10+ Manfaat Ekstrak Honeysuckle Untuk Kecantikan, Sayang Dilewatkan!

manfaat honeysuckle untuk kecantikan

Para pecinta bunga pasti sudah tidak asing dengan nama honeysuckle. Tumbuhan jenis perdu dan merambat ini memiliki bunga berwarna cerah putih dan kuning. Selain aromanya yang manis dan enak dan keindahannya, ternyata manfaat honeysuckle untuk kecantikan juga sangat beragam.

Jenis tumbuhan yang satu ini banyak ditemui dan dibudidayakan di bumi bagian utara. Seperti Amerika Serikat, beberapa negara di Asia Utara, dan juga di Afrika. Tak hanya ngetren di era ini saja, honeysuckle sudah menjadi favorite masyarakat sejak ratusan tahun yang lalu.

Kala itu banyak masyarakat yang memanfaatkannya sebagai obat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Seperti flu, demam hingga peradangan dan mengatasi berbagai masalah pada kulit. Jadi nggak heran jika hingga saat ini masyarakat masih banyak berminat untuk membudidayakan honeysuckle.

Dalam perawatannya honeysuckle pun cukup mudah. Biasanya mereka akan menanam tumbuhan yang satu ini di dekat pagar. Lalu ia akan merambat hingga menutupi pagar-pagar tersebut. Bunganya yang berbentuk tabung akan mekar ketika musim panas tiba. Saat itu, ekstrak honeysuckle cocok untuk dipanen.

Setelah dipanen, tumbuhan ini akan diambil ekstraknya untuk dijadikan beragam produk. Mulai dari obat hingga produk perawatan kulit.

Nah sebenarnya apa saja sih kandungan dalam honeysuckle ini? Mengapa banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya, bahkan sebagai produk kecantikan? Well, here is the answer. Selamat membaca!

Kandungan Honeysuckle yang Bermanfaat untuk Kecantikan

Selain beraroma manis dan lembut, tanaman yang satu ini juga kaya akan flavonoid. Kandungan ini diklaim mempunyai beragam manfaat untuk kulit. Seperti menangkal radikal bebas, membantu menyerap kebutuhan vitamin C pada tubuh hingga mencegah atau mengobati alergi.

Tanaman berbunga dengan nama Latin Lonicera Caprifolium ini mempunyai sifat antibakteri yang tinggi. Sifat ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengatasi berbagai permasalahan. Termasuk masalah pada kulit.

Tak hanya kaya akan flavonoid, ternyata honeysuckle ini termasuk tumbuhan yang cukup unik. Jika bunga dan biji-bijian lain tidak bisa dimakan karena beracun, honeysuckle justru sebaliknya. Bunganya bisa dimakan dan rasanya manis.

Jadi tak heran jika dalam pengolahannya ekstrak honeysuckle tidak hanya dibuat untuk produk pengobatan luar saja. Namun juga sebagai obat dalam yang dikonsumsi. Penasaran dengan apa saja manfaat dari ekstrak honeysuckle terutama untuk kecantikan? Berikut daftarnya.

Manfaat Honeysuckle untuk Kecantikan

manfaat honeysuckle untuk kecantikan

Nggak cuma berkhasiat untuk mengobati atau mencegah penyakit dalam saja. Honeysuckle juga mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan. Jadi nggak heran jika produsen produk kecantikan memburu tanaman yang satu ini untuk dijadikan sebagai bahan utamanya. Berikut daftar manfaat honeysuckle untuk kecantikan.

Meratakan Warna Kulit

Jika kamu sering berada di bawah terik sinar matahari, bersiaplah. Sebab masalah kulit yang satu ini akan mengintaimu. Kulit belang sangat menganggu penampilan. Apalagi buat kamu yang hobi berpakaian terbuka. Tentunya hal ini akan menjadi masalah yang cukup serius bagi kesehatan kulit wajahmu.

Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan produk dengan bahan ekstrak honeysuckle. Kandungannya flavonoidnya yang tinggi bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa meredam luka bakar akibat sinar matahari. Sehingga kulitmu bisa tampil cerah merata.

Kamu bisa menggunakan ekstrak honeysuckle ini sebagai lotion ataupun serum. Sifatnya yang mendinginkan dapat menenangkan kulitmu yang tegang akibat paparan sinar matahari. Jadi kamu wajib menggunakannya setiap hari untuk hasil yang lebih optimal.

Mengatasi Kulit Kusam

Well, hingga saat ini kulit kusam masih menjadi permasalahan utama bagi setiap orang. Karena masalah yang satu ini kita jadi sering nggak percaya diri kalau mau ketemu orang. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan ekstrak honeysuckle.

Kandungan flavonoid yang terdapat di dalamnya bisa mengandung antioksidan yang tinggi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika kandungan yang satu ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

Untuk diketahui jika penyebab utama kulit kusam adalah sel kulit mati yang menumpuk. Jadi jika ingin membuat kulitmu tidak kusam lagi, kamu harus membuang sel kulit mati itu.

Mencerahkan Kulit

Manfaat ekstrak honeysuckle untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mencerahkan kulit. Sifat antioksidan yang terkandung di dalam ekstrak tumbuhan yang satu ini berguna untuk menangkal radikal bebas.

Radikal bebas inilah yang menjadi sumber dari segala permasalahan kulit. Mengkonsumsi dan menggunakan produk ekstrak honeysuckle ini dapat membuat kulitmu semakin ternutrisi.

Karena flavoid ini bisa menyerap dan mengikat vitamin C pada tubuh. Seperti yang diketahui jika vitamin C ini sangat berguna untuk membantu produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Selain itu ekstrak honeysuckle ini juga berguna untuk meregenerasi sel kulit. Sehingga ketika sel kulit mati terangkat, kulitmu dapat meneregerasi sel kulit baru dengan cepat. Sehingga kulitmu akan tampak lebih cerah dari sebelumnya.

Mencegah Kanker Kulit

Salah satu efek dari paparan sinar matahari adalah kerusakan DNA pada kulit. Kerusakan DNA bisa memicu terjadinya kanker kulit. Oleh karena itu untuk mencegah hal tersebut kamu butuh antioksidan yang tinggi.

Kandungan flavoid yang terdapat pada ekstrak honeysuckle dapat memberikan kebutuhan ontioksidan yang diperlukan oleh tubuh.

Jenis antioksidan pun akan berfungsi untuk menangkal radikal bebas atau stressor lingkungan. Jadi selain bisa memperbaiki kerusakan sel pada DNA, antioksidan ini juga bisa mencegahnya.

Kamu bisa menggunakan produk ekstrak honeysuckle yang berbentuk supplement. Selain itu kamu juga bisa mengimbanginya dengan produk yang lain. Seperti lotion hingga sunscreen. Sehingga nantinya akan lebih maksimal.

Mengatasi Jerawat

Manfaat ekstrak honeysuckle untuk kecantikan berikutnya adalah untuk mengatasi jerawat. Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, tumbuhan yang satu ini juga bersifat anti bakteri dan anti-inflamasi.

Anti bakteri ini berguna untuk mengurangi bakteri yang tumbuh pada jerawat. Selain itu juga bisa membersihkan kotoran dan bakteri pada kulit yang menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersubat inilah yang menjadi masalah utama penyebab jerawat itu muncul.

Ekstrak honeysuckle ini tidak hanya berfungsi untuk meredakan satu jenis jerawat saja. Namun berbagai macamnya juga bisa diatasi. Mulai dari jerawat meradang, batu, hingga pasir. So, untuk kamu yang mempunyai masalah dengan jerawat, produk perawatan ini bisa menjadi solusinya.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain ampun untuk mengatasi jerawat, ekstrak honeysuckle ini juga ampuh untuk menghilangkan bekasnya loh. Sifat anti inflamasi yang terkandung di dalamnya dinilai ampuh untuk menhilangkan bekas luka. Termasuk bekas jerawat.

Anti inflamasi tersebut juga dapat meminimalisir bekas kemerahan yang ditinggalkan oleh jerawat. Kamu bisa menggunakannya sebagai sebagai serum atau supplement. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakannya setiap hari dengan rutin.

Mengurangi Stress

Jangan salah, stress bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai masalah kulit. Stress yang tak terkendali bisa membuat kulitmu semakin kusam, berjerawat hingga penuaan. Nah, ekstrak honeysuckle ini bisa menjadi solusinya.

Selain digunakan untuk membuat berbagai macam olahan produk kecantikan, ekstrak tumbuhan yang satu ini juga sering digunakan sebagai aroma terapi. Rasanya yang manis dan aromanya yang menenangkan diklaim dapat membantu mengurangi stress.

Apalagi untuk kamu yang sedang mengalami quarter life crisist dan suka overthingking hingga tengah malam. Kamu bisa mencoba menggunakan ekstrak ini sebagai aroma terapi. Jadi semakin kamu bisa mengendalikan stress, kulitmu juga akan semakin terawat dan terjaga kesehatannya.

Mengontrol Minyak

Manfaat ekstak honeysuckle untuk kecantikan yang selanjutnya adalah sebagai pengontrol minyak. Selain bisa mengunci vitamin C dalam kulit, kandungan flavonoid yang terdapat pada ekstrak tumbuhan ini juga berguna untuk mengontrol produksi minyak.

Seperti yang diketahui, produksi minyak berlebih bisa memicu timbulnya berbagai masalah kulit. Seperti pori-pori tersumbat, komedonal hingga menjadi pemicu timbulnya jerawat. Oleh karena produksi minyak dalam tubuh ini harus benar-benar dikontrol.

Salah satu faktor lain yang menyebabkan produksi minyak berlebih dalam lapisan kulit adalah radikal bebas. Radikal bebas ini bisa datang dari berbagai penyebab, seperti paparan sinar matahari, layar gadget hingga polusi udara.

Nah, untuk menangkal semua itu kulit butuh antioksidan yang tinggi. Di dalam ekstrak tumbuhan inilah kamu bisa menemukan antioksidan tersebut.

Mencegah Penuaan Dini

Siapa sih yang ingin cepat tua? Tentu semua orang tidak menginginkannya. Sebagian besar orang ingin selalu tampil awet muda. Oleh karena itu biasanya mereka melakukan berbagai cara untuk mencegah penuaan.

Untuk diketahui selain faktor usia, penyebab penuaan dini adalah radikal bebas. Radikal bebas ini dapat ditangkal oleh antioksidan yang ada dalam tubuh. Selain itu semakin bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh juga semakin berkurang.

Kolagen ini berfungsi untuk mengencangkan kulit. Sehingga jika produksi zat tersebut berkurang, kulit akan tampak semakin kendur. Oleh karena itu selain bisa menangkal radikal bebas, antioksidan ini juga bisa memicu pertumbuhan kolagen dalam kulit.

Ingin tahu lebih jelas soal penuaan dini? Cek ulasannya di sini!

Melembabkan Kulit

Selain bisa mencegah penuaan dini, manfaat lain dari ekstrak honeysuckle adalah untuk melembabkan kulit. Sifat antioksidannya yang tinggi berfungsi untuk mengunci kandungan air dalam kulit. Sehingga kelembapan akan selalu terjaga.

Selain itu seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa antioksidan ini juga berfungsi untuk meningkatkan kolagen dalam kulit. Salah satu fungsi kolagen adalah untuk membuat kulit tetap ternutrisi dan lemabab. Sehingga kulit akan tampak menjadi lebih sehat.

Kamu bisa menggunakan produk dengan ektrak honeysuckle sebagai supplement atau pelembab tubuh dari luar. Seperti lotion, mosturaizer hingga serum. Gunakan rangkaian produk ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Mengilangkan Eksim

Eksim merupakan kondisi di mana kulit akan mengalami kemerahan dan iritasi. Biasanya eksim ini juga akan mengeringkan kulit.

Kondisi ini juga akan memberi efek gatal, jika digaruk akan meninggalkan bekas yang cukup sulit untuk hilang. Bahkan lukanya pun juga akan semakin dalam.

Keberadaan ekstrak honeysuckle ini juga diklaim bisa mengatasi masalah kulit yang satu ini. Kandungan antioksidannya bisa memberi efek dingin dan menenangkan kulit. Sehingga dapat mengurangi rasa gatal dan meninimalisir iritasi.

Tak hanya bisa menghilangkan eksim. Ekstrak honeysuckle ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bekasnya. Eksim tentu akan meninggalkan bekas yang akan sangat menganggu penampilan. Oleh karena itu kamu butuh antioksidan yang tinggi untuk menghilangkannya.

Selain bisa mengkonsumsi produk tumbuhan ini dalam bentuk supplement, kamu juga bisa menggunakan produk yang lain dalam bentuk serum. Oleskan pada area eksim secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Meredakan Psiorasis

Ini adalah suatu kondisi dimana sel-sel kulit mati menumpuk dan menghasilkan bercak bersisik pada wajah atau tubuh. Biasanya pemicu psiorasis disebabkan oleh terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari. Selain itu bisa juga karena alergi atau flu.

Psiorasis menyebabkan kulit kemerahan dan ruam. Tak jarang pula bagi penderita penyakit yang satu ini akan merasakan gatal yang luar biasa hingga menyebabkan radang dan iritasi. Nah, di sinilah peran ekstrak honeysuckle dibutuhkan.

Sifat antiinflamasi yang terkandung di dalamnya akan membantu mengatasi peradangan dan ruam. Bahkan juga bisa meregenerasi sel kulit baru sehingga bekas dari penyakit yang satu ini juga bisa cepat hilang.

Seperti halnya dengan kondisi kulit bereksim, kamu bisa menggunakan produk ekstrak honeysuckle sebagai supplement atau salep. Minum obat dan oleskan salep secara rutin pada area yang psiorasis. Dengan begitu, permasalahan kulitmu ini bisa segera teratasi.

Menghilangkan Rosacea

Rosacea adalah kondisi kulit di mana terdapat benjolan kecil dan biasanya bernanah. Rosacea biasanya berada pada wajah maupun bagian tubuh yang lainnya. Sifat antiinflamasi yang ada dalam ekstrak honeysuckle sangat berguna untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

Antiinflasmasi akan membuat kulit tenang dan mengurangi rasa gatal. Bahkan juga bisa mengurangi ruam dan iritasi yang diakibatkan oleh kondisi kulit satu ini. Antibakterinya juga berfungsi untuk menghilangkan nanah yang ada pada kulit.

Tak sampai di sini, ketika rosacea sudah menghilang dari tubuh, ekstrak honeysuckle ini juga bisa menghilangkan bekasnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi untuk tidak bisa percaya diri seperti sediakala. Sebab antioksidan yang terkandung di dalamnya akan membantu mengembalikan kondisi kulitmu seperti semula.

Nah, itulah beragam manfaat ekstrak honeysuckle untuk kecatikan. Tak heran, bila akhirnya banyak produsen produk kecantikan berlomba-lomba untuk menggunakan tumbuhan satu ini sebagai bahan utama dalam produk mereka.

Penasaran produk apa saja yang dihasilkan dari ekstrak honeysuckle ini? Berikut daftarnya.

Apa Saja Produk Kecantikan dari Ekstrak Honeysuckle?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika ekstrak honeysuckle ini kaya akan flavonoid. Kandungan ini mempunyai antioksidan yang tinggi.

Sehingga tak heran jika beragam produk perawatan menggunakan tumbuhan yang satu ini sebagai bahan utamanya. Berikut adalah daftar produk yang biasa menggunakan ekstrak honeysuckle.

Pelembab

Bahan yang satu ini seringkali ada dalam berbagai produk pelembab wajah. Bahan alami ini, memiliki kandungan flavonoid yang cocok bila kamu gunakan untuk perawatan wajah sehari-hari. Tak hanya melembapkan, tapi juga membantu menghidari kulit sepanjang hari!

Serum

Kandungan antiinflamasinya yang tinggi juga membuat ekstrak honeysuckle sering ditemukan pada produk serum. Sensasi dingin dan menenangkan ini sangat cocok untuk menghidrasi kulit. Sehingga kulit akan terus ternutrisi dan tetap terlihat Sehat.

Sunscreen

Selain pelembab dan serum, produk lain yang sering menggunakan ekstrak honeysuckle sebagai bahan utamanya adalah sunscreen. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari.

Well, ternyata manfaat honeysuckle untuk kecantikan lebih banyak dari dugaan, ya. Tak hanya mampu merawat kecantikan kulit wajah, bahan alami ini pun bisa membantu menyehatkan dan mencegah kemunculan sel kanker di kulit.

Melihat banyaknya manfaat honeysuckle untuk kecantikan dan kesehatan kulit, apakah kamu tidak ingin menciptakan produk kosmetikmu sendiri menggunakan bahan alami ini?

Yap! Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan produk kosmetik dengan bahan-bahan yang kamu inginkan. Tak hanya ekstrak bunga-bungaan, kamu juga bisa menggunakan buah, sayur, hingga berbagai hebal dalam formula kosmetik.

Enggak percaya? Langsung hubungi tim kami dan konsultasikan ide bisnis kosmetikmu!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment