7 Komponen Penting Dalam Logo Kosmetik, Kamu Wajib Tahu!

komponen penting dalam logo kosmetik

Memulai berbisnis kosmetik memang cukup menjanjikan, karena kebutuhan dan permintaan masyarakat akan produk-produk perawatan tubuh akan terus meningkat.

Keinginan untuk berekspresi, menunjukkan sosok pribadi yang cantik dan menawan, serta didukung dengan karakternya yang menarik telah melebur menjadi bentuk kebutuhan pokok yang didambakan sebagian masyarakat.

Dari fenomena ini, enggak heran juga kalau akhirnya pemintan dan permintaan terhadap produk kosmetik kian meningkat dari hari ke hari.

Namun, sebagai seorang yang menggeluti bisnis di bidang kecantikan, kamu harus paham kalau tingginya permintaan ini juga sebanding dengan banyaknya pesaing yang ada di pasar.

Nah, salah satu usaha untuk meningkatkan daya saing brand kosmetikmu adalah dengan melakukan branding. Yap! Khususnya dengan mendesain logo semenarik mungkin.

Logo Kosmetik, Apakah Penting?

Setelah membaca ulasan singkat sebelumnya, kamu pasti menyadari bahwa peluang bisnis kosmetik sangatlah besar. Karenanya, untuk dapat bersaing kamu harus dapat menunjukkan berbagai inovasi dan kreativitas pada produk-produk yang kamu jual.

Kebutuhan berpikir kreatif dan menciptakan pembeda ini dapat dilakukan dengan memaksimalkan semua komponen branding, termasuk dari logo merk kosmetik.

Untuk dapat mewujudkan sebuah produk kosmetik yang terlihat menarik dan berkualitas. Dalam hal ini logo kosmetik sangat memiliki peran penting yang harus diperhatikan bagi para produsen.

Karena sebuah logo pada produk kosmetik memuat sematan ide, gagasan serta filosofi yang kuat terhadap produk yang akan diproduksi dan dipasarkan.

Dari sini, jika kita berposisi sebagai produsen menentukan pembuatan terhadap logo merk kosmetik tidak boleh sembarangan dan harus benar diperhatikan dan teliti.

Kekuatan ide yang mengandung gagasan dan mewakilkan filosofi melaui logo kosmetik ini nantinya akan berfungsi sebagai bentuk bahasa yang sifatnya intuitif.

Di mana secara tidak langsung akan mempengaruhi minat dan ketertatarikan konsumen untuk penasaran dan kemudian mencobanya, kemudian akan membuat konsumen tertarik untuk menggunakannya lebih lanjut.

Komponen Penting dalam Logo Kosmetik yang Perlu Kamu Tahu

komponen penting dalam logo kosmetik

Penggunaan terhadap logo kosmetik untuk sebuah produk kosmetik pada dasarnya sangatlah tidak merugikan, karena hal ini dapat menunjang selera calon konsumen untuk menggunakannya.

Logo kosmetik memiliki daya simbol yang dapat menyampaikan bahasa terserat kepada para konsumen, karena sifatnya yang praktis dan memiliki fungsi efisiensi.

Selain itu logo kosmetik pada sebuah produk akan mencerminkan gaya hidup yang dibangun, strata kelas sosial seorang konsumen.

Setiap logo kosemtik pada sebuah produk kosmetik akan memiliki daya ide bisnis yang sifatnya jelas, serta gagasannya dapat dieja dalam bentuk perwakilan simbol visual, yang mana hal ini dapat dijadikan landasan marketing dan juga branding terhadap produk kosmetik yang akan dipasarkan.

Untuk mengetahui komponen penting di dalam logo kosmetik, berikut adalah panduan dan saran penting ketika akan membuat logo kosmetik. Simak baik-baik, ya, Beuatypreneur!

Menentukan Nama Logo

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menentukan slogan dan ikon pada sebuah logo merk kosmetik adalah memilih nama yang tepat.

Dalam hal ini, nama merupakan elemen dasar yang sangat sentral dari logo, karena nantinya akan mempengaruhi pemahaman dan juga perhatian konsumen terhadap visual yang disuguhkan di dalam logo kosmetik.

Usahakan ketika membuat nama pada sebuah logo jangan terlalu sulit dan rumit, usahakan singkat, unik, mencerminkan kualitas perusahaan serta dapat mudah diingat oleh para konsumen, selain itu nama juga akan menentukan bagaimana nanti bentuk ikon pada logo yang akan dibuat.

Cari Tahu 5 Cara Menentukan Nama Brand Kosmetik Berikut Ini

Slogan Logo

Kemudian yang kedua adalah slogan pada sebuah logo kosmetik. Para produsen yang akan membuat sebuah produk kosmetik tentunya membutuhkan sebuah slogan yang menarik di dalam logo yang akan dibuatnya, guna mendukung kualitas dari produk yang akan dibuat.

Slogan pada logo kosmetik itu sendiri yang nantinya akan mencerminkan serta juga menjelaskan secara singkat perihal kualitas perusahaan ketika memproduksi sebuah produk kosmetik.

Selain itu slogan dalam hal ini juga akan mencerminkan integritas perusahaan dalam penjaminan kualitas produk kosmetik yang dibuatnya.

Slogan pada logo kosmetik ini tidak perlu terlalu panjang, yang penting dapat terbaca dengan mudah serta mudah untuk diingat. Berikut adalah beberapa alasan pokok kenapa slogan perlu dipertimbangkan ketika akan membuat sebuah logo:

Menjelaskan Selling Point dari Produk Kosmetik

Slogan dalam desain logo merk kosmetik haruslah dapat menjelaskan / menunjukkan selling point dari produk kosmetik yang akan dijual.

Tentu, hal ini tidak perlu terlalu panjang ataupun terlalu lengkap. Pikirkan satu dua kata yang bisa merangkum ke seluruhan dari produk/brand kosmetik milik kamu.

Mencitrakan Karakter Brand Kosmetik dengan Tepat

Selanjutnya, slogan haruslah membantu mengekspresikan emosi atau karakter dari produk kosmetik yang akan kamu buat.

Menggunakan Kata-kata yang Sederhana Namun Mudah Diingat

Untuk membuat slogan dalam logo, haruslah menggunakan kata-kata yang sederhana namun mudah diingat oleh konsumen.

Dapat Mempengaruhi Psikologi Konsumen Kosmetik

Tahukah kamu dengan slogan kosmetik yang menarik, kamu bisa mempengaruhi psikologi konsumen dan membuat mereka tertarik untuk mengenal brand kosemetik yang kamu miliki.

Ikon Logo

Sekarang yang ketiga adalah ikon logo produk kosmetik. Peran ikon logo menjadi pertimbangan selanjutnya ketika sudah menentukan nama dan slogan.

Dalam hal ini, ikon logo pada produk kosmetik terdapat sebuah simbol yang nantinya akan melambangkan layanan pada sebuah produk yang dibuat, seperti nama dan juga hal lain yang nantinya akan menjadi karkteristik pada merek produk kosmetik yang akan dibuat.

Usahakan bentuk ikon logo nantinya juga dapat menyesuaikan besar kecilnya produk kosmetik, dimana nama dan juga slogan akan dapat menyesuaikan komposisi yang ada di dalam logo nantinya.

Nantinya nama produk dan nama perusahaan secara tidak langsung akan terwakilkan pada sebuah ikon logo yang akan dibuat.

Monogram

Ada pun pertimbangan lain selain membuat ikon, yaitu monogram. Sistem dan fungsi dari monogram ini nantinya akan mewakilkan inisial dari nama perusahaan produk kosmetik yang akan dijadikan simbol, hal ini disebut sebagai logo monogram.

Isi dari logo monogram ini biasana hanya berisi teks, dimana visual hanya menghiasi backgroundnya saja. Biasanya logo mongram terdiri seperti sebuah ikon yang hanya berisi satu huruf saja sebagai sebuah simbol produk kosmetik.

Font Logo

Ketika sudah mendapatka sketsa gambaran akan seperti apa logo produk kosmetik nantinya, mempertimbangkan font pada logo juga menjadi bagian terpenting yang tidak boleh dilupakan, karena jika sembarangan dapat mempengaruhi daya ketertarikan calon konsumen.

Ada begitu banyak macam model font yang bisa produsen kosmetik gunakan ketika membuat logo, setiap jenis font yang disediakan dan dipilih nantinya akan memberikan sebuah kesan berbeda, yang tidak sama dan ditemui pada produk kosmetik lainnya.

Warna Logo

Tahap ini adalah tahap paling krusial ketika bentuk logo sudah jadi, yaitu tahap penentuan warna logo.

Warna pada logo kosmetik sendiri harus memiliki sebuah ciri khas yang dapat menarik perhatian konsumen dan juga bersifat mudah diingat serta berbeda dari warna yang kebanyak dipakai oleh produk kosmetik lainnya.

Usahakan menggunakan warna-warna sederhana dan benar-benar mencerminkan aura perusahaan produsen.

Hal ini sifatnya bebas, dapat menggunakan jenis warna cerah yang mewakilkan tampilan dinamis dan menyenangkan, atau bahkan bisa menggunakan warna yang redup atau dop, dimana tampilannya akan lebih knservatif dan bersahaja.

Tata Letak Logo Kosmetik yang Diinginkan

Setelah beberapa uraian mengenai komponen penting dalam logo kosmetik. Kamu memang tidak perlu menggunakan semua elemen tersebut, hanya gunakan yang cocok untuk desain produk kosmetik kamu.

Setelah semua komponen penting dalam logo kosmetik ini telah kamu bentuk, kamu bisa menyesuaikan letak logo kosmetik yang kamu buat sebaik mungkin.

Nah, itu adalah berabagai komponen penting dalam logo kosmetik yang perlu kamu ketahui. Ini sangat penting untuk membantu kamu dalam menciptakan logo kosmetik yang menarik, mudah diingat, dan dapat menarik perhatian konsumen kamu.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

startegi penjualan saat pandemi

Omset Kian Turun, Pahami Strategi Penjualan Produk Kosmetik Saat Pandemi

Selama pandemic covid berlangsung, banyak hal yang menyebabkan kebiasaan konsumsi masyarakat berubah. Karenanya, kamu bisa menentukan strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi. Sebab, di masa yang tidak pasti ini banyak usaha yang ditutup secara sementara maupun permanen. Karenanya dengan...

Continue Reading

Leave a Comment