Laris Manis! Intip Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia untuk Pemula

cara meningkatkan penjualan di tokopedia

Tokopedia belakangan menjadi sangat popular di Indonesia. Bahkan, e-commerce dengan warna logo hijau muda ini terkategori sebagai salah satu yang terbesar di Tanah Air. Enggak heran ya, kalau banyak orang yang akhirnya memulai bisnis mereka di lapak online tersebut.

Pada tahun 2019 lalu Tokopedia telah berhasil meningkatkan nilai penjualannya sebanyak 70% dari sebelumnya. Disebutkan juga nilai kenaikannya mencapai 2.7 juta penjualan, lho!

Sementara itu, dilansir dari Databoks, disebutkan bahwa Tokopedia menjadi e-commerce yang paling banyak dikunjungi selama kuartal III 2021. Seperti yang ada pada data grafik di bawah ini:

cara jadi shopee star seller

Dari data di atas, Tokopedia menempati posisi pertama sebagai e-commerce yang paling banyak dikunjungi. Total kunjungan ke Tokopedia adalah 158,1 juta kali.

Jumlah ini mengalahkan beberapa e-commerce lain, seperti Bukalapak dengan jumlah kunjungan 38,58 juta, Lazada sebesar 36,26 juta, serta Blibli sebesar 22,41 juta.

Tingginya tingkat kunjungan dan penjualan di Tokopedia ini menunjukkan bahwa potensi bisnis di lapak online tersebut cukup besar. Namun, di sisi lain kamu juga harus waspada akan ketatnya persaingan pasar yang ada.

Sebab, pastinya tak sedikit toko-toko online yang juga menjual dan memajang produk sama denganmu. Untuk itu kamu harus memiliki strategi yang matang agar dapat memenangkan pasar dan meningkatkan penjualan.

Bagaimana caranya? Langsung simak cara menaikkan penjualan di Tokopedia untuk pemula berikut ini, ya!

Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia untuk Pemula

Cara memulai jualan di Tokopedia tentu cukup mudah di lakukan, mengingat platform ini menyajikan berbagai fitur yang sangat mendukung seller.

Namun, tentu menjalankan toko online tersebut hingga mendapatkan penghasilan yang tinggi adalah perkara yang berbeda. Karena kamu juga harus mengatur strategi sendiri, sehingga penjualan produk jadi lebih maksimal.

Perhatikan berbagai cara meningkatkan penjualan di Tokopedia untuk pemula hingga dapat keuntungan besar berikut ini!

Membuat Tampilan Produk Semenarik Mungkin

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia untuk pemula yang pertama adalah dengan membuat tampilan produk semenarik mungkin.

Optimalisasi tampilan produk ini ada banyak caranya, mulai dari menggunakan foto-foto berkualitas tinggi, melakukan management dan mengatur kategori produk unggulan, hingga melakukan bundling. Nah, kita bahas satu-satu, ya.

Foto Produk

Kamu pasti tahu bahwa foto produk merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena, ketika membeli barang secara online, konsumen akan menilai produk tersebut dari fotonya terlebih dahulu.

Agar promosi dan penjualan berajalan lancar, kamu perlu menyiapkan foto-foto produk terbaik dan berkualitas tinggi. Usahakan untuk mengambilnya dari berbagai sudut dan posisi, sehingga kamu bisa menunjukkan gambaran lebih rinci kepada konsumen.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendesainnya menggunakan template tertentu yang sesuai dengan karakter toko online dan target pasarmu. Ini tentu akan memberikan efek menyegarkan dan unik di toko onlinemu.

Ketahui Juga: Cara Foto Produk Kosmetik yang Bagus dan Menarik Konsumen

Mengatur Kategori Produk

Selain menyiapkan foto produk terbaik, kamu juga bisa mengatur tampilan toko dengan menggolongkan kategori produk. Hal ini akan memudahkan konsumen dalam mencari dan memilih produk yang mereka inginkan dari tokomu.

Membuat Bundling Product

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia untuk pemula selanjutnya adalah dengan membuat bundling produk. Selain menjadikan tampilan toko lebih menarik, konsumen pun bisa memiliki berbagai pilihan dan paket pembelian produk yang beragam.

Mengoptimalkan Copywriting pada Deskripsi Produk

Tak hanya mengatur tampilan toko dan produk, kamu juga bisa mengoptimalkan copywriting pada deskripsi untuk meningkatkan penjualan di Tokopedia.

Kamu bisa melengkapi foto produk tersebut dengan deskripsi yang lengkap dan informatif. Dengan begitu, pembeli akan merasa puas dan bisa memilih produk yang kamu tawarkan dengan lebih nyaman.

Nah, selain memberikan informasi secara lengkap, kamu bisa membumbui penulisan deskripsi produk dengan lebih menarik. Misalnya, dengan menyisipkan keunggulan produk dengan beberapa diksi rayuan dan bisa memikat konsumen.

Karena pada dasarnya deskripsi akan membantu menarik minat pembeli dari kata-kata. Baik nilai informasinya, detil keunggulannya, hingga kalimat sugestif yang kamu sisipkan di sana.

Menggunakan Kata Kunci yang Efektif

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia untuk pemula selanjutnya adalah dengan menggunakan kata kunci yang efektif. Sebab, kata kunci pencarian juga menjadi salah satu hal yang membuat produkmu lebih mudah ditemukan oleh konsumen.

Kamu bisa menggunakan kata kunci produk yang lebih spesifik, seperti menggunakan nama merk, fungsi utama, hingga nilai unik lainnya yang ada dalam jualanmu.

Misalnya, ketika kamu menjual produk kosmetik yang bekerja untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Maka kamu bisa menggunakan keyword seperti, “krim anti sinar UV”, dan lain sebagainya.

Optimalkan Penggunaan Berbagai Promosi di Tokopedia

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia untuk pemula selanjutnya adalah dengan mengoptimkan berbagai bentuk penawaran dan promosi yang ada.

Seperti halnya e-commerce lain, Tokopedia juga kerap mengadakan berbagai event diskon dan promosi besar-besaran. Nah, kamu bisa juga mendaftarkan tokomu dan mengikuti semua event tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa menarik lebih banyak konsumen dan dapat meningkatkan penjualan produk dengan signifikan.

Beberapa bentuk promosi yang cukup ramai di Tokopedia antaralain, mengaktifkan fitur gratis ongkir, cashback, diskon dengan minimal pembelian tertentu, dan banyak lainnya.

Memaksimalkan Search Engine Keyword

Kata kunci ini enggak hanya bisa diterapkan dalam hasil pencarian internal website Tokopedia, lho. Seiring dengan perkembangan teknologi, Google bisa memberikan banyak bantuan untuk meningkatkan visibilitas tokomu di marketplace.

Yap! Ini dikarenakan adanya integrasi data yang ditampilkan pada halaman pencarian Google berdasarkan kata kunci yang dimasukkan pengguna.

Bayangkan, jika kamu memasukkan kata kunci yang tepat dan melakukan optimasi pada mecin pencarian ini. Pastinya, jumlah kunjungan pada toko dan produkmu pun akan meningkat. Begitupula kesempatan terjualnya produk-produk yang kamu tawarkan di Tokopedia.

Memaksimalkan Penggunaan TopAds

Selain mengatur hal-hal internal yang telah disebutkan di atas, cara meningkatkan penjualan di Tokopedia untuk pemula lainnya bisa juga dengan memaksimalkan penggunaan TopAds.

TopAds adalah fitur iklan yang diberikan oleh Tokopedia untuk membantu meningkatkan peforma toko online yang ada. Jenis TopAds pun cukup beragam, mulai dari Iklan Toko, Iklan Produk, Iklan Pencarian, hingga Iklan Headline.

Setiap jenis TopAds ini memiliki karakteristik dan keuntugannya sendiri. Kamu bisa memilih fitur mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan besaran budget yang kamu miliki.

Tak perlu begitu waspada dengan biaya iklannya, karena kamu hanya tagihan iklan akan muncul ketika pelanggan benar-benar meng-klik promosi yang kamu pasang. Jadi, kamu hanya perlu membayar iklan yang berhasil memancing konsumen.

Penasaran bagaimana cara iklan di Tokopedia dengan mudah? Cek di sini!

Jadi Seller Berlabel Power Merchant

Ketika belanja di Tokopedia, kamu pasti menyadari bahwa beberapa toko memiliki label Power Merchant. Yap! Fitur eksklusif khusus seller ini bisa memberikan banyak manfaat untuk tokomu. Termasuk sebagai cara meningkatkan penjualan di Tokopedia untuk pemula yang efektif.

Fitur power merchat menyediakan banyak alat yang bisa kamu gunakan untuk mengatur strategi penjualan. Misalnya wawasan pasar, bebas ongkir, fitur dekorasi toko, hingga promosi dengan broadcast chat.

Enggak hanya itu, kamu pun bisa mendapatkan lebih dari 200 etalase. Tentu ini adalah nilai yang sangat berarti, sebab seller biasa hanya akan mendapatkan 10 etalase saja.

Karenanya, ketika kamu dapat menggunakan fitur ini, kamu dapat mengatur kategori produk sebanyak mungkin hingga pembeli bisa dengan mudah menemukan produk yang mereka inginkan.

Menjawab Chat dengan Cepat

Saat berbisnis online, pelayanan konsumen adalah hal yang harus kamu perhatikan dengan baik. Karena ketidaknyamanan mereka bisa berdampak buruk pada kelangsungan bisnismu. Misalnya dengan meninggalkan komentar negative atau rating yang rendah pada ulasan.

Padahal, hal ini sangat berpengaruh pada keputusan konsumen ketika ingin membeli produk yang kamu tawarkan.

Nah, untuk menghindari kemungkinan buruk ini kamu harus bisa memberikan pelayanan terbaik. Misalnya dengan menjawab keluhan dan chat pelanggan secepat mungkin.

Terlebih karakter masyarakat Indonesia ketika berbelanja pun terbilang sangat pemilih. Mereka memperhatikan berbagai aspek, termasuk bagaimana pelayanan dan pengiriman barang nantinya.

Karena itu, ketika kamu dapat menjawab atau merespon chat dengan cepat, tentu akan memberikan nilai lebih pada reputasi tokomu. Ini juga akan membuat konsumen percaya dan membeli produk yang kamu jual di sana.

Memberikan Penawaran Khusus untuk Pelanggan Lama

Mecari konsumen baru dan memperluas pasar merupakah hal yang penting. Namun, tidak kalah dari itu, menjaga agar pelanggan lama bertahan dan setia dengan tokomu juga hal yang harus diperhatikan. Karena pelanggan lama inilah sumber pemasukan pasti dari tokomu.

Untuk menjaga agar pelangganmu tetap setia, kamu bisa memberikan banyak promo dan diskon menarik khusus untuk mereka. Dengan begitu, mereka akan selalu terdorong untuk membeli produk yang kamu jual kembali.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat mereka semakin nyaman berbelanja dengan melakukan riset secara berkala. Misalnya membagikan survey atau angket, yang berisikan mengenai pengalaman dan hambatan mereka ketika berbelanja di toko onlinemu.

Dengan begitu, pelanggan-pelanggan ini akan merasa diperhatikan dan kebutuhannya dipenuhi. Akhirnya, ketika ingin membeli produk sejenis mereka akan selalu kembali pada toko onlinemu.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment