Facebook Ads Library: Definisi dan Beragam Manfaatnya untuk Bisnis

facebook ads library adalah

Facebook saat ini masih menjadi sosial media paling popular di dunia. Begitupun di Indonesia. Tak heran bila sosial media yang satu ini menjadi sasaran para pebisnis untuk promosi. Selain penggunanya yang banyak, fitur-fitur yang canggih juga menjadi pertimbangan tersendiri. Salah satu fitur tersebut adalah Facebook Ads Library.

Fitur ini mungkin sudah cukup akrab di telinga kalian. Apalagi buat kamu suka beriklan di Facebook. Namanya juga Ads, fitur ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan iklan.

Jadi jika kamu ingin beriklan di Facebook, wajib hukumnya untuk mengikuti artikel ini hingga selesai. Sebab artikel ini akan membahas tuntas mengenai Facebook Ads. Mulai dari pengertian, manfaat hingga penerapannya.

Bahkan dengan menggunakan Facebook Ads Library ini, kamu juga bisa mengetahui iklan yang dilaukukan oleh kompetitor. Jadi kamu bisa menganalisis dan merancang strategi baru untuk ke depannya. Seperti apa penjelasan mengenai Facebook Ads Library selengkapnya?

Baca artikel ini hingga selesai, ya.

Apa Itu Facebook Ads Library?

Facebook Ads Library menjadi aspek yang sangat penting bagi para marketer. Dengan menggunakan Facebook Ads Library kamu bisa memantau dan melihat detail dari sebuah iklan. mulai dari kapan pertama kali iklan tersebut di buat, kapan pertama kali perusahaan tersebut beriklan, apa saja isi teks di dalamnya, hingga bentuk visual dari iklan tersebut.

Jika didefinisikan secara singkat, Facebook Ads Library adalah fitur gratisan yang dibuat oleh Facebook untuk melihat dan memantau sebuah iklan di perusahaan Meta. Termasuk Instagram, Facebook, Messenger dan Audience Network.

Yang lebih menggiurkan lagi dari platform yang satu ini adalah sifat transparansinya. Yakni kamu bisa melihat dan memantau iklan yang dilakukan oleh kompetitor. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengakses semua iklan di Facebook Ads Library meski tanpa akun Facebook.

Penawaran yang transparan inilah yang menguntungkan para pebisnis. Sebab mereka bisa memantau pergerakan iklan yang dilakukan kompetitor. Tentu hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pebisnis untuk menentukan strategi promosi untuk ke depannya.

Pentingnya Riset Iklan Kompetitor

Dalam berbisnis, kompetitor menjadi indikasi yang cukup penting. Sebab dengan mengetahui strategi kompetitor, kamu juga bisa mengukur seberapa sukses promosi yang kamu lakukan.

Selain itu masih banyak aspek penting lainnya yang akan kamu dapatkan ketika melakukan riset iklan kompetitor. Berikut daftarnya:

Sebagai Inspirasi dan Memenangkan Persaingan Bisnis

Dengan meriset iklan yang dilakukan oleh kompetitor, secara otomatis kamu akan mengetahui segala hal mengenai iklan tersebut. Mulai dari visual, gaya dan tata bahasa hingga respon audience tentang iklan itu. Nah, dari situlah kamu bisa merencanakan strategi yang lebih matang untuk perusahaan.

Tentu saja tidak plagiat. Kamu bisa mengambil beberapa hal yang menarik dan mengaplikasikannya pada iklan promosimu. Dengan begitu iklan yang kamu buat bisa mendapat atensi lebih. Sehingga kamu bisa menang dalam strategi berbisnis.

Lebih Mengenal Peta Kompetisi Bisnis

Selain sebagai inspirasi dan untuk memenangkan persaingan bisnis, kamu juga bisa lebi mengenal peta kompetisi bisnis. Saat melihat iklan yang dilakukan oleh kompetitor, kamu bisa menilai apakah iklan tersebut sukses dan mendapat respon positif dari masyarakat atau justru sebaliknya.

Jika iklan tersebut mendapat respon yang positif dan cukup sukses, kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai acuan dan inspirasi untuk ke depannya.

Namun jika iklan tersebut tidak sukses, kamu juga bisa mengambil antisipasi untuk tidak mengulang kesalahan yang sama dengan kompetitor. Sehingga strategi bisnis dan kompetisimu akan lebih tertata.

Itulah beberapa aspek peting yang perlu kamu ketahui jika menggunakan Facebook Ads Library. Namun perlu digaris bawahi bahwa meriset kompetitor juga perlu dilakukan strategi khusus. Nah, untuk itu ada beberapa hal yang wajin kamu pehatikan saat meriset iklan pada kompetitor. Berikut penjelasannya.

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Riset Iklan Kompetitor

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa melakukan riset iklan pada kompetitor tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat meriset iklan pada kompetitor. Apa saja? Berikut penjelasan dan detail selengkapnya:

Tanggal Penayangan Iklan

Hal penting pertama yang wajib kamu perhatikan adalah tanggal penayangan iklan. Meski terlihat sepele, ternyata aspek yang satu ini dapat menghindarkan kamu dari kerugian dalam berbisnis.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk beriklan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jadwal iklan yang dipasang oleh kompetitor.

Sebagai contoh kompetitormu yang lebih besar akan mengadakan flash sale dalam rentan waktu tertentu. Menyadari bahwa perusahaan tersebut lebih besar dari perusahaanmu, kamu bisa mengambil strategi mundur dan tidak melakukan hal yang sama diwaktu yang bersamaan.

Sebab tentu saja perusahaan yang lebih besar akan mendapat atensi yang lebih. Sebab mereka akan membawa massa yang lebih banyak. Namun jika kamu memilih waktu yang lebih mundur, iklan yang kamu buat juga akan lebih berefek ke penjualan.

Karena persaingan pun semakin kecil. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengambil beberapa strategi kompetitor ketika sedang melakukan flash sale.

Jenis dan Platform Iklan

 Hal penting selanjutnya yang perlu kamu perhatikan ketika meriset kompetitor adalah jenis dan platform iklan yang digunakan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis iklan. seperti video, gambar, ataupun carousel.

Dengan mengetahui jenis iklan apa yang digunakan kompetitor, kamu bisa menemukan inspirasi untuk promosi iklanmu. Juga bentuk mana yang pasa sesuai dengan platform yang akan kamu gunakan. Sebab tenyata berbeda platform, berbeda pula jenis iklan yang digunakan.

Misalnya di Instagram lebih cocok menggunakan iklan dalam bentuk video dan gambar. Sedangkan di Facebook cocok untuk gambar dan teks. Dengan mengetahui jenis dan platform iklan yang tepat ini, kamu bisa membuat iklan yang tepat untuk promosi ke depannya.

Visual Iklan

Dengan memahami visual iklan milik kompetitor, kamu juga akan dipermudah untuk membuat promosi yang menarik. Secara umum, visual iklan ini akan membranding perusahaan. Mulai dari pemilihan warna, bahasa hingga pola di dalamnya.

Kamu bisa memperhatikan stategi yang digunakan di dalamnya. Mulai dari penggunaan meme ataupun strategi before dan after produk. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa meniru pola iklan kompetitor yang disukai masyarakat.

Copywriting Iklan

Copywriting pada iklan juga merupakan aspek yang cukup penting. Sebab tak bisa dipungkiri bahwa anatormi pada Facebook Ads Library terdiri dari teks. Yakni teks utama, headline dan desakribsi. Ketiga hal tersebut sangat penting ketika kamu akan beriklan di Facebook.

Ada beberapa identifikasi yang harus kamu cek pada copywriting kompetitor. Yang pertama adalah penggunaan bahasa atau bagaimana cara mereka menarik pada audience. Kamu bisa melihat hal ini dari caption yang digunakan.

Kedua merupakan keyword atau kata kunci yang sering muncul. Selanjutnya yang ketiga adalah pemilihan kata ketika melakukan penawaran. Ketika kamu mempelajari ketiga hal tersebut dari kompetitor, kamu akan lebih mengetahui bahasa apa yang akan kamu gunakan untuk promosi.

Penasaran bagaimana cara bikin copywriting untuk brand kosmetikmu? Simak tipsnya di sini!

Durasi dan Waktu Iklan Dijalankan

Selain copywriting iklan, durasi dan waktu iklan yang dijalankan juga cukup penting. Hal ini bisa menghindarkan kamu dari kerugian. Kamu bisa mengamati apakah iklan jika dijalankan pada waktu tertentu dapat membawa dampak yang cukup signifikan untuk penjualan.

Misalnya ketika kompetitor melakukan iklan di momen kemerdekaan dengan durasi waktu satu bulan. Jika iklan tersebut cukup sukses, kamu bisa menirunya. Namun jika tidak, kamu bisa melakukan antisipasi dengan cara merencanakan strategi yang lain.

Relevansi dengan Bisnis

Perlu diperhatikan pula bahwa aspek penting lain yang harus kamu perhatikan adalah relevansi bisnis. Tidak semua iklan yang dilakukan oleh kompetitor cocok dengan  bisnismu. Oleh karena itu kamu juga perlu memilah mana yang relevan untuk bisnis yang sedang kamu jalankan.

Nah, itulah beberapa aspek penting yang harus kamu perhatikan ketika meriset iklan kompetitor. Lantas bagaimana sih cara menggunakan Facebook Ads Librabry? Well, untuk kamu yang ingin menggunakan fitur yang satu ini, wajib baca sampai selesai.

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Setelah mengetahui definisi, manfaat hingga strategi saat meriset kompetitor, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara menggunakan Facebook Ads Librabry. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak ulasannya berikut.

Akses Facebook Ads Library

Tentu saja langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengakses Facebook Ads Library. Fitur ini memang bisa diakses tanpa menggunakan Facebook. Namun alangkah baiknya disarankan untuk log in Facebook terlebih dahulu.

Sebab menurut beberapa pengalaman para marketer, akan lebih sulit dan tidak efisien jika tidak log in ke Facebook terlebih dahulu. Selain itu ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika melakukan log in terlebih dahulu. Salah satunya adalah dapat melakukan report ads untuk iklan yang dirasa tidak pantas.

Menggunakan Kolom Pencarian

Langkah selanjutnya adalah menggunakan kolom pencarian. Dalam kolom pencarian ini kamu bisa memfilter iklan berdasarkan beberapa opsi. Yakni filter negara, filter jenis iklan, dan kolom pencarian. Kamu juga bisa memfilter iklan berdasarkan jenisnya.

Hal ini juga sangat menguntungkan untuk kamu yang baru saja merintis bisnis. Sebab dengan menggunakan kolom pencarian ini, kamu bisa mencari kompetitor yang cocok untuk menjadi pesaing dalam bisnismu. Sehingga kamu pun bisa mempelajari strategi yang mereka gunakan dari nol.

Filter Negara dan Bahasa

Selanjutnya kamu juga bisa memilah iklan berdasarkan Negara dan bahasa tertentu. Dengan menggunakan filter Negara, kamu bisa meriset semua iklan di Negara tertentu. Sehingga akan sangat memudahkanmu untuk menjalankan strategi promosi ketika ingin mentargetkan suatu Negara tertentu.

Begitu pun dengan bahasa. Filter bahasa akan menyajiikan semua iklan yang menggunakan bahasa tersebut. Jadi iklanmu akan bisa lebih spesifik untuk ke depannya.

Filter Iklan Berdasarkan Platform

Selain filter Negara dan bahasa, kamu juga bisa memfilter iklan berdasarkan platform perusahaan Meta. Beberapa platform tersebut adalah Instagram, Facebook, Audience Network dan Messenger. Lantas bagaimana dengan Whatsapps?

Platform chatting tersebut memang juga bagian dari Meta. Namun sampai saat ini Meta sendiri belum mengeluarkan fitur iklan di Whatsaps. Sehingga platform Whatsapp sampai saat ini belum tersedia di Facebook Ads Library.

Filter Iklan Berdasarkan Media

Ada juga filter iklan berdasarkan media. Seperti yang kita ketahui bahwa media yang ada dalam Facebook Ads Library sangat beragam. Mulai dari meme, video, gambar, carousel hingga teks. Yang lebih canggihnya lagi jika kamu menggunakan media video, fitur yang satu ini bisa langsung mentranskip suara yang ada. Canggih sekali bukan?

Filter Iklan Berdasarkan Tanggal

Perlu kamu ketahui juga bahwa salah satu kelebihan dari Facebook Ads Library adalah kamu bisa melakukan riset iklan berdasarkan tanggal. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan melalui fitur Impression By Date. Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal memasukkan tanggal di from dan to. Kemudian klik apply.

Buat Perbandingan Iklan-iklan Milik Kompetitor

Setelah memfilter beberapa iklan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat perbandingan iklan-iklan milik kompetitor. Jika dilihat dengan seksama, kamu pasti akan melihat tanda This Ad has Multitypes of version. Itu artinya kompetitor mempunyai melakukan A/B testing.

Gunanya untuk mengetahui iklan mana yang paling audience sukai. Nah, dengan begitu kamu juga tidak boleh ragu untuk melakukan A/B testing. Sebab hal ini akan sangat berguna bagi kamu untuk mengetahui selera audience.

Itulah beberapa cara menggunakan Facebook Ads Library. Selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah satrategi menggunakan Facebook Ads Library. Apa saja? Berikut detail dan penjelasan selengkapnya.

Strategi Menggunakan Facebook Ads Library

Ada strategi khusus yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan Facebook Ads Library. Dengan menggunakan strategi ini kamu bisa menghindari beberapa resiko yang membuat iklan bisnismu gagal. Berikut daftarnya:

Kumpulkan Ide Dan Inspirasi

Dengan menggunakan Facebook Ads Library kamu bisa mendapat beragam ide. Mulai dari video, gambar, tulisan hingga meme. Kamu juga bisa melihat strategi iklan yang kompetitor lakukan. Kumpulkan semua ide tersebut hingga membentuk sebuah ide baru. Dengan begitu iklan yang kamu promosikan akan berpotensi sukses nantinya.

Perhatikan dan analisis Iklan yang Sukses

Kamu juga bisa memperhatikan dan menganalisis iklan yang sukses. Dengan begitu kamu bisa menyusun strategi dengan melihat titik atau faktor tertentu yang membuat iklan tersebut sukses. Sehingga kamu juga bisa menerapkannya pada strategi yang akan kamu gunakan.

Kamu juga bisa menalisa penggunaan bahasa dan strategi visual yang kompetitor gunakan untuk mendapatkan audience. Dengan begitu kamu bisa mengambilnya sebagai ide baru dan mengembangkannya ke dalam iklan yang akan kamu jalankan.

Rancang Konsep Iklan yang Lebih Rinci dan Menarik

Setelah memperhatikan dan menganalisis iklan yang sukses, kini saatnya kamu merancang konsep iklan yang lebih rinci dan menarik. Dengan mengumpulkan beragam ide dari kompetitor tersebut, kamu bisa menerapkan beberapa hal dan strategi yang kamu anggap relevan untuk iklan yang akan kamu promosikan.

Dengan merancang konsep iklan yang lebih rinci dan menarik ini juga dapat membuatmu meyakinkan calon klien. Misalnya dengan strategi yang lebih menarik dan beda dari yang lain, klien akan merasa lebih senang dengan ide yang kamu punya.

Sehingga dengan senang hati ia akan melakukan kerja sama dengan peruahaanmu. Dengan begitu tidak hanya strategi promosi penjualan saja yang terbilang cukup sukses. Namun juga menjalin hubungan kerjasama antar perusahaan.

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Facebook Ads Library. Kamu bisa menggunakan fitur Meta ini sebagai bagian dari strategi pemasaran brand kosmetik milikmu.

Plus, foto-foto dan konsep iklan yang menarik akan menambah nilai lebih dari kegiatan promosimu. Dalam hal ini, Mash Moshem Indonesia bisa membantumu, lho!

Sebab dengan maklon kosmetik bersama kami, kamu tak hanya akan mampu memproduksi berbagai produk kosmetik sesuai keinginanmu. Melainkan, mendapatkan berbagai penawaran dan pelayanan menarik, seperti pembuatan berbagai media promosi. Termasuk foto produk, video produksi, sampai pembuatan brosur dan katalog.

Gimana, kamu tertarik untuk maklon kosmetik di Indonesia? Diskusikan mengenai rancangan produkmu bersama tim kami viar Contact Us , ya!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment