5 Ide Konten Microblogging Instagram yang Menarik untuk Bisnis

ide konten microblogging instagram

Mengelola konten untuk bisnis tak harus menyediakan konten-konten dengan ide berat. Kamu juga bisa menjadikan ide-ide ringan di sekitarmu sebagai bahan konten. Oleh karena itu berikut ini adalah beragam ide konten microblogging instagram untuk bisnis yang bisa kamu coba.

Microblog kini menjadi salah satu jenis konten yang populer. Menjadikannya sebagai sarana promosi adalah keputusan yang tepat dan harus dilakukan oleh perusahaan. Terlebih lagi, konten jenis ini sangat mudah untuk dibuat dan mudah diterima oleh audiens.

Instagram dengan desainnya yang menarik dan dengan beragam fiturnya, sangat tepat menjadi media untuk membagikan konten microblog. Bahkan, kini bukan hanya sebatas gambar, foto atau video singkat. Instagram juga memungkinkanmu untuk dapat mengunggah konten dengan video lebih panjang.

Sarana yang menarik ini mengasah kreativitas pengguna Instagram untuk berlomba membuat konten yang lebih menarik setiap harinya. Untuk itu, kamu juga jangan sampai kalah agar lebih banyak audiens yang dapat mendukung bisnismu.

Sekilas Tentang Konten Microblogging Instagram

Microblog merupakan platform untuk menyediakan artikel berbentuk mini berisi gambar dan teks singkat. Disebut mini karena blog dalam platform ini dikemas dengan cara berbeda meski memuat informasi yang sama dengan blog pada umumnya.

Microblog dikemas dengan cara lebih sederhana dan singkat, dengan mengutamakan tampilan visual yang menarik.

Bagi pengguna instagram yang menyukai visual, kehadiran microblog menjadi sumber informasi yang dinanti karena bentuknya yang menarik dan tidak banyak teks untuk dibaca.

Fitur-fitur baru dari instagram juga semakin mendukung untuk membuat konten berjenis microblog bagi para pelaku bisnis. Berkat microblog, perusahaan mendapatkan manfaat lebih banyak dari sekadar promosi.

Adanya microblog, memungkinkan perusahaan untuk lebih mudah dalam mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

Baca Juga: Cara Membuat Konten Microblogging Instagram dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Tips Mengelola Konten Microblogging Instagram

Namun, ada beberapa tips yang perlu kamu ingat dalam mengelola microblog agar lebih baik. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Maksimalkan Aspek Visual

Tampilkan visual yang menarik. Baik pada pemilihan desain huruf, pemilihan warna, dan pemanfaatan kontras. Dengan memperhatikan hal tersebut, terbukti membantu untuk lebih menarik pembaca.

Gunakan Huruf yang Sederhana

Selanjutnya pilih huruf yang sederhana, dan tuliskan secara singkat dan mudah dipahami. Fokuskan saja pada informasi yang paling penting.

Bangun Interaksi Bersama Audience

Ajak audiens untuk memberikan tanggapan mereka dan jalinlah kedekatan dengan audiens melalui konten yang kamu unggah.

Manfaat Konten Microblogging Instagram untuk Bisnis

  1. Menguatkan branding
  2. Menjual produk
  3. Membangun kepercayaan
  4. Mendapatkan lebih banyak calon pelanggan

5 Ide Konten Microblogging Instagram untuk Bisnis

Ketika membuat sebuah konten promosi, ide merupakan bagian yang krusial. Kamu harus bisa mengemas kegiatan promosi dengan kreatif dan mampu memikat konsumen. Begitu pula saat akan membuat konten microblogging instagram.

Berikut ini ada 5 ide konten microblogging instagram untuk bisnis yang dapat kamu gunakan sebagai referensi. Yuk, simak sama-sama!

Konten Tips & Trick

Ide konten microbloggin Instagram ini pasti sudah tidak asing buatmu. Ini merupakan salah satu ide konten yang banyak disukai oleh para audiens sehingga menjadikan ide ini sebagai salah satu ide yang paling banyak digunakan.

Jika kamu berbisnis dalam bidang kecantikan, kamu bisa menjadikan ini sebagai ide konten microblogging instagram untuk bisnis dengan memberikan tips/cara menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kamu tidak harus menjadikan produkmu sebagai satu-satunya cara menjaga kesehatan kulit wajah.

Jika konten tersebut disukai oleh audiens, mereka akan membagikannya dan membantu meningkatkan viewers untuk kontenmu. Selain itu, akan ada lebih banyak orang yang mengunjungi Instagrammu.

Informasi Produk/Brand

Dengan dasar bahwa microblog merupakan media berbagi informasi, kamu juga dapat membagikan konten berisi informasi. Jika menyangkut tujuan promosi, maka kamu dapat memberikan informasi yang berhubungan dengan produk atau brand.

Untuk membuat konten berisi informasi produk atau brand, perhatikan juga agar kamu menerapkan beberapa pola berikut ini:

Attraction

yang merupakan unsur yang dapat menarik perhatian audiens dari sebuah konten.  Untuk memberikan unsur ini dalam kontenmu, kamu bisa menggunakan gambar, foto, kombinasi warna tertentu atau tipografi yang menarik.

Tujuan utamanya adalah untuk membuat audiens berhenti sejenak untuk sekadar melihat postinganmu sebelum memutuskan untuk mencari tahu lebih jauh.

Interest

yang merupakan bagian dari sebuah konten yang membuat audiens agar tertarik untuk mencari tahu lebih jauh. Kamu harus bisa membuat audiens untuk menyimak kontenmu hingga habis.

Desire

yaitu unsur yang akan dapat mengembangkan rasa tertarik audiens menjadi rasa ingin. Biasanya, yang dapat membangun rasa ingin tersebut adalah kalimat-kalimat ajakan atau bujukan. Kamu bisa menyisipkan unsur ini dalam bentuk lain, misalnya membuat audiens ingin merasakan manfaat dari produkmu.

Action

adalah unsur ketika kamu menunjukkan pada audiens mengenai apa yang harus dilakukan. Di sini kamu bisa mengajak audiens untuk berkomentar atau memberikan tanggapan mereka.

Konten Motivasi Penggemar

ide konten microblogging instagram untuk bisnis ini cukup ringan dan mudah untuk dibuat, selain itu dapat meninggalkan kesan untuk para audiens. Cara ini juga sangat efektif untuk memancing reaksi.

Buatlah konten berisi motivasi atau quotes dengan pesan-pesan positif. Sedangkan untuk promosi, kamu bisa menyiasatinya dengan menyematkan logo perusahaan.

Ketika mendapatkan konten motivasi atau quotes semacam ini, audiens cenderung lebih mudah untuk memberikan tindakan. Misalnya membagikan ulang di story mereka atau membagikannya pada teman mereka untuk saling menyemangati.

Ketika audiens membagikan, orang-orang yang melihat logomu mungkin akan tertarik mengunjungi profil Instagrammu.

Buat Konten Story Telling

Salah satu ide yang paling direkomendasikan adalah konten berisi storytelling. Alasannya adalah, konten jenis ini dapat mendekatkanmu dengan audiens dengan cara yang halus karena tidak berisi tentang informasi produk atau promosi secara terang-terangan.

Perlu kamu ingat bahwa konten jenis ini disampaikan dalam bentuk cerita yang menarik dan dapat menyentuh hati audiens.

Oleh karena itu, jika kamu menggabungkan strategi digital marketing dengan cerita yang menyentuh. Kamu akan memberikan dampak yang lebih kuat bagi audiens.

Kamu tetap bisa menyematkan promosimu dalam konten semacam ini. Misalnya, dengan menjelaskan kelebihan produk yang dikemas secara hiperbola atau dramatis.

Ide Konten Story Telling yang Menjual

Jika kamu merasa bingung mengenai cerita seperti apa yang bisa kamu angkat sebagai konten. Berikut ini ada beberapa ide yang bisa kamu pertimbangkan :

Kejadian di Sekitar

Jika kamu sedang kesulitan mencari ide, kamu bisa mengamati keadaan di sekitar. Jika kamu berada di dalam ruangan, cobalah berjalan-jalan di sekitar. Kamu pasti akan menemukan sesuatu untuk kamu jadikan ide. Bahkan kamu bisa saja mendapat beberapa ide sekaligus.

Cerita Tentang Orang Lain

Jika kamu sudah menjual banyak produk, kamu bisa meminta bantuan customer service untuk menjaring cerita dari para pelanggan yang berhubungan dengan produk yang kamu jual.

Kamu bisa memberikan produk gratis pada pelanggan tersebut sebagai balasan karena telah berbagi cerita.

Jangan lupa untuk meminta izin sebelum membagikan cerita tersebut di lapak kontenmu. Kamu juga dapat mengundang pelanggan untuk berkomentar di postingan konten sehingga audiens akan tahu bahwa cerita yang mereka simak benar terjadi.

Pengalaman Pribadi

Baik pengalaman pribadi sebenarnya, maupun pengalaman pribadi yang dibuat-buat. Keduanya tetap bisa kamu jadikan ide konten. Yang penting, cerita yang kamu buat masih dapat diterima logika dan dibawakan dengan natural.

Opini

Ide lainnya yang kamu jadikan sebagai topik untuk mengawali cerita menarik adalah opini. Ketika kamu memiliki opini tentang sesuatu, terutama jika objek yang kamu bicarakan sedang ramai. Kamu bisa menjadikannya sebagai bahan konten yang menarik.

Permainan Emosi

Ambilah cerita yang melibatkan emosi yang dalam di dalamnya. Cerita semacam ini dapat menjadi ide konten yang menarik untuk marketing.

Ketika kamu bermain dengan emosi audiens, kamu berhasil masuk dalam ingatan mereka. Karena emosi yang dalam, cerita tersebut akan membekas di benak pembaca.

Meski tak diinginkan, audiens akan secara otomatis mengingatmu ketika teringat akan cerita tersebut. Namun, pastikan cerita yang kamu buat bukan cerita murahan ya. Bukankah cara ini sangat layak untuk dicoba.

Menjawab Pertanyaan dan Keluhan Konsumen

Dari beragam konten yang sudah pernah kamu uanggah di Instagram, kamu tentu sudah mendapatkan beragam pertanyaan dari audiens. Amatilah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul, kamu dapat menjadikannya sebagai ide konten.

Jika kamu merasa masih kekurangan ide, kamu bisa mengundang pertanyaan dari mereka. Kamu bisa memanfaatkan fitur Instagram Story untuk berinteraksi dengan audiens.

Buatlah interaksi yang menyenangkan kemudian cari tahu apa hal yang ingin ditanyakan oleh audiens yang berhubungan dengan bisnismu.

Selain fitur Instagram Story, kamu juga bisa memanfaatkan fitur lain untuk mengumpulkan pertanyaan dari para audiens.

Setelah mengulas beragam ide konten microblogging instagram untuk bisnis di atas, apakah kamu sudah mendapatkan ide yang ingin kamu terapkan untuk kontenmu?

Kamu tidak harus mengangkat ide yang berat, gunakan saja ide-ide ringan yang relevan dengan audiensmu. Kemudian kemas dengan cara yang menarik dan segar.

Jagalah konsistensi untuk menjaga audiensmu agar tidak beralih ke sumber konten milik kompetitor yang tentunya serupa dengan kontenmu. Selain itu, ingatlah untuk sering berinteraksi agar audiens lebih senang memberikan pendapat mereka di kolom komentar.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment