Simak Cara Pasang Fitur Varian Produk Tokopedia dan Manfaatnya Berikut Ini!

fitur varian produk tokopedia

Hai, Beautypreneurs! Sebagai seorang penjual online, kamu pasti sering menjawab pertanyaan seputar ketersediaan varian produk dari konsumen, bukan? Nah, di Tokopedia ada fitur Varian Produk yang bisa membantumu mengorganisir jualan. Sudah pernah dengar?

Saat berjualan online, memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan adalah hal yang sangat penting. Demi meningkatkan kepercayaan mereka terhadap tokomu, hingga mendorong terjadinya transaksi dan pembelian ulang.

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan ini adalah dengan menggunakan fitur Varian Produk Tokopedia. Yang bisa mempermudah pembeli ketika akan berbelanja, tapi juga membuat pekerjaanmu menjadi lebih ringan karena tak perlu sering-sering update stok.

Penasaran bagaiamana cara memasang fitur Varian Produk di Tokopedia ini? Serta apa saja manfaatnya untuk toko online-mu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Apa Itu Fitur Varian Tokopedia?

Fitur Varian di Tokopedia merupakan salah satu sistem yang dapat penjual gunakan untuk mengatur stok produk berdasarkan varian. Baik berdasarkan warna produk, spesifikasi produk, dan banyak lainnya.

Sebagai contoh, ketika kamu menjual serum wajah dengan beberapa varian seperti acne serum, whitening serum, maupun anti-aging serum. Kamu bisa mengatur jumlah stok produk berdasarkan variasinya.

Dengan begitu, kamu tak perlu repot mengunggah stok produk secara terus menerus dan mempermudah pelanggan ketika memilih produk di tokomu.

Berbagai Keuntungan Menggunakan Fitur Varian di Tokopedia

Beautypreneurs, tak hanya mempermudah konsumen dalam berbelanja, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan menggunakan fitur Varian di Tokopedia, lho.

Enggak percaya? Simak berbagai keuntungan menggunakan fitur Varian untuk bisnismu berikut ini!

Dapat Mengumpulkan Banyak Ulasan dalam Satu Produk

pembeli tetap bisa memberikan ulasan pada produkmu berdasarkan varian yang mereka beli. Keterangan varian produk akan muncul pada ulasan pembeli.

Dapat Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Variasi produk seperti ukuran dan warna akan muncul saat calon pembeli menjelajahi halaman pencarian. Pembeli akan lebih cenderung klik produkmu jika mengetahui ada banyak variasi warna dan ukuran.

Membantu Meningkatkan Rasio Konversi Produk

Salah satu hal yang membuat pembeli mau memutuskan untuk membeli produk di toko tertentu secara online adalah kelengkapan varian.

Ini karena mereka memilki banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan mereka, tanpa harus belanja di berbagai toko secara terpisah. Yang mana juga bisa menambah biaya kirim dan pajak penanganan tambahan.

Karenanya, menggunakan fitur Varian Produk di Tokopedia ini terbukti lebih efektif dalam meningkatkan rasio konversi produk. Apalagi jika kita bandingkan dengan menulis varian hanya dalam halaman deskripsi produk

Selain itu, semua ulasan dan rating yang ada pada tiap varian akan tergabung menjadi satu halaman. Sehingga bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen yang mengunjungi tokomu.

Pangaturan yang Mudah dan Cepat

Keuntungan menggunakan fitur varian produk selanjutnya adalah pengaturannya yang mudah dan cepat. Bahkan kalau kamu cukup gaptek pun, fitur ini sangat mudah untuk kamu terapkan.

Kamu bisa mengatur harga, stok dan foto produk, juga status yang berbeda pada tiap variannya. Selain itu, kamu juga dapat mengatur promo untuk varian yang berbeda, sehingga bendera promo hanya akan muncul di bagian halaman varian tersebut.

Pengaturan ini juga terbilang praktis karena kamu enggak harus melakukannya lewat desktop, melainkan cukup pada aplikasi (android) Tokopedia Seller.

Syarat dan Ketentuan Fitur Varian Produk

Nah, Beautypreneurs, setelah mengetahui apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memasang fitur Varian Produk. Kamu pasti sudah tak sabar ingin segera menyematkannya pada produk jualanmu, bukan?

Well, sebelum kita membahas bagaimana cara memasang fitur ini, simak dulu berbagai syarat dan ketentuan fitur Varian Produk Tokopedia berikut ini.

  1. Hingga kini, fitur Varian Produk hanya dapat digunakan pada beberapa kategori produk tertentu saja.
  2. Ketika varian produk tersebut kosong, maka varian produk secara otomatis tidaka kan dapat pembeli pilih.
  3. Ketika telah menambahkan kategori varian pada produk terentu, kamu tak bisa menghilangkan varian tersebut secara tiba-tiba.
  4. Stok produk pun akan berkurang secara otomatis setelah pembayaran oleh konsumen telah berhasil sistem verifikasi.
  5. Kamu hanya dapat mengatur maksima dua kategori varian produk, misalnya dari Ukuran
  6. Jumlah varian yang bisa kamu tambahkan pada tiap produk adalah maksimal 30 varian dan maksimal 10 varian per level/kategori produk.

Cara Memasang Fitur Varian Produk di Tokopedia Via Desktop

Meski fitur Varian Produk di Tokopedia bisa dengan mudah kamu pasang lewat aplikasi mobile, menggunakan desktop bisa memberikan tampilan yang lebih spesifik dan rinci.

Karenanya, yang akan kita bahas kali ini adalah cara memasang fitur Varian Produk di Tokopedia via desktop. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Masuk Laman Tokopedia Seller

Langkah pertama dalam cara memasang fitur Varian adalah dengan masuk ke laman Tokopedia Seller, kemudian klik Daftar Produk. Lanjutkan dengan klik Tambah Produk untuk memasukkan jualanmu.

Unggah Foto Produk

Selanjutnya unggah foto produk jualanmu dari berbagai sisi, misalnya dari depan, samping, atas, juga perhatikan detail yang ada pada produk. Dengan begitu, akan mudah bagi pembeli untuk memilih dan melihat varian produkmu.

Sementara itu, kamu bisa menyiapakna foto produk ungulan sebagai Gambar Utama. Pilih foto terbaik, karena Gambar Utama ini muncul pertama kali saat pembeli melihat produkmu di halaman hasil pencarian.

Masukkan Nama Produk

Langkah selanjutnya masukkan nama produk dengan rumus: Jenis Produk + Merk Produk + Keterangan Tambahan. Kemudian pilih kategori produk yang sesuai pada Rekomendasi Kategori.

Memilih kategori produk ini sangat penting, jadi kamu tak boleh asal-asalan. Sebab, ketika kamu memasukkan produkmu pada kategori yang salah, produk akan susah terbaca dan kemungkinan kecil muncul pada di halaman pencarian.

Kalau sudah mengatur kategori, kamu bisa menambahkan Spesifikasi Produk untuk memasukkan informasi lebih rinci mengenai jualanmu. Setelah itu klik Etalase.

Lengkapi Deskripsi Produk

Selanjutnya masukkan deskripsi produk dengan rinci dan sesuai dengan kondisi produk. Kamu juga dapat menyisipkan link video produk dari YouTube, agar konsumen bisa mendapatkan referensi lebih banyak mengenai produkmu.

Setelah deskripsi selesai kamu buat, klik Simpan.

Baca Juga: Cara Menulis Deskripsi Produk di E-commerce yang Dapat Menarik Konsumen

Tambahkan Varian Produk

Kemudian kamu bisa memulai menambahkan produk bagian Varian Produk, cukup klik pilihan Tambah Varian Produk.

Pasrikan kamu memilih varian produk sesuai dengan tipe produk yang kamu jual, misalnya dari segi ukuran, warna, ataupun fungsinya.

Isi Detail Produk

Selanjutnya isi detail produk yang ada pada Tabel Varian. Kamu bisa memasukkan harga produk, stok yang ada, foto, dan status produk pada tiap varian.

Pastikan tiap varian yang kamu masukkan ini memiliki foto masing-masing, ya. Dengan begitu, konsumen bisa mendapatkan gambaran visual dari varian tersebut.

Kemudian, kamu bisa memilih salah satu foto produk terbaik sebagai Produk Utama pada kolom Status.

Isi Status dan Stok Produk

Kamu bisa mengisi status dan stok produk tokomu. Langkah terakhir ini berisikan detail pengiriman seperti berat produk, asuransi yang kamu tawarkan, hingga pilihan kurir pengiriman yang kamu inginkan untuk jualanmu.

Setelah semua sudah kamu isi lengkap, kamu bisa melakukan pengecekan sekali lagi untuk melihat kesesuaiannya. Kalau sudah tepat, klik Simpan dan varian produk selesai kamu buat.

Well, Beautypreneurs, itu adalah hal yang perlu kamu tahu dari fitur Varian Produk di Tokopedia. Mulai dari pengertian, cara kerja, keuntungan yang kamu dapatkan, syarat dan ketentuan, serta cara memasangnya pada toko online-mu.

Fitur ini sangat cocok untuk kamu gunakan ketika kamu memiliki produk dengan berbagai varian. Misalnya lipstick yang memiliki banyak shade, liptint, eyeshadow, bahkan skincare set dengan berbagai variasi produk.

Nah, sampai sini dulu penjelasan dan tips bisnis online kali ini. Kamu bisa menemukan panduan berbisnis kosmetik di E-commerce lainnya lewat laman Berita Terkini.

Selamat mencoba dan see you!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading