Mengenal Branding dan Manfaatnya untuk Bisnis Kosmetik, Jangan Dilewatkan!

Branding adalah

Pertumbuhan industry kosmetik di Indonesia belakangan meningkat drastis. Ini artinya kompetisi di pasaran pun cukup tinggi. Karena itu sangat penting untuk membangun image dan branding bisnis agar merk kosmetikmu dapat memenangkan persaingan.

Memproduksi kosmetik berkualitas bukan satu-satunya factor yang akan membuat bisnismu berkembang pesat. Karena harus diakui, banyak juga brand kosmetik di luaran sana yang juga memiliki formulasi dan teknologi inovatif.

Karenanya, selain meningkatkan mutu produk, kamu juga harus memaksimalkan kegiatan promosi untuk membuat brand-mu memenangkan persaingan. Misalnya mengoptimalkan strategi branding.

Lantas apa sih yang dimaksud dengan branding ini? Serta apa manfaatnya untuk brand kosmetik milikmu?

Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini ya, Beautypreneurs!

Branding Adalah …

Sebelum mengetahui apa saja manfaat dan cara menerapkan strategi branding dalam bisnis kosmetik. Kamu juga harus tahu pengertian dan konsep dasarnya terlebih dahulu.

Penggunan istilah brand sendiri kini berarti sebagai identitas diri, khususnya membedakan antar sesame baik sesama sosok, produk, maupun brand/merk.

Sedangkan branding ini adalah sebuah kegiatan komunikasi atau promosi, dengan tujuan untuk memperkuat atau mempertahankan citra sebuah brand pada orang yang melihatnya.

Sementara itu beberapa ahli memberikan definisi yang lebih rinci dari branding. Misalnya, Kotler (2009) menuturkan bahwa branding ini merupakan nama, istilah, symbol, tanda, atau rancangan/kombinasi dari semuanya. Dengan maksud untuk mengidentifikai barang/jasa atau perusahaan tertentu untuk membedakannya dari kompetitor.

Bagi perusahaan, hal ini enggak hanya untuk pengenal atau tanda identitas biasa. Namun, bisa berperan besar dan sangat berkaitan dengan penerimaan masyarakata akan brand/bisnis kosmetik yang kamu miliki.

Karenanya dengan menciptakan brand image yang kuat, maka produk/brand kosmetik yang kamu miliki pun akan memiliki daya saing yang tinggi. Sehingga, menjadikan bisnis kian mudah diterima oleh masyarakat dan bisa berkembang lebih cepat.

Beragam Unsur Branding

Branding adalah

Mengetahui pengertiannya saja, bukan berarti kamu bisa menyusun strategi branding yang tepat untuk bisnis kosmetikmu. Melainkan, kamu juga perlu mengetahui beragam unsur yang ada dalam branding.

Apa saja unsur yang dimaksudkan tersebut? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Nama Brand/Merk

Unsur branding yang pertama adalah nama merk/brand. Karena unsur inilah yang pertama kali akan diingat dan menjadi identitas dari bisnis kosmetikmu.

Karena itu dalam memilih nama bisnis kamu enggak boleh sembarangan. Perhatikan bagaimana nanti kesan yang akan sampai pada masyarakat, karakter brand, hingga bagaimana efeknya pada bisnis kosmetikmu.

Sayangnya, banyak produsen kosmetik baru yang kurang memahami dan mengerti bagaimana cara membuat nama brand yang tepat. Akhirnya, kadang mereka terjebak menggunakan kata-kata yang terlalu familiar, mirip dengan brand tertentu, hingga salah kaprah dengan menciptakan nama yang cukup sulit dieja.

Lantas bagaimana cara memilih nama brand yang tepat untuk bisnis kosmetikmu? Cek tipnya di sini!

Setelah nama merk, unsur selanjutnya dari branding adalah logo. Unsur ini enggak kalah pentingnya, karena logo juga harus diletakkan di berbagai produk, media promosi, hingga media sosial perusahaan.

Tujuannya, orang bisa mengenali brand dengan lebih mudah dan dapat membedakannya dengan kompetitior. Karenanya, kamu perlu memperhatikan factor keunikan dan image yang sesuai dengan brand kosmetikmu ketika akan membuat logo.

Seperti apa logo brand kosmetik yang bagus? Lihat di sini!

Tampilan Visual

Unsur selanjutnya dari branding adalah tampilan visual. Yang termasuk di dalam tampilan visual ini antara lain desain produk, desain kemasan, desaing berbagai jenis alat promosi, dan banyak lainnya.

Kamu bisa menggunakan warna-warna tertentu sebagai identitas visual dari brand kosmetikmu. Tentu, sesuaikan dengan karakter brand, juga target pasar yang ingin kamu raih.

Penggunaan warna-warna ini bisa mempengaruhi psikologi konsumen, serta membuat mereka lebih mudah mengenali brand-mu.

Penggunaan Sosok/Figure Brand

Sosok/figure brand merupakan unsur yang harus ada ketika akan membangun brand. Penggunaan sosok/figure ini dapat membantu menyampaikan bagaimana karakter brand dengan lebih efektif kepada masyarakat.

Karena itu, banyak juga produsen kosmetik yang menggunakan sosok/figure untuk merepresentasikan brand mereka kepada masyarakat. Umumnya, sosok terdiri orang-orang terkenal dan memiliki influence besar.

Seperti apa manfaat brand ambassador untuk brand kosmetik? Lihat di sini!

Lagu/Suara Tematik

Tak hanya aspek visual dan kata-kata, lagu/suara tematik juga masuk ke dalam unsur branding. Yap! kehadiran unsur ini akan melengkapi kedua aspek sebelumnya. Sehingga brand kosmetikmu pun akan lebih mudah dikenali dan diingat oleh masyarakat.

Kata-kata

Kata-kata yang dimaksud dalam branding ini bukan seperti nama brand saja. Tapi juga tagline, jingle, akronim, hingga slogan kampanye yang akan kamu buat nantinya.

Tagline dan slogan yang dibuat dengan apik akan meninggalkan kesan dalam pada ingatan audience. Sehingga, mereka akan semakin mudah untuk mengingat brand maupun produk kosmetik yang kamu jual.

Jenis-jenis Branding yang Harus Kamu Tahu

Setelah mengenali unsur-unsurnya, kamu juga harus tahu bahwa branding enggak hanya ada satu jenis saja, lho!

Ya, setidaknya ada lima jenis branding yang harus kamu tahu untuk bisnis kosmetikmu. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini, Beautypreneurs!

Branding Produk

Jenis branding yang pertama adalah product branding, yang terbilang paling umum dan sering digunakan dalam kampanye bsinis. Tujuannya, produk branding mendorong konsumen untuk memilih produk jualanmu dibanding milik kompetitor.

Konsep branding produk sendiri sangat terfokus pada hasil akhir/barang jualan saja. Bukan mencakup promosi seluruh kegiatan korporasi.

Sebagai contoh, kamu memiliki memproduksi brand kecantikan dengan berbagai jenis produk. Ada banyak keunggulan dan manfaat dari brand kosmetikmu. Maka, kamu bisa menciptakan branding produk dengan langsung mempromosikan keunggulan dan manfaatnya.

Branding Persona

Selanjutnya ada personal branding, yang umumnya dipakai untuk meningkatkan popularitas public figure. Seperti artis, musisi, politisi, content creator, hingga influencer.

Apakah branding ini bisa digunakan untuk brand kosmetik? Tentu bisa. Enggak sedikit kok, para pemilik brand kosmetik menggunakan nama besar mereka untuk mendukung popularitas produk jualannya.

Sebagai contoh, ada Kylie Jenner. Selebriti dan Instagram model ini memiliki personal branding yang kuat, sehingga hanya dengan menggunakan namanya saja masyarakat penasaran dengan produk yang diproduksi Kylie Cosmetics.

Branding Perusahaan/Korporat

Enggak hanya lewat produk jadi, kamu juga bisa menggunakan strategi branding yang berkaitan dengan proses korporasi. Kamu bisa menunjukkan bagaimana produk dibuat, kontribusi karyawan, hingga bagaimana cara perusahaan menciptakan produk unggulan.

Tak hanya memberikan keuntungan materiil, jenis branding ini akan membantu meningkatkan reputasi dan kredibilitas brand kosmetikmu di pasar.

Branding Kebudayaan

Merupakan jenis branding yang menyesuaikan dengan keadaan budaya, kebiasaan masyarakat tertentu, juga lokasi atau tiap individu yang ada di daerah usaha tertentu.

Sebagai contoh, sekarang ini budaya popular Korea Selatan sangat menarik minat anak muda. Mereka mengikuti bagaimana kebiasaan, pola hidup, hingga perawatan kecantikan dari negara ginseng tersebut.

Nah, kamu bisa memanfaatkannya untuk menarik minat konsumen akan brand kosmetikmu. Caranya? Cukup dengan menciptakan produk kosmetik unggulan dan mengandung bahan-bahan skincare khas Korea Selatan. Seperti ginseng merah, tea tree oil, dan banyak lainnya.

Ketahui Juga: Bahan Skincare Khas Korea ..

Mash Moshem Indonesia bisa membantumu mengembangkan produk kosmetik unggulan dengan menggunakan rahasia kecantikan Korea. Jangankan menggunakan bahan-bahan alami khas negara tersebut, tapi juga memberikan manfaat-manfaat yang kamu inginkan.

Fungsi dan Tujuan Branding untuk Brand Kosmetikmu

Sebelum benar-benar menjalankan strategi bisnis tertentu, kamu harus mengetahui apa tujuan dan bagaimana manfaatnya untuk usahamu. Begitu pula ketika akan membangun branding bisnis.

Kamu perlu mengetahui berbagai fungsi dan tujuan branding untuk bisnis kosmetik berikut ini!

Identias Bisnis

Branding bisa dikatakan adalah alat untuk menciptakan dan melekatkan identitas bisnismu. Karenanya, ketika perusahaan memiliki brand yang kuat, maka akan semakin mudah bagi masyarakat untuk membedakannya dari kompetitor.

Sebagai Bentuk Promosi dan Daya Tarik

Fungsi pembentukan brand selanjutnya adalah dapat membantu promosi dan meningkatkan daya tarik produk. Bagaimana mungkin?

Saat kamu membangun brand dengan baik, maka kegiatan promosi akan lebih mudah dilakukan. Bahkan konsumen pun akan memilih brand yang kuat, kredibel, dan kemudian terus menggunakan produk dari brand yang sama.

Membangun Brand Image

Keuntungan lain dari strategi brandng adalah dapat membangun brand image perusahaan. Dengan demikian, kepercayaan konsumen mengenai brand kosmetikmu pun akan jadi lebih meningkat.

Mengendalikan Pasar

Ketika kamu dapat menciptakan imej brand yang kuat, maka bisnis kosmetikmu pun akan lebih mudah mengendalikan pasar. Apalagi persaingan pasar kosmetik tanah air juga sedang panas-panasnya.

Kamu perlu membangun brand yang kuat dan bisa diingat oleh masyarakat dengan mudah. Misalnya lewat promosi aktif dan berkala, menggunakan kampanye dan tagline yang menarik, dan banyak lainnya.

Well, saking pentingnya perkara branding ini untuk bisnis kosmetik yang kamu jalankan. Mash Moshem Indonesia bisa membantumu menciptakan unsur-unsur-unsur strategi promosi tersebut yang kamu butuhkan untuk merk kosmetikmu.

Termasuk pembuatan logo, desain kemasan, juga melengkapi berbagai media promosi yang kamu butuhkan. Mulai dari katalog produk, foto dan video produk, pembuatan compro untuk brand-mu, dan banyak lainnya.

Kami berharap bisa memberikan sebanyak mungkin bantuan untukmu dan brand kosmetikmu untuk berkembang. Jadi jangan malu untuk mendiskusikan impianmu menjadi brand owner kosmetik bersama kami, ya!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment