Cara Membuat Konten Microblogging Instagram dan Manfaatnya Untuk Bisnis

cara membuat konten microblogging Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial dengan pengguna pengguna terbesar di dunia karena fiturnya yang menarik. Sehingga mempermudah pembuatan berbagai jenis konten, termasuk microblog. Lantas bagaimana cara membuat konten microblogging instagram?

Kamu tentu sudah tahu bahwa aplikasi Instagram memberikan fitur yang berbeda bagi pengguna biasa dan Instagram untuk bisnis.

Jika kamu berencana mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan Instagram, maka sudah wajib untuk menggunakannya sebagai akun bisnis.

Dengan begitu kamu akan lebih leluasa menggunakan beragam fiturnya yang sangat mendukung untuk kegiatan bisnis. Mulai dari promosi, iklan, hingga insight untuk memantau performa akun.

Selain memanfaatkan fitur tersebut, kamu juga bisa melakukan cara lain menggunakan akun bisnismu. Yaitu dengan membagikan konten microblog.

Konten informasi ini sangat disukai oleh audiens yang tentunya akan memberikan timbal balik yang positif untuk perusahaan.

Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan selengkapnya di bawah ini mengenai deksripsi, manfaat hingga cara membuat konten microbloggin Instagram yang baik.

Apa Itu Konten Microblogging di Instagram?

Microblogging di Instagram adalah pembuatan konten berisikan informasi mengenai suatu topik layaknya blog yang dikemas dengan praktis dan disajikan dalam bentuk gambar dan tulisan singkat.

Pada mulanya, microblogging banyak dibuat di platform seperti Twitter, Tumblr, hingga Facebook. Namun, seiring perkembangan waktu dan ditingkatkannya fitur-fitur dalam Instagram, menjadikan aplikasi ini cocok sebagai platform konten microblog.

Konten-konten microblog banyak diisi informasi-informasi seperti DIY, konten traveling dan lainnya. Karena respons positif dari para pengguna, para pelaku bisnis akhirnya melihat adanya potensi untuk mengembangkan bisnis mereka dengan membuat konten microblog di Instagram.

Fitur-fitur baru di Instagram juga sangat mendukung bagi pelaku bisnis untuk membuat konten jenis ini. Jadi selain promosi, perusahaan dapat sekaligus mendapatkan manfaat lainnya melalui pembuatan konten microblog ini.

Manfaat Konten Microblogging Instagram untuk Bisnis

Ada banyak manfaat membuat konten microblogging Instagram untuk bisnismu, seperti yang telah kami rangkum di bawah ini.

Menguatkan Branding

Dengan kemudahan dalam membagikan informasi, membuat microblog di instagram bisa kamu manfaatkan untuk menguatkan branding.

Pelajarilah cara membuat konten microblogging instagram dengan baik. Dengan begitu kamu akan menjadi microblogger yang selalu memberi informasi berbobot dan konten yang berkualitas. Maka brandingmu akan naik dengan sendirinya berkat kepercayaan audiens.

Membantu Penjualan Produk

Selain membagikan informasi kamu juga bisa memanfaatkan microblog yang kamu bangun di Instagram untuk menjual produkmu.

Kamu bisa menyertakan alamat web penjualanmu atau alamat tokomu di Bio. Selain itu kamu juga dapat menyisipkan promosi di antara kontenmu. Tentu saja dengan cara yang tidak terlalu berlebihan.

Membangun Kepercayaan Konsumen

Melalui konten yang informatif, terpercaya dan up to date kamu bisa membangun citra sebagai figur yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.

Ketika suatu saat audiens membutuhkan informasi, hal pertama yang ada di pikiran mereka adalah mengunjungi blogmu atau bertanya melalui fitur yang ada. Dari hal tersebut, kamu bisa membuat audiens memberikan rasa percaya mereka.

Dapatkan Lebih Banyak Calon Pelanggan

Semakin banyak konten yang kamu unggah secara rutin, maka semakin banyak pembaca yang datang. Di antara postingan yang kamu unggah, kamu bisa sesekali menyelipkan promosi produk yang kamu jual.

Pembaca yang sudah percaya padamu akan tertarik untuk tahu lebih jauh atau bahkan membeli produkmu. Oleh karena itu, pastikan kontenmu memiliki hubungan dengan produkmu.

Keunggulan Konten Microblogging Instagram

Adapun berbagai keunggulan konten microblogging Instagram sebagai media promosi bisnismu adalah:

Lebih Mudah Dibuat

Microblog adalah konten yang lebih singkat dibanding tulisan artikel di sebuah blog. Melalui konten sejenis ini, kamu dapat lebih mudah dalam menyampaikan informasi.

Atau kamu bisa mengembangkan satu ide dalam artikel, menjadi beberapa konten dalam microblog. Dengan begitu, kamu jadi punya lebih banyak konten untuk kontenmu.

Lebih Mudah Dipahami

Karena pengemasannya yang sederhana, audiens jadi lebih mudah memahami isi dalam microblog. Namun, informasi dalam microblog tetap bergantung pada strategi dalam mengatur kata-kata.

Usahakan agar tidak salah menyusun kalimat agar tidak ada kesalahan informasi yang diterima oleh audiens.

Bahkan, jika microblog yang kamu susun ternyata menarik untuk audiens. Kamu bisa mengajak mereka untuk mengunjungi website blog berisi artikel milik perusahaanmu. Atau kamu juga bisa sekaligus melakukan promosi dan lainnya.

Informasi Up To Date

Ada saatnya kamu memiliki informasi penting yang harus kamu bagikan saat itu juga pada audiens. Misalnya pengumuman pemenang setelah kamu mengadakan kompetisi melalui live Instagram.

Karena pembuatan konten yang mudah dan cepat, kamu tak perlu memakan waktu lama untuk dapat informasi kapanpun.

Sebagai Komunikasi Secara Langsung

Selain dapat membagikan informasi yang cepat dan mudah, kamu juga dapat lebih mudah berinteraksi dan berkomunikasi dengan audiens.

Di sini kamu bisa membangun keakraban dan mendapatkan kepercayaan dari mereka. Cara ini lebih cepat dalam membangun branding dan mendapat kepercayaan dari audiens.

Akses Ke Jutaan Pengguna Media Sosial

Kamu memiliki kesempatan untuk dikenal oleh banyaknya pengguna Instagram di seluruh dunia. Terlebih lagi microblog dapat menjadi sumber informasi yang cepat bagi para pengguna.

Ketika mereka memberikan kepercayaan padamu sebagai penyedia informasi, kamu berkesempatan untuk dapat memperkuat branding melalui microblogging.

Cara Membuat Konten Microblogging Instagram

cara membuat konten microblogging instagram (2)

Dari segi bobot, isi dalam microblog dan artikel yang diunggah di blog tidak ada bedanya. Hanya saja, konten dalam microblog dikemas lebih ringan dan praktis.

Untuk membuat microblog Instagrammu sendiri, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Kumpulkan Ide Konten dan Susun Strategi

Langkah pertama untuk membangun microblog adalah memikirkan kontennya. Pada umumnya konten microblog di Instagram bertujuan untuk membangun interaksi dengan audiens. Kamu bisa membuat konten dari ide artikel yang sudah kamu punya di web dan mengemasnya dengan lebih menarik.

Jangan hanya mengunggah setiap hari namun tidak ada bobot dalam setiap postingan. Rencanakan kontenmu sebaik mungkin, mulai dari ide konten, konsep unggahan apakah dalam bentuk gambar, video, carousel, atau lainnya.

Pertimbangkan juga apa saja yang akan kamu tampilkan di dalam konten. Usahakan agar memberikan konten yang berhubungan namun beragam. Buatlah tim kreatif dan profesional untuk menangani konten agar memberikan hasil maksimal.

Perhatikan Kualitas dan Ukuran

Sebagai media sosial yang mengutamakan visualisasi, maka konten yang kamu unggah dalam Instagram tentu saja harus memiliki penampilan yang menarik.

Pengguna Instagram adalah orang-orang yang menyukai visual berkualitas. Maka, gunakanlah foto dan video yang terbaik. Selain itu, perhatikan ukuran yang digunakan pada setiap jenis postingan.

Gunakan Font Menarik

Konten microblog dalam Instagram umumnya berisi paduan visual dan tulisan. Untuk itu, gunakanlah font yang menarik pada kontenmu. Tentu saja pilih font yang cocok sesuai tema dan konteks dari postinganmu.

Caption

Instagram membatasi caption pada setiap unggahan konten maksimum 2200 karakter. Mengetahui bahwa audiens di Instagram adalah orang-orang yang menyukai visual, kamu tidak perlu menggunakan caption yang terlalu panjang.

Fokuslah untuk memberikan informasi yang padat dari tampilan yang menarik atau dengan menyisipkan tulisan pada gambar kontenmu. Utamakan caption untuk memancing interaksi audiens.

Hashtag

Jangan lupa untuk memanfaatkan hashtag pada setiap unggahanmu. Pemanfaatan hashtag dapat membantu meningkatkan kemungkinan interaksi dengan audiens hingga 12.6%.

Kapasitas penggunaan hashtag di Instagram bisa mencapai 30 hashtag. Namun kamu cukup menggunakan 5 hingga 10 untuk setiap postingan untuk mendongkrak engagement audiens

Konsisten

Salah satu yang sulit dipertahankan dalam mengelola konten microblog adalah konsistensi. Terutama pada awal pembuatan, kamu akan kesulitan untuk membuat konten setiap hari dan mencari beragam ide berbeda setiap hari.

Setelah kontenmu berjalan beberapa waktu kamu bisa membuat konten lebih sedikit namun harus tetap konsisten. Seperti 2 kali atau 3 kali dalam seminggu.

Call to Action

Langkah terakhir dan salah satu yang paling penting adalah call to action. Call to action atau CTA dalam microblog sangat penting.

Kamu bisa mengajak audiens untuk memberikan hati, komentar, meminta mereka untuk membagikan postingan, mengunjungi web dan lainnya. Kamu bisa meletakkan CTA di mana saja seperti caption, atau slide terakhir konten visual.

Ingin tahu cara menulis CTA yang menjual dan menarik? Klik di sini!

Tips Agar Konten Microblogging di Instagram Kian Sukses

cara membuat konten microblogging instagram (2)

Selain mempelajari cara membuat konten microblogging instagram, kamu juga perlu mengetahui tips-tips di bawah ini. Dengan memperhatikan tips di bawah ini, kontenmu akan semakin baik. Selain itu, tentu saja akan semakin mendukung kegiatan bisnismu.

Perkuat Brand Voice

Brand voice merupakan pandangan konsumen terhadap suatu merek melalui keberadaannya secara online. Dengan membangun brand voice kamu akan membuat audiens lebih mudah mengenali brandmu.

Usahakan agar kamu dapat memberikan kesan yang konsisten di setiap interaksi dengan audiens.

Misalnya kamu sebagai pemilik brand kosmetik, kamu memberikan kesan sebagai seorang ahli kecantikan pada konten dan interaksi. Baik ketika membalas komentar dan pertanyaan, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu seorang profesional dalam bidang kecantikan.

Jadwalkan Konten

Membuat jadwal untuk setiap konten dan mencatat tanggal unggahannya akan membuat pekerjaanmu lebih mudah. Kamu jadi lebih mudah dalam merencanakan setiap konten, selain itu juga lebih mudah dalam mengamati hasil setiap postingan.

Konten seperti apa dan di waktu seperti apa yang mendapatkan tanggapan paling banyak. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengunggah konten sesuai waktu tersebut.

Baca Juga: Tips dan Cara Mengatur Schedule Instagram Saat Prime Time

Perhatikan Tren

Meski kamu sudah memiliki jadwal tersendiri untuk setiap unggahan, kamu juga perlu memperhatikan tren apa yang sedang ada di sekitar pengguna Instagram.

Menyesuaikan kontenmu dengan tren yang ada sangat bermanfaat agar postingan lebih menarik dan dapat menyesuaikan dengan minat pengguna Instagram.

Aktifkan Akun Bisnis

Salah satu manfaat microblogging untuk perusahaan adalah membangun branding. Maka sudah semestinya kamu menggunakan akun sebagai akun bisnis atau kreator.

Pengalihan akun biasa menjadi akun bisnis akan membuatmu dapat mengakses berbagai insight sepenuhnya yang penting untuk manajemen akun dan analisis performa.

Petakan Konsep Setiap Jenis Konten

Kamu harus bisa menentukan konsep yang sesuai untuk setiap jenis konten. Konten berisi promosi, informasi ataupun konten lainnya tentu memiliki konsep yang berbeda.

Pastikan kamu sudah memiliki konsep yang sesuai dengan setiap konten agar pesan di dalamnya tersampaikan dengan tepat dan kamu bisa mendapat respons sesuai keinginanmu.

Maksimalkan Setiap Fitur yang Ada

Instagram memberikan beragam fitur yang menarik. Demikian juga pengguna aplikasi ini memiliki fitur kesukaan mereka. Maka maksimalkan setiap fitur dalam membuat konten terutama fitur Instagram Story.

Buat Interaksi yang Baik

Konten yang kamu buat sudah menarik dan kamu sudah memberikan CTA di setiap postingan. Interaksi di kontenmu sudah baik, namun masih ada yang kurang.

Untuk semakin meningkatkan engagement rate dan membangun branding, kamu juga melakukannya dengan meninggalkan komentar di postingan akun orang lain. Tentu saja berisikan komentar yang berbobot.

Bio adalah Kesan Pertama

Salah satu yang tak banyak diperhatikan dalam microblog Instagram adalah informasi pada bagian bio akun. Jangan biarkan bio akun Instagram yang kamu kelola kosong begitu saja.

Isiah dengan informasi penting sebagai daya tarik awal pengunjung. Bio dapat memberikan kesan branding yang baik di mata pengunjung.

Pertumbuhan Organik Lebih Baik

Penjualan melalui Instagram tidak mengutamakan jumlah follower. Hal terpenting yang harus kamu perhatikan dari konten yang mendukung bisnismu adalah konsistensi, komunikasi dan interaksi.

Jika kamu konsisten dalam membuat konten, dapat menjaga interaksi yang kamu lakukan melalui konten tersebut berkualitas, maka follower akan bertambah dengan sendirinya.

Ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mempelajari cara membuat konten microblogging Instagram. Bukan hanya membagikan informasi, kamu bisa sekaligus melakukan promosi hingga menjual produk dari perusahaanmu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari usahamu dalam membuat konten microblog, bentuklah tim kreatif khusus untuk menanganinya.

Sehingga mereka bisa fokus untuk mengembangkan perusahaan melalui konten. Kamu juga bisa mengikuti tips-tips di atas yang telah dibuktikan oleh pengusaha lainnya.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment