10 Cara Mempromosikan Bisnis di Twitter Serta Kelebihan dan Kekurangannya

cara mempromosikan bisnis di twitter

Di era yang serba digital seperti saat ini, sosial media menjadi sasaran utama bagi para pebisnis. Kehadirannya diklaim sangat efektif sebagai sarana promosi. Mulai dari memasarkan produk hingga branding untuk perusahaan. Di antara beribu sosial media yang ada, Twitter masuk dalam kategori list utama.

Di Indonesia sendiri kehadiran Twitter mungkin kalah pamor dengan Facebook. Menurut beberapa lembaga survei, Facebook masih menjadi juara sosial media di Indonesia.

Eits, jangan salah! Meskipun pengguna Facebook lebih banyak dari Twitter, sosial media ini juga masih digandrungi banyak orang. Bahkan Twitter masih menjadi salah satu takaran untuk trending suatu topik.

Tak sama seperti Facebook ataupun Instagram yang lebih menonjolkan foto dan video sebagai konten utamanya, Twitter lebih fokus pada text atau tulisan.

Lantas bagaimana bisa Twitter menjadi sarana yang efektif untuk sarana promosi bisnis? Bukannya lebih baik dalam promosi itu lebih baik menonjolkan produk foto atau video?

Well, alasan tersebut benar juga. Namun perlu diketahui, meskipun lebih menonjolkan teks bukan berarti Twitter tidak bisa mengunggah foto dan video. Untuk lebih jelasnya tentang detail cara promosi di Twitter, kamu harus simak artikel ini sampai selesai. Happy Reading!

Mengapa Twitter Cocok untuk Promosi Bisnis?

Mungkin kehadiran Twitter masih kalah pamor dengan Facebook. Namun jangan salah. Hingga saat ini Twitter adalah salah satu sosial media yang penggunanya paling aktif. Bahkan di Indonesia sendiri Twitter menjadi salah satu media yang bisa menonjolkan isu terkini.

Lebih dari 300 juta pengguna bulanan di Twitter yang aktif. Bahkan ratusan hingga jutaan tweet atau kicauan orang dikirim setiap harinya. Sosial media ini menjadi salah satu favorit orang di dunia. Bahkan Indonesia sendiri menjadi negara yang masuk 5 besar pengguna Twitter paling aktif dan banyak di dunia. Wow!

Jadi nggak heran kalau Twitter menjadi salah satu sarana paling favorit bagi para pebisnis untuk mempromosikan bisnis mereka. Tidak ada batasan bisnis yang bisa kamu lakukan di twitter. Mulai dari bisnis makanan,media, hingga fashion bisa kamu promosikan di sini.

Sebelum memasuki tahap lebih jauh mengenai cara mempromosikan bisnis di Twitter, alangkah baiknya kamu mengetahui hal yang satu ini. Yakni kelebihan dan kekurangan Twitter dalam media promosi. Apa saja itu? Simak daftarnya berikut.

Selain Twitter, kenali juga 10+ media promosi online di sini.

Kelebihan dan Kelemahan Twitter Sebagai Media Promosi

kelebihan dan kekurangan twitter sebagai media promosi

Semua sosial media mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri sebagai media promosi, begitu juga dengan Twitter. Berikut penjelasannya.

Kelebihan Twitter Sebagai Media Promosi

Banyaknya pengguna aktif di Twitter menjadi tawaran tersendiri bagi para pebisnis sebagai media promosi. Bahkan tak jarang pula mereka menggunakan sosial media dengan logo burung biru ini untuk menjalahkan sebuah campaign. Berikut adalah daftar kelebihan Twitter jika kamu menggunakannya sebagai media promosi.

Menjalin Hubungan Dengan Konsumen

Jika kamu ingin membangun relationship dengan konsumen, Twitter bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa membagikan informasi tertentu yang bisa mengundang publik untuk berinteksi. Seperti mengundang mereka untuk komen atau bahkan mention.

Biasanya para konsumen ini menggunakan Twitter sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan pelayanan bisnis. Mulai dari complain hingga memuji produk. Tak heran berbagai brand besar menggunakan Twitter sebagai sarana untuk menanggapi keluh kesah dari konsumen mereka.

Meningkatkan Brand Awareness

Kelebihan Twitter selanjutnya adalah sebagai sarana untuk meningkatkan brand awareness. Jika diamati dengan seksama, pengguna Twitter lebih loyal. Mereka tidak akan sungkan untuk memfollow akun-akun tertentu atau bahkan bisnis yang mereka sukai.

Setelah memfollow akun-akun bisnis tersebut, pengguna akan cenderung untuk menyukai atau mere-tweet postingan atau produk yang mereka sukai. Nantinya produk yang mereka sukai atau re-tweet tersebut akan muncul di beranda follower mereka.

Nah, hal ini secara tidak langsung menjadi sarana gratis untuk promosi. Follower tersebut juga cenderung akan melihat postingan. Jika tertarik mereka akan melakukan hal yang sama. Yakni dengan memfollow hingga menyukai postingan. Dengan begini brand awareness pun akan semakin meningkat.

Jangkauan Yang Luas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Twitter merupakan salah satu social media yang paling banyak digunakan di dunia. Jadi untuk kamu yang ingin bertujuan membawa bisnis ke kancah Internasional, Twitter bisa menjadi solusi utama.

Tidak hanya local saja, kamu juga bisa menawarkan produkmu langsung ke mayarakat luar negeri. Tentu cara ini sangat efektif untuk membawa bisnismu tembus pasar luar negeri.

Membangun Reputasi Produk

Twitter juga mempunyai kelebihan sebagai sarana untuk membangun reputasi pada produk. metode promosi suka rela dengan like atau re-tweet di Twitter menjadi salah satu kelebihan dari sosial media yang satu ini.

Kamu bisa mulai membangun reputasi produk dengan menulis review atau bahkan menuliskan tweet yang membangun citra produk. Selain efektif untuk metode pemasaran, cara seperti ini juga bagus untuk membangun reputasi baik pada produk.

Kekurangan Twitter Sebagai Media Promosi

Selain ada berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Twitter, ada juga kekurangan yang harus kamu perhatikan. Berikut adalah kekurangan Twitter sebagai media promosi yang harus kamu ketahui. Apa saja?

Karakter Yang Terbatas

Seperti yang diketahui untuk menulis cuitan di Twitter dibatasi hanya sebanyak 280 karakter atau kata. Tentu hal ini menjadi salah satu kendala tersendiri. Sedangkan sebagai seorang marketing, kamu pasti punya ide yang lebih luas untuk menonjolkan produk.

Jadi apakah tidak bisa menulis banyak di Twitter? Tentu saja bisa. Namun kamu harus mengubah promo postinganmu menjadi sebuah thred. Pasti sangat menyulitkan. Karena kamu harus secara manual membagi paragraf atau foto apa aja yang kamu masukkan. Tidak bisa hanya dalam sekali posting seperti Facebook ataupun Instagram.

Hastag Terbatas

Hastag merupakan salah satu faktor penting untuk mendapatkan jangkauan yang luas. Tidak seperti di Facebook atau di Instagram yang bisa menggunakan hastag dengan bebas dan tak terbatas, di Twitter justru sebaliknya.

Penggunaan hastag di Twitter sangat terbatas dengan persaingan yang cukup ketat. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang ingin melakukan promosi.

Foto dan Video yang Terbatas

Sebagai sarana untuk promosi, foto dan video merupakan media utama untuk memperkenalkan produk pada calon konsumen. Namun sayangnya jika kamu menggunakan Twitter, foto dan video yang kamu unggah sangat dibatasi.

Untuk sekali cuitan kamu hanya diperbolehkan mengunggah empat foto. Untuk video hanya satu saja. Tentu ini menjadi kendala tersendiri. Apalagi mengingat untuk promosi kita harus memperkenalkan produk kepada audience dalam bentuk media tersebut.

Namun jangan khawatir, karena beragam solusi dan cara telah kami siapkan untuk kamu yang ingin melakukan promosi lewat Twitter. Apa saja cara mempromosikan bisnis melalui Twitter? Berikut daftarnya.

Tips dan Cara Mempromosikan Bisnis di Twitter

Kamu nggak perlu bingung dan ragu untuk menggunakan Twitter sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis. Meskipun ada kekurangannya, namun jangan lupa juga untuk fokus pada kelebihannya.

Bahkan untuk kamu ketahui juga jika hingga saat ini Twitter masih menjadi favorit bagi pebisnis untuk memasarkan produknya. Inilah tips dan cara mempromosikan bisnismu di Twitter.

Profil Harus Lengkap

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah melengkapi profil. Mulai dari bio, foto hingga tautan yang perlu kamu cantumkan. Profil yang lengkap berfungsi untuk meyakinkan konsumen dan calon konsumen terhadap bisnis yang kamu jalankan.

Perlu diketahui, untuk melengkapi profil ini jangan lupa untuk mencantumkan juga informasi penting lain. Seperti nomor telefon, tagline, website dan market place (jika ada) untuk mengundang konsumen mengunjungi toko yang kamu kelola.

Dengan begitu selain menambah kepercayaan mereka tentang bisnis yang sedang dijalankan, konsumen juga langsung bisa melakukan aksinya untuk membeli. Jadi mereka tidak perlu secara manual mencari namamu di marketplace atau yang lainnya. Cukup dengan mengklik link yang telah kamu sediakan di profil.

Follow Orang Lain

Salah satu strategi untuk melakukan promosi melalui Twitter adalah dengan menambah jumlah follower. Semakin banyak follower semakin tinggi pula tingkat kredibilitasmu di mata konsumen. Nah, untuk mendapatkan follower tersebut tentu ada banyak cara. Yakni dengan mengikuti atau follow orang lain.

Strategi ini dinilai sangat efektif untuk menambah jumlah follower. Apalagi untuk kamu pemilik akun baru. Sebagai langkah awal, pasti Twitter akan menyarankanmu memfollow orang lain. Hal ini sangat berguna untuk mengajak orang tersebut mengetahui akun dan keberadaanmu.

Semakin banyak memfollow, semakin tinggi pula kemungkinanmu untuk mendapatkan follower. Begitu juga sebaliknya. Semakin jarang kamu memfollow orang, semakin rendah pula potensimu untuk mendapatkan banyak follower.

Pemilihan Kata

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu konten yang menonjol di Twitter adalah teks. Bukan foto ataupun video. Jadi sangat penting bagi kamu untuk memilih kata-kata yang pas untuk cuitan. Apalagi karakter kata di Twitter juga dibatasi.

Kamu hanya bisa memposting satu cuitan dengan 280 kata. Dengan begitu kesempatanmu untuk promosi sangat terbatas. Oleh karena itu kamu harus selektif salam memilih kata. Buat sederhana dan sesingkat mungkin.

Selain itu, usahakan tidak menggunakan bahasa yang terlalu baku. Sebab sebagian besar pengguna Twitter menyukai bahasa yang luwes, lugas dan jelas. Mereka condong kurang menyukai bahasa yang terlalu baku.

Apalagi kalimat dinilai juga bisa menjadi representasi dari image yang sedang kamu bangun untuk produk ataupun perusahaan. So, remember jika pemilihan kata itu sangat penting dalam sebuah promosi di Twitter.

Ingin tahu bagaimana cara bikin copy yang menjual? Cek di sini!

Gabung Obrolan

Cara mempromosikan bisnis di Twitter selanjurnya adalah dengan mengikuti obrolan. Cara ini dinilai sangat efektif untuk mempromosikan jualan. Sebab secara tidak langsung kamu bisa menyasar mangsa yang notabennya bukan follower untuk mengenal produkmu.

Obrolan semacam apa itu? Di Twitter kamu pasti akan selalu menemukan obrolan yang seru. Biasanya kamu bisa menemukan obrolan yang paling banyak dibicarakan tersebut melalui explore. Di explore kamu akan menemukan sejumlah topik yang sedang trending.

Dalam topik itu kamu bisa memilih cuitan siapa yang paling banyak mendapatkan respon. Kamu bisa langsung gabung dalam obrolan mereka dengan menawarkan produk yang sedang kamu jual. Dengan demikian, massa yang sudah berkumpul itu juga akan memperhatikan jualanmu.

Jika mereka tertarik, calon konsumen tersebut akan melakukan aksinya. Seperti mengunjugi profil, memfollow atau bahkan langsung membeli. Tapi jangan lupa, ikuti obrolan tersebut dengan sopan. Pilihlah kata-kata yang pantas untuk menawarkan jualan kamu.

Jika kamu memilih Twitter sebagai sarana untuk promosi, salah satu syarat terpentingnya adalah harus peka terhadap isu terkini. Tenang, nggak perlu bingung. Sebab Twitter sendiri sudah menyediakan fitur berupa trending topic untuk mengetahui hal apa saja yang sedang ramai dibicarakan oleh khalayak.

Berbeda dengan mengikuti obrolan yang trending, pada hal ini kamu tidak dituntut untuk nimbrung pada pembicaraan orang lain. Justru kamu bisa membuat cuitan sendiri. Namun dengan menggunakan kata, atau tagar yang sedang trending.

Dengan menggunakan metode ini, kamu sama saja dengan melakukan promosi gratis. Sebab trending topic ini akan dicari banyak orang. Dan jika kamu mengikuti ini, otomatis cuitanmu akan terdapat pada jajaran trending tersebut. Akhirnya masyarakat akan lebih mudah menemukan bisnismu.

Interaktif Dengan Follower

Setelah mendapatkan follower di Twitter, cara selanjutnya untuk melakukan promosi adalah dengan melakukan interaksi. Bagian yang satu ini sangat penting. Sebab follower akan cenderung lebih senang diperhatikan. Mereka akan mengapresiasi hal tersebut.

Untuk menjalin interaksi ini, kamu harus rajin membalas komentar atau mention apapun terkait bisnismu. Jika komentar atau mention tersebut mengandung hal negatif atau complain, kamu harus menanggapinya dengan sopan. Berikan kesan sebaik mungkin. Begitu juga sebaliknya.

Nah, untuk menjalin interaksi ini kamu juga harus membuat konten yang interaktif pula. Buatlah konten yang mengundang audience untuk melakukan aksinya.

Mulai dari like, re-tweet, komentar ataupun mention. Dengan strategi tersebut, brand awareness dan promosi bisnis yang sedang kamu jalankan akan berjalan dengan lancer.

Give Away

Siapa sih yang nggak suka hadih gratis? Sebagian besarorang pasti sangat menyukai hal ini. Oleh karena itu bagi-bagi hadiah atau give away menjadi salah satu strategi marketing yang dilakukan para pebisnis di era digital marketing ini.

Tidak hanya di Facebook atau Instagram, strategi give away ini juga sangat efektif untuk dijalankan di Twitter. Kamu bisa membuat persyaratan give away dengan sedetail mungkin. Seperti menggunakan hastag dengan nama brandmu.

Semakin banyak yang mengikuti give away yang kamu lakukan, semakin besar pula kemungkinan hastag yang kamu buat itu trending. Jika hastag yang kamu buat tersebut trending, maka besar pula kemungkinan produk dan bisnis yang kamu jalankan untuk dilihat oleh banyak orang.

Seperti yang diketahui jika Twitter merupakan salah satu social media paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Sehingga jika bisnismu masuk trending, semakin kuat pula branding yang sedang kamu bangun.

Baca Juga: Manfaat dan Cara Mengadakan Giveaway yang Menarik untuk Bisnis Kosmetik

Jangan Melulu Promosi

Cara mempromosikan bisnis di Twitter selanjutnya adalah jangan melulu melakukan promosi. Loh, kok bisa? Ya, melakukan promosi secara terus menerus itu biasa disebut dengan hard selling. Semakin sering kamu melakukan hard selling, semakin jenuh pula konsumen untuk melirik produkmu.

Sebab mereka akan jenuh dan merasa diperintah. Sebagian pengguna social media tidak suka diperintah. Oleh karena itu kamu harus berusaha menggiring mereka untuk melakukan dengan sendirinya. Lantas bagaimana caranya.

Kamu bisa memulainya dengan membuat cuitan sesederhana mungkin. Yaitu dengan mengaitkan cuitan tersebut dengan kegiatan sehari-hari yang mereka alami. Dengan seperti ini mereka bisa merasakan keterikatan emosional dengan bisnismu. Dan relationship pun akan terbangun dengan sendirinya.

Setelah interaksi seperti ini berjalan dengan lancar, barulah kamu bisa menambahkan beberapa hard selling di dalamnya. Dengan begitu promosi yang kamu jalankan akan imbang.

Gunakan Twitter Ads

Sama halnya dengan social media lain seperti Facebook, Instagram ataupun Tik Tok, Twitter juga mempunyai fitur iklan. Namanya adalah Twitter Ads. Dengan menggunakan fitur yang satu ini kamu bisa menarget konsumemu dengan tepat.

Mulai dari usia, gender, hingga hobi, semua bisa kamu targetkan. Tentu menggunakan fitur iklan ini tidak gratis. Kamu harus mengeluarkan beberapa budget untuk menarketkan produkmu ke konsumen yang tepat. Dengan begini penjualanmu pun akan semakin menikat pula.

Bentuk dari Twitter Ads ini pun beragam. Namun biasanya fitur ini lebih menonjolkan video dan teks. Tapi tak menutup kemungkinan pula jika konten berupa foto dan tulisan bisa diiklankan pada fitur ini. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan budget perusahaanmu.

Konten Menarik

Dari semua cara dan tips yang telah dijelaskan di atas, satu hal yang paling penting dan nggak bisa kamu tinggalkan. Yaitu pemilihan jenis konten yang menarik. Mungkin ukuran menarik dari audience Facebook atau Instagram tidak sama dengan Twitter.

Konten yang menarik di Twitter cenderung konten cerita atau biasa dijumpai dalam bentuk thread. Kamu bisa menggunakan tips ini untuk melakukan promosi. Alih-alih selalu menggunakan foto dan video seperti di social media lain.

Selain itu, biasanya penduduk Twitter mempunyai kecenderungan menyukai konten yang lucu dan random. Kamu bisa mengemas konten produkmu selucu mungkin untuk mendapatkan atensi dari penduduk Twitter.

Eits, meskipun lucu juga harus tetap menghindari SARA ya. Jangan sampai lelucon yang kamu buat menyinggung pihak lain dan malah menyakitinya. Nanti bisa jadi boomerang untuk kamu.

Nah, itu dia penjelasan dan cara mempromosikan bisnis di Twitter. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi untuk lekukan promosi di aplikasi burung biru ini. Selamat mencoba.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment