi perusahaan, misalnya dengan mencantumkan foto logo, alamat kantor, nomor telepon CS, tautan untuk terhubung dengan media lain dari usaha atau brand kamu.

Unggah Foto Profil

Foto profil menjadi sangat penting untuk menandai bisnis kamu, atau dengan kata lain menjadi bagian dari identitas brand. Foto profil ini bisa diisi dengan logo perusahaan atau brand kosmetik yang kamu miliki.

Unggah Foto Sampul

Tambahkan Foto Sampul halaman Facebook brand kamu, bisa diisi dengan desain yang menarik ataupun dengan foto karyawan dan kantor kamu.

Selesai!

Well, setelah semua pernak-pernik di atas selesai kamu isi tinggal klik Selesai sebeagai langkah terakhir. Dan kamu sudah punya halaman official di Facebook untuk brand atau usaha online kamu.

Cara Iklan di Facebook Ads dengan Mudah dan Simple

Kalau halaman sudah dibuat, maka kamu bsia melanjutkan cara iklan di Facebook untuk menaikkan awareness produk dan brandmu.

Enggak perlu taku ribet, karena langkahnya cukup mudah, lho! Kamu hanya perlu mengikuti cara iklan di Facebook Ads berikut ini!

Buka Facebook Ads

Cara iklan di Facebook yang pertama adalah membuka lama Facebook Ads Manager. Seperti gambar berikut ini.

Untuk masuk ke halaman di atas, kamu harus sudah login ke akun Facebook yang digunakan untuk membuat halaman Facebook sebelumnya.

Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Kalau kamu sudah masuk ke halaman Facebook Ads Manger, cara iklan di Facebook selanjutnya adalah dengan memilih menu Kampanye dan klik Buat Iklan.

Setelah itu, secara otomatis Facebook akan memberikan dua pilihan pembuatan iklan kepadamu, yakni Pembuatan Iklan Terpadu dan Pembuatan Iklan Cepat. Seperti dalam gambar berikut ini.

Kamu bisa memilih jenis iklan yang kamu inginkan. Yang paling direkomendasikan adalah Iklan Terpadu, karena kamu bisa membuat tujuan iklan jadi lebih spesifik dan dapat bekerja lebih efisien.

Tentukan Tujuan Iklan

Tentu dalam membuat kampanye kamu pasti memiliki target yang ingin dicapai. Nah, dengan beriklan di Facebook kamu bisa menyesuaikan kampanye ini dengan tujuan atau target iklan.

Media sosial ini menyediakan tiga tujuan iklan yang memiliki kriteria dan kategori berbeda-beda, yakni berkaitan dengan Kesadaran, Pertimbangan, serta Konversi.

Kesadaran

Tujuan pertama adalah kesadaran, yakni berkaitan dengan awareness pembeli atau audience kepada brand dan produk yang kamu kampanyekan. Secara otomatis, Facebook Ads akan menjangkau audience yang paling potensial dan tertarik dengan brand kamu.

Jangakauan yang ditawarkan pun dapat menampilkan iklan kamu pada jumlah maksimal, sesuai dari anggaran yang telah kamu tetapkan di awal.

Pertimbangan

Yang dimaksud dengan pertimbangan ini addalah banyak aspek dari brading yang ingin kamu capai. Misalnya peningkatan traffic yang kamu inginkan, interaksi dengan pembeli, penggunaan aplikasi, penayangn video, CTA, dan masih banyak lainnya.

Agar lebih jelas, kita bahas satu-satu, ya!

Traffic

Hal yang membuat kampanye facebook menarik adalah kemampuan media sosial ini dalam mengubungkan berbagai media sosial dan promosi yang kamu gunakan.

Salah satunya adalah dengan menaikkan traffic website, media sosial, YouTube lain yang kamu miliki.

Interaksi

Tujuan ini sangat cocok digunakan kalau kamu mau mendapatkan banyak interaksi pada postingan, halaman, juga tanggapan pada berbagai promo yang kamu selenggarakan.

Penayangan Video

Selain meningkatkan kunjungan Website, kamu bisa meningkatkan penayangan video yang kamu buat dengan Facebook Ads.

Pembuatan Prospek

Facebook Ads juga bisa membantu mengumpulkan data dari orang yang memiliki ketertarikan pada produk, atau setidaknya pada kategori barang/brand yang kamu miliki.

Pesan

Di dalam halaman Facebook Official yang sebelumnya juga dicantumkan alamat email dan nomor WhatsApp bisnis. Nah, penggunaan Facebook Ads bisa membantu mengajak target audience kamu untuk mengirim pesan pada info kontak tersebut.

Konversi

Tujuan ketiga yang disediakan oleh Facebook Ads adalah Konversi. Yang biasanya dibuat untuk meningkatkan jumlah pembeli pada website official yang kamu miliki.

Selain itu konversi juga bisa menampilkan iklan mengenai produk dari katalog toko maupun brand yang kamu miliki, sesuai dengan target audience yang telah ditentukan.

Tak hanya itu, konversi juga bisa meningkatkan kunjungan pembeli pada toko offline atau fisik yang kamu miliki.

Klik Tujuan Iklan Pilihanmu

Setelah mempertimbangkan berbagai tujuan iklan yang ingin digunakan dan cocok dengan bisnismu, kamu bisa mengklik tujuan iklan tersebut.

Pilih Jenis Iklan Facebook

Facebook menyediakan dua jenis iklan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yakni Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Kamu bisa memilih salah satu dan mengoptimalkannya sesuai dengan tujuan atau kebutuhan promosi.

Iklan uji split akan memungkinkan kamu untuk membuat dua jenis iklan dengan konten hampir serupa. Target audience pun akan dibagi menjadi dua dengan peluang melihat jenis iklan yang berbeda juga. Tujuannya, kamu bisa melihat konten mana yang dinilai lebih menarik atau meningkatakan trafik.

Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Langkah selanjutnya dalam cara iklan di Facebook adalah dengan menulis nama iklan dan tujuan pembuatannya.

Caranya, kamu hanya perlu menulis nama iklan atau kampanye yang kamu buat, kemudian mengecek peforma iklan di FB Ads. Setelah itu, kamu bisa memilih tujuan trafik, misalnya diarahkan ke penjualan, YouTube, dan lain sebagainya.

Tampilkan Promo

Cara iklan di Facebook selanjutnya adalah dengan menampilkan status promo. Ketika kamu sedang menjalankan binis, kamu harus mencentang pilihan promo agar kampanye yang kamu lakukan dapat terus berjalan.

Tentukan Target Audience

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa target audience bisa berperan penting dalam efisiensi iklan. Karenanya kamu harus menentukan target konsumen yang potensial berdasarkan demografi mereka, termasuk bahasa yang digunakan, jenis kelamin, ketertarika, dan sebagainya.

Kamu bisa mencari tahu tentang cara menentukan target pasar di sini.

Tentukan Penempatan

Cara iklan di Facebook selanjutnya adalah menentukan penempatan iklan ditampilkan. Di sini kamu bisa memilih penempatan iklan otomatis atau manual.

Jika secara otomatis, Facebook akan membantu menampilkan iklan pada temapt-tempat yang memiliki kinerja paling optimal dan relevan dengan jenis campaign-mu.

Pilih Jadwal

Setelah menentukan penempatan, kamu harus memilih jadwal penayanagan iklan yang kamu buat tersebut. Misalnya pada gambar berikut ini!

Pilih Format Iklan

Langkah selanjutnya adalah memilih format iklan yang diinginkan. Format yang dimaksuda adalah jenis iklan yang telah dibahas sebelumnya, misalnya karousel, slide picture, dan banyak lainnya.

Buat Teks / Deskripsi

Meski aspek visual sangat penting, kamu juga harus memperhatikan teks dan copy yang kamu gunakan. Sebaiknya, kamu harus membuat deskripsi yang menarik, tak terlalu panjang, dan bisa dengan mudah dipahami oleh target konsumen kamu.

Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Tautan

Kalau sudah menulis copy yang menarik, kamu bisa memilih judul iklan dan memasukkan tautan yang diinginkan, juga gambar ryang sangat mendukung.

Gambar ini harus sesuai dengan deskripsi atau teks copy yang sebelumnya telah dibuat. Kamu juga harus menyiapkan gambar dengan ukuran sesuai dengan format iklan yang kamu pilih.

Selanjutnya, ketika menyusun judul usahakan kamu bisa menark pelanggan dalam sekali lihat. Sehingga kemungkinan audience untuk meng-klik iklan tersebut pun akan lebih besar.

Untuk mendapatkan gambar dengan kualitas tinggi kamu memerlukan tim multimedia dan digital marketing yang berpengalaman. Nah, meski banyak ditemukan, tapi jasa-jasa ini enggak bisa juga dibilang murah, lho!

Alih-alih membiarkanmu repot sendiri, Mash Moshem Indonesia memberikan paket lengkap buat kamu yang mau maklon kosmetik.

Yap! Tak hanya membantu membuat produk kosmetik yang kamu inginkan, kami juga akan memberikan layanan pembuatan media promosi produk / brand kosmetik kamu.

Mulai dari foto / video produk, video company profile, hingga berbagai jenis katalog, brosur, dan FAQ!

Gimana, menarik bukan?

About Author

Related posts

Leave a Comment