Ketahui 8 Manfaat Minyak Macadamia untuk Rambut dan Cara Pakainya

manfaat minyak macadamia untuk rambut

Dari hari ke hari produk perawatan rambut mengalami perkembangan dan inovari yang kian pesat. Salah satunya dengan banyaknya penggunaan minyak alami dalam formula produk hair treatment. Minyak macadamia juga jadi salah satu minyak alami yang sekarang cukup popular, apa kamu tahu?

Pada dasarnya penggunaan minyak alami untuk merawat rambut bukanlah hal baru lagi. Sejak dulu, secara tradisional nenek buyut kita menggunakan minyak kemiri dan berbagai jenis minyak alami lain untuk merawat kecantikan serta kesehatan rambut.

Nah, tren ini sempat berganti seiring munculnya berbagai produk perawatan rambut di pasaran. Namun, pada beberapa waktu lalu, masyarakat kembali tertarik dengan produk-produk berbahan herbal dan organic.

Sebagai contoh bahan alami yang cukup popular dalam produk perawatan rambut adalah minyak macadamia, yang rupanya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan rambut.

Penasaran, kan? Langsung simak berbagai manfaat minyak macadamia untuk rambut, cara penggunaannya, serta asal usulnya dalam ulasan berikut ini!

Asal-Usul Minyak Macadamia

Kacang macadamia berasal dari Queensland, Australia. Kacang ini pertama kali ditemukan pada tahun 1857 oleh botanis Jerman-Australia bernama Ferdinand von Mueller. Pemberian nama pada kacang ini merujuk nama seorang guru medis ahli kimia bernama John Macadam.

Kacang macadamia kemudian dikenal memiliki harga yang terbilang tinggi di pasaran, tetapi harga tersebut setara dengan nutrisi, rasa, dan kelangkaannya.

Meskipun mahal, kacang macadamia masih diburu banyak orang karena kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan. Terlebih lagi, rasa kacang ini unique, buttery, tasty, dan crunchy.

Kacang ini juga terkenal di kalangan para vegan yang menjadikan kacang ini sebagai alternatif pengganti milk dan butter yang mengandung protein hewani. Seperti kacang lainnya, kacang macadamia juga tumbuh di pohon yang tinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu yang panjang bagi para petani untuk memanen kacang macadamia.

Kacang macadamia membutuhkan waktu antara 7–10 tahun untuk mancapai masa panen. Selain itu, kacang ini hanya bisa tumbuh di lingkungan dan jenis tanah tertentu sehingga tidak bisa tumbuh di sembarang wilayah.

Bahkan, menurut data yang ada, populasi pohon macadamia di dunia hanya 1% dibandingkan pohon kacang lainnya.

Proses pengolahan kacang macadamia juga cukup sulit dikarenakan petani di wilayah pedalaman tidak banyak memiliki alat yang memudahkan dalam pengupasan cangkang kacang yang sangat keras. Dengan demikian, penjualan hasil panen macadamia pun lambat.

The World’s Most Expensive Nuts …

Jadi, jangan heran lagi kalau kacang macadamia dianggap sebagai the world’s most expensive nuts. But for your information, saat ini produksi macadamia tidak hanya ada di Australia saja, tetapi di Hawaii dan beberapa wilayah di Asia Tenggara yang sangat tinggi peminatnya. Bahkan, kacang eksklusif ini juga dibudidayakan di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Bondowoso dan Kota Batu, Jawa Timur.

Selain terkenal dengan kelezatannya, kacang yang penuh dengan nutrisi ini juga banyak diolah menjadi bahan pembuatan skin care dan hair care loh. Misalnya, ekstraksi dari kacang macadamia dapat dijadikan minyak alami yang baik untuk perawatan kulit dan rambut. Penasaran dengan kandungan yang ada dalam minyak macadamia? Cek di bawah ini.

Kandungan Minyak Macadamia yang Baik untuk Rambut

Minyak macadamia memiliki kandungan kalsium, protein, antioksidan, asam lemak essensial, vitamin E, dan vitamin B kompleks yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Para ahli sepakat bahwa minyak macadamia aman untuk semua jenis rambut.

Minyak macadamia banyak digunakan untuk mengatasi rambut yang kering dengan mengontrol produksi minyak dan meningkatkan regenerasi kulit.

Bahan alami ini terlihat transparan dan memiliki sedikit warna kuning, tidak berminyak, ringan, dan mudah menyerap ke dalam kulit serta batang rambut.

Minyak ini juga mampu menembus rambut lebih efisien dibanding dengan minyak lainnya, seperti minyak mineral yang dapat menumpuk di kulit kepala dan membuat rambut terasa kebih berat dan kusam.

Kemanjuran minyak macadamia terhadap rambut tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut ini kandungan-kandungan minyak macadamia yang baik untuk rambut.

Kalsium

Kalsium merupakan salah satu unsur kimia yang sangat penting dalam pembentukan tubuh, tulang dan gigi. Selain itu, mineral ini juga dapat membantu proses kontraksi otot, transmisi impuls saraf, dan darah. Akan tetapi, kalsium juga bagus loh untuk kesehatan rambut.

Kalsium dapat membantu pembentukan dan konstruksi hormon androgenik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Micro-nutrient ini juga dapat membangun folikel rambut baru karena kalsium masuk ke dalam pembentukan enzim tertentu, seperti biotin yang dapat mendorong pertumbuhan sel-sel baru.

Protein

Protein yang terdapat dalam minyak macadamia sangat bagus untuk rambut. Kandungan ini biasa disebut dengan keratin yang fungsinya vital dalam membentuk struktur rambut yang kuat. Zat ini mampu melindungi permukaan batang rambut terluar (kutikula) dari paparan sinar matahari atau panas hair styling.

Oleh karena itu, protein dikatakan sangat baik untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Tidak hanya itu, kemampuan tersebut membuat protein dapat diandalkan dalam mencegah rambut bercabang, mengatasi rambut kusut, dan membuat rambut berkilau.

Antioksidan

Ketika mendengar kata antioksidan, yang terbesit di benak mungkin adalah zat yang membuat kulit tetap cantik dan awet muda. Ya, itu memang benar. Tapi apakah kamu tahu kalau zat ini ternyata juga dapat mengatasi rambut rontok?

Menurut beberapa penelitian, zat antioksidan mampu mencegah kerontokan rambut dan mencegah kerontokan tersebut tidak lebih parah lagi. Oleh karena itu, zat ini banyak didapati dalam produk perawatan rambut seperti sampo dan kondisioner.

Asam Lemak Essensial

Asam lemak essensial yang terkandung dalam minyak macadamia tidak dapat diragukan lagi manfaatnya dalam melembabkan rambut. Kandungan asam lemak essesial mampu memberikan efek kilau pada rambut dan membuat rambut menjadi lebih lembut.

Tidak hanya baik untuk rambut, asam lemak essensial juga bagus untuk kesehatan kulit kepala. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit kepala yang cenderung kering dan kurang terhidrasi. Kandungan asam lemak essensial terdapat pada hampir semua minyak alami untuk rambut.

Vitamin E

Vitamin E mungkin terkenal dalam perawatan kulit. Tapi siapa sangka, vitamin E juga sangat bagus untuk perawatan rambut. Kandungan antioksidan pada vitamin E mampu melancarakan sirkulasi darah ke seluruh bagian kepala.

Vitamin E dalam minyak macadamia mampu mengatasi rambut rontok dan bercabang, memperlambat penuaan rambut, dan mempertahankan kilau rambut. Selain itu, vitamin E juga memiliki kelebihan lain, yaitu mengurangi inflamasi dan mengembalikan folikel rambut yang rusak.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks yang baik untuk rambut terdiri atas vitamin B, vitamin B6, vitamin B12, dan biotin. Senyawa dalam minyak macadamia ini berfungsi untuk mengurangi kerontokan rambut dan mencegah penuaan dini atau munculnya uban di usia muda.

Kelompok vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah akan membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan pori-pori rambut (folikel) yang penting untuk pertumbuhan rambut.

8 Manfaat Minyak Macadamia untuk Rambut

manfaat minyak macadamia untuk rambut (1)

Nah, setelah mengetahui kandungan-kandungan dalam minyak macadamia, dapat kah kamu menebak apa saja manfaat minyak macadamia untuk rambut dan kulit kepala? Baca penjelasannya di bawah ini biar kamu enggak ketinggalan informasinya!

Mengurangi Rambut Patah dan Rontok

Rambut merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Hal tersebut karena rambut yang sehat dan indah dapat menunjang penampilan seseorang. Bagaimana pun jenis rambut, model rambut, atau kondisi rambut kamu, rambut yang patah dan mudah rontok itu tetap nggak banget!

Rambut yang mudah patah dan rontok menjadi ciri bahwa rambut kamu dalam kondisi kurang atau bahkan tidak sehat. Rambut yang sehat tentu saja rambut yang tebal dan kuat. Untuk mendapatkan rambut yang kuat dan tidak mudah rontok, kamu bisa mencoba merawatnya dengan minyak macadamia.

Minyak macadamia memiliki banyak kandungan alami yang dipercaya dapat mengurangi rambut rontok dan patah. Kini saatnya kamu miliki rambut yang kuat dari akan hingga ujungnya.

Melembapkan dan Melembutkan Rambut

Kandungan dalam minyak macadamia telah terbukti dapat melembapkan rambut sehingga rambut tidak kering dan kusut. Rambut yang kering dan kusut tentu tidak enak dipandang, bukan? Nah, oleh karena itu kamu harus rutin mengaplikasikan minyak macadamia ke rambut kamu.

Dengan menggunakan minyak macadamia, rambut kamu akan senantiasa lembap dan lembut karena rambut kamu akan ternutrisi hingga ke dalam. Dan pastinya, kamu juga akan mendapatkan rambut yang healthy look. Coba deh kalau ga percaya.

Mengurangi Rambut Mengembang

Rambut yang mengembang memang akan mengganggu aktivitas dan membuat kepercayaan diri menurun. Biasanya, beberapa orang akan menggunakan cara instan untuk meluruskan rambut yang mengembang.

Seperti rebonding, smoothing, dan catok. Hanya saja, cara-cara tersebut dapat membuat rambut rusak dan semakin mengembang di kemudian hari.

Meskipun begitu, kamu ga perlu khawatir. Jika kamu ingin meluruskan rambut yang mengembang, kamu bisa menggunakan minyak macadamia yang memiliki formula untuk membuat rambut rapi dan mudah diatur. Jika ada yang lebih aman, kenapa tidak?

Menangkal Dampak Buruk Radikal Bebas

Tahu kah kamu dampak buruk radikal bebas bagi tubuh manusia? Ya, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang membuat seseorang mengalami penuaan dini. Radikal bebas tidak hanya dapat menyerang sel kulit, tetapi juga rambut.

Untuk menangkal radikal bebas pada rambut dan kulit kepala, kamu boleh mencoba perawatan rambut dengan minyak macadamia yang mengandung banyak antioksidan, seperti vitamin E dan squalene.

Antioksidan ini melidungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam minyak macadamia dapat membantu merusak rantai radikal bebas dan melawan efek kerusakannya terhadap rambut.

Nah, manfaat minyak macadamia untuk rambut ini juga bisa membawa efek positif lainnya untuk kesehatan rambut. Misalnya membuat proses regenerasi kian lancar dan penyerapan nutrisi oleh batang rambut serta kulit kepala jadi kian maksimal.

Menghidrasi Kulit Kepala

Tubuh manusia secara alami memproduksi asal palmitoleat, yaitu komponen yang berfungsi untuk mengisi kembali kelembapan yang hilang pada rambut dan kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah asam palmitoleate akan menurun secara alami. Sehingga, kelembapan kulit dan rambut pun ikut menurun.

Minyak macadamia dapat menjadi solusi untuk mengatasi kulit kepala yang dehidrasi. Palmitoleic yang terdapat dalam jumlah besar pada minyak macadamia berfungsi untuk mengembalikan asam ke jumlah normal dan menghidrasi serta melembabkan rambut dan kulit kepala kamu.

Merangsang Regenerasi Sel Kulit Kepala

Asam oleat yang terdapat dalam minyak macadamia bekerja meregerasi kulit kepala. Asam oleat juga berfungsi meregenerasi sel-sel kulit kepala, melembabkan kulit kepala, dan menjadi agen anti-inflamasi alami.

Dalam menutrisi kulit kepala, minyak macadamia dapat meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan dari akarnya.

Dengan adanya regenerasi kulit kepala, folikel rambut yang kering dan rusak dapat tergantikan dengan yang lebih sehat. Sesuai dengan pernyataan Engelman bahwa kulit kepala yang sehat mambantu menghasilkan folikel yang sehat. Oleh karena itu, perawatan rambut harus kamu mulai dari akarnya.

Mengontrol Produksi Sebum di Kulit Kepala

Minyak macadamia memiliki kemampuan untuk mengatur produksi minyak. Asam oleat pada minyak macadamia dipercaya dapat mendorong dan meremajakan tingkat tubuh untuk memproduksi sebum.

Dengan kemampuan itu, minyak macadamia dapat mencegah produksi sebum berlebih dan mencegah tumbuhnya bakteri.

Produksi minyak yang berlebihan dapat menyebabkan rambut berminyak dan mungkin berkontribusi pada kulit kepala yang rentan terhadap ketombe serta bakteri lainnya. Seram, bukan? Oleh karena itu, yuk mulai kontrol produksi sebum di kulit kepala kamu dengan menggunakan minyak macadamia.

Mengatasi Kerusakan Rambut

Kerusakan rambut akibat polusi, paparan sinar matahari, dan hair styling tools dapat kamu atasi dengan menggunakan minyak macadamia. Nutrisi dalam minyak macadamia, terutama protein dapat menembus folikel rambut untuk meningkatkan elastisitas dan kekuatan.

Protein dalam minyak ini juga dapat mengembalikan folikel yang sudah rusak sehingga rambut tetap kenyal dan dalam kondisi baik. Dengan begitu, rambut kamu akan terhindar dari risiko rambut bercabang.

Cara Menggunakan Minyak Macadamia untuk Perawatan Rambut

manfaat caviar untuk rambut (1)

Secara umum, siapa pun dengan rambut rusak sedang atau kering dapat menggunakan minyak macadamia. Minyak ini sangat disarankan untuk kamu yang memiliki rambut kering, susah diatur, dan mudah rontok.

Selain itu, minyak macadamia Juga aman untuk kamu gunakan hingga dua kali dalam seminggu. Bahkan akan lebih maksimal dengan perawatan uap, dengan penambahan panas yang membantu penyerapan minyak macadamia pada rambut berpori rendah.

Perlu diingat bahwa minyak ini mungkin tidak aman bagi siapa pun yang alergi kacang karena dapat memicu reaksi alergi. So, kamu harus mengenal terlebih dahulu tubuh kamu ya sebelum menggunakan minyak ini.

Buat kamu yang sudah mantap ingin melakukan perawatan dengan minyak ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah perawatan rambut dengan minyak macadamia di bawah ini.

Perawatan Tanpa Bilas

Minyak macadamia dapat kamu aplikasikan langsung ke rambut. Akan tetapi, lebih baik kamu menggunakan virgin macadamia oil yang melalui proses cold press. Mengoleskan minyak ke rambut yang melewati proses pemanasan bukanlah ide bagus, karena dapat merusak rambut.

Untuk menggunakan minyak macadamia secara topikal, kamu cukup mengoleskan satu sendok teh minyak macadamia ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata. Sisir rambut kamu untuk membuat minyak lebih merata dari akar hingga ujung rambut.

Perawatan Sebelum Keramas

Selain digunakan secara langsung. minyak macadamia juga dapat kamu gunakan sebelum keramas. Dalam hal ini, kamu perlu mengoleskan satu sendok teh minyak macadamia ke seluruh bagian rambut hingga merata. Setelah itu, pijat kepala kamu dengan lembut dan perlahan.

Kemudian, kuncir atau gulung rambut kamu dan bungkus dengan hair cap. Setelah itu biarkan minyak macadamia ini selama 30 menit sebelum keramas.

Perawatan Deep Conditioning

Minyak macadamia juga bisa kamu gunakan sebagai perawatan deep conditioning. Caranya sangat mudah, kamu perlu mengoleskan minyak tersebut ke rambut, lakukan pijatan secara lembut, dan tutup rambut dengan hair cap. Biarkan minyak tersebut menyerap ke dalam rambut semalaman dan bilas di keesokan harinya.

Perawatan sebagai Masker

Selain sebagai kondisioner, kamu bisa memadukan minyak macadamia dengan bahan lainnya sebagai masker rambut. Misalnya kombinasikan dengan telur, yogurt, pepaya, dan pisang.

Setelah mencampurkan bahan-bahan tersebut, kamu dapat mengoleskannnya pada rambut secara merata. Biarkan masker rambut macadamia ini selama 20–30 menit, kemudian bilas dengan bersih.

Nah, setelah membaca seluk-beluk mengenai manfaat minyak macadamia untuk rambut di atas, apakah kamu tertarik untuk melakukan perawatan rambut dengan minyak macadamia?

Selain menggunakan minyak macadamia untuk perawatan rambut pribadi, kamu juga bisa menciptakan produk hair care dengan brand kosmetikmu sendiri, lho!

Enggak percaya? Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa mewujudkan impianmu jadi brand owner kosmetik dengan praktis.

Yap! Kamu tak perlu benar-benar memulainya dari nol sendirian. Melainkan bersama dengan tim kami, kamu dapat menciptakan berbagai produk kosmetik, termasuk hair care dengan kualitas dan mutu tinggi.

Tim formulator kami telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam industry kosmetik, dan menciptakan ribuan produk yang telah terdaftar resmi di Badan POM.

Kamu bisa mendiskusikan berbagai produk yang ingin kamu buat, bahan yang ingin kamu pakai, juga berapa besar budget yang kamu miliki bersama tim kami.

Lalu, kami akan membantumu menciptakan konsep produk yang paling ideal sesuai dengan tujuan bisnismu. Menarik, bukan?

Segera hubungi tim kami lewat Contact Us untuk melakukan konsultasi bisnismu!

About Author

Related posts

Leave a Comment